Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Solusi Terbaik Belajar Di Rumah Dimasa Pandemi

Salah satu kunci sukses sebuah negara adalah pendidikan yang diterima secara merata hingga ke pelosok tanah air. Dengan pendidikan yang berkualitas akan lahir anak-anak  cerdas yang sanggup membuat negara mampu bersaing di era teknologi ini. Sudah pasti ini tugas kita semua, baik orang tua maupun praktisi di bidang pendidikan.



Bimbingan belajar yang dilakukan secara online


Siapa Yang Bertanggung Jawab atas Pendidikan di Indonesia


Orang tua dan keluarga adalah tempat pertama kali pendidikan itu ditempa. Bagaimana kita mengajarkan hal-hal baik kepada anak, bagaimana kita mendidik di rumah, memberikan contoh positif, membimbingnya, mengayominya serta mendampinginya, akan membuat anak merasa nyaman berada di lingkungan keluarga.


Demikian halnya dengan praktisi pendidikan, seperti guru. Guru adalah kunci keberhasilan anak dalam belajar di sekolah. Bagaimana ia memberikan materi secara jelas, memberikan contoh positif di sekolah, serta menjadikan panutan bagi anak-anak di sekolah, pastinya membuat anak didik merasa nyaman, bahkan akan bersungguh-sungguh mendalami materi yang diajarkan para guru di sekolah.


Permasalahan Pendidikan di Masa Pandemi


Yang menjadi permasalahan saat ini tidak semua anak merasa nyaman berada di lingkungan sekolah. Pun juga dia merasa bosan berkutat dengan buku-buku pelajaran di rumah. Seolah kata “sekolah” ini hanya formalitas. Orang tua akan bangga dengan anaknya bersekolah, sementara si anak akan lebih diakui bila ia bersekolah. Sementara si orang tua memasrahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada guru, dan si guru sendiri hanya memberikan materi sepotong-sepotong. Hanya tugas yang diberikan kepada anak tanpa memberikan penjelasan sebelumnya.


Sistem pendidikan kita memang berubah dari tahun ke tahun. Bahkan sistem mengajar di era 90 an pasti berbeda dengan saat ini. Kalau dulu seorang guru tanpa handphone dan sambungan internet bisa memberikan materi didepan kelas dengan telaten, bahkan tak jarang mereka suka memberikan materi tambahan diluar jam pelajaran, namun berbeda dengan jaman sekarang.


Saat ini dimana teknologi semakin maju, sambungan internet lebih banyak dimanfaatkan untuk belajar. Les privat bak jamur di musim hujan, menawarkan berbagai paket program belajar yang bisa diikuti anak diluar jam sekolah. Inilah yang saat ini dimanfaatkan para orang tua agar sang anak mendapatkan pendidikan secara maksimal.


Terlebih dimasa pandemi ini, dimana sistem belajar mengajar harus dilaksanakan secara online. Sudah hampir satu tahun ini virus covid-19 menjangkiti masyarakat dunia. Patuh pada protokol kesehatan dan menjauhi kerumunan menjadi salah satu cara memutus rantai penyebaran covid-19 yang kian masiv. Termasuk dunia pendidikan juga kena imbasnya. Sekolah tatap muka ditiadakan, diganti dengan sekolah jarak jauh dengan metode daring. Sempat diadakan uji coba tatap muka, nyatanya malah menyebabkan beberapa guru dan murid ikut terpapar virus ini. Akhirnya, pembelajaran jarak jauh berbasis online pun ditempuh agar si anak tetap mendapatkan pendidikan dimasa pandemi ini.


Sudah kebayang betapa kompleksnya tugas ibu. Seorang ibu yang tadinya memasrahkan pendidikan anaknya kepada guru, nyatanya harus bisa menjadi guru di rumah. Terlebih bagi anak-anak yang baru memasuki jenjang pendidikan seperti TK, SD, tentunya butuh kesabaran ekstra saat mengajari anak di rumah. Sebenarnya bukan hanya anak TK dan SD saja, anak-anak yang sudah duduk dibangku SMP atau SMA pun juga butuh perhatian di rumah. Belajar secara online, membuat mereka lebih banyak memanfaatkan internet. Kalau orang tua tidak mengontrol kegiatan anak dan membatasi penggunaan gawai, bisa jadi media ini lebih banyak digunakan untuk main game, buka-buka youtube, main tiktok dan sebagainya.


Barangkali sistem pembelajaran online di Indonesia menjadi hal baru. Berbeda dengan beberapa negara di dunia, yang sudah terbiasa menerapkan sistem belajar online kepada anak didiknya. Tentunya hal ini dirasa kurang efektif bagi sebagian orang tua murid yang sudah terbiasa melihat sistem belajar offline, dimana anak-anak datang ke sekolah di jam sekolah, menerima materi dari guru, mereka juga berinteraksi dengan para guru dan teman-teman di lingkungan sekolah.


Berdirinya lembaga belajar online bisa jadi solusi terbaik bagi anak-anak untuk memperdalam materi pelajarannya diluar materi yang didapatkan secara online dari sekolah. Salah satunya adalah Kelas Pintar. Sebagai founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie merasa bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada seluruh anak di Indonesia. Dan Kelas Pintar ini menjadi sarana untuk mencerdaskan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

 

Tentang Aplikasi Kelas Pintar

Bimbingan belajar yang dilaksanakan online


Kelas Pintar merupakan sebuah lembaga kursus online yang didedikasikan untuk anak-anak Indonesia dengan menggunakan metode pintar, personal dan terintegrasi. Didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, dengan harapan akan mendapatkan nilai akademis yang baik.


Ada dua metode yang diberikan oleh bimbel online ini yaitu metode Personal dan metode pembelajaran Pintar. Melalui pendekatan Personal dimana metode penyampaian materinya disesuaikan dengan karakter siswa yang berbeda-beda, baik melalui Visual, Audio maupun Kinesthetic (V.A.K). Sedangkan metode pembelajaran Pintar digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa menyerap kurikulum pendidikan yang diajarkan, dimana metode ini menggunakan pendekatan Learn, Practice dan Test.


Fokus utama di Kelas Pintar ini untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa melalui platform yang Terintegrasi. Hal ini dimaksudkan supaya pihak sekolah dan orang tua bersinergi dalam mencerdaskan anak didik sesuai tujuan negara Indonesia. Platform Terintegrasi disini memiliki kemampuan merekam proses belajar siswa sehingga hasilnya bisa dijadikan bahan analisa guru, sekolah dan orang tua. Dengan begini diharapkan seluruh pihak terkait mampu memahami karakter, potensi dan kesulitan siswa dalam belajar.

 

Metode Pembelajaran di Kelas Pintar


Mengapa metode yang disampaikan dalam Bimbel ini disebut Metode Pintar? Ternyata Bimbel ini menerapkan tiga hal seperti diatas, yaitu:

πŸ’—Learn, dimana siswa harus mempelajari dulu seluruh materi baik dalam bentuk audio-visual, video animasi maupun buku pelajaran elektronik (e-book).

πŸ’—Practice, siswa diberikan soal-soal latihan yang variatif dengan beragam metode latihan, dengan harapan mereka dapat benar-benar memahami konsep yang diberikan mentor.

πŸ’—Test, siswa akan diberikan soal-soal test dengan pilihan metode ujian MCQ, tes adaptif maupun essay sebagai evaluasi proses pembelajaran di Bimbel.

 

Sistem Belajar di Kelas Pintar

Setidaknya ada tiga sistem belajar yang diterapkan di Bimbel ini, yaitu:

πŸ’—Belajar Terencana, disini siswa bisa menulis catatan dan membuat jadwal tersendiri.

πŸ’—Belajar Tidak Sendirian, artinya siswa juga bisa membentuk grup belajar bersama teman sekolahnya lalu mendaftarkan Orang Tua sebagai pendukung dalam proses pembelajaran ini.

πŸ’—Progress Terukur, artinya pihak Kelas Pintar bisa mengirimkan Rapor Berlangganan setiap saat kepada orang tua siswa guna memantau perkembangan belajar siswa di Bimbel ini.

 

Bagaimana Cara Berlangganan Kelas Pintar


Bagi orang tua yang menginginkan buah hatinya dapat menikmati fitur lengkap dari Kelas Pintar Regular ini tentunya harus berlangganan paket Kelas Pintar Regular yang bisa dilihat detailnya secara langsung di website www.kelaspintar.id, dimana siswa bisa berlangganan paket Kelas Pintar Regular bersamaan dengan Paket Soal. Sedang untuk pembayaran paket-paket yang ada di Kelas Pintar caranya cukup mudah, bisa dilakukan melalui transfer Bank baik ATM, M-Banking, Kartu Kredit, GoPay dan sebagainya. Dan untuk menggunakan bimbel online ini siswa bisa mengunduh Aplikasi Kelas Pintar dari appstore di gadget.


Dan jangan khawatir, di Bimbel ini siswa akan dibimbing oleh para guru yang sudah ahli dibidangnya, yang siap membantu kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal latihan. Dengan kata lain mereka memiliki semboyan Trusted, Smart, dan Available, artinya siswa dibimbing penuh oleh mentor yang merupakan guru bersertifikasi, spesialis dan siap menjawab setiap pertanyaan dengan cepat dan benar.  Bahkan materi yang diajarkan pun mengikuti perkembangan kurikulum terbaru yang diterapkan pemerintah, yaitu Kurikulum 2013 Rev. Bahkan, bimbel ini juga terintegrasi antara guru, murid dan orang tua dalam satu platform bimbingan belajar.

 

Keunggulan Kelas Pintar

πŸ’—Berbasis Web dan App, dimana Kelas Pintar menawarkan solusi belajar digital dan praktis melalui smartphone, tablet dan komputer yang bisa terintegrasi antara guru, siswa dan orang tua.

πŸ’—Materi yang diberikan dikemas dalam bentuk audio-visual, video animasi dan buku pelajaran elektronik (e-book)

πŸ’—Pemberian soal latihan untuk penguatan materi berdasarkan HOTS (Higher Order Thinking Skills, tanya jawab dan VBQ (Value Based Question).

πŸ’—Selalu diberikan soal tes yang variatif sebagai bahan evaluasi proses pembelajaran seperti Tes Adaptif, soal pilihan ganda (MCQ) dan soal uraian (Essay).

πŸ’—Beragam modul pilihan diberikan kepada siswa dengan personalisasi metode belajar sesuai kebutuhannya.

πŸ’—Memberikan akses tak terbatas kepada seluruh siswa dari jenjang SD hingga SMA dengan puluhan ribu materi pelajaran dilengkapi soal-soal.

πŸ’—Menjadi grup diskusi antara guru dan siswa dalam satu aplikasi.

πŸ’—Terdapat fitur khusus untuk orang tua agar bisa memantau perkembangan belajar anak.

 

Melihat keunggulan yang ditawarkan Kelas Pintar, tentunya bimbel ini menjadi solusi terbaik sistem pembelajaran dimasa pandemi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Sebagai orang tua, tugas kita harus mendampingi anak dalam belajar. Bukan hanya memberikan fasilitas yang diinginkan, namun juga mengarahkan agar tetap belajar secara maksimal meski hanya di rumah saja.




Sulit memang mengubah cara belajar dari offline ke online. Terkadang juga sering uring-uringan, karena perbedaan kemauan. Orang tua ingin anaknya belajar dan mendapat nilai bagus, sementara si anak lebih suka bermain game dan mengabaikan nilai sekolah. Kalau sudah begini, apakah orang tua akan pasrah?


Solusi Belajar di Rumah Selama Pandemi


Sebagai orang tua saya mempunyai trik khusus agar si anak tetap mau belajar dan mengerjakan tugas sekolah di rumah:

  1. Ibu harus bangun pagi dan menyiapkan menu makanan kesukaan anak. Menu kesukaan bukan harus mahal, tetapi bisa dibuat sendiri dari rumah. Saat ini banyak tutorial menciptakan kreasi makanan kesukaan anak di youtube yang bisa dicontoh.
  2. Bila makanan sudah siap, bangunkan si anak. Bagi yang beragama muslim mintalah si anak untuk membersihkan badan lalu melaksanakan sholat Shubuh. Setelah sholat Subuh selesai, tawari si anak dengan makanan yang sudah siap.
  3. Jangan perbolehkan si anak mengunci smartphonenya dengan kata sandi, agar ibu bisa mengontrol penggunaan gadget ini setiap saat. Hal ini juga untuk memantau jangan sampai anak terlewatkan tidak mengerjakan tugas sekolah.
  4. Setelah selesai makan, tetap dampingi anak, jangan perbolehkan ia masuk kamar atau kembali tidur. Ajaklah dia nonton TV atau beraktifitas diluar ruangan.
  5. Ingatkan selalu si anak untuk memantau smartphonenya disaat jam pelajaran akan dimulai. Biasanya hal pertama yang dilakukan guru adalah meminta siswanya untuk mengisi daftar absen.
  6. Jangan lupa mintalah jadwal pelajaran selama seminggu, dan selalu tanyakan kepada anak apakah ada materi pelajaran, ada tugas atau ada ulangan?
  7. Jangan biarkan anak terus menerus memegang gadget, suruhlah dia beraktifitas di luar rumah, atau berinteraksi dengan temannya, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.
  8. Dampingi anak dalam belajar. Hindari kalimat kasar atau bentakan agar si anak nyaman belajar di rumah. Bila materi yang diterima anak dirasa kurang, ibu bisa mendaftarkannya untuk mengikuti bimbingan belajar online, Kelas Pintar contohnya.
  9. Siapkan makanan sehat dan bergizi, atur jadwal istirahat, belajar dan beraktivitas agar si anak tetap sehat terhindar dari virus covid-19, bahkan tetap nyaman belajar dan berada di lingkungan keluarga yang saling menyayangi.

 

Semoga pandemi ini membawa kita ke perubahan yang lebih baik. Orang tua akan lebih bertanggung jawab terhadap masa depan anak, sementara si anak makin nyaman dan lama-lama terbiasa menjalankan proses pembelajaran secara online. Mari kita ambil hikmah dari setiap kejadian, yakinlah tak ada yang mustahil di dunia ini, bahwa setiap ujian yang Allah SWT berikan kepada umatnya pasti bisa dilalui dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Yuni Handono
Yuni Handono Blogger, Penikmat Kuliner, Suka Travelling

14 komentar untuk "Inilah Solusi Terbaik Belajar Di Rumah Dimasa Pandemi"

  1. semoga di masa pandemi ini anak - anak kita tetap mendapat banyak kesempatan dan energi untuk belajar yaa

    BalasHapus
  2. Dengan adanya kelas pintar, banyak terbantu anak-anak di masa pandemi ya Mbak
    lega rasanya ada platform macam ini. Keponakan dan anak-anak kasihan kalo kelamaan nggak aktif belajar

    BalasHapus
  3. Belajar online saat ini memang membutuhkan lebih banyak belajar dari luar sih menurutku karena sebagian besar guru anakku hanya kasih catatan dan tugas saja tanpa menerangkan jadi anak diminta untuk lebih aktif ikut kelas belajar di luar sekolah. Kelas pintar bisa jadi satu pilihan platform belajar anak juga sih apalagi kalau dilihat sangat muda untuk anak-anak belajar mandiri dengan kelas pintar.

    BalasHapus
  4. belajar online menjadi tantangan tersendiri untuk setiap anak dan orang tua ya mbak. Beruntungnya ada kelas pintar dan beragam penawaran harga jadi bisa membantu orang tua untuk mendapat tambahan pendampingan belajar anak.

    BalasHapus
  5. Bener mba Yuni, selama pandemi ini, ibu juga jadi guru dadakan, untung ada aplikasi kelas pintar ya untuk membantu anak belajar di rumah

    BalasHapus
  6. Iya ya ibu-ibu sekarang makin sibuk dengan urusan sekolah anak sejak pandemi, dengan adanya kelas pintar ini tentu terbantu sekali ya... Alhamdulillah kalau saya anak bungsu sudah kls 2 SMP jad sudah mandiri. :D

    BalasHapus
  7. jangan pernah berhenti untuk terus meningkatkan keahlian dan skills kita ya mba, termasuk lewat media online ini. Anak - anakku juga semuanya we based nih belajarnya sekarang

    BalasHapus
  8. Pandemi ini memang meaksa seluruh umat manusia untuk berinovasi dan tahan benting. Aku punya teman-teman yang harus berjibaku dengan sekolah daring. Baru denger ceritanya aja sudah mumet. Semoga pandemi segera berakhir dan kita semua diberi kekuatan, ya.

    BalasHapus
  9. wah danya aplikasi kelas pintar ini [astinya membantu banget ya bun. Learn Practice and exam, jadi engga cuma dengerin guru aja tapi ada practice nya juga untuk lebih memahami materi yang di sampaikan

    BalasHapus
  10. Ibu ini benar-benar orang yang paling awal membentuk anak-anak ya Mbak. Semua tugas ada di pundak si ibu, pastinya dengan support suami

    Akupun memilih untuk mendampingi anak-anak full saat mereka belajar di rumah, satu tahun lalu. Aku memilih stop tidak membuka blog, dan sekarang saatnya anakku yang sudah SD untuk fokus belajar mandiri tentu ditambah dengan bimbel online Kelas Pintar juga

    BalasHapus
  11. aku akan coba kasih info ini ke adikku yang masih bersekolah, mantab detail banget

    BalasHapus
  12. Kereen..
    Aku yakin betul siih...memang setiap masalah diturunkan sepaket dengan solusinya.
    Dan kelas Pintar membuat solusi yang terbaik untuk membantu belajar anak saat ini.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, hadirnya aplikasi kelas pintar ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik saat PJJ. Semangat yaa buibu yg mendampingi anak PJJ

    BalasHapus
  14. tetap semangat untuk para murid yaaa :D

    BalasHapus