Deretan Game Terbaik Untuk Rangsang Otak Kita

 

game solitaire online

Pernahkah Anda bermain game solitaire? Atau setidaknya pernah melihat seseorang yang tengah asyik memainkan game ini? Jujur game solitaire ini mengingatkan saya ketika masih bekerja di sebuah perusahaan beberapa tahun silam. Dimana setiap komputer PC yang berada di masing-masing divisi selalu diinstall game solitaire. Salah satu tujuannya untuk refreshing sejenak disaat jam istirahat.


TUJUAN BERMAIN GAME


Bayangkan saja seorang karyawan sebuah perusahaan dengan tuntutan pekerjaan yang rumit, suatu saat pasti ingin merefresh otaknya. Apalagi pekerjaan yang dihadapi berhubungan dengan gaji karyawan atau SDM (human resourses) yang ada di perusahaan tersebut. Kompleknya menghitung gaji karyawan, ditambah tuntutan karyawan yang disebabkan oleh kebijakan perusahaan yang bermacam-macam, membuat seorang manajer bagian keuangan harus menyelesaikan berbagai permasalahan perusahaan itu bersamaan.


Wajar kan bila bermain game menjadi cara menyegarkan kembali otak dan ingatan ketika jam istirahat tiba. Hal ini memang perlu dilakukan, agar ketika jam kerja dimulai kembali, ia dapat berpikiran jernih bahkan mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.


Namun tahukah Anda jika bermain game solitaire ini juga dimanfaatkan oleh pasangan suami istri yang tengah cekcok karena sebuah masalah. Meski tidak semua demikian, saya pernah mendengar cerita seorang teman yang tengah menunggu suaminya pulang kantor, tetapi tak kunjung pulang meski jam sudah menunjukkan larut malam.


Bersyukurnya letak kantor suami berdekatan dengan rumah dinas. Saking penasarannya si istri, maka dia mendatangi ruang kantor suaminya. Ternyata si suami masih duduk di kursi kerjanya, sambil memainkan game solitaire di komputer yang ada di meja kerjanya. Mungkin inilah cara suami meredam amarah. Dia berharap ketika kembali ke rumah, otak sudah fresh dan permasalahan dalam rumah tangga bisa terselesaikan.


Tetapi menyelesaikan masalah dalam rumah tangga dengan cara demikian tidak sepenuhnya benar. Meski suami istri tengah cekcok karena adanya masalah, setidaknya naluri seorang istri tidak bisa dibohongi. Bagaimanapun juga masih ada kekawatiran akan kondisi suaminya. Meninggalkan pasangan terlalu lama, tidak adanya komunikasi atau menjauhi masalah tidak membuat cekcok itu bisa terselesaikan. Bahkan bisa menimbulkan kondisi buruk lainnya.


Alangkah baiknya keterbukaan menjadi komitmen dalam sebuah keluarga. Bila ada masalah segeralah dicarikan solusinya agar rumah tangga kembali harmonis. Bukankah sebuah keluarga itu berangkat dari dua insan yang berbeda? Jadi wajarkan bila ada dua pendapat yang berbeda. Nah, karena sudah ada komitmen diawal, perbedaan pendapat itu sebaiknya disatukan. Setuju bukan?


Jadi apa dong tujuan bermain game?

Bermain game bisa menjadi solusi hiburan murah sembari menyegarkan otak. Pandemi belum juga usai. Meski tempat wisata dan pusat perbelanjaan sudah mulai dibuka dan dipadati pengunjung, setidaknya bermain game di rumah menjadi solusi tepat menghindari paparan virus covid-19.


MANFAAT BERMAIN GAME


Sebelum internet menjadi kebutuhan masyarakat luas, dulu bermain game tidak semudah sekarang. Ketika ingin bermain game solitaire, maka harus terlebih dahulu mendownload game ini kedalam komputer PC. Bahkan game solitaire ini dulunya menjadi game andalan yang sering dimainkan. Tidak seperti saat ini, dimana banyak game yang bisa dimainkan secara online. Cukup dengan koneksi internet yang stabil, maka kita bisa search game online di google. Begitu sudah kita temukan link-nya, maka game tersebut bisa dimainkan sepuasnya.


Ada beberapa manfaat bermain game, diantaranya:

1. Menjadi sarana hiburan di rumah. Seperti masa pandemi yang berkepanjangan ini, solusi terbaik mencegah penularan covid-19 adalah berdiam diri di rumah dengan bermain game. Dengan bermain game, pastinya akan menghindari rasa bosan dan jenuh karena terlalu lama di rumah. Bahkan menciptakan hiburan murah bersama keluarga.

2. Menyegarkan otak dan ingatan. Bermain game menuntut pemainnya untuk jeli menyelesaikan tahapan permainan. Sudah pasti membuat pemainnya juga berpikir bagaimana memenangkan kompetisi dalam sebuah game. Otomatis otak dan ingatan akan segar kembali.

3. Menghindari kepikunan. Tahukah Anda salah satu penyebab kepikunan karena banyaknya pikiran yang butuh penyelesaian bersamaan? Atau bisa juga karena sel motorik tidak dilatih untuk mengerjakan sebuah tantangan. Dengan bermain game, seolah otak pun ditantang untuk berpikir bagaimana memenangkan pertandingan. Dengan begitu otak jadi terpacu untuk menerima rangsangan untuk menghindari kepikunan.


MACAM GAME SOLITAIRE


Perkembangan teknologi membuat game solitaire ikut berkembang pesat. Apalagi dengan adanya internet kini sangat dirasakan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Cukup searching game solitaire makan sudah kita dapatkan aneka macam game ini dengan berbagai tingkat kesulitan yang harus dipecahkan. Coba Buktikan dengan berselancar ke web Game Solitaire.


Ternyata banyak ragam game solitaire yang kita jumpai di situs ini, diantaranya:

1. Logic puzzle games

2. Word games

3. Mahjong games

4. Hidden object games

5. Card games

6. Match 3 games

7. Free online games


Kesemua game ini didalamnya terdiri dari beragam game yang menghadirkan aneka pertarungan, dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Bahkan untuk memainkan game ini tidak perlu download atau install ke hardware. Cukup memainkannya secara online dibantu koneksi internet yang stabil.

 

BERMAIN HIDDEN OBJECT GAMES


game solitaire online


Game Hidden Object  atau game puzzle obyek tersembunyi ini dapat dimainkan secara online dan gratis, tanpa harus diunduh ke PC kita. Di game ini pemain diajak menemukan benda tersembunyi yang kadang butuh kejelian.


Ada beberapa macam game yang termasuk hidden object, diantaranya:

1. Kuil China, yaitu permainan obyek tersembunyi yang agak sulit dan berisi obyek, angka, bahkan pemainnya dituntut untuk menemukan perbedaan fitur dari 10 level yang disediakan.

2. Circus Adventure, dimana pemain dituntut untuk menemukan 10 obyek, 30 angka dan 4 perbedaan dari 10 level yang tersedia. Game ini hampir mirip game Kuil China.

3. Rahasia Taman Benda Tersembunyi, merupakan permainan benda tersembunyi tradisional.

4. Hidden Kitchen, yaitu game bertema kuliner 10 tingkat.

5. Putri Tersembunyi, merupakan permainan obyek tersembunyi 3 tingkat yang menantang dimana item tertanam dalam keadaan landscape.

6. Obyek Tersembunyi Kastil Abad Pertengahan, pemain dituntut untuk menemukan angka 1 hingga 30 yang tersembunyi di setiap level.

7. Pirates and Treasures, yaitu game obyek tersembunyi 8 tingkat dengan nomor tersembunyi dan fitur garis besar item.

8. The Palace Hotel, merupakan permainan obyek tersembunyi 10 tingkat yang mudah.

 

BERMAIN GAME PUZZLE LOGIKA ONLINE


game puzzle online

Game ini juga dapat dimainkan secara online dan gratis untuk melatih otak kita. Bahkan didalam puzzle logika ini ada beragam game dengan keunikannya masing-masing, diantaranya:

1. Nonogram, cat kasual dengan permainan mewarnai angka.

2. Harian 1 sampai 25, mengatur angka dalam kotak 5 x 5.

3. Harian 15 UP, membuat lari angka dalam kotak yang menambahkan hingga 15 menggunakan urutan bentuk acak. Semua sel didalam kisi harus digunakan.

4. Solitaire Kapal Perang Harian, pemain harus menggunakan petunjuk numeric di sepanjang teka-teki untuk memecahkan lokasi kapal.

5. Binario Harian, mengatur satu dan nol dalam kotak dimana setiap kolom dan baris memiliki jumlah yang sama.

6. Jembatan Harian, hubungkan pulau menggunakan jembatan dalam teka-teki logika berbasis matematika. Game ini juga menawarkan teka-teki baru setiap hari bersama dengan berbagai tingkat kesulitan dan ukuran teka-teki.

7. Kalkudoku Harian, permainan puzzle numerik untuk memasukkan angka yang memenuhi solusi persamaan didalam area gumpalan yang diuraikan. Setiap baris dan kolom hanya dapat memiliki nomor tertentu didalamnya.

8. Pemeriksaan Harian, teka-teki berbasis kisi dimana pemain menempatkan jumlah anjing dan pooh yang sama disetiap baris dan kolom.

9. Teka-teki Silang Harian, teka-teki baru setiap hari, dan masih banyak lagi game puzzle online ini.

 

Yuk mulai mencoba game online ini!


NONOGRAM SEHARI

game nonogram online


Game Nonogram Sehari ini termasuk bagian dari game Puzzle Logika Online yang juga gratis dimainkan. Game ini menawarkan permainan warna-warni dan hitam putih (black white). Sedang tujuan permainan ini untuk mewarnai kanvas menggunakan blok warna di bagian atas atau kiri teka-teki.


TUJUAN PERMAINAN


Bermain game ini pemain dituntut mewarnai kisi untuk mengungkapkan gambar. Di bagian atas setiap kolom, dan di samping setiap baris, pemain akan melihat satu set angka atau lebih. Angka-angka ini memberi tahu pemain deretan kotak berwarna di baris atau kolom itu. Jadi, jika pemain melihat “4 merah 1 biru”, artinya pemain aka nada tepat 4 kotak dengan warna yang ditunjukkan merah diikuti oleh satu kotak berwarna biru. Namun jika 4 dan 1 memiliki warna yang sama maka setidaknya ada 1 kotak putih diantara keduanya.


KONTROL GAME


Untuk kontrol game sudah disediakan di kolom kiri permainan, yang menunjukkan waktu bermain. Hal ini memungkinkan pemain memilih permainan dari salah satu dari 3 hari terakhir. Game ini juga memiliki tombol yang menunjukkan solusi teka-teki, menawarkan tombol restart bahkan di bagian bawah ada 4 tombol yang berisi mode layar, jeda, kontrol musik dan kontrol suara. Di kiri atas teka-teki menunjukkan pemilihan warna, pemain dapat menggunakan X pilih sebagai penanda lalu warnai. Warnai putih diatas warna lain untuk membatalkannya.


STRATEGI GAME


Mulailah dengan kolom atau baris yang berisi garis-garis panjang dengan warna yang sama untuk memperoleh hasil yang cepat. Pemain dapat menghitung dari kiri atau kanan pada baris horizontal dan atas atau bawah pada kolom.


MEMUTAR ULANG LEVEL


Kelebihan game ini dapat dimainkan sesuka pemain. Bisa hari ini, kemarin atau sehari sebelumnya. Bahkan pemain juga dapat memutar  ulang teka-teki yang telah dikalahkannya.

 

GAME ONLINE 1 TO 25 HARIAN


game online 1 to 25 harian


Masih sama dengan game lainnya, cara bermainnya online dan gratis. Klik mulai dengan 1 atau bisa acak. Sedang tombol bantuan menjelaskan cara kerja teka-teki ini. Di sudut kanan bawah layar selamat datang ada tombol untuk mengatur ulang perkembangan game, berbagai game di saluran media sosial, melihat informasi pengembang atau menginstal game sebagai aplikasi web.


CARA BERMAIN


Game ini memiliki tombol untuk game lainnya di tengah bawah dengan pemilih bahasa di bagian sudut kanan atas. Papan berisi 25 kotak yang harus diisi pemain dengan angka. Pemain dapat menyeret angka dari samping kotak. Setiap nomor yang ditempatkan harus sejajar dengan tempat asalnya di tepi papan. Sementara angka di kiri atau kanan harus ditempatkan di sepanjang baris. Angka dari atas dan bawah harus ditempatkan vertical dikolomnya. Sudut-sudutnya menunjuk secara diagonal di seluruh papan.


FITUR PERMAINAN


Setiap hari game ini menawarkan level lain untuk dimainkan. Peramban web menyimpan secara otomatis jumlah waktu yang diperlukan pemain untuk menyelesaikan setiap teka-teki. Pemain juga dapat mengklik tanggal untuk memilih tanggal lain dan memainkan teka-teki lain.


Bahkan sisi kanan bawah game ini menawarkan tombol untuk membatalkan gerakan, memulai kembali level, menjeda game, menyesuaikan musik dengan suara game, atau beralih diantara mode layar penuh atau mode putar yang disematkan.

 

GARDEN GAME


garden game


Game ini menuntut pemain untuk menemukan semua benda tersembunyi didalam game. Klik pada obyek untuk memilihnya. Lalu cubit atau klik kembali panjang gambar untuk memperbesar atau memperkecil. Ada tombol layar penuh di sudut kanan bawah permainan.


Game ini juga memiliki 10 level yang diatur waktunya. Pemain dapat mencetak hingga 3 bintang di setiap level berdasarkan kecepatan menyelesaikannya. Pemain juga harus mengalahkan level sebelumnya untuk membuka kunci berikutnya.


Setiap kali memainkan level tertentu, pemain harus memilih item karena urutan item ini akan berubah. Dibagian bawah layar, 6 item untuk ditemukan akan ditampilkan dan ketika pemain menemukannya, item tersebut akan memutar item baru di tempat hingga pemain dapat menemukan 12 obyek.


Jika pemain terjebak pada suatu item, maka dapat mengklik tombol [?] lalu mengklik item tersebut untuk mengungkap dimana lokasinya, meskipun melakukan hal ini akan dikenai biaya 100 poin. Intinya game ini berupa tebakan acak dengan menghapus 5 detik dari waktu  yang dimiliki pemain setiap kali mengklik tombol yang salah.

 

Nah, menarik bukan aneka macam game solitaire online diatas. Daripada suntuk sampai uring-uringan, atau bahkan bingung harus ngapain disaat tidak sedang bekerja, bermain game solitaire online ini menjadi salah satu cara mengisi waktu luang. Intinya bermain game selain menjadi hiburan murah di rumah, juga dapat merefresh otak agar sel-sel motorik kita tetap berfungsi dengan baik.


Yuk rangsang otak kita dengan bermain game solitaire ini. Pastinya bakal dapat sehat sekalian terhibur.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar