USB OTG Sandisk, Solusi Terbaik Backup Memori Smartphone


Smartphone kini menjadi media yang digunakan untuk berbagai aktifitas. Bukan hanya untuk berkomunikasi, namun juga dimanfaatkan untuk mencari informasi melalui internet dan aktif di media sosial. Terakhir smartphone seringkali digunakan sebagai media penyimpanan digital. Baik foto, video maupun data seringkali tersimpan didalam smartphone. Pertanyaannya, cukupkah dalam satu smartphone menyimpan banyak data?



Sebagai blogger, saya merasakan betapa pentingnya smartphone untuk menunjang aktifitas saya. Dengan smartphone saya bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan seperti:
  • Menyimpan foto
  • Menyimpan video
  • Menulis blog
  • Membuat video
  • Berinteraksi dengan teman-teman di grup whatsApp
  • Aktif di media sosial, baik di facebook, instagram maupun twitter.


Bagi saya, smartphone adalah media multifungsi. Dengan satu alat ini berbagai pekerjaan dapat terselesaikan. Tak ayal didalam smartphone ini banyak aplikasi yang saya install, seperti aplikasi edit foto dan video. Dan untuk menghasilkan foto atau video yang bagus, bukan hanya satu aplikasi saja yang saya install, melainkan beberapa aplikasi penunjang. Dengan harapan agar hasil editing foto atau video lebih variatif. Belum lagi media sosial dan whatsapp yang banyak memakan ruang penyimpanan smartphone. Sudah kebayang berapa GB memori yang dibutuhkan sebuah smartphone bila harus menyelesaikan banyak aktifitas?

Ujung-ujungnya saya menggunakan dua buah smartphone supaya bisa bergabung dengan grup-grup whatsapp.  Rata-rata WAG yang saya ikuti sangat aktif, baik aktif chatting maupun aktif berkirim gambar dan video. Sudah pasti memori smartphone akan cepat penuh bila setiap harinya aktifitas di whatsapp grup ini sangat aktif. Dan sungguh tidak efektif bila kita menggunakan dua buah smartphone untuk berinteraksi di WAG yang berbeda namun masih dalam satu aktifitas, yaitu sebagai blogger.

Pernah juga mengalami hal yang menyedihkan, ketika harus menyimpan video yang baru saya gabung tiba-tiba video itu hilang, dan harus mengulang dari awal. Hanya gara-gara memori smartphone penuh. Rasanya ingin mempunyai sebuah smartphone dengan memori yang sangat besar. Tapi apa daya, saat melihat deretan smartphone di counter, rata-rata yang memorinya sangat besar dibanderol dengan harga yang besar pula.  

Bahkan, yang bikin nangis guling-guling, saat saya memaksakan menyimpan banyak foto sementara memori benar-benar full, tiba-tiba layar smartphone berwarna putih. Ketika saya coba matikan daya dan nyalakan kembali, ternyata semua data hilang. Foto-foto, nomor kontak teman bahkan beberapa aplikasi ikut raib. Duh sedih banget. Apalagi saat tidak ditemukan backup datanya, ingin rasanya teriak tapi tertahan. Bagi saya kehilangan semua data di smartphone sama artinya dengan kehilangan smartphone, alias saya harus menginstall ulang aplikasi, meminta foto dan nomor kontak kepada teman.


MEMPERKENALKAN WESTERN DIGITAL & SANDISK sebagai Media Penyimpanan Data

Western Digital adalah sebuah perusahaan yang mendorong adanya inovasi yang dibutuhkan untuk membantu para pelanggan dalam menciptakan, menyimpan, mengakses dan mentransformasi data yang semakin bertambah banyak. Dimanapun data berada, baik dari data center sampai dengan perangkat penyimpanan, seperti smartphone, Western Digital siap memberikan solusi terbaik dalam hal penyimpanan data.

sumber: website Sandisk

Sandisk adalah salah satu brand terdepan dalam solusi penyimpanan mobile yang ditawarkan Western Digital. Bahkan, dengan Sandisk kekhawatiran akan kehilangan atau kerusakan data pun dapat teratasi, karena ia memiliki beberapa keunggulan seperti gambar dibawah ini:

sumber: website sandisk
Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran smartphone, khususnya di Indonesia sangat membantu setiap orang untuk beraktifitas. Smartphone kini menjadi alat vital yang sangat dibutuhkan. Terlebih dalam merekam setiap jejak kehidupan. Didalam smartphone tersimpan foto-foto kenangan yang kelak dapat dijadikan sebuah cerita yang berkesan. 

Satu hal yang sering terlupakan, masyarakat belum menyadari bahwa suatu saat data yang tersimpan indah di smartphone itu bisa hilang. Mungkin karena memori smartphone penuh, atau data rusak. Masyarakat juga menganggap bahwa proses backup data itu sangat sulit dan rumit, sehingga mereka enggan mencari tahu bagaimana caranya menyelamatkan semua data di smartphonenya dari ancaman kehilangan atau kerusakan data.


Demikian pentingnya melakukan backup data pada smartphone, kali ini Western Digital memperkenalkan USB OTG Sandisk sebagai salah satu solusi atau produk terbaik dalam melakukan backup memori smartphone. Dengan produk ini diharapkan data-data yang ada di smartphone bisa dipindahkan, sehingga smartphone dapat berfungsi dengan baik, data-data pun dapat tersimpan dengan rapi. 



USB OTG Sandisk ini bisa menyelamatkan semua data yang ada di smartphone. Pastinya kita tidak akan khawatir foto-foto dan video kenangan #DibuangSayang karena sudah ada backup data dengan memori penyimpanan yang lebih besar. Bahkan smartphone pun dijamin tak akan lemot, aplikasi dapat berjalan lancar, beraktifitas secara digital pun makin menyenangkan. 


HASIL SURVEY WESTERN DIGITAL CORPORATION MENGENAI KEHILANGAN DATA DAN KETERBATASAN MEMORI SMARTPHONE

Menurut hasil survey DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corporation berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, menyebutkan bahwa 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Riset ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar.

sumber: website Western Digital

Bahkan, seiring dengan peningkatan penggunaan smartphone di Indonesia, jumlah konten digital pun mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Tercatat di bulan September 2018, tingkat penetrasi pengguna smartphone di Indonesia mencapai 27,4%. Artinya sekitar 73 juta masyarakat Indonesia telah memanfaatkan smartphone untuk menunjang aktifitasnya. Inilah yang membawa Indonesia ke peringkat enam dunia sebagai negara yang masyoritas masyarakatnya memanfaatkan smartphone untuk mobilitasnya.

Dengan melihat fakta yang ada, trend masyarakat Urban Indonesia sebagai pengguna smartphone agaknya sangat menarik untuk ditelusuri. Dan Western Digital pun akhirnya mempunyai kesimpulan sebagai berikut:

  1. Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk berbagai kebutuhan, seperti: gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Bahkan survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti "kamera". Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
  2. Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Namun, kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan — dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.
  3. Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau backup data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini.
sumber: Western Digital


Dari studi yang dipaparkan Western Digital berikut temuan data yang ada di lingkungan masyarakat, kehadiran Sandisk sangat diperlukan guna menghindari kehilangan data atau kurang normalnya aplikasi smartphone gara-gara memori  penuh. Jangan sampai harus memilih, apakah harus menghapus file atau aplikasi, ketika merasakan smartphone kita lemot. Kalau begini benar-benar #DibuangSayang deh. Pastinya kita lebih suka smartphone berjalan lancar tanpa harus menghapus file atau aplikasi apapun. 

sumber: Western Digital

Ada beberapa jenis USB OTG Sandisk yang ditawarkan Western Digital, salah satunya SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 64GB USB 3.0 OTG Flash Drive. 



SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 memudahkan pemindahan konten dari smartphone ke laptop/PC. Dengan konektor micro-USB di satu sisi dan konektor USB 3.0 di sisi lain, drive ini dapat memindahkan data dari berbagai perangkat seperti dari smartphone/tablet Android ke laptop atau PC, demikian sebaliknya. Konektor USB 3.0 memiliki kinerja tinggi dan kompatibel dengan port USB 2.0. Flash drive untuk perangkat Android ini memiliki aplikasi SanDisk Memory Zone2 untuk melakukan backup pada hasil pemotretan secara otomatis dan manajemen file serta media dengan mudah.
Sedangkan fitur dan fungsi dari Sandisk Ultra Dual Drive m3.0 ini diantaranya:
  • Desainnya unik dapat digeser dengan konektor micro-USB dan USB 3.0
  • Mampu mengosongkan memori dengan mudah pada smartphone dengan fitur OTG 1
  • Mampu memindahkan file antar smartphone dengan OTG dan tablet serta PC atau komputer.
  • Tambahan penyimpanan 16GB, 32GB, 64GB atau 128GB (khusus untuk smartphone Android dan tablet)
  • Kemampuan transfer USB 3.0 kecepatan tinggi dari drive ke komputer  hingga 130MB (hanya untuk 16GB)
  • Kemampuan transfer USB 3.0 kecepatan tinggi dari drive ke komputer  hingga 150MB (hanya untuk 32GB-128GB)
  • Mengosongkan memori pada ponsel Android dengan fitur OTG untuk menambah lebih banyak foto, video dan lagu.
  • Kompatibel dengan kebanyakan perangkat Android.
  • Gunakan aplikasi SanDisk Memory Zone (tersedia di Google Play) untuk kemudahan pengelolaan dan backup file pada smartphone android.
Jadi sebelum merasa kesal karena kehilangan banyak data di smartphone, atau dongkol karena smartphone berjalan lambat. Bahkan sedih karena harus menghapus aplikasi yang terinstall di smartphone, yuk kita manfaatkan Sandisk  Ultra Dual Drive m3.0 ini sebagai salah satu solusi menyelamatkan data dan membuat smartphone kembali berjalan normal.

sumber: website Sandisk

Belilah produk ini di Sandisk Official Shop, dimana produk yang ditawarkan 100% original dan bergaransi, dengan jangka waktu garansi yang sudah tertera di bagian belakang packaging-nya. Di bagian belakang packaging juga tertera #SanDiskAPAC yang menunjukkan tabel garansi yang berlaku untuk produk yang dipasarkan di wilayah Asia-Pasifik termasuk: Australia dan Selandia Baru. Dimana garansi untuk produk ini adalah 5 tahun.

Ada empat jenis kapasitas memori penyimpanan yang ditawarkan, yaitu: 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Dimana hanya kapasitas 16 GB saja yang mempunyai kecepatan  baca paling rendah, yaitu 130 MB/s. Sementara untuk memori berkapasitas 32 MB - 128 MB kapasitas bacanya sama, yaitu 150 MB/s. Tinggal pilih kapasitas sesuai kebutuhan. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula data yang ter-backup.

Inilah bukti bahwa USB OTG Sandisk merupakan solusi terbaik untuk backup memori smartphone.


Komentar

  1. ini betul2 solusi untuk membackup data, bahkan saya yang udah sinkronkan ke akun google pun ga akan cukup karena google cuma ngasih jatah 15 GB aja, kalau mau upgrade harus bayar, dengan usb otb bisa untuk menyimban data, apalagi udah ikuti perkembangan usb 3.0, udah bisa ngirim data cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas, USB OTG sandisk ini solusi terbaik untuk menghindari kehilangan data

      Hapus
  2. SanDisk memang perangkat yang bisa diandalkan mbak, data lebih aman, bisa backup kapan saja kerja juga lebih maksimal, TFS yahh Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, untuk backup data emang lebih baik kita pakai Sandisk OTG aja agar hp tdk lemot, data pun tak perlu khawatir akan hilang.

      Hapus
  3. Makasih infonya mba yuni... atas itnfonya... tentang produk sandisk

    BalasHapus
  4. solusi terbaik dan yang terbaik ini kak. gk salah kalo ngandelin usb otg sandisk mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, supaya memori henpon tidak full kita manfaatkan Sandisk untuk menyimpan data dr henpon

      Hapus
  5. solusinya top cer kak. langsung cari yang jual. mayan buat nyimpan data yang sayang banget buat dibuangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Sandisk bisa menjadi solusi tepat menyelamatkan data di henpon

      Hapus
  6. Setelah jadi admin Indonesia Saling Follow, terpaksalah ponsel dan komputer saya penuh dengan data tangkapan layar untuk komunitas. Bahkan termasuk foto dan hal lainnya. Repot pindahkan ke komputer karena tidak mungkin dibuang, butuh tempat penyimpanan data demi komunitas.
    Saya kerap pakai kabel data dari paket ponsel, tapi ada keterbatasan. Dengan bluetooth juga repot dan kurang cepat. Pengen punya USB praktis gitu kayak SanDisk.
    Jika data sudah tidak diperlukan lagi bisa dibuang, cuma saya butuh waktu lama karena sibuk dengan keseharian, takut juga giliran komputer penuh foto melulu. Semoga tidak gelap layarnya karena kepenuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. USB OTG Sandisk ini cocok untuk memori penyimpanan mbak, karena ada tiga macam kapasitas. Kalau menginginkan ruang penyimpanan yang banyak, bisa memilih sandisk yang berkapasitas 64 GB keatas.

      Hapus
  7. Saya butuh banget ini deh, secara trauma juga laptop lama rusak parah dan ratusan GB foto kami hilang dalam sekejap.

    Kayaknya mending naruh di usb kayak gini juga ya biar aman, terlebih juga lebih praktis, bisa menyelamatkan memori hape di manapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak....seperti henpon saya yang memorinya cuma 3 GB pasti kewalahan menyimpan data yang banyak. Dengan sandisk ini data bisa saya pindahkan dan henpon kembali berjalan normal.

      Hapus
  8. Solusi banget ya buat yang memori hapenya terbatas seperti aku.. kadang butuh banget buat simpan voice note kalo ada event.. sering memori full ngga bisa simpen.. noted mbak ini yang sedang aku cari.. namanya usb otg sandisk ya.. pernah liat ada orang yang pakai ini.. tapi belum berani tanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, usb otg sandisk ini solusi terbaik untuk penyimpanan data, menghindari kehilangan atau kerusakan data akibat memori gawai yang penuh.

      Hapus
  9. Waduh mb Yuni, aku pernah ngerasa sediiihh banget, waktu tau dokumentasi foto-videoku ilang. hiksss... untungnya ada USB OTG kayak gini. No worries deh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama berarti mbak....video hilang gara-gara memori henpon penuh. Lebih aman pakai sandisk ini mbak untuk penyimpanan.

      Hapus
  10. saya juga pakai USB OTG Sandisk untuk back up semua data-data penting dari HP mba, udah paling aman deh, hati juga jadi tenang kalau HP mendadak (amit-amit) ngehang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak...kalau data penting hilang rasanya mau teriak ya mbak. Mending kita pakai usb otg sandisk ini sebagai solusi menyimpan data teraman.

      Hapus
  11. Anak-anakku kubelikan USB OTG Sandisk juga, tapi yang 32 GB. Jadi biar data file2 tugas2 sekolah dan foto2 mereka simpan sendiri-sendiri nggak kecampur2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak...karena tugas sekolah suatu saat pasti masih dibutuhkan, dan foto2 tentunya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Jadi harus aman menyimpannya.

      Hapus
  12. USB OTG SANDISK emang udah ngetren ya, aku juga pakee dan merknya emang uah terpercaya banget. Secara ya nyimpen poto2, pideo dllnya makin asiik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget teh Nchie, daripada was-was data kita hilang lebih baik kita selamatkan pakai usb otg sandisk ya

      Hapus
  13. Iya benar saya juga pernah mengalami gimana betenya saat foto dan video raib karena memory tidak cukup. Adanya OTG Sandisk ini bikin kita tdnnag ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, dengan usb otg sandisk ini semua data yakin terselamatkan dari kehilangan atau kerusakan.

      Hapus
  14. Aku penasaran buat memilikinya mba. Belum pernah punya soalnya tapi aku pernah mengalami memori hilang di hape. Kayaknya harus punya ini. Harga brapa mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, usb otg sandisk ini solusi terbaik menyelamatkan data dari kehilangan atau kerusakan. Saya beli di gramed sekitar 150 ribuan mbak kalau gak salah...ada di shopee mbak mumpung promo pastinya lebih murah harganya hehehe....

      Hapus
  15. saya juga pakai usb otg sandisk untuk nonton drama korea dan film india di handphone, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai usb otg sandisk bisa menyimpan banyak film ya mbak, pastinya bikin hari-hari makin menyenangkan.

      Hapus
  16. bener banget mbak, kalo blogger yang senjatanya henpong untuk jeprat jepret ataupun bikin video, musti siapin ekstra penyimpanan buat nyimpen filenya. salah satu yang bermanfaat adalah usb otg ini, biar performa henpongnya tetap prima, ga lemot akibat penuh memorynya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas...henpon sebagus apapun kalau penyimpanannya sudah full pasti bakal tak nyaman. Solusi terbaiknya pakai usb otg sandisk ya supaya henpon tdk full memoori dan kembali normal saat dipakai.

      Hapus
  17. Barang wajib buat bapak-bapak kayak saya, mau beli HP nggak ada duit, tapi HP-nya penuh terus~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah....daripada ngeluarin duit buat beli hp yang mahal, mending beli usb otg sandisk aja, nyimpen datanya juga banyak.

      Hapus
  18. Setuju.
    Back up memori buat praktisi (((praktisi))) digital nomad is a must!
    Bisa nangis bombay, kalau tiba-tiba HP hang atau data terhapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kakak, ini yang pernah kualami...dan aku tak mau ngulang lagi untuk kesekian kalinya hiks.

      Hapus
  19. Wah aku nih yg sering muring2 karena memori smartphone cepat habis..hehe.. perlu kenalan dg Sandisk ini tampaknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak...yuk beli sandisk yang otg mbak biar hp tidak full terus memorinya.

      Hapus
  20. Bentuknya antik masa. Aku juga pengguna sandisk emang bagus ih harganya juga terjangkau banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, suka banget sama bentuknya. ruang penyimpanannya juga besar. jadi tak perlu lagi beli henpon, cukup sandisk aja yang terjangkau harganya.

      Hapus
  21. Aku juga pakai memory sandisk nih soale terpercaya banget , kualitasnya itu lho awet dan bagus. Tapi kalau usb otg sandisk ini aku belum punya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sandisk emang sudah terkenal ya mbak, produknya bagus. nah yang otg ini bisa dicolok di slot henpon, jadi kalau henpon memorinya kecil kita pasang aja sandisk otg ini. pasti gak bakal kebingungan buat nyimpen data di henpon.

      Hapus
  22. Ini solusi tepat banget buat kita2 yaa..
    Aku weekends kemarin habis ada accident sama 2 hp. Gemes sih krn 1 hp akhirya matot dan data gak bisa diselamatkan semua sebelum di back up :(

    Berusaha legowo sambil nabung konten lagi. Besok harus segera beli otg flash drive begini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuuh sayang banget ya mbak....tapi emang bener nih usb otg sandisk solusi terbaik untuk menyimpan data di henpon. Daripada beli henpon lagi mending beli sandisk aja mbak hehehe....

      Hapus
  23. Justru anak-anak nih yang punya USB OTG Sandisk buat hape mereka. Aku yang suka nanya-nanya gitu awalnya bingung karena disuruh beli juga. Wah anak-anak tuh emang lebih dulu tahu dibanding emaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak gitu loh mbak Wati hehehe.....mereka lebih dulu browsing internet daripada emaknya....tapi emang bener mbak, usb otg sandisk ini solusi terbaik untuk penyimpanan data henpon, biar data tidak hilang atau rusak.

      Hapus
  24. wah kayaknya perlu ini bagiku, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun, perlu banget, apalagi sebagai blogger yang sering mengambil gambar pakai henpon. Sandisk ini sangat membantu menyimpan data di henpon agar tidak rusak atau hilang.

      Hapus
  25. aku juga pakai OTG, kadang suka males trasnfer data darihape ke laptop dulu baru di back up, kalo pake otg tinggal colok aja lngsung aman deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, enak pakai otg ga usah transfer data ya....data juga aman tidak bakal hilang.

      Hapus
  26. Smartphone bagi saya adalah rumah kedua, karna disana saya mendapatkan apa ygang saya inginkan dari ilmu, kenangam dll haduhh tapi kalo hp sudah penuh itu bisa jadi masalah.. Makasih tips ya mba akan ak coba nij

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak...apalagi sebagai blogger, pasti henpon menjadi salah satu amunisinya ya...kalau data hilang pasti kecewa banget. Sebelum data hilang atau rusak, lebih baik kita gunakan usb otg sandisk sebagai memori penyimpanannya.

      Hapus
  27. Aku tuh banyak USB kayak gini tapi gak dipake.. bener juga ya, bisa buat nyimpen data dari hape. Daripada memori hapeku penuh terus. Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  28. USB OtG emang solusi banget siiih buat backup data smartphone. Apalagi Ujame yang seneng travelling & foto-foto. Kalo gak langsung di backup jadi berat 😂

    Dan pakai sandisk ini emang pengiriman datanya cepet sih bund, gak lola :))

    BalasHapus
  29. bener banget mbak, salah satu yang bikin hape saya cepet banget penuh adalah games anak anak dan foto foto cantik emaknya. ternyata pakai otg bisa langsung bisa disimpan pake flashdisk ya mbak, baru tahu saya hihihi

    BalasHapus
  30. Wah mantaps nih..bs jd solusi ya.. aku jg sering hilang foto n video...apalagi yg kerasa sedih banget tuh video2 pas perjalanan ..

    BalasHapus
  31. Duh, aku nih, sering banget kehilangan data di hape android. Gara2 telat back up. Kudu punya nih yang begini. Biar gak nyesek terus saat hape rusak dan data belum keback up.

    BalasHapus
  32. Aku juga bakal perlu niih mba karena foto aku asli banyaak banget hehehe. Thanks infonya mba

    BalasHapus
  33. Solusi banget ini mbak, aku juga pakai sandisk dan terbukti banyak data yg tersimpan dengan aman.

    BalasHapus
  34. Foto dan video paling sering bikin memori penuh. Kayaknya mesti punya OTG nih untuk back up semua data di ponsel.

    BalasHapus
  35. Aku uda setahun pakai USB OTG ini untuk back up data nih, mbak. Sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
  36. aku suka pake sandisk ini
    soalnya transfernya cepet loh
    sampe 150 mbps
    juarak~~

    BalasHapus

  37. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    BalasHapus
  38. Barang yg seperti ini yg lebih aku butuhkan memang mbak,
    Bnayak banget kejadian yg bikin kesel apalagi pas lagi foto2 eh memori penuh
    Untung ada USB OTG SanDisk jadinya mudah buat backup ke smartphone

    BalasHapus
  39. USB OYG SanDisk ini memang jawaban untuk kita biar mudah memindahkan data dari ponsel. Biar memory ponsel lebih longgar dan bisa menyimpan data lagi.

    BalasHapus
  40. Aku pernah tuh kehilangan beberapa data karena lupa back up, ternyata ada alat ginian toh wah jadi lebih mudah transfer data ke laptop atau PC

    BalasHapus
  41. Gagal fokus karena smartphonenya samaan mbak Yuni hhee
    Asyik ya backup data smartphone pakai USB OTG SanDisk, mbak. cepet banget transfer datanya hee

    BalasHapus
  42. Aku juga banyak kerja pakai smartphone, Mbak. Mana mobile banget ke sana ke sini. Kebayang sepenuh apa memori smartphone kalau tak rajin backup. Dulu sih repot banget. Backup mesti pakai kabel data dan mindahin ke laptop juga makan waktu lama. Sekarang udah ada USB OTG ternyata praktis banget. Tinggal plug and play dan transfer datanya juga cepat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...