Rekomendasi Game Untuk Mengelola Keuangan

Bermain game menjadi salah satu solusi untuk mengisi waktu luang. Bahkan, beberapa orang akan bermain game ketika dirinya merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaan. Dengan bermain game tentunya bisa membuat seseorang merasa senang. 

game untuk mengelola keuangan

Namun nyatanya, game tak hanya membuat hati senang, namun ada beberapa game yang dapat memberikan edukasi pengelolaan keuangan. Dengan kata lain, bermain game sambil belajar bagaimana mengelola uang agar permainan tetap berjalan.

Berikut ini ada beberapa game yang dapat mengajari pemainnya untuk mengelola keuangan dengan baik.

1. Monopoly

Monopoly diciptakan oleh Lizzie Magie, pada tahun 1903. Bahkan board game kenamaan ini sekarang hadir dalam versi mobile game dengan berbagai judul, tampilan, dan variasi. 

Permainan yang lisensinya dipegang oleh perusahaan mainan terkemuka Hasbro ini mengajarkan kita untuk menjalankan bisnis properti; seperti, membeli dan menjual petak properti, pertukaran uang di bank, bahkan membayar sewa atau denda.

Beberapa hal dalam mengelola keuangan yang dapat kita temukan dari permainan ini diantaranya, mengelola kas dan transaksi keuangan, memahami pajak dan dana darurat, negosiasi, matematika keuangan, bahkan pengembangan investasi.

2. The Sims

Game ini diciptakan oleh developer Maxis dan dipublikasikan oleh perusahaan game raksasa, Electronic Arts. Sejak dirilis pada tahun 2000 yang silam, The Sims menarik perhatian banyak orang. 

Inti dari permainan ini sebenarnya sangat sederhana. Kita akan dibawa dalam simulasi kehidupan sehari-hari. Makan, tidur, kerja, bersosialisasi, menghibur diri dan berbagai hal lain yang harus kita kendalikan dengan seimbang. Jika tidak, karakter yang kita mainkan bisa meninggal.

Pengelolaan uang yang diajarkan oleh The Sims adalah bagaimana cara kita mengelola hasil pendapatan, untuk memenuhi dan mengembangkan kehidupan. Mulai dari belanja, membeli rumah, kendaraan, sampai menggelar sebuah pesta.

3. Cashflow 101

Permainan ini berangkat dari sebuah buku terkemuka yang bertitel Rich Dad Poor Dad, yang ditulis oleh seorang pebisnis terkemuka asal Amerika Serikat, Robert Kiyosaki. Robert membuat permainan Cashflow 101 sebagai sebuah board game. Tujuannya, agar orang dapat lebih memahami apa yang ia tumpahkan dalam bukunya.

Pelajaran yang dapat kita temukan dalam permainan ini adalah prinsip arus kas dan mengembangkan pengetahuan soal investasi. Selain itu ada fungsi-fungsi dasar investasi, perbedaan aset dan utang, juga dasar akuntansi keuangan untuk pribadi.

Permainan ini terbagi menjadi tiga jenis. Ada yang diperuntukkan bagi anak diatas 6 tahun dan 14 tahun, juga Cashflow 202 bagi yang ingin lebih mendalami tentang arus kas.

4. Harvest Moon Back to Nature

Harvest Moon sampai saat ini masih diburu untuk dimainkan oleh banyak orang. Siapa yang menyangka, game ini juga dapat mengajari kita tentang pengelolaan uang. Disini kita memainkan karakter seorang anak yang mendapat hibah rumah sekaligus kebun dari keluarganya, dan harus dikelola dengan baik.

Kita akan memulai game ini dengan uang terbatas. Untuk menghasilkan lebih banyak uang,  kita harus mampu mengelola tanah yang kita miliki. Beternak dan bertani adalah cara bagi kita untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

5. Pay Day

Pay Day merupakan sebuah board game yang diciptakan pada tahun 1975 oleh Parker Brothers. Pay Day akan mengajak kita bermain di atas sebuah board yang menandakan kalender dalam satu bulan.

Pemain mendapat kesempatan untuk melakukan pinjaman, pembayaran dan pengeluaran mendadak dalam hitungan hari. Pay Day juga dapat membuat kita memahami beberapa hal tentang mengelola uang.

Pembelajaran pengelolaan uang dengan game Ini cukup banyak. Diantaranya, mengevaluasi arus kas, mengatur tingkat pinjaman uang, dan memahami tentang tabungan bulanan dan membuat dana darurat. Selain itu, game ini juga bisa memperkuat skill matematika pemainnya.

Sisi Positif Bermain Game

bermain game memiliki banyak manfaat


Saat ini banyak game diciptakan untuk berbagai tujuan, seperti game yang hanya untuk hiburan saja, atau bahkan beberapa game  mampu mengedukasi pemainnya. 

Alangkah baiknya jangan memilih sembarangan game yang sekedar menghibur saja, tapi juga melihat  sisi positif dari permainan game tersebut, sehingga selain menyenangkan, game tersebut juga bisa memberikan pembelajaran bagi pemainnya.

Manfaat Bermain Game untuk Perkembangan Anak


Tidak selamanya bermain game berdampak buruk bagi perkembangan anak. Selama ini banyak orang menganggap aktivitas ini  hanya membuang-buang waktu atau membuat anak kecanduan. 

Padahal, bermain games tetap ada manfaatnya,  asalkan tidak berlebihan. Otak butuh konsentrasi penuh saat anak bermain game. Hal ini dapat merangsang dopamin dan memperkuat daya ingat anak. 

Lalu Apa Sebenarnya Manfaat Bermain Game untuk Anak ?


1. Memperkenalkan teknologi

Bermain game dapat menjadi sarana untuk mengenalkan anak dengan teknologi sejak dini. Namun, alangkah baiknya selalu awasi anak saat bermain dan pastikan game yang dimainkannya sesuai untuk usianya. 

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Bermain game juga bisa meningkatkan kepercayaan diri anak. Selama bermain, mereka diberikan tanggung jawab untuk memilih keputusan tanpa bantuan orang lain. Manfaat ini biasanya didapatkan saat anak memainkan jenis game yang permainannya memecahkan suatu masalah .

3. Melatih otak dan mental

Anak membutuhkan keterampilan dan cara berpikir yang baik supaya mampu memenangkan permainan. Keterampilan yang bisa didapatkan dari bermain game, yaitu:
  • Melatih koordinasi tangan, mata dan motorik halus serta kemampuan spasial.
  • Belajar memecahkan suatu masalah dengan logikanya.
  • Mengikuti instruksi dan membuat rencana.
  • Berpikir cepat, membuat analisa, dan keputusan dengan cepat.
  • Membentuk strategi dan antisipasi.
  • Memperkuat memori dan konsentrasi.
  • Berani mengambil risiko dan melatih cara menghadapi tantangan.

4. Menambah pengetahuan baru

Bermain game juga bisa menambah pengetahuan anak. Hal ini didapatkan ketika ia bermain game yang berkaitan dengan sejarah dunia, benda-benda luar angkasa, dan informasi lain yang tidak diperoleh dari buku saja. 

5. Mengasah kreativitas

Bermain game juga bisa mengasah kreativitas anak, karena aktivitas ini dapat merangsang otaknya untuk berpikir cepat dan tepat.  Permainan ini juga melatih anak untuk mencari jawaban serta jalan keluar dari pertanyaan atau masalah yang muncul.

6. Melatih pengendalian emosi

Rintangan yang terdapat dalam permainan game mampu melatih pengendalian emosinya. Mereka dituntut untuk tidak cemas dan tetap tenang selama menghadapi tantangan. 

7. Membantu mengatasi disleksia

Bermain game ternyata juga bisa merangsang fokus sehingga membantu anak disleksia untuk belajar. Aktivitas ini juga membantu pengidap disleksia untuk bisa membaca cepat dengan akurasi yang lebih baik.

8. Sarana belajar

Dan ternyata saat ini banyak permainan game yang berisi materi pelajaran sesuai dengan usia dan tingkat pendidikan anak. Hal ini bisa dijadikan sarana belajar anak yang lebih menyenangkan dan interaktif. Jika anak senang, maka ia bisa memahami materinya dengan lebih baik. 

Meski banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bermain game, namun orang tua tetap harus mengajak anak untuk melakukan permainan yang lebih bervariasi, seperti menggambar, berolahraga, membaca buku, menonton acara edukatif atau bermain dengan anak seusianya.

Dengan kata lain kita harus tetap memantau dan membatasi waktu bermain maksimal 1 jam dalam sehari. Atau kita bisa mengizinkan anak bermain game saat hari libur saja.

Beberapa Cara Mendapatkan Uang Dari Bermain Game

menghasilkan uang dari bermain game


Saat ini sudah ada banyak cara mudah mendapatkan uang dari aplikasi. Mulai dari bermain media sosial sampai mendapat banyak pengikut, bahkan bermain game yang bisa sekaligus digunakan untuk mengisi waktu luang.

Handphone menjadi salah satu amunisi yang digunakan untuk bermain game online maupun offline.  Bahkan bermain game melalui ponsel maupun PC juga sering membuat seseorang merasa kecanduan. Namun saat ini bermain game bukan sekadar untuk hiburan semata. Apalagi belakangan ini ada tren yang sedang berkembang yaitu Non-Fungible Token (NFT) game alias game berbasis NFT. Bermain game dan mendapatkan uang.

Jadi, bermain game selain untuk menghilangkan stress ternyata dapat juga menghasilkan pundi-pundi rupiah, bagaimana caranya?

1. Jadi gamer YouTuber.
Salah satu pekerjaan yang cukup fenomenal, yaitu menjadi gamer YouTuber. Kita ambil contoh yang paling sukses, yaitu PewDiePie. Dengan channel YouTube-nya yang sudah berumur setidaknya tujuh tahun, ia bisa meraup pendapatan hingga Rp 10 miliar setiap bulannya. Atau, kalau di Indonesia ada Jess No Limit. Nah, kamu mau ikuti jejak mereka nggak?

2. Membuat atau menulis review dan game guide.
Membuat tulisan tentang  panduan dari sebuah game dari sudut pandang kita di blog atau menciptakan buku panduan tentang game, tentu banyak digemari para gamer.

3. Menjual karakter atau item di dalam game.
Ini juga merupakan salah satu pekerjaan yang fenomenal, yaitu menjual karakter dan item di dalam game. Umumnya pekerjaan ini hanya ada di game yang berbasis online saja. Harga jual item dan karakter game juga cukup menggiurkan. Contohnya game online Perfect World, memiliki sebuah senjata yang bisa seharga hingga Rp 200 juta.

4. Mengikuti turnamen.
Saat ini sudah banyak game yang mengadakan turnamen. Bila berhasil menjadi salah satu pemenang, maka kita akan semakin disegani atau akan ada undangan untuk mengikuti kompetisi lainnya.


5. Bermain game bersistem NFT.
Akhir-akhir ini  berkembang game Non-Fungible Token (NFT) atau game berbasis NFT. Selain bisa bersenang-senang, bermain game ini juga bisa mendapatkan uang, dengan kata lain NFT game bisa menjadi salah satu sumber penghasilan.

Melalui NFT game, kita juga bisa belajar berinvestasi di bidang kripto. Saat bermain game berisistem NFT, pemain yang memenangkan permainan bakal mendapatkan koin sebagai reward. Koin reward ini tidak hanya bisa digunakan untuk bertransaksi di dalam game saja, tapi juga bisa ditukarkan menjadi koin kripto. Dengan teknologi berbasis blockchain ini, kamu dapat melakukan banyak hal dalam dunia digital.

6. Membagikan tutorial bermain game.
Selain membagikan konten streaming game di YouTube, kita juga bisa menghasilkan uang dengan membagikan konten video lainnya, salah satunya adalah tentang tutorial bermain game. Tutorial ini pasti banyak peminatnya, terutama bagi mereka yang masih awam di dunia gaming. Namun pastikan channel YouTube kalian telah terhubung dengan Google AdSense. Sementara untuk menghasilkan banyak uang, kalian juga harus membuat banyak orang melihatnya karena semakin banyak yang melihat, semakin banyak uang yang kalian dapatkan.

7. Menggunakan aplikasi Play Gamer.
Play Gamer merupakan generator saldo DANA yang bisa Kamu manfaatkan tanpa harus mengundang teman, sehingga nggak mengherankan apabila Play Gamer ternyata banyak diminati. Meskipun sebagian orang belum mengetahuinya, Play Gamer bisa menjadi permainan yang dapat menghasilkan uang.

Kamu hanya diminta untuk memainkan game yang ada di dalamnya saja. Semakin sering memainkan game maka banyak poin yang bisa diperoleh juga. Terlebih lagi jika kamu mencapai kemenangan. Dengan demikian, maka secara otomatis poin tersebut dapat dicairkan dan memperoleh rupiah.

Mengenal Mortgage Calculator

banyak pilihan game di mortgage calculator


Nah, dari uraian diatas tentu kalian sudah paham bahwa bermain game tak selamanya hanya untuk bersenang-senang. Namun ada manfaat lain dari aktivitas tersebut, salah satunya belajar mengelola keuangan.

Diatas juga sudah saya sebutkan beberapa permainan game yang mengajari pemainnya untuk belajar keuangan. Kalau kalian ingin mendapatkan lebih banyak lagi rekomendasi game untuk belajar keuangan, maka kalian bisa mengunjungi website Mortgage Calculator.

Di website ini ada banyak game yang bisa kalian mainkan. Disini saya sudah mencoba dua permainan sekaligus yang menyenangkan dan memberikan saya banyak informasi berharga, diantaranya: Cash Back dan LEGO City Adventures Build And Protect.

1. Cash Back
game cash back




Cash Back adalah permainan di mana pemain memberikan kembalian yang benar kepada pelanggan menggunakan uang kertas dan koin. 
  • Pilih untuk menonton tutorial atau langsung bermain. 
  • Pilih pengaturan yang ingin Anda mainkan termasuk tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit), petunjuk, dan jika Anda ingin menunjukkan jumlah perubahan. 
  • Pilih tagihan dan koin yang diperlukan untuk menjumlahkan dengan benar jumlah perubahan pelanggan. 
  • Ketuk tombol Beri Perubahan. Jawab pertanyaan sebanyak mungkin dengan benar sampai Anda kehabisan waktu. Anda dapat menjawab pertanyaan dengan berbagai kombinasi uang yang berbeda selama jumlah total akhir sesuai dengan perubahan yang jatuh tempo.

2. LEGO City Adventures Build And Protect
game lego city


Dalam Petualangan LEGO City Bangun dan Lindungi pemain membantu Walikota Solomon Fleck membangun kota LEGO menggunakan berbagai bangunan yang menghasilkan pendapatan pajak yang dapat digunakan untuk membantu membangun kota Anda yang lain. 

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan disini:
  • Bangun gedung-gedung yang dibutuhkan untuk menciptakan kota metropolis yang berkembang. Gali minipiece tersembunyi yang dapat digunakan untuk membangun jenis bangunan unik yang tersedia di setiap zona. 
  • Kumpulkan pajak dari setiap bangunan untuk mendanai pengembangan lebih lanjut & lebih banyak penggalian. Setiap bangunan mengharuskan Anda memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membelinya bersama dengan minipiece yang dibutuhkan. 
  • Buka kunci masing-masing dari enam zona kota dengan mengisi setiap zona dengan 25 bangunan. Setiap zona memiliki kepingan LEGO yang unik dan tipe bangunan dengan jadwal perolehannya sendiri. 
  • Pastikan setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran sehingga Anda dapat melindungi warga. Padamkan api dan hentikan perampokan untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Tentunya masih banyak jenis game yang bisa kalian mainkan di website Mortgage Calculator ini. Dengan bermain game kalian dapat bersenang-senang sekaligus belajar banyak hal, salah satunya belajar mengelola keuangan dengan baik. Yuk isi waktu luang kalian dengan bermain game yang bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar