Sukses Mengikuti Kursus Online Gratis

Kursus online gratis menjadi salah satu solusi untuk menyelenggarakan pelatihan di perusahaan tanpa biaya,  mengingat aktivitas kantor tidak sepadat dulu. Bahkan, banyak karyawan yang melaksanakan WFH (work from home). Tentunya ini menjadi solusi terbaik bagi karyawan untuk meningkatkan skill dan kemampuannya di perusahaan.


kursus online gratis





Apa itu Kursus Online


Pelatihan atau kursus online secara gratis bagi karyawan baru di sebuah perusahaan memang perlu dilaksanakan.  Hal ini untuk menyiasati perusahaan yang tidak memiliki cukup dana untuk mengadakan pelatihan bagi karyawannya. 


Terlebih saat pandemi ini, imbas pengurangan  proses produksi adalah menurunnya pendapatan perusahaan. Inilah yang menjadi hambatan dalam rekrutmen seleksi dan training karyawan di perusahaan. Bahkan Training Need Analysis-pun bisa jadi dilewatkan. Padahal ini jelas merugikan karyawan dan perusahaan dalam jangka panjang.


Sebaliknya, saat ini banyak karyawan yang dirumahkan. Perusahaan terpaksa memberhentikan sebagian karyawannya karena tidak memiliki cukup dana untuk menggaji mereka. Kursus online secara gratis inilah menjadi cara tepat untuk mengasah kemampuan atau menciptakan lapangan pekerjaan baru di tengah pandemi, sembari mengisi waktu selama di rumah saja.  


Terus terang virus corona ini membuat kehidupan berjalan tak seperti biasanya, dituntut sebuah kejelian untuk menyiasati keuangan agar tetap berpenghasilan dimasa sulit. Namun disisi lain, pandemi ini telah membawa perubahan besar dibidang teknologi, dimana masyarakat lebih banyak memanfaatkan internet untuk menggali informasi dan mengasah kemampuan. 


Termasuk di negara kita, hingga mendorong bermunculannya kursus online Indonesia. Dengan begini kita dapat menikmati pembelajaran baru secara online, sambil membayangkan ikut perkuliahan di universitas yang ada di luar negeri.


Jenis Kursus Online


Kursus online gratis kini dibagi dalam beberapa kategori, sehingga memudahkan bagi pesertanya untuk memilih sesuai dengan bidang dan minat yang dikuasainya.  Selain online, juga gratis, pastinya menjadi sebuah kesempatan emas yang harus diambil oleh siapapun untuk meningkatkan skill atau kemampuannya.


Kursus Berdasarkan Subyek


Berdasarkan subyeknya, kursus online secara gratis ini bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin meningkatkan skill diberbagai bidang yang dikuasainya, seperti:


๐Ÿ’—Kursus  untuk kecantikan dan perawatan tubuh, ditujukan bagi mereka yang memiliki cita-cita menjadi praktisi kecantikan atau make-up artist, dengan kata lain mereka antusias akan trend kecantikan.

 

๐Ÿ’—Kursus bahasa Inggris online, khusus bagi yang ingin fasih berbicara bahasa Inggris atau ingin percaya diri saat berbicara didepan orang banyak, atau bahkan untuk persiapan wawancara dan berkomunikasi diberbagai bidang.

 

๐Ÿ’—Kursus  untuk pelayanan kesehatan.

 

๐Ÿ’—Kursus  untuk teknologi informasi, bagi yang ingin menjadi  praktisi “IT” dan programmer perangkat lunak, mengetahui hukum cyber atau cara berpikir kreatif.

 

๐Ÿ’—Kursus  untuk manajemen, pemasaran dan penjualan, khusus bagi yang ingin menjadi praktisi sumber daya manusia.

 

๐Ÿ’—Kursus untuk media dan hiburan, khusus bagi yang ingin belajar desain visual, desain otomasi elektronik maupun yang ingin belajar didepan atau dibelakang kamera.

 

๐Ÿ’—Kursus untuk sumber daya alam dan pengolahan pangan, berhubungan dengan kesehatan dan ketenagakerjaan berkualitas di era masyarakat ekonomi ASEAN, juga menyangkut kesehatan anak dengan berbagai mitigasinya.

 

๐Ÿ’—Kursus  untuk penerbangan dan kedirgantaraan, khusus bagi yang berminat di bidang penerbangan, bercita-cita menjadi pramugari atau pilot, sekaligus memperdalam pengetahuan soft skill seperti bahasa Inggris dan etika sosial dibidang penerbangan.

 

๐Ÿ’—Kursus untuk pendidikan dan pelatihan, bagi yang bercita-cita menjadi guru, konsultan karir atau dosen.


Kursus Populer


Kursus bahasa Inggris termasuk program pembelajaran online yang bisa diikuti secara gratis saat ini. Dikatakan kursus popular, karena bahasa Inggris kini dibutuhkan dalam berbagai bidang. Baik pendidikan, teknologi informasi, manajemen pemasaran dan penjualan, sumber daya alam dan pengolahan pangan, penerbangan dan kedirgantaraan maupun dalam hal komunikasi dan hubungan dengan mitra atau partner kerja.


Kursus Berdasarkan Durasi


⇨Kursus di bawah satu hari, dengan durasi pembelajaran antara 30 menit hingga 8 jam

Kursus singkat, dengan durasi pembelajaran antara 9 jam hingga 7 minggu

Kursus dalam durasi panjang, dengan durasi pembelajaran antara 8 minggu hingga 16 minggu.


Kursus Berdasarkan Tahap Kehidupan


Setiap manusia pasti mengalami metamorfosa kehidupan, dari janin dalam kandungan, lahir menjadi bayi, tumbuh dari balita, kanak-kanak, remaja, dewasa dan pada akhirnya semua menjadi tua. Begitupun dengan tahapan kursus ini. 


Kursus online yang bisa diikuti secara gratis juga dapat diikuti sesuai jenjang kehidupannya, seperti:


Di sekolah hingga kelas mulai dari TK, SD, SMP hingga kelas 12 SMA.


Di Perguruan Tinggi, baik setara diploma maupun strata bahkan doctoral.


Saat bekerja atau sedang mencari kerja.

 

Manfaat Kursus Online di Masa Pandemi


Pandemi memang membuat kehidupan kita berjalan tidak seperti biasanya. Namun dibalik semua itu banyak hikmah yang bisa kita petik, salah satunya dengan mengisi waktu di rumah saja dengan mengikuti pembelajaran online secara gratis. 


Terbukti dengan belajar online di rumah sesuai bidang yang kita kuasai dapat memberikan berbagai manfaat, seperti:


Dapat membantu menyiasati keuangan keluarga di masa pandemi.


Mendapatkan kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru dan berpenghasilan.


Mendapatkan e-sertifikat sebagai portfolio untuk menunjang karir kita.


Kursus Online Secara Gratis Sebagai Pengganti Kartu Prakerja


Program Kartu Prakerja yang telah diluncurkan oleh pemerintah Indonesia kini dibanjiri banyak peminat. Pasalnya program ini digadang-gadang menjadi solusi terbaik ditengah badai pemutusan hubungan kerja akibat penyebaran virus corona yang kian masif. Dimana setiap pemegang Kartu Prakerja ini berhak mengikuti kursus online yang dilaksanakan secara gratis.


Namun demikian jangan khawatir, saat ini tak hanya kartu Prakerja saja yang menawarkan program online secara gratis, ada banyak perusahaan atau lembaga yang memberikan akses kursus online tanpa dipungut biaya. Seolah kini kursus online Indonesia bak jamur di musim hujan, mulai bermunculan dengan memberikan benefit yang menguntungkan bagi pesertanya.


Peningkatan Digital Untuk Kursus Online Tanpa Biaya


Dengan mengikuti pelatihan secara online, kita bisa membayangkan belajar di sebuah universitas di luar negeri. Bahkan kita dapat merasakan nikmatnya belajar gratis di negara sendiri dengan menerima peningkatan digital. Dengan peningkatan digital ini , pastinya kita mendapatkan akses tak terbatas ke kursus dan mengambil kursus sesuai kemampuan kita dengan mengacu pada berbagai materi dan bahan pendukung.


Dan yang lebih memuaskan, berkat program online yang kita ikuti ini akan terbit sertifikat digital sebagai pengakuan atas kerja keras dan jerih payah kita selama mengikuti pembelajaran.


Pentingnya Pelatihan Online Gratis dan Bersertifikat


Pelatihan online di masa pandemi ini memang banyak ragamnya. Selain gratis, kerap kali kursus ini memberikan sertifikat di akhir program. Pentingkah sertifikat ini? Bagi kebanyakan orang, sertifikat ini sangat penting demi menunjang karir  dan masa depannya. 


Apa saja manfaat memiliki sertifikat kursus?


Dapat mempercepat pertumbuhan profesi kita dengan mudah.


Dapat membuktikan perkembangan profesional kita yang bisa diandalkan pada semua level.


Bisa tampil menonjol dalam kompetisi melamar pekerjaan. Sertifikat adalah bukti kita telah menyelesaikan kursus online, juga menjadi cara efektif untuk tampil memikat didepan atasan. Bahwa kita adalah seseorang yang berdedikasi tinggi dan akan berusaha keras menjadi kankidat terbaik, bahkan nantinya siap menjadi karyawan terbaik pula.


Webinar Sebagai Portfolio Penunjang Karir


Webinar sering  diartikan sebagai seminar, kelas, kuliah umum, atau workshop yang dilakukan secara daring. Dengan memanfaatkan teknologi untuk melakukan pertemuan, workshop ini bisa dihadiri oleh siapa saja dengan lokasi dimanapun berada. Artinya seminar online ini fleksibel, tidak perlu tatap muka, hanya bermodalkan smartphone dan internet yang stabil.


Selama pandemi ini banyak webinar diselenggarakan oleh berbagai lembaga dengan harapan menambah pengetahuan dan wawasan selama di rumah saja. Semakin banyak  webinar Indonesia yang kita ikuti, dapat menjadi portfolio untuk penunjung karir. 


Biasanya baik webinar gratis maupun berbayar, selalu menerbitkan e-sertifikat atau sertifikat digital yang dikirim ke email masing-masing dan bisa diunduh. Dan sertifikat digital inilah yang bisa dijadikan bukti atas kemampuan kita untuk melamar pekerjaan demi menunjang karir.


Tentang QuBisa


QuBisa merupakan salah satu contoh platform  pembelajaran online yang menghubungkan peserta dengan instruktur, dimana pengajaran yang dilakukan bisa bersifat sinkronis alias interaksi dilakukan secara langsung baik secara daring maupun luring, dan pengajaran juga bersifat asinkronis yang dilakukan melalui rekaman video.


QuBisa memiliki misa mempersiapkan lulusan baru dan profesional  muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dengan harapan dapat meningkatkan akses untuk pendidikan dan pelatihan berkualitas untuk semua orang, dimana saja, kapan saja,  serta sebagai road map karir yang dapat membimbing lulusan baru menemukan jalur yang sesuai minatnya.


QuBisa Platform Webinar Tak Berbayar yang Fleksibel


QuBisa juga lahir demi memenuhi kebutuhan akan berbagi pengetahuan dan pembelajaran online secara cepat dan tepat, dimana peserta kursus ini terdiri dari lulusan terbaru (fresh graduate) yang akan memasuki dunia kerja, pekerja profesional yang ingin meng-upgrade keterampilannya, individu yang ingin menjadi pengusaha, maupun perusahaan profesional.


Webinar gratis  yang diselenggarakan oleh QuBisa ini sangat fleksibel, artinya bisa diikuti oleh siapa saja. Dengan jadwal yang telah ditentukan penyelenggara, pengguna bisa memilih webinar sesuai bidang yang dikuasainya dengan waktu luang yang dimilikinya. Tentu hal ini sangat memudahkan siapapun yang ingin bergabung di QuBisa dan mengikuti berbagai pembelajaran online.


Jadwal Webinar Bulan Februari 2021 di QuBisa


Ada banyak webinar yang diselenggarakan oleh QuBisa, baik webinar secara gratis maupun yang berbayar.  Pastinya hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kita selama di rumah saja. Anda pun bisa mengikuti webinar yang akan berlangsung selama bulan Februari ini di QuBisa. 


Silahkan buka website QuBisa dan klik bagian webinar, disana Anda akan menemukan berbagai webinar yang bisa Anda ikuti, salah satunya webinar gratis pengembangan karir. Berikut ini jadwal webinar di bulan Februari 2021 yang ada di QuBisa, bersiaplah mendapatkan banyak ilmu selama mengikuti webinar ini.


webinar Indonesia

webinar gratis pengembangan diri


Kategori di QuBisa


Masih ragu untuk mengikuti pembelajaran online di QuBisa? Sudah banyak yang membuktikannya, bahwa QuBisa merupakan platform berbasis teknologi informasi yang memberikan pengetahuan di semua bidang. 


Bidang apapun itu bisa kita temukan disini. Ingin belajar bisnis, jangan khawatir banyak webinar yang disajikan dalam bentuk video dengan berbagai durasi dapat kita tonton disini. Atau ingin belajar pengembangan diri di QuBisa, bisa banget.


Supaya makin yakin dengan QuBisa, berikut ini adalah kategori yang tersedia di QuBisa:

 

kursus online Indonesia

Silahkan buka di website QuBisa (https://www.qubisa.com) bagian kategori dan temukan bidang yang Anda minati. Maka disitulah Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan untuk memperdalam kemampuan.


Pentingnya Perencanaan Karir dan Pengembangan Diri


Pernah gak sih merasa, “ah karirku segini aja, buat apa ikut kursus!”  Yang ada buang duit, dan karir tetap diam ditempat. Pemikiran seperti itu sebenarnya salah. Ibaratnya, tak ada makanan langsung nongol didepan mata dan siap disantap. Butuh perjuangan untuk membeli bahan mentah, memasaknya, atau bahkan butuh perjuangan untuk sampai di warung makan dan sebagainya. 


Kalau kita merasa karir kita tidak berkembang, itu artinya kita harus bekerja keras menciptakan peluang emas dan membangun karir lebih cemerlang. Inilah pentingnya perencanaan karir dan pengembangan diri. Dengan adanya perencanaan, diharapkan dapat sesuai target dan harapan baik perusahaan maupun karyawan. Dan program ini merupakan salah satu bentuk manajemen sumber daya manusia yang dikenal dengan sebutan Program pengembangan karir atau Career Development Program (CDP). 


Program pengembangan karir juga merupakan upaya perusahaan untuk memberikan kesempatan karyawannya dalam meningkatkan performa kerjanya. Dengan mengikuti kursus online personal development, diharapkan mampu meningkatkan kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan.


Perencanaan karir dan pengembangan diri dirasa penting bagi pihak perusahaan dan karyawan itu sendiri karena beberapa hal dibawah ini:


Dengan pengembangan karir membuat roda perusahaan bisa berjalan dengan baik, hal ini untuk menyiasati adanya rotasi jabatan dalam perusahaan.


Dengan pengembangan karir bisa menekan angka resign karyawan. Salah satu penyebab karyawan resign adalah kurangnya mendapat kesempatan untuk mengembangkan karir.


Lebih memahami passion, sehingga karyawan akan lebih produktif, kreatif, inovatif dan lebih bersemangat dalam bekerja.


Jaminan kesejahteraan bagi karyawan bila mereka mengikuti program pengembangan diri.


Dengan pengembangan karir otomatis posisi jabatannya semakin naik, tentunya relasinya makin banyak.


Dengan pengembangan karir akan menjadi amunisi bagi karyawan untuk meningkatkan rasa percaya diri di era persaingan global seperti saat ini.


Dan salah satu cara untuk mengembangkan karir  adalah dengan belajar pengembangan diri di QuBisa. Disini kita juga bisa mengikuti 5 kursus berbayar khusus untuk pengembangan diri yang memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:


Dengan kursus time management, pengguna bisa mempelajari cara mengelola waktu lebih efektif, sehingga semua pekerjaan bisa terselesaikan secara optimal.


Dengan kursus kreasi dan inovasi, pengguna bisa melatih kreativitas dan inovasi dalam bekerja agar dapat menghasilkan kinerja yang baik.


Dengan kursus cara tepat memberikan dan menerima umpan balik (feedback), dapat membantu pengguna mengembangkan kinerja karyawan dan membangun hubungan baik antar tim.


Dengan kursus cara melakukan delegasi yang tepat, seorang pemimpin dapat membangun performa tim yang baik.


Dengan kursus membangun relasi, diharapkan hubungan antar relasi semakin erat sehingga setiap konflik yang timbul dapat dikelola dengan baik.

 

Kelebihan QuBisa dibanding Lembaga Kursus Lain


Kursus online yang diselenggarakan QuBisa sangat berbeda dengan kursus di tempat lain. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna platform ini sekaligus menjadi webinar Indonesia terbaik, diantaranya:


Kaya akan konten sehingga dapat membantu pengguna meningkatkan keterampilannya.


Ada penilaian bakat bagi pengguna.


Road map karir webinar, dapat membimbing lulusan baru menemukan jalur sesuai minatnya.


Pengguna bisa berkonsultasi tentang karir-nya.


Siapapun bisa menjadi pembelajar, dimana QuBisa siap menyediakan konten, berkolaborasi dengan universitas, industri bahkan profesional.


Benefit dari Kursus Online di QuBisa


Belajar online di QuBisa menjadi cara terbaik mengisi waktu di masa pandemi ini. Selain menyediakan webinar secara gratis, platform ini juga menyediakan paket pembelajaran online berbayar. Namun bukan berarti kursus yang gratis akan sedikit pengalamannya dibandingkan yang berbayar. 


Sebagai contoh kursus online personal development yang diadakan QuBisa, sangat membantu siapapun yang ingin serius mengetahui pentingnya perencanaan karir dan pengembangan diri dalam meniti karir di sebuah perusahaan.


Kalau boleh dibilang, ada banyak benefit yang bisa kita dapatkan selama belajar di QuBisa, diantaranya:


Mendapatkan akses tanpa batas ke seluruh kursus online yang ada di QuBisa.


Belajar dimanapun dan kapanpun dari para instruktur yang menguasai bidangnya.


Mendapatkan materi kursus dalam bentuk video untuk semua topik yang ada di QuBisa.


Pengguna mendapatkan kesempatan membangun perpustakaan untuk karir dan pengembangan diri.


Berbagi Pengalaman Belajar di QuBisa


Ini bener-bener menjadi pengalaman baru. Secara saya ini hanyalah ibu rumah tangga biasa, yang kadang tidak betah di rumah karena berbagai aktifitas menunggu diluar sana. 


Pandemi ini membuat saya harus menahan diri untuk sering berada di rumah. Kalau pekerjaan rumah tangga, tentunya menjadi makanan saya setiap hari. Saya pun mencari sesuatu yang tidak biasa.


belajar pengembangan diri


Bukan nonton drakor, atau main gadget diatas kasur, tapi saya ingin kembali ngeblog. Dan alhamdulillah berkah ngeblog pun berdatangan. Artinya meski di rumah saja, namun saya bisa belajar melalui media online. Dari sinilah akhirnya saya mengenal QuBisa. 


Ternyata QuBisa ini banyak memberikan ilmu bagi saya. Sungguh menyesal baru sekarang bisa memperdalam keterampilan melalui QuBisa, kenapa tidak dari dulu-dulu. Padahal apa yang ada dalam QuBisa ini bisa banget diaplikasikan untuk bisnis yang saya bangun. Nyatanya bisnis yang kemarin sempat menunjukkan hasilnya, kini telah stuck alias bangkrut. 


Namun berkat mengikuti webinar gratis pengembangan karir, saya kembali bersemangat untuk membangun bisnis lagi. Saya bisa belajar bagaimana mengembangkan sebuah bisnis, sekaligus merencanakan karir agar bisa tumbuh ditengah persaingan global seperti saat ini.

 

Posting Komentar

28 Komentar

  1. Sejak pandemi memang kursus online terasa makin banyak ditawarkan ya.. dan kita tetap harus pintar2 memilihnya. Trmksh tips nya mba Yuni

    BalasHapus
  2. selama pandemi ini mengharuskan kita di rumah aja, jadi harus bisa melakukan bisnis secara online. Kalau ada pelatihan seperti ini jadi mempermudah kita yang baru mulai bisnis ya, mbak. Jadi bisa belajar sama yang ahlinya

    BalasHapus
  3. Wah keren banget mbak, dengan ikut kursus online bisa membuat kita upgrade ilmu dan memperbesar peluang dpt rejeki lebih baik, musti dicontoh ini mbak Yuni :)

    BalasHapus
  4. Selama Pandemi memang banyak banget ya kursus online untuk meningkatkan skill kita..!

    BalasHapus
  5. di masa pandemi ini memang banyak yang bisa kita nikmati ya mba pelatihan online seperti ini. Yang penting semangat dan disiplin

    BalasHapus
  6. Baca ini jadi teringat niat Mau upgrade skill bahasa inggrisku, ni. Thanks info dan insightnya ya Mbak Yuni....

    BalasHapus
  7. Sampai sekarang ku juga ikutan kursus utk pengembangan diri mbak, makany kalau ada kursus yang gratis dan bermanfaat gtu kenapa gak dimanfaatkan ya mbak
    Lumayan lho gratisan tapi bisa menambah pengtahuan yang suatu saat pasti akan kepakai ilmunya :D

    BalasHapus
  8. Banyak ya sekarang kursus online dibuka. Aku baru tau tentang Qubisa ini

    BalasHapus
  9. Aku kok envy ya, Mbak, sama teman-teman yang bisa ikutan kursus online gratis gitu. Soalnya aku masih tetap WFO dan tugasnya malah nggak ada habisnya. Ada saja. Sesekali sih aku nyuri-nyuri waktu kalau pas luang banget baru ikutan kelas online gratis gini. Itupun sering nyambi ini dan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari rumahpun bisa produktif ya, jadi saat pandemi sudah berakhir dan kita keluar, udah banyak skill yang kita miliki ya, meski dari rumah saja

      Hapus
  10. selama pandemi ini aku udah 3x ikut kursus online dan sukaa banget, karena memang sesuai dengan yang aku butuhkan juga. anw, thanks mbak infonya ya :D

    BalasHapus
  11. Solutif sekali yaa, ada kursus online, Semoga dapat dimafaatkan dengan sebaik mungkin oleh yang benar-benar membutuhkan

    Aku pernah ikutan mendaftar tapi lupa deh, gak kufollow up lagi atau aku lupa blm menyelesaikan pendaftarannya y

    BalasHapus
  12. Seruuuu!
    Qubisa mengerti banget kebutuhan kita semua yaaa
    pandemi justru jadi moment yg pas untuk upgrading skilss

    BalasHapus
  13. masa pandemi seperti saat ini, kelas-kelas online mmg sangat dibutuhkan dalam menambah wawasan aplg utk anak2, namun mmg kudu memilih sesuai dgn kebutuhan ya

    BalasHapus
  14. untungnya pandemi ini datangnya di saat teknologi udah canggih ya mba, jadi tetap bisa upgrade ilmu walau di rumah aja :)

    BalasHapus
  15. Keren banget kalau bisa bergabung di Qubisa mbak dan bermanfaat banget untuk masyarakat yang ingin mengasah keahlian, kepribadian dan pengembangan diri.

    BalasHapus
  16. Pandemi justru membuat kita produktif ya mbak.. Adanya kursus online meski kita di rumah aja malah membuat pengetahuan dan skill kita bertambah. Saya juga ikut mbak kursus online pakai saldo sisa dari prakerja suami ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  17. Pandemi tidak membuat hanya di rumah tanpa melakukan apa2 untuk up-grade diri ya, mba. Apalagi bagi adek2 yg masih dalam tahap meniti cita2nya. Berbagai kursus online gratis dapat diikuti, salah satunya QuBisa ini. Gratis tapi ilmunya bermanfaat utk karir yg sedang dirintis.

    BalasHapus
  18. Duh, aku jadi kepengen juga ikutan kursus online di QuBisa ini. Cek ke tekape ah, ada kursus apa aja. Kepengen bange bisa nambah skill baru.

    BalasHapus
  19. Saat ini banyak sekali pelatihan dan kursus secara online yang hadir ya, Mbak

    Akupun sebagai ibu rumah tangga, kepingin juga loh mengikuti pelatihan atau kursus online.

    Qu bisa bisa diakses lewat web juga kan y

    BalasHapus
  20. waah sangat menarik yaaa ini kelas-kelas dan webinar yang ada di Qu Bisa, jadi pengen coba ikutan sekalian upgrade skill dan knowledge nih

    BalasHapus
  21. Wah, aku baru tau QuBisa ini lho mba. Senang bisa membaca berbagai pengayaan kemampuan diri melalui QuBisa di artikel Mba Yuni ini. Mau kulik semua fiturnya aahh...

    BalasHapus
  22. Jangan sampai terlewatkan info-info bagus begini.
    Aku salut sama Qubisa yang bisa memberikan kursus online secara gratis.

    BalasHapus
  23. Blessing in disguisenya pandemi ini adalah makin banyak kursus dan kelas online. Kita bisa bebas memilih topik yang diminati dan dibutuhkan. Nggak hanya orang dewasa yang bisa memanfaatkan, tapi juga anak-anak.

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah dapet info komplit banget soal Qubisa ini, jadi pengen coba juga gitu ikut kursus onlinenya Mbak Yun hehehe

    BalasHapus
  25. Mbak, aku paling suka banget ikut kursus yang nggak sampai sehari. Durasi setengah jam ad alatihannya, ntar lanjut setengah jam lagi, latihan lagi. Nah, yang kayak gitu malah lebih nyantol di aku.

    BalasHapus
  26. Wah seru bisa tetap nambah ilmu dan keterampilan dengan belajar di kelas online ya.

    BalasHapus
  27. Lumayan banyak juga pilihan kursusnya ya, kalau begini bisalah diselipkan diantara jam2 lowong. Cek dulu ah kursus onlinenya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...