Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Full Stack Web Developer Kunci Sukses Membangun Karier

kursus bahasa pemrograman javascript


Dulu sempat kecewa gara-gara kerja tak sesuai harapan. Sampai keluar masuk dari satu perusahaan satu ke perusahaan lain, akhirnya menyerah. Coba kalau dari dulu sudah tahu caranya. Pasti tidak bakal putus asa. Banyak yang bilang dengan kursus full stack web developer karier pun makin cemerlang.

Kursus full stack web developer kini menjadi pembuka menuju kesuksesan. Terlebih bagi kamu yang bermimpi menjadi seorang Web Developer. Saat ini bidang pengembangan web atau yang dikenal dengan “Web Development” termasuk salah satu sektor yang menjanjikan gaji cukup tinggi bagi pekerjanya.



Faktanya, kemajuan teknologi saat ini sangat pesat. Semua serba digital. Bahkan kebutuhan akan internet terus bertambah. Hampir seluruh masyarakat dunia menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Baik tua maupun muda telah memanfaatkan berbagai situs untuk menggali informasi. Tak terkecuali kaum perempuan di Indonesia. Perempuan juga berlomba-lomba  memaksimalkan internet untuk berbagai kebutuhan. Setidaknya ada 175,4 juta pengguna internet untuk berbagai kebutuhan, seperti belanja online, belajar online, mencari data, membaca berita online dan lain sebagainya.



kursus yang bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin menjadi web developer


Bahkan, semakin lama, masyarakat lebih memilih memanfaatkan jaringan internet di rumah ketimbang harus keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya. Inilah yang mendorong orang berlomba-lomba membangun Website demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan website itu pula dapat diibaratkan “simbiosis mutualis” atau terdapat hubungan timbal balik antara pemilik website dan pembeli, dimana mereka saling diuntungkan. Terbukti saat ini bermunculan e-commerce yang bisa dinikmati masyarakat untuk berbelanja online.


Bukan hanya itu, kini makin banyak orang yang mendalami ilmu blogging. Mereka membangun komunitas dengan harapan bisa sharing ilmu dan pekerjaan. Blogging saat ini bukan sekedar aktifitas pengisi waktu senggang, namun juga bisa menjadi sebuah pekerjaan yang menghasilkan bila dikerjakan secara sungguh-sungguh.


Kursus full stack javascript sangat tepat diikuti oleh siapa saja yang ingin sukses membangun karier di bidang pengembangan website. Tak dapat dipungkiri, banyak lulusan sarjana dari universitas ternama yang susah mendapatkan pekerjaan. Bahkan banyak pula para pekerja yang tidak puas ditempat kerjanya. Bertahun-tahun bekerja namun jenjang kariernya tidak juga meningkat. Hingga mengakibatkan bertambahnya jumlah pengangguran.


kursus yang bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin bekerja menjadi pengembang web


Faktanya, jumlah pengangguran di Indonesia saat ini sekitar 6,9 juta orang, dimana 63,7% - nya tergolong pengangguran terdidik. Ironisnya, di tahun 2020 lalu, jumlah orang yang di PHK meningkat. Tercatat sekitar 1,9 juta orang terpaksa di PHK karena berbagai alasan. Sudah pasti hal ini sangat berdampak bagi kelangsungan hidup masyarakat.  Inilah alasan mengapa full stack developer menjadi sebuah pekerjaan yang sangat diminati akhir-akhir ini.


PENTINGNYA BELAJAR JAVA SCRIPT

Tak mudah membangun sebuah website yang menarik dan interaktif.  Butuh sebuah bahasa pemrograman yang dikenal dengan JavaScript. Dan ini penting bagi kamu yang ingin terjun dibidang Web Developer. Kunci utamanya diawali dengan belajar javascript pemula.


Javascript kini dianggap mudah digunakan dalam pembuatan sebuah website, sehingga tidak hanya digunakan oleh klien, namun juga bisa dimanfaatkan untuk aplikasi desktop, server, game, mobile atau bahkan Internet of Things (IoT).  Singkatnya, javascript merupakan bahasa pemrograman yang baku, bisa dipakai untuk Front End dan Back End sekaligus. Javascript juga bisa membuat berbagai fitur, dari yang sederhana sampai yang kompleks.


Dan untuk belajar javascript dibutuhkan beberapa aplikasi  penunjang seperti:

  • Web Browser contohnya google chrome
  • Teks Editor contohnya Notepad++
  • Web Server, untuk menjalankan kode program yang dikombinasikan dengan javascript, biasanya menggunakan kode HTML dan PHP.


Hal terpenting saat belajar javascript pemula adalah mengetahui cara penulisan kode program, variable, operator, kondisional, fungsi dan tipe data. Inipun bisa dikembangkan sesuai kebutuhan website.

 

SEKILAS TENTANG FULL STACK DEVELOPER

Baik website, javascript maupun full stack developer selalu berhubungan satu sama lain. Dengan kata lain full stack web developer ini adalah seseorang yang bertugas sebagai Front End dan Back End Developer sekaligus, dimana ia dituntut mampu mengkonversi data kedalam kode pemrograman, seperti HTML, CSS, XML sebagai Front End dan juga sanggup bekerja dengan javascript, PHP, java, database sebagai Back End.


Lalu apa saja keahlian yang harus dimiliki oleh seorang full stack web developer ini? Setidaknya kamu harus :

  • Menguasai beberapa bahasa pemrograman (Back End)
  • Menguasai teknologi Front End, yang merupakan jembatan antara desain dan Back End, sekaligus bertanggung jawab menganalisa dan membuat tampilan aplikasi.
  • Menguasai desain UI (User Interfaces) dan UX (User Experiences), dimana UX tergantung pada UI. Bahkan keberhasilan produk apapun juga tergantung dari UI dan UX-nya.
  • Mampu menangani dan mengelola database dengan baik.
  • Memiliki kemampuan softskill seperti , dapat berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik dan selalu update teknologi baru.

 

PENTINGKAH BELAJAR HTML DAN CSS, SELAIN JAVASCRIPT?

Penting bagi seorang full stack developer untuk mempelajari HTML dan CSS, karena keduanya merupakan ilmu dasar yang dibutuhkan untuk memodifikasi sebuah website. Inilah juga yang sering digunakan pebisnis dalam mengembangkan usahanya ketika membangun website demi mempromosikan produknya.


Dengan kata lain profesi sebagai full stack web developer kini makin dicari oleh perusahaan besar di Indonesia yang sedang mengembangkan tim IT-nya untuk membangun sebuah website. Bahkan dengan keahliannya pula, pihak perusahaan berani memberikan gaji besar. Sungguh sebuah tawaran yang menarik bukan?

 

SEKILAS TENTANG COURSE-NET

 

belajar bahasa pemrograman untuk sebuah web
credit (web official)

Belajar javascript bisa ditempuh dengan dua cara, belajar sendiri atau melalui kursus. Meskipun pemahaman akan javascript ini bisa dipelajari melalui tutorial di youtube, namun alangkah baiknya mengikuti kursus yang jelas dibimbing sampai bisa oleh coach yang menguasai bidangnya.


Course-Net merupakan salah satu lembaga kursus teknologi informasi sekaligus menjadi tempat belajar javascript yang ada di Indonesia.  Lembaga ini didirikan pada tahun 2015, oleh seorang anak muda yang ahli dibidang IT bernama Fransiskus Alvin Winata. Ide pendirian lembaga ini diakui Alvin berasal dari bentuk ketidakpuasan pencari kerja. Dimana sebuah perusahaan mencari karyawan bukan dilihat dari kepandaiannya saja, melainkan juga dari kemampuannya bekerja. Selain itu, pengalaman yang diperoleh dalam dunia kerja sangat berbeda dengan apa yang didapatkannya di bangku sekolah.


Berbekal prestasi membanggakan semasa kuliah ditambah pengalaman serta pengetahuan yang dimiliki selama berkarier di perusahaan IT sebelum lulus kuliah, membuat Alvin membangun kursus full Stack Developer ini. Dengan dukungan penuh tenaga pengajar yang merupakan praktisi terbaik dan ahli dibidangnya, lembaga ini telah menghasilkan 7.000 lebih lulusan dari Indonesia dan luar negeri.


PENGHARGAAN INTERNASIONAL COURSE-NET

 

training untuk mempelajari bahasa pemrograman dalam pembuatan website
credit (web official)


Selain didukung oleh berbagai praktisi handal dan pengalaman terbaik ownernya, Course-Net juga telah mengantongi dua buah penghargaan internasional yang diperolehnya selama dua tahun berturut-turut:

    1. Tahun 2019, mendapatkan penghargaan dari EC-Council Global Award, Atlanta, USA sebagai pendatang baru yang berdampak sangat besar bagi perkembangan industry IT di tanah air, khususnya di bidang Cyber Security.
    2. Tanggal 23 November 2020, berhasil meraih penghargaan The Most Impactful IT dan Coaching dari Corporate Vision, dimana penghargaan ini diberikan kepada lembaga kursus yang memberikan dampak sangat besar, umumnya bagi masyarakat, khususnya bagi peserta kursus di lembaga tersebut.

 

JENJANG KARIER YANG ADA DI COURSE-NET

 

mempelajari bahasa pemrograman dari dasar atau basic
credit (web official)


Adanya  dukungan para praktisi terbaik(Coach) dengan background 3P, yaitu: Praktisi, Punya Sertifikasi Internasional, dan Prestasi di Tingkat Dunia, membuat lembaga ini mengusung TagLine “IT is FUN, dimana sistem pembelajaran di Course-Net ini dibuat “semi cowboy” FUN dan Praktis, sehingga siapapun yang belajar di lembaga ini dapat menyerap ilmu secara praktis. Bukan hanya teori, namun mereka bisa langsung mempraktekkannya dengan baik.


Bahkan, yang bisa belajar di lembaga ini tidak hanya IT People Profesional saja, melainkan para pelajar, mahasiswa dan business owner juga bisa dibimbing di lembaga ini. Mereka bisa mengikuti training full stack, training javascript, dan sebagainya.


Ini membuktikan bahwa Course-Net merupakan salah satu tempat untuk belajar web programming atau  belajar web developer yang tidak diragukan lagi kehandalannya. Sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini, lembaga ini telah bekerjasama dengan EC Council dan Pearson Vue, yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta kursus untuk melakukan ujian sertifikasi internasional langsung di Course-Net.


Ada beberapa pilihan paket Coaching di Course-Net ini yang bisa diambil pesertanya, diantaranya:

1 Kursus Networking 

Dimana peserta dibimbing dengan kurikulum berstandard Internasional dan Praktisi langsung sebagai instrukturnya. Bahkan sertifikatnya juga telah diakui oleh banyak perusahaan besar.


2 Kursus Cyber Security  

Membimbing peserta menjadi seorang Cyber Security specialist dari sisi attack maupun defence.


3 Kursus Website

Membimbing peserta yang ingin belajar merancang web dari nol. Disini peserta bisa mengikuti kursus web programming atau kursus web developer.


4 Kursus Mobile Application

Memberikan kursus pembuatan aplikasi mobile baik android, IOS dan Flutter. Peserta dibimbing hingga dapat merancang aplikasi sesuai keinginannya.


5  Kursus Digital Marketing

Membimbing peserta untuk belajar memahami pemasaran berbasis digital dalam rangka menghadapi era indsutri 4.0. Dengan begitu peserta bisa mendapatkan traffic dan penjualan maksimal yang melesat.


6  Kursus Data Science

Memberikan bimbingan kepada peserta untuk mempelajari Big Data untuk memperkuat ilmu analisis ke tingkat lebih lanjut.


Dengan pilihan paket Coaching yang ada di Course-Net, diharapkan seluruh pesertanya dapat memiliki jenjang karier sebagai Professional Nertwork Engineer yang bergaji tinggi setiap bulannya. Sebagai #1 Practical IT Coaching, lembaga ini mendorong pesertanya memiliki spesialisasi yang jelas, dan mampu menduduki jenjang karier sebagai Network Spesialist, Cyber Security Spesialist, Web Apps Developer, Mobile Apps Developer,  Digital Marketer,  atau  Data Scientist.


Bahkan, kamu juga berkesempatan menduduki jenjang karier dengan gaji menggiurkan, seperti:

    1. Junior Fullstack Web Developer dengan kisaran gaji 7 - 9 juta perbulan
    2. Senior Fullstack Web Developer dengan kisaran gaji 17 - 25 juta perbulan
    3. Project Development & Technical Lead dengan kisaran gaji 33 - 66 juta perbulan.
Wow, benar-benar sebuah pekerjaan dengan gaji yang cukup menggiurkan.


APA SAJA KELEBIHAN COURSE-NET?

Dengan berbagai pilihan paket coaching, sudah membuktikan bahwa Course-Net menjadi salah satu lembaga kursus terbaik yang ada di Indonesia. Disamping itu lembaga ini juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:


πŸ‘‰ IT Coaching bukan Training

Lembaga ini bukan hanya memberikan training bagi pesertanya, tetapi juga memberikan coaching, mentoring bahkan sharing ilmu dan pengetahuan yang bersifat nyata di dunia kerja.

πŸ‘‰Bayar sekali tetapi belajar sampai bisa 

Peserta yang bisa belajar di lembaga ini tidak hanya yang memiliki latar belakang IT, melainkan siapapun bisa belajar disini. Dan mereka dibimbing sampai bisa. Bila kurang memahami materi, peserta disarankan untuk mengikuti kelas ulang secara gratis (Free Re-Coaching).

πŸ‘‰Full Hands On Lab

Dengan didampingi langsung oleh Coach, peserta bisa mempraktekkan ilmu yang diajarkan secara langsung hingga pembuatan project sendiri.

πŸ‘‰3P Coach

Peserta benar-benar dibimbing oleh Coach yang handal dengan Profile Praktisi, Punya Sertifikasi Internasional dan Prestasinya Tingkat Dunia


BENEFIT PESERTA KURSUS DI COURSE-NET

 

sebuah lembaga kursus yang menyediakan pilihan paket belajar bahasa pemrograman
credit (web official)


Tentunya dengan mengikuti kursus di lembaga Course-Net ini memberikan banyak keuntungan, khususnya bagi peserta kursus, karena selain tidak ada batasan usia untuk mengikuti kursus, peserta juga dibimbing dari dasar sesuai spesialisasi yang diperdalam. Beberapa keuntungan yang didapatkan peserta Course-Net ini diantaranya:

πŸ‘‰Peserta akan dibimbing sampai bisa sesuai materi yang diperdalam. Bila ada materi yang kurang dipahami, peserta masih bisa dibimbing dengan mengikuti kelas ulang gratis

πŸ‘‰Setiap peserta yang sudah lulus dari Course-Net akan mendapatkan dua sertifikat sekaligus, yaitu Attendance Certificate, sertifikat yang menandakan peserta sudah menyelesaikan modul pelatihan dengan jumlah absensi minimal 80%

πŸ‘‰Skill Certificate, sertifikat yang menandakan peserta sudah dinyatakan lulus dan berhasil memenuhi standart kompetensi.


Pihak Course-Net akan mereferensikan pesertanya yang lulus dengan skill certificate grade A dan B ke perusahaan. Namun bukan berarti Course-Net dapat menjamin pesertanya pasti diterima bekerja di perusahaan. Perusahaan tidak hanya melihat pelamar kerja dari skill-nya saja, melainkan personality, teamwork, attitude dan sebagainya. Jadi jika kamu ingin sukses diterima di sebuah perusahaan besar, penuhilah segala persyaratan yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.


LOKASI PELATIHAN COURSE-NET

Tertarik ingin sukses berkarir sebagai Javascript Fullstack Web Developer dan ingin mengikuti kursus web developer? Kamu bisa langsung buka-buka website Course-Net di https://www.course-net.com/ dan dapatkan informasi lengkapnya disana. Atau bisa ke akun Facebook dan Instagramnya Course-Net Indonesia. Kesempatan emas bagi kamu yang tinggal di Jakarta, karena lokasi pelatihan ada di dua tempat:


πŸ‘‰ Course-Net Gading Serpong

Berlokasi di Ruko Bolsena A/7, Gading Serpong, Tangerang


πŸ‘‰ Course-Net Kebon Jeruk

Berlokasi di Ruko Business Park Kebon Jeruk (Kencana Tower) Blok E1/9, Jakarta Barat


Dalam mengikuti pelatihan, peserta diwajibkan membawa laptop masing-masing dengan spesifikasi RAM minimal 4gb dan processor i3/i5. Sedang untuk jadwalnya tidak bisa fleksibel karena sudah ditentukan oleh pihak Course-Net. Mengingat para coach di lembaga ini sudah memiliki jam terbang tinggi.


Namun bagi kamu yang berada diluar kota Jakarta jangan bersedih ya, karena Course-Net juga menyediakan kelas online lho. Untuk harga tiap paket langsung saja ya hubungi admin lembaga ini.


Jadi bagaimana menurut kamu? Tertarik ingin menduduki salah satu jenjang karier di bidang IT dengan nominal gaji menggiurkan? Yuk tinggalkan pekerjaan yang itu-itu saja, upgrade kemampuanmu bersama pilihan kursus yang ditawarkan oleh Course-Net.

 

Yuni Handono
Yuni Handono Blogger, Penikmat Kuliner, Suka Travelling

18 komentar untuk "Kursus Full Stack Web Developer Kunci Sukses Membangun Karier"

  1. Belajar mengenai bahasa pemrograman rada njelimet menurutku, enaknya sekarang ada Course-Net yang menyediakan kelas online ya. Jadi bisa belajar dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak emat njelimet tapi kadang penasaran juga kalau lihat teman pada bisa jadi ikutan juga belajar.

      Hapus
  2. Course Net keren banget ini, apalagi jaman now teknologi makin canggih banyak banget yang berminat belajar web developer makin dipermudah.
    Duluu aga susah dan jarang, aku belajar dari perorangan dan mihil biayanya untuk anak kantor yang ku bina jadi web developer.
    Emang seruu banget belajarnyaa. Menantang dan hasilnya nanti bakalan wow dan menjanjikan. Mau tak kepoin ah kursus fullstack ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mak...jaman dulu belajar ginian agak susah nyari coachnya...sekarang banyak kursus yang menawarkan belajar javascript dll...jadi makin mudah deh.

      Hapus
  3. Wow..pilihan jenis kursus di Course Net ini banyak juga ya..kumplit deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak komplit banget tinggal pilih sesuai keinginan dan kemampuan kita.

      Hapus
  4. Sepertinya saya sudah menyerah belajar pemrograman kayak Java Scipt ini deh, tapi saya tertarik untuk mendaftarkan anak saya. Kebetulan doi lagi senang-senangnya belajar segala hal tentang internet. Entar deh saya teruskan informasi ini. Makasih artikelnya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun kadang juga takut gak mudeng mbak...tapi kadang suka penasaran juga pengen belajar...

      Hapus
  5. Cucoook banget untuk generasi jaman now!
    Karena emang dunia IT se-menggiurkan itu ya Mbaaa
    semoga makin berkah buat para peserta kursus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak cucok bagi generasi muda yang suka penasaran dengan IT...tapi gak menurup kemungkinan buat generasi tua juga lho siapa tahu pengen upgrade ilmu...ya kan...hehehe...

      Hapus
  6. Sekarang IT termasuk bidang lagi dibutuhkan. Bahkan sepertinya ke depannya akan semakin banyak yang bidang pekerjaan yang membutuhkan IT

    BalasHapus
  7. course net ini keren banget ya mbak, bukan cuma anak muda yang bisa belajar, ibu2 kayak kita kalau berminat dengan dunia IT juga bisa ya :)

    BalasHapus
  8. Aku dan suami sama-sama kuliah infokom nih mb. Cuma bedanya saya salah jurusan karena menjerit harus memahami bahasa pemograman. Asli stres, lebih suka nulis fiksi aja. Dulu klo pas ujian sampai berlinang air mata wkwkwk

    BalasHapus
  9. Penting banget untuk belajar javascript dan kawan-kawannya.
    Aku suka gak "dong" kalo diajakin ngobrolin masalah coding begini.
    Kudu sabaarr apalagi yang ga punya basic keilmuan di bidang ini.

    BalasHapus
  10. Nah asik nih kalau juga bisa melayani kelas online. KArena ilmu kan bisa diperoleh dari mana saja dan kapan saja ya mba. Memudahkan dan bermanfaat nih mba Yuni

    BalasHapus
  11. jadi inget jaman sekolah belajar coding gini, bikin muter kepala tapi asik sih mba kalo udah ketemu celahnya. cuma kalo udah salah delete, berubah semua tampilannya.

    BalasHapus
  12. We have more and more choices to develop our skills in the IT world, including through this course. I think our next generation will definitely need and enjoy this one

    BalasHapus
  13. Rencananya aku sekarang mau lebih fokus dan ingin lebih mendalami. Kelasnya bikin aku pengen daftar dan ikutan juga. Ada titik cerah buat rekomendasi. Makasih mba.

    BalasHapus