Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rendang Daging Ayam, Kreasi Resep Tiga Sapi Yang Praktis Dan Ekonomis

Rendang Daging Ayam, Kreasi Resep Tiga Sapi

Kreasi resep Tiga Sapi kini beragam macamnya. Ada makanan, minuman, dessert dan masih banyak lagi. Kalian bisa menemukannya di internet atau di Official Instagram Tiga Sapi, lalu mencobanya sendiri di rumah. Siapa tahu resep yang kalian praktekkan menjadi sajian istimewa untuk keluarga tercinta.


Seperti ceritaku kali ini. Meski rendang daging ayam termasuk masakan yang tidak asing di telinga kita, namun masakan ini menjadi spesial berkat tambahan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Bahkan, untuk rasa manisnya aku juga menambahkan sedikit Tiga Sapi Kental Manis. Pasti pada penasaran bukan? Masakan kok dicampur dengan susu evaporasi dan  kental manis, bagaimana dengan cita rasanya?

Berkat kreasi resep Tiga Sapi yang kuaplikasikan dalam masakan rendang daging ayam ini, membuat Fawaz, anak semata wayangku lahap makannya. Bahkan, sampai  ia harus bolak balik ke dapur untuk menikmati menu sederhana yang kusediakan untuknya. Maklum, Fawaz termasuk anak yang lebih suka masakan ibunya ketimbang beli di warung.

Aku sampai tersanjung dibuatnya, kreasi rendang daging ayam Tiga Sapi yang kumasak nyatanya disukai Fawaz. Ia sampai berulang kali berterima kasih kepadaku karena masakan yang kubuat sesuai seleranya. Padahal di mana-mana namanya rendang selalu identik dengan daging sapi. Sementara aku, sebenarnya kurang pandai memasak rendang. Kadang bumbunya kurang pas atau bahkan santannya terlalu encer. Namun berkat produk Tiga Sapi aku pun makin percaya diri di dapur.

Mengapa Memilih Produk Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Suatu hari ketika berbelanja di mini market, tanpa sengaja kutemukan produk Tiga Sapi Kental Manis. Tiga Sapi Kental Manis ini sudah lama beredar di pasaran. Hanya saja menjadi sebuah produk yang baru menurutku, karena sebelumnya aku belum pernah melihat produk ini di etalase mini market. Bahkan aku jadi penasaran dengan cita rasa kental manisnya.

Lalu, sepulang dari mini market, kucoba googling internet mencari tahu apa sebenarnya produk Tiga Sapi ini. Aku menemukan banyak resep masakan yang bisa diaplikasikan dengan produk ini. Bahkan, selain Tiga Sapi Kental Manis, ada pula Tiga Sapi Susu Evaporasi yang bisa menggantikan santan. Itu artinya untuk masakan bersantan bisa menggunakan produk ini.

Kreasi resep Tiga Sapi yang kutemukan di Official Instagram Tiga Sapi sangat variatif dan terlihat menarik. Aku sampai ingin mencoba mempraktekkannya satu per satu di rumah. Dari sinilah akhirnya terbersit ide untuk membuatkan Fawaz menu rendang daging ayam. Fawaz sangat suka masakan berbahan dasar ayam. Mulai dari ayam koloke, ayam kaleo, lalapan ayam, ayam geprek, ayam kentucky, soto ayam, sate ayam dan sebagainya.

Kali ini, niatku memasak rendang daging ayam terlaksana. Aku berburu produk Tiga Sapi di mini market dan toko bahan kue yang jaraknya dekat dengan rumah. Nyatanya, Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis. Harganya ramah di kantong bahkan kemasannya lumayan besar. Setelah googling mencari tahu resep rendang ayam, aku pun berbelanja daging ayam dengan bumbunya di tukang sayur yang biasa mangkal di depan rumah.

Kusiapkan semua bahan dan bumbu, lalu kupraktekkan resep rendang daging ayam ini menggunakan tambahan produk Tiga Sapi. Aku menambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan, sementara untuk pemanisnya kutambahkan sedikit Tiga Sapi Kental Manis. Ternyata hasilnya memuaskan.

Memasak menggunakan susu evaporasi sebagai pengganti santan nyatanya lebih nikmat rasanya. Asyiknya menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi membuatku tidak perlu sering mengaduk masakan karena tidak akan pecah seperti menggunakan santan.  Dengan tambahan susu evaporasi, kuah pun terlihat lebih kental dan creamy. Bahkan sedikit  kental manis yang kutambahkan pada kuah malah membuat masakan terasa lebih gurih. Produk Tiga Sapi ini membuatku berhasil memasak rendang daging ayam yang disukai Fawaz.

Rendang Daging Ayam salah satu Kreasi Resep Tiga Sapi


Oh ya, kalian pasti penasaran bukan, berapa takaran susu evaporasi dan  kental manis yang ditambahkan ke dalam resep? Inilah bukti Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis. Aku hanya menambahkan lima sendok makan susu evaporasi dan satu sendok teh kental manis ke dalam kuah rendang daging ayam. Ini sudah membuat masakan terlihat kental dan creamy. Bahkan cita rasanya sesuai selera masyarakat Indonesia pada umumnya, yang suka cita rasa gurih.

Resep Rendang Daging Ayam Tiga Sapi

Challenge Cerita Tiga Sapi menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi


Kreasi resep Tiga Sapi yang kuaplikasikan dalam masakan rendang daging ayam ini bisa dinikmati siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dengan aroma rempah-rempah ditambah sedikit rasa pedas dari cabe merah, membuat rendang ini terasa nikmat, seolah kita sedang berada di warung nasi Padang, tengah menikmati menu spesialnya.

Pasti penasaran bukan bagaimana sih proses menciptakan rendang daging ayam menggunakan campuran produk Tiga Sapi ini, dan apa saja bahan-bahannya? Daripada penasaran berkepanjangan, yuk kita masak bareng!

Rendang Daging Ayam Tiga Sapi

Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis


Bahan:

  • 1/4 kg daging ayam, dipotong menjadi 5 bagian
  • 1 buah jeruk nipis
  • 100 gram kelapa parut, disangrai dan ditumbuk halus (optional/bisa skip bila tidak suka)
  • 2 batang serai
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt daun salam bubuk
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit (optional/bisa skip)
  • 2 cm kayu manis
  • 2 butir cengkeh
  • 1 butir asam kandis
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt Tiga Sapi Kental Manis
  • 5 sdm Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 6 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt pala

 

Rendang daging ayam Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis supaya tidak amis. Dan diamkan beberapa saat.
  2. Blender semua bumbu hingga halus.
  3. Panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bumbu halus.  Tambahkan bahan pelengkap seperti serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan asam kandis. Dapat juga ditambahkan daun kunyit. Tumis semua bumbu dan bahan hingga harum.
  4. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan potongan daging ayam. Dan masak hingga daging ayam empuk.
  5. Tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Di sini aku hanya menambahkan 5 sendok makan saja. Namun bila dirasa kurang, kalian bisa menambahkannya sesuai selera. Aduk sampai semua bahan tercampur dan kuah mulai menyusut.
  6. Bila kuah sudah meletup-letup, tambahkan garam dan sedikit Tiga Sapi Kental Manis sebagai pengganti gula. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  7. Oh ya bila kalian suka, bisa ditambahkan kepala parut yang sudah disangrai dan di tumbuk halus. Namun jika tidak suka kelapa parut bisa di skip ya.
  8. Tes rasa. Matikan kompor bila rasanya sudah pas. Pindahkan rendang daging ayam ke dalam wadah. Rendang daging ayam siap disajikan, bisa disantap bersama nasi putih hangat atau potongan ketupat.

Sebagai informasi, resep yang aku buat hanya cukup untuk 4 orang saja. Bila kalian ingin membuat rendang daging ayam dalam porsi besar, untuk takaran bahan dan bumbu bisa ditambahkan sesuai selera.

Kreasi resep rendang daging ayam Tiga Sapi


Mengenal  Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Produk Tiga Sapi ini  merupakan produk Indofood yang sekilas nampak sama, karena keduanya dibuat dengan cara menghilangkan lebih dari setengah kandungan air dalam susu sapi. 

Perbedaan utama keduanya terletak pada kandungan gula. Kental manis mengandung tambahan gula sebagai pengawet untuk membantu memperpanjang umur simpannya. Sedang susu evaporasi tidak mengandung tambahan gula, karena susu ini dipanaskan pada suhu tinggi untuk membuatnya lebih awet.

Kandungan zat gizi pada susu evaporasi hampir sama dengan susu sapi biasa, sementara kental manis kandungan gulanya lebih tinggi, sehingga rasanya lebih manis dan mengandung kalori lebih tinggi.

Tentang Tiga Sapi Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah susu yang teksturnya kental, karena terbuat dari susu sapi dan tanpa gula tambahan. Susu ini lebih sering dijadikan bahan tambahan dalam masakan atau sebagai campuran adonan kue. Dengan kata lain susu evaporasi adalah susu yang dipanaskan dengan suhu tinggi (pasteurisasi) untuk menghilangkan 60% kadar air dalam susu sapi segar, sehingga teksturnya lebih kental.

Meski dipanaskan, proses pembuatan susu evaporasi tetap mempertahankan kandungan laktosa, mineral, lemak, kalsium, dan vitamin dalam susu. Dan pasteurisasi susu merupakan metode yang sudah dilakukan sejak lama, sebelum ditemukannya kulkas atau mesin pendingin lainnya.

Metode seperti ini membuat susu lebih tahan lama tanpa mengurangi kandungan zat gizi di dalamnya. Dengan proses pemanasan tersebut membuat tampilan susu evaporasi cenderung berwarna kuning, tidak seperti warna susu pada umumnya. Ini dikarenakan terbentuknya karamel yang berasal dari panas selama proses evaporasi.

Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi yang dikemas secara praktis dalam kemasan kotak. Bahkan, menjadi kemasan pertama di Indonesia yang belum dimiliki produk lain. Bagi yang takut gemuk, jangan khawatir susu evaporasi ini bebas lemak. Namun begitu, proses pembuatan susu ini dilakukan secara higienis sehingga menghasilkan produk susu evaporasi dengan rasa creamy yang pas,  sudah pasti terasa gurih dan lezat, bahkan lebih sehat.

Dengan kemasan kotak 500 gram yang mudah ditutup kembali, Tiga Sapi Susu Evaporasi, Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Satu kemasan seharga Rp. 15.000,- bisa digunakan untuk aneka macam masakan atau dessert, bahkan sisanya bisa ditutup kembali dan disimpan dalam lemari es tanpa khawatir akan tumpah. Produk ini sangat cocok dijadikan tambahan masakan atau campuran minuman seperti roti, kopi, puding, soto ayam atau dessert lainnya.

Dengan kata lain Tiga Sapi Susu Evaporasi ini bisa dijadikan pengganti santan, seperti menu rendang daging ayam hasil kreasi resep Tiga Sapi buatanku. Selain cita rasanya lebih creamy dan gurih, mengganti santan dengan susu evaporasi ini terkesan lebih simple. Kuah lebih cepat kental, dan bumbunya lebih cepat meresap ke bahan.

Manfaat Tiga Sapi Susu Evaporasi

  1. Susu evaporasi juga bisa diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. Biasanya susu ini bermanfaat bagi mereka yang ingin menambah berat badan atau meningkatkan asupan mineral, karena susu ini padat gizi dan rendah gula.
  2. Susu evaporasi juga sangat penting untuk kesehatan tulang, karena susu ini kaya akan mineral, seperti kalsium dan fosfor.
  3. Di dalam susu evaporasi juga mengandung sejumlah kecil vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan sistem reproduksi, hingga menunjang sistem kekebalan tubuh.

Tentang Tiga Sapi Kental Manis

Kental manis merupakan susu sapi yang sebagian airnya dihilangkan sehingga mengental dan menghasilkan tekstur susu yang menjadi krim  dan lembut. Gula yang ditambahkan di dalamnya sebagai pengawet alami untuk memberikan daya tahan produk dalam jangka waktu tertentu. Rasanya yang manis dan nikmat membuat kental manis ini sangat digemari semua lapisan masyarakat Indonesia, termasuk memperkaya ragam kuliner Tanah Air.

Tiga Sapi Kental Manis juga bisa dipakai sebagai topping atau bahan taburan untuk menu sarapan, seperti smoothie, bubur kacang hijau, maupun jenis dessert lainnya. Bahkan susu ini juga dapat digunakan sebagai pendamping kudapan, seperti martabak manis, kopi susu gula aren, sus isi vla kental manis, puding susu, hingga pai susu taburan kacang.  

Tiga Sapi Kental Manis ini mengandung berbagai zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Bahkan susu ini juga memiliki zat gizi mikro yang mengandung multivitamin, seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6 dan B12, dan multimineral, yang berupa kalsium dan fosfor.

Manfaat Tiga Sapi Kental Manis

  1. Mengkonsumsi  Tiga Sapi Kental Manis bisa mendukung kebutuhan gizi keluarga, asal mengkonsumsinya sesuai kebutuhan dan  dipadukan dengan pola makan sehat serta olahraga teratur.
  2. Kental manis mampu memenuhi kebutuhan energi kita, di mana setiap orang yang aktif selalu membutuhkan energi ekstra untuk menyelesaikan kegiatannya dengan penuh semangat. Kandungan gizi mikro dan makro yang terdapat di dalam susu, mampu membangkitkan semangat untuk aktif dan energik.
  3. Tiga Sapi Kental Manis ini cocok  dijadikan campuran membuat Thai Tea, atau  topping dessert lainnya. Terbuat dari susu sapi segar, cita rasa susu ini sangat gurih dan manis karena terbuat dari gula murni. Bahkan susu ini juga tahan lebih lama yakni 12 bulan.

Dengan kemasan kaleng 490 gram seharga Rp. 12.000,- membuat Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis.

Tentang Challenge Cerita Tiga Sapi

Melihat manfaat dari produk Tiga Sapi ini rasanya makin semangat untuk berkreasi di dapur sendiri. Terlebih bagi ibu rumah tangga seperti aku yang lebih memilih prinsip ekonomi ketimbang menghamburkan uang tidak jelas, pilihan memasak sendiri di rumah sangatlah tepat karena Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis, harga ramah di kantong, isi dalam kemasan bisa dimanfaatkan berulang-ulang.

Apalagi saat ini usaha kuliner mulai bermunculan. Aneka makanan dan minuman mulai dijual kembali, baik secara online maupun offline. Ide membuka usaha kuliner dengan memanfaatkan produk Tiga Sapi ini bisa menjadi ide yang menjanjikan.

Tiga Sapi Susu Evaporasi dengan harga lebih hemat dan isi lebih banyak, ditambah dengan Tiga Sapi Kental Manis yang lebih praktis dan ekonomis, tentunya membuat ide membuka usaha kuliner menjadi ide yang brilliant pasca pandemi.

Kabar baiknya akan ada kompetisi foto Cerita Tiga Sapi yang berlangsung dari tanggal 9 - 30 September 2022. Informasi tentang Challenge Cerita Tiga Sapi ini bisa kalian dapatkan di Official Instagram Tiga Sapi.

Tentunya ini menjadi kesempatan emas bagi kalian yang memiliki usaha dagang atau kuliner, dan menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai bahan pelengkapnya. Caranya sangat mudah:

  1. Cukup follow account @lezatnyatigasapi dan like fanpage facebook Tiga Sapi.
  2. Lalu upload testimoni jualan kalian yang menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai bahan tambahannya.  
  3. Jangan lupa tag account @lezatnyatigasapi dan tiga (3) orang teman kalian. Pastikan akun kalian tidak di private.
  4. Di akhir cerita kalian jangan lupa tambahkan hashtag #ceritatigasapi 
Dengan mengikuti kompetisi ini, kalian berhak mendapatkan saldo Ovo/Gopay dengan total Rp. 5.000.000,- ditambah paket spesial dari Tiga Sapi,  bagi 5 pemenang  yang beruntung. Info selengkapnya bisa kalian cek di Instagram Tiga Sapi ya!

Waaah…benar-benar kesempatan emas yang tidak boleh terlewatkan. Yuk siapkan cerita menarikmu untuk ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi ini ya. Siapa tahu ceritamu menginspirasi dan berhak menjadi pemenang.

Challenge Cerita Tiga Sapi
Saatnya beralih ke Tiga Sapi Susu Evaporasi, Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Atau Tiga Sapi Kental Manis, Lebih Praktis dan Ekonomis.
Yuni Handono
Yuni Handono Blogger, Penikmat Kuliner, Suka Travelling

115 komentar untuk " Rendang Daging Ayam, Kreasi Resep Tiga Sapi Yang Praktis Dan Ekonomis"

  1. Baru tahu kalau bisa juga ya buat rendang dari susu evaporasi! Aku kira selama ini susu evaporasi hanya bisa digunakan sebagai tambahan minuman manis aja, hehehe. Looks good banget kak rendangnya! Yummy!

    BalasHapus
  2. Hanya dengan takaran sendok aja kak pakai tiga sapi nya?
    Wah mantul banget ini, jadinya lebih praktis dan hemat juga ya. Yang mau sekali-kali gak pakai santan saya menggulai bisa nih menggunakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep pakai takaran sendok begini paling banyak dicari lho, soalnya biar gampang juga ya apalagi buat yg baru2 bisa masak hehe

      Hapus
    2. Sepakat mba.
      Kalau yang menggunakan gram, bagi yang masaknya jarang lumayan ribet.
      Hasil masakan rendang daging ayam kreasi resep Tiga Sapi pasti maknyus ini.

      Hapus
  3. Duh jadi ngiler liat rendang ayamnya mba. Pasti lebih enak ya kalau menggunakan susu evaporasi. Apalagi buat yang nggak terlalu suka santan, susu evaporasi ini wajib sih jadi pilihan.

    BalasHapus
  4. Selama ini aku ngiranya namanya rendang gak bisa dipisahkan dari santan. Eh, ternyata ada resep yang gak mesti pake santan dan bisa diganti dengan Susu Evaporasi. Aku sendiri suka rendang, tapi memang agak kurang suka makanan-makanan bersantan. Bisa jadi pilihan nih sekarang Susu Evaporasi sebagai pengganti santan.

    BalasHapus
  5. Oh susu evaporasi bisa langsung diminum yaw. Wah bikin ngiler tuh rendangnya. Aku punya stok Tiga Sapi juga, jadi pengen bikin buat bekal sekolah anak-anak. Lebih sehat yah pengganti santannya.

    BalasHapus
  6. Hwaah mantep banget iniii bikin rendang daging ayam pakai tiga sapi. Auto bikin ahh buat makan malam hari ini, mumpung ada ayam dan kebetulan aku jg ngga suka kalo pakai santen hihi

    BalasHapus
  7. Unik bener mbak. Biasanya rendang identik dengan daging sapi. Eh kok ya kelihatan enak banget kalau pake daging ayam. Mana nggak perlu santan. Bisa lebih sehat pake susu evaporasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi penggunaan tiga sapi juga hemat ya kak, cuma dengan takaran sendok aja.
      Jadinya bisa bikin banyak hidangan nikmat

      Hapus
  8. Sebagai anak turunan Minang, ngelihat orang masak rendang tanpa santan itu kaya gimanaaa, etapi kreasi rendang pake susu evaporasi kayaknya menggiurkan dan layak coba, mau dong kak incip2 haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yummmyyy rendang emang paling khas di tanah minang. Sayang aku tidak terampil memasak.

      Hapus
  9. Rendang ayam pakai susu cap tiga sapi, bikin rasanya lebih nendang ya mbak
    Jadi pengen recook

    BalasHapus
  10. Wah produk Tiga Sapi bisa buat bikin rendang juga ya mbaak. Aku baru tau lhooo. Makin creamy ya hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak, jadi ide brilian juga ya biar bervariasi dan makin menggugah selera rasanya.
      Jadi pengen nyobain

      Hapus
    2. Iya nih mbak aku juga pengen bikin jadinya. Kemrin aku pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi buat ungkep nah ini rendang ehmm jadi penasaran..karena mudah pakai ayam ya

      Hapus
  11. Wah aku baru tahu ada rendang daging ayam. Aku mau coba juga ah.. sensasi rasanya sama ya. Duh pakai Tiga Sapi nih sama donk aku juga ada stok d rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak juga kak Hamim hahaha, ya meskipun rendang daging sapi emang yang udah ikonik abis ya. Bahkan rendang jamur atau rendang jengkol juga wajib coba lhoh kak, enak apalagi kalau pake Tiga Sapi masaknya

      Hapus
  12. Baru aja tadi kepikiran mau biat rendang ayam mbak hahaha alhamdulillah ada resepnya, besok mau dimasak rendang aja ayamnya

    BalasHapus
  13. Ya Allah enak banget ini, apalagi diganti pakai susu ya :) jadi pengen bikin sendiri jg deh nyobain pake susu evaporasi nih hihi

    BalasHapus
  14. anakku suka banget sama ayam, tapi seringnya aku masak ayam goreng saja sih. Mau coba Rendang daging ayam ah, siapa tau mereka juga suka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari tampilannya sih anakku bakalan suka. Apalagi dikasih susu evaporasi tiga sapi, pasti makin gurih dan nambah selera

      Hapus
  15. Yummii~
    Menu yang selalu ditunggu keluarga yaa, kak.. Apalagi dengan bahan-bahan makanan yang menyehatkan seperti produk Tiga Sapi Susu Evaporasi dari Indofood.
    Gurihnya dapet, sehatnya juga dapet.

    BalasHapus
  16. Wah, bisa dicoba nih masak pakai rendang dengan tiga sapi. Selama ini pakai santan terus.

    BalasHapus
  17. Rendang daging ayam, dimakan pakai nasi putih ditaburi dengan bawang goreng sedap bangett nih, apalagi jika dibuat dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi, lebih gurih dan sehat ya

    BalasHapus
  18. Saya biasanya bikin rendang tuh pakai santan. Baru tau ternyata bisa dibikin dari Susu Evaporasi juga.

    BalasHapus
  19. Wow rendangnya pasti makin enak pakai tiga sapi susu evaporasi ini
    Gurihnya dapat, sehatnya jua dapat karena kandungan kolestrol rendah
    Kapan-kapan coba ah bikin rendang pakai susu ini

    BalasHapus
  20. gak kebayang rendang dicampur susu. pasti rasanya makin creamy gitu ya mba. jadi pengen ikut icip2 hehe

    BalasHapus
  21. Rendang ini ditunggu sampai keluar minyaknya? Aku kayaknya pernah bikin, tapi kudu sabar banget, tapi kalau udah matang, cepet ludeeess. Kalau pakai susu ini lebih creamy ya?

    BalasHapus
  22. sebagai pecinta ayam sepertinya boleh juga nih resepnya dicoba di rumah, selama ini saya paling suka ayam goreng atau ayam krispi, tapi liat ayam direndang begini kok jadi ngiler ya

    BalasHapus
  23. Saya sudah beberapa kali ke minimarket, belum juga nemu susu evaporasi Tiga Sapi, nih. Semoga bisa lekas nemu. Kepo.

    BalasHapus
  24. WOW ternyata rendang bisa dibuat dari susu juga. Jadi penasaran banget dong dengan rasanya. Ini jadi kreasi yang menarik dan bikin aku jadi penasaran pengen buat sekaligus cobain juga. Sepertinya menggoda selera banget yes

    BalasHapus
  25. kemasan kotaknya memudahkan buka tutup ya mba, kalau kemasan kaleng kan agak gimana gitu yaa

    BalasHapus
  26. Suka banget nih sama rendang. Belum coba kalau sama susu evaporasi. Pasti enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rendang adalah makanan tradisional indonesia no 1 dalam hal rasa. Ternyata santan bisa dganti ke susu evaporasi. Yummy!

      Hapus
  27. Rendang ayamnyaa sangat menggoda sekali, aku kira tadi tanpa kelapa hanya dikasih susu evaporasi cap tiga sapi saja. Terbyata tetep ada kelapa parutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kirain pakai santan juga mba.. dikasih kelapa bisr taste rendangnya tetap kerasa ya..

      Hapus
  28. Rendang kayak gini aku pasti bakal nanduk nasi.. soalnya ramuan rempah2nya pasti kerasa banget

    BalasHapus
  29. Rendang ayam bisa juga jadi alternatif bagi yang g suka daging sapi ya mbak
    Apalagi kalau dimasak sama susu cap tiga sapi, pasti rasanya lebih enak

    BalasHapus
  30. Ya ampunn jadi punya ide untuk masak ayam nih. Belii lagi ah susu evaporasinya. Beneran bikin masakan jadi lebih enak dan gurih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, aku lagi stuck masak olahan ayam dalam bentuk apalagiii, karena suami dan anakku suka banget sama ayam. tapi kan kalau digoreng gitu boseen yaak terus2an

      Hapus
    2. Ikut juga..
      Merasa bosan dengan olahan ayam yang gitu-gitu aja.
      Alhamdulillah ada resep Rendang Ayam dari kak Yuni. Bisa langsung eksekusi...

      Hapus
  31. wah bisa juga ya jadi rendang ayam pakai ini, biasa cuma pakai buat dessert. Mau ah nanti dicoba juga

    BalasHapus
  32. Boleh juga nih, mengganti santan dengan susu evaporasi. Selain makin gurih, tentunya lebih menyehatkan ya bund.

    BalasHapus
  33. Rendang makin mantap nih pakai susu tiga sapi evaporaso. Susunya spesial, masak apapun jadi ikut spesial

    BalasHapus
  34. Wah cucok banget nih mbak, bikin rendang ayam tapi gak pake santan. Kebeneran aku tuh doyan rendang tapi lagi menghindari banget santan. Ternyata Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa menjadi pengganti santan yaah. Jadi pengen cobain resepnya di rumah nih

    BalasHapus
  35. Kayaknya krimer Tiga Sapi jadi bisa buat pengganti santan, ya. Saya pernah juga beli Tiga Sapi, tapi untuk campuran kopi. Memang enak deh krimernya

    BalasHapus
  36. huaaa fix deh ini sih bikin ngiler, bikin tambo cie nanti nih, cobain praktekkin resepnya nih buat di rumah

    BalasHapus
  37. Salah satu produk andalan juga di kluarga kak cuma saya biasanya buat bkin es buah . Ternyata bisa juga jadi menu begini ya. Makin nambah refrensi

    BalasHapus
  38. Aku baru tau loh kalo susu evaporasi bisa jadi bahan buat bikin rendang 😁 kreatif banget mba..jd pengen nyoba juga. Susu Tiga Sapi ini kayanya bikin semua masakan jadi enak ya..

    BalasHapus
  39. boleh juga nih mencoba masakan yang dimasak menggunakan campuran susu evaporasi dan kental manis. Jadi ga perlu nambahin gula udah sedep ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya yaa..
      Jadi gak perlu menambahkan gulgar agar makanan juga jadi lebih sehat dan hemat karena hanya perlu menambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis.

      Hapus
  40. Mantap banget, kak..
    Menu Rendang ayam menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi menjadi lebih sehat sebagai pengganti gurihnya santan. Tetap nikmat dan dinantikan keluarga.
    Apalagi rendang tuh semakin dipanasin, semakin nikmaaatt~

    BalasHapus
  41. Rasa rendang dimasak pakai susu evaporasi jadi kayak gimana ya? kayaknya lebih enak dan sehat karena tidak pakai santan..

    BalasHapus
  42. Waw rendangnya bikin ngiler mbaaa. Masya Allah kayaknya enak banget nih apalagi masaknya pake susu evaporasi tiga Sapi kan.... Duh, pengganti santan yang sempurna.

    BalasHapus
  43. yummy banget klihatannya 😍😍 btw mba makannya sendirian aja nih? sini aku bantu abisin haha soalnya makanan fave ku ayam rendang

    BalasHapus
  44. mantulll. bisa jadi pengganti santan ya mba. kebayang deh rendang nya jadi makin enak dan sehat tentunya karena pakai tiga sapi. boleh dong mba, icip.. wekekek

    BalasHapus
  45. Aku baru tahu produk merek tiga sapi ini dari teman-teman blogger. Banyak yg merekomendasikan jadi pengganti santan juga ya. Mungkin karena gurih masakan jadi lebih enak ya..:D

    BalasHapus
  46. waaah, mau dong coba ikutan challenge fotonya. kalau menunya mbak Yuni langsung deh Dewi bookmarkin, eksekusi nanti di dapur:D makasih ya mbak untuk resepnya...

    BalasHapus
  47. Aduuuuuuu rendangnya menggoda sekali, Mbak. Jadi laper, nih. Baru tau lho susu Tiga Sapi ini bisa jadi pengganti santan pas bikin rendang. Rasanya gimana, Mbak? Tetap gurih dan lezat? Bau sapi banget nggak sih? Kadang tuh aku nggak sukanya pakai susu karena bau sapi banget.

    BalasHapus
  48. Masak rendang ayam pakai tiga sapi pasti rasanya makin yummy dan yang menyantapnya pun jadi happy. Ah jadi pengen meluncur ke rumah mbak Yuni hahayyy

    BalasHapus
  49. Makasih resep rendang nya ya kak, serius baru tau loh bisa pake susu kaya gini. Salam kenal ya kak, aku Natara

    BalasHapus
  50. Waww aku belum nii kreasi masakan dengan tambahan susu gini. Jadi penasaran sama citarasanya. Biasanya pakai santan gitu. Jadi pengen coba di rumah nii untuk resep daging ayam pakai susu gini

    BalasHapus
  51. Saya pernah buat daging ayam mix dengan susu dan santan mbak. Jadi pengen coba pakai Tiga Sapi pasti lebih nikmat dan kental.

    BalasHapus
  52. Duh jadi ngiler melihat rendang ayamnya, apalagi bacanya di siang hari, lapar pun semakin mendera mengajak untuk segera makan.

    BalasHapus
  53. Menarik resepnya Mbak Yuni. Saya belum pernah makan rendang yang menggunakan susu evaporasi. Pastinya dengan Tiga Sapi, rasanya enak ya.

    BalasHapus
  54. kalau pakai susu jadi makin gurih yaa mba.. boleh juga nih resepnya untuk dicoba di rumaaah

    BalasHapus
  55. Kalau ikutan lomba fotonya lumayan banget hadiahnya ya.. masing2 sejuta.. duuh rendang ayam dan gulai resep kesukaan suamiku. Mamanya suami juga suka ditambah susu mbak kalau masak.

    BalasHapus
  56. happy banget rasanya kalau masakan kita disuka anak ya Mbak, rasanya lelah karena masak lama apalagi rendang gini jadi rontok semua saat lihat anak makan lahap dan nambah terus ya.
    jadi penasaran nih dengan Susu Evavorasi Tiga Sapi, saya belum nemu disini padahal boleh juga nih buat kreasi rendang daging ayam untuk anak-anak :)

    BalasHapus
  57. waahh seneng bgt ini, udah dapet manfaat dari susu tiga sapi, makanan yang pasti enak apalagi rendang ayam, kesukaan keluarga. Semoga Mba Yuni menang ikutan lombanya ya

    BalasHapus
  58. Baru tau kalau susu evaporasi bisa buat bahan bikin rendang daging sapi
    kebetulan di kulkas masih ada daging sapi, kita bikin rendang dengan tiga sapi juga kali ya... :D

    BalasHapus
  59. Bener banget kak pakai susu evaporasi itu lebih enak dan sehat ya katanya diandingkan santan. Btw makasih kak resepnya, bisa di coba buat di rumah nih hehe.

    BalasHapus
  60. Wah next time mau coba pake susu evaporasi dan susu kental manis. Baru tahu kalau pake dua bahan itu rendangnya jadi juga hehe. Makasih mba resepnya.

    BalasHapus
  61. Makin mantap kalau rendang daging ayam juga tak kalah maknyus. Selama ini rendang kan identik dengan daging sapi gitu ya. Dengan resep ini saya bisa ikut berkreasi ni.

    BalasHapus
  62. Wah Mbak Yuni, rendang homemade begini bikin ngileeer. Aku jujur gak pernah bikin. Huhu takut gagal. Jadinya biasanya selalu beli. Entah di rumah makan atau ke teman. Tapi resep dari Mbak Yuni kok kayaknya antigagal ya. Jadi kepengen nyoba bikin pake produk Tiga Sapi juga. Bismillah deh, semoga gak gagal. :D

    BalasHapus
  63. Lagi banyak yang berkreasi pakai tiga sapi ini..jadi kepo deh pengen nyoba..

    BalasHapus
  64. Sedap banget nih pasti kalau rendangnya pakai tiga sapi susu evaporasi. Jadi pengin nyoba juga

    BalasHapus
  65. Enak banget pasti hasil masakan rendangnya dengan Tiga Sapi. Mau save dulu resepnya ah. Pengen ikutan masak juga

    BalasHapus
  66. menggoda selera banget ini rendang ayamnya ya kak. Pastinya lebig mantep karena menggunakan susu evaporasi. Jadi keinget aneka masakan kari India yang juga kebanyakan menggunakan susu sih ya

    BalasHapus
  67. Wah resep baru nih..
    Biasanya keluarga saya rendang daging sapi atau ati sapi Mbak. Sekarang bisa pakai daging ayam ya, Mbak.
    Bisa dicoba nih, Mbak. Apalagi pakai susu juga. Biasanya kan santan.

    BalasHapus
  68. Wah, pastinya lebih enak banget nih.. Karna susu evaporasi Tiga Sapi bisa jadi pengganti santan ya.. Pasri hasil msakan rendangnya jadi lebih creamy, lebih gurih juga ya.. Jadi pingin cobain juga pakai susu Evaporasi ini..

    BalasHapus
  69. Jadi penasaran, gimana rasanya rendang dimasak pakai produk susu tiga sapi... Kapan-kapan coba bikin ah...

    BalasHapus
  70. rendang itu favorit banget ya, mau dari sapi dan ayam pun juga enak kok apalagi kalau buatnya juga dengan bahan-bahan yang berkualitas, dan inovatif juga perlu dong ya sesekali seperti buat rendang pakai susu evavorasi gini ya pengganti santan :)

    BalasHapus
  71. Rendang tanpa santan sebelumnya gak pernah terbayangkan. Ternyata bisa banget sekarang ini ya, dengan menggunakan produk susu evavorasi dari Tiga Sapi sebagai pengganti santan. Hasil masakan tetap maknyus dan sehat tentunya.

    BalasHapus
  72. Susu itu bisa bikin daging empuk dan juicy, ngabayangin daging empuk dan juicy berpadu bumbu rendang sudah langsung terbayang gimana lezatnya ini.

    BalasHapus
  73. Wah daku belum pernah coba nih bikin rendang pakai susu evaporasi. Sepertinya jadi makin gurih ya, dan makin banyak kandungan gizi juga.
    Boleh banget nih dicoba, mengingat harga santan kan lumayan ya

    BalasHapus
  74. wuhuuuu enak banget loh ini rendang tuh salah satu menu masakan nusantara favoritku, boleh juga nih ide rendang ayam dicoba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otw bikin juga ahh kebetulan ada ayam juga di kulkas dan udah sedia tiga sapi susu evaporasi kemarin abis dibikin cemilan buat coffee mocca jelly hihi

      Hapus
  75. Ternyata fungsinya sebagai pengganti santan ya, Kak. Jadi pengen nyoba ditambahkan ke soto betawi, ah. Kebetulan di rumah pada doyan soto betawi.

    BalasHapus
  76. Wah baru tahu bisa masak rendang pakai susu sebagai pengganti santan, tambahan ilmu banget nih, bisa juga sekali kali dicobain. Thanks ya kakk

    BalasHapus
  77. waaa enak banget niiii rendangnya, bisa makin gurih ya itu pake susu evaporasi tiga sapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah rendangg bisa pakai susu evaporasi dan kental manis ya mba? jadi ingin coba resepnya nih, ijin save resep ya mba, makasih :)

      Hapus
  78. Bener banget.. santan yang digantikan susu evaporasi malah bikin makanan jadi lebih gurih, creamy dan nikmat.

    BalasHapus
  79. wah jadi pengen nyobain resep rendangnya nih, mbak. ini dimasaknya lama jugakah kayak rendang sapi, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang sama nih kayak yg ingin kutanyakan. Soalnya kalau daging sapi kan makin lama masaknya makin enak rasanya. Nah, kalo ayam ini gimana ya mbak?

      Hapus
  80. Ih unik banget bikin rendang ayam pakai susu evaporasi. Aku jadi pengen coba deh, soalnya suamiku doyan rendang. Mau bikin surprise jadi rendang ayam hihi

    BalasHapus
  81. Wuaaa aku beneran ngiler lihat rendang ayam. Selama ini tahunya rendang daging
    Dan ternyata setelah baca resepnya hanya pakai 5 sendok susu tiga sapi. Wow ini mah hemat banget ya daripada pakai santan. Mau coba recook ah

    BalasHapus
  82. Saya biasanya makan rendang daging sapi dan ati sapi, Mbak. ternyata bisa juga nih, ayam dibuat rendang ya, Mbak. Apalagi ayam lebih mudah didapatkan dan terjangkau. Saya save ini resepnya, Mbak. Nanti mau dicoba.

    BalasHapus
  83. Ngiler liat rendangnya, jadi laper kak. Btw Tiga Sapi ini emang multifungsi yah kak, biar buat segala jenis masakan, mantep banget deh resepnya

    BalasHapus
  84. Wah, rendang ayam ini salah satu masakan kesukaan kami sekeluarga juga.. Sebagai pengganti daging sapi, ayam jg gak kalah enakknya.. Apalagi kalau pakai Tiga Sapi ini ya..

    BalasHapus
  85. Sedap sekali iniiii. Aku juga suka bikin rendang ayam, tapi selama ini pakai santan. Ternyata kalau pakai susu evaporasi juga enak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba, aku pun blm pernah masak masakan lauk pake susu kaya gini, jadi pengen coba juga

      Hapus
  86. Benerr nih pake takaran sendok lebih mudah di bandingkan takaran gram. Aaah jadi kangen pengen makan rendang bunn (gusti yeni)

    BalasHapus
  87. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini kan bisa buat pengganti santan ya. Pantas aja nih bisa buat rendang. Haduh haduh.. aku ngiler banget. Secara aku doyan banget masakan rendang baik sapi maupun ayam.

    BalasHapus
  88. wah mantap, santannya diganti susu nih jadi makin gurih dong ya :) jadi pengen nyobain deh

    BalasHapus
  89. Rendang ayam? Wah enak juga ya kayaknya
    Apalagi kalau pakai susu tiga sapi ini
    Jadi makin enak

    BalasHapus
  90. Wiii.. Enak bangettt. Duh jadi ngiler nih. Ijin nyontek resepnya ya mbak. Kayaknya menggoda banget untuk segera dieksekusi di dapur

    BalasHapus
  91. Seumur hidup baru sekali masak rendang. Kapan2 nyoba lagi ah bikin rendang pakai Tiga Sapi.

    BalasHapus
  92. Enaknyaaa, tiga sapi ini bisa dimasak apa aja ya. bisa makanan manis maupun asin. bikin rasa masakan semakin sedap..

    BalasHapus
  93. saya suka sekali dengan bumbu rendang, enak banget, penasaran jadi pengen buat di rumah apalagi bahan dan cara buatnya mudah niy mba Yun

    BalasHapus
  94. Kebetulan banget ada stok ayam dan susu tiga sapi di rumah, jadi pas banget kalo gini besok aq mau recook resep ini juga kak kayaknya enak dan bikinnya juga gampang

    BalasHapus
  95. Sama kayak ibu mertua ku, kalau masak yang berkuah kadang suka pakai susu. Jadi gak terlalu lemak sekali. Wah susu Tiga Sapi ditambah ayam dan rempah rempahnya jadi pengen coba juga. Yummy 😍

    BalasHapus
  96. Wah...bener-bener pengganti santan ya susu Tiga Sapi. Tapi surprise banget nih aku, bahkan bisa untuk resep rendang. Udah lezat sehat pula...

    BalasHapus
  97. Masakpakai Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis lebih hemat ya Mbak, di rumahku tinggal ada Tiga Sapi Susu Evaporasi dan masih bingung mau masak apa.

    BalasHapus
  98. Meilia Wuryantati19 September 2022 20.58

    Ternyata susu evaporasi seperti Tiga Sapi bisa buat masak rendang yah kak, wah mantul banget ini, enak keliatannya, ah jadi pengen coba masak rendang pakai Tiga Sapi ini nanti, thanks Resep nya kak, pas banget buat ber-4 nih, soalnya anak yg kecil masih bayik

    BalasHapus