Pentingnya Payment Link sebagai Salah Satu Produk Unggulan Midtrans untuk Pengembangan Sebuah Bisnis

Payment Link Produk Unggulan Midtrans


Pandemi Mengubah Kebiasaan Masyarakat


Belanja online telah menjadi kebiasaan masyarakat era new normal. Tak ayal kesempatan ini dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memasarkan produknya secara online. Wajar saja marketplace dipenuhi barang kebutuhan masyarakat. Mereka tinggal memilih produk yang dibutuhkan, maka akan muncul berbagai produk dengan variasi harga.


Sadar akan adanya tantangan di balik pesatnya bisnis online, masyarakat mulai berhati-hati dalam menjaga bisnisnya. Demikian juga pelanggan, mereka makin jeli berbelanja online. Termasuk dalam hal pembayaran. Mereka memilih metode pembayaran yang aman, nyaman, bahkan amanah. Dengan harapan, barang yang dibeli sesuai pesanan, dan pembayarannya tersampaikan dengan benar.


Tentang Midtrans


Payment Link Produk Unggulan Midtrans
sumber gambar: website Midtrans


Melihat kondisi yang ada saat ini, di mana masyarakat butuh kenyamanan dalam berbelanja online, baik saat melakukan pembayaran maupun menerima barang pesanan dengan aman, mereka membutuhkan layanan payment gateway yang recommended, seperti Midtrans. Apa itu Midtrans?


Midtrans merupakan layanan payment gateway bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group.  Sebagai perusahaan finansial berbasis teknologi, Midtrans mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online melalui solusi pembayaran komprehensif dan inklusif dengan menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online untuk beragam entitas bisnis, mulai dari startup, UMKM, hingga usaha besar.


Midtrans selalu menjaga komitmen pelanggan bahwa pihaknya selalu menaati standar keamanan dan kepatuhan yang sangat tinggi. Bahkan, berusaha membuka kesempatan seluas-luasnya dalam menerima masukan dari pelanggan demi meningkatkan kualitasnya.


Perjalanan Midtrans

Perjalanan Midtrans1

Perjalanan Midtrans2

Perjalanan Midtrans1


Midtrans  didirikan pada tahun 2012 untuk mendukung kolaborasi antar-individu dan antar-divisi/departemen. Tahun 2013 membuka kantor di Bandung dan launching debit langsung. Di tahun 2014 Midtrans launching virtual account, dilanjutkan tahun 2015 launching pembayaran langsung. 


Pada 2016, Veritrans rebranding menjadi Midtrans. Di tahun ini pula jumlah pelanggan telah mencapai  1.000 dan 100 staff.  Lalu, Midtrans memperluas jangkauannya dengan membuka kantor cabang di Bali dan Yogyakarta serta launching Aegis (sistem pendeteksi anomali) dan Payouts.


Pada 2017, Midtrans diakuisisi oleh Gojek, sekaligus launching “Selly” sebagai aplikasi asisten admin dan logistic dari Midtrans, dilanjutkan launching GoPay dan di tahun 2020 akhirnya launching “QRIS” yang memudahkan pelanggan melakukan pembayaran secara online.


Midtrans menerapkan beberapa prinsip sebagai panduan untuk bekerja dan berinteraksi setiap harinya, berupa:

  1. Kerja sama dibutuhkan untuk menggapai cita-cita Midtrans dalam mendukung kolaborasi antar-individu dan antar-divisi/departemen.

  2. Birokrasi dan politik yang minim agar tim Midtrans dapat bekerja secara optimal.



Pentingnya Proses Registrasi dan Aktivasi untuk Keamanan Sistem Pembayaran Online


Midtrans merupakan payment gateway yang memiliki beberapa produk, di antaranya:


  1. Online Payment

Solusi cerdas untuk menerima pembayaran di mana pun dan kapan pun karena Midtrans telah memiliki lisensi Bank Indonesia, mudah digunakan Developer, dan aktivasinya dilakukan secara online. Bahkan, Midtrans juga menerima pembayaran dari 24 metode, seperti kartu kredit, transfer bank, e-money, dan lain sebagainya. Berkat adanya sistem deteksi anomali yang menggabungkan Al, machine learning, dan rumus kompleks untuk melindungi transaksi online, sistem pembayaran online ini aman dari segala sisi.


  1. In-Store Payment

Maksud dari In-Store Payment ini adalah menerima pembayaran di toko tanpa hambatan. Ini ditujukan bagi bisnis online yang ingin memperluas cakupan bisnis dengan membuka toko offline. Sebagai bagian dari ekosistem Gojek, Midtrans juga berpartner dengan solusi pembayaran Gojek yang lain seperti GoBiz, GoBiz PLUS, dan Moka agar bisnis dapat menerima pembayaran di toko offline.


Produk In-Store Payment ini merupakan solusi pembayaran yang tepat tersedia untuk pelaku bisnis karena integrasi yang cepat dan mudah, tanpa komitmen jangka panjang disertai rincian biaya sederhana dan transparan.



  1. Payouts

Solusi mudah untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan pengiriman dana atau disbursement atau pencairan dana, yang bisa dilakukan secara manual dan otomatis ke satu atau banyak akun sekaligus. Kirim dana ke 100 bank berbeda dengan harga sama rata, bebas khawatir.


Midtrans Sebagai Sistem Pembayaran Online dan Ragam Solusi untuk Kebutuhan Bisnis/Usaha


Sebagai sistem pembayaran online, Midtrans berusaha mewujudkan pembayaran yang mudah dan lancar bagi pelanggannya, baik usaha skala kecil, menengah, maupun besar. Midtrans berupaya memberikan solusi pembayaran secara menyeluruh sehingga pembayaran tersebut terjamin keamanannya, dapat diandalkan, serta dibuat sederhana untuk berbagai industri.


Kini sudah banyak perusahaan di berbagai sektor industri yang menggunakan layanan Midtrans,  di antaranya Moka, Rumah Maulina, SociaBuzz, Akulaku, Bibit, Halodoc, Ultra Voucher, dan lain sebagainya. Sementara itu banyak perusahaan yang menjadi partner Midtrans, di antaranya Arlogy, Compro, Sirclo, FLITS, Kemana, Icube, Mineral, dan lain sebagainya.


Manfaat Midtrans untuk Startup & Early Business 


Untuk sebuah startup dan early business, Midtrans memberikan solusi pembayaran lengkap dan integrasi sederhana untuk membantu menjangkau pelanggan lebih banyak. Bahkan dengan cara ini pula kecurangan dalam bertransaksi pun dapat ditekan sehingga dapat menghasilkan rekonsiliasi dengan mudah.


Dengan memanfaatkan Midtrans ini, owner startup bisa menerima pembayaran melalui pilihan 24 metode pembayaran, seperti melalui e-money (GoPay, QRIS, atau ShopeePay), pembayaran dengan kartu, bank transfer, over the counter, direct debit, atau melalui cicilan tanpa kartu.


Yang jadi poin plus, pembayaran yang dilakukan melalui Midtrans dapat dimonitor dengan mudah di Dashboard Midtrans. Apalagi, Dashboard Midtrans sangat mudah digunakan dan transaksi data yang masuk pun sudah otomatis sehingga pemilik bisnis tak perlu pusing untuk merekap data pembayaran satu per satu.


Bahkan, yang menjadi kekhawatiran bisnis online saat ini, terutama bisnis kecil dan menengah adalah adanya kecurangan transaksi. Dengan sistem pendeteksi anomali, Midtrans berupaya menolak semua transaksi yang mencurigakan. Midtrans telah memiliki lisensi dari Bank Indonesia, terdaftar sebagai Sistem Penyelenggara Elektronik dari Kominfo, telah memiliki Standar Enkripsi Lanjutan (AES 256), serta memiliki lisensi PCI-DSS (Industri Kartu Pembayaran Standar Keamanan Data). Dengan kata lain, transaksi online dan/atau online payment melalui Midtrans sudah terbukti aman dan mudah!


Midtrans untuk Growing Business


Tahukah Anda, bahwa beberapa merchant telah menggunakan Midtrans untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya?  Ya, kini makin banyak merchant yang peminatnya makin bertambah dari hari ke hari. Bahkan dalam rangka mempercepat pertumbuhan bisnisnya, mereka memanfaatkan Midtrans untuk mengelola pembayaran dengan efisien. 


Untuk sebuah startup yang ingin mempercepat pertumbuhan bisnisnya, Midtrans memberikan solusi terbaiknya untuk:

  1. Usaha yang sedang fokus dalam pertumbuhan bisnis dan otomasi semua proses bisnis.

  2. Usaha yang hampir semua transaksinya dilakukan melalui website atau aplikasi mobile.

  3. Usaha yang sudah pernah memakai payment gateway, tetapi mencari solusi yang lebih kuat.


Midtrans untuk Enterprise 


Banyak enterprise yang kini tengah naik daun. Katakanlah Tokopedia, Blibli, JD.ID, Bukalapak, Informa, McDonald’s Indonesia, Akulaku, dan masih banyak lagi. Mereka memanfaatkan Midtrans untuk melakukan berbagai kebutuhan pembayaran secara otomatis dan aman. Berkat fitur keamanan dan deteksi anomali yang canggih, semua transaksi online dapat berjalan lancar.


Jadi, Midtrans adalah solusi untuk enterprise yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Mencari solusi untuk memproses transaksi bervolume tinggi dengan efisien, terotomasi,  dan terpercaya.

  2. Hampir semua transaksinya dilakukan melalui website, aplikasi mobile, atau gerai.

  3. Pernah menggunakan payment gateway, tetapi mencari solusi pembayaran berskala besar.


Payment Link, Solusi Awal untuk Pembayaran Online Sebuah Bisnis Baru


Tahukah Anda, Midtrans menciptakan Payment Link sebagai cara termudah untuk menerima pembayaran online. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembayaran untuk siapa pun, baik yang sudah terbiasa menggunakan teknologi modern maupun yang masih gaptek. Biaya transaksi payment gateway ini hanya dikenakan untuk transaksi yang berhasil saja. 


Intinya, owner sebuah bisnis bisa menerima pembayaran cukup dengan membagikan link sederhana dari Midtrans kepada pelanggan melalui aplikasi chat atau media sosial. Praktis, bukan?


Dengan 24 pilihan metode pembayaran, semua transaksi yang diproses melalui payment link telah dianalisis oleh Aegis, sistem pendeteksi anomali dan 3DS (3 Domain Secure) sehingga transaksi ini terjamin keamanannya. Sementara itu untuk menerima pembayaran dengan cepat melalui Payment Link, owner harus mendaftar dan melakukan instant onboarding Midtrans.


Payment Link Dapat Digunakan oleh Siapa Saja?


Payment Link ini dapat digunakan oleh individu maupun perusahaan dari berbagai sektor industri, seperti supermarket, guru atau trainer, restoran, online seller, platform donasi, designer, kreator, atau mungkin blogger seperti kita. Untuk keterangan detailnya,  bisa langsung menuju ke website Midtrans.


Payouts untuk Pembayaran Rekanan Bisnis


Selain Payment Link, Midtrans juga punya fitur lain yang tak kalah menarik, yakni Payouts. Payouts merupakan solusi mudah untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan pengiriman dana. Bahkan untuk kebutuhan mengirim dana ke akun tujuan saat ini telah terhubung lebih dari 100 bank di Indonesia dan e-money (GoPay dan OVO) dengan proses yang cepat dan biaya sama rata. 


Payouts juga terbukti memiliki sistem keamanan berlapis berikut:

  1. Validasi rekening bank untuk setiap transaksi hanya perlu memasukkan nomor ponsel atau rekening bank tujuan, lalu sistem akan memverifikasi rekening bank tujuan untuk mengurangi kesalahan pembayaran.

  2. Dual user permission yang digunakan oleh pembuat dan pemberi persetujuan untuk mengonfirmasi transaksi agar dapat dijalankan sehingga dapat mengurangi kecurangan bertransaksi.

  3. Fitur keamanan setara bank untuk menjamin keamanan, artinya dapat memilih 2FA atau OTP untuk keamanan bertransaksi.

  4. Penyaringan rekening, yaitu sistem keamanan dari Midtrans yang akan memberikan peringatan bila akun penerima mencurigakan.


Payouts terbukti membantu banyak bisnis dalam melakukan pembayaran lebih mudah dan cepat, salah satunya untuk pembayaran rekanan bisnis yang dilakukan terjadwal dan berkala agar lebih praktis. 


Payouts juga telah dipercaya oleh berbagai industri, seperti marketplace yang perlu melakukan settlement ke penjual dan refund ke pelanggan; fintech yang perlu melakukan penarikan keuntungan dan saldo pengguna; institusi pendidikan yang perlu melakukan pembayaran kepada mitra pengajar; dan industri logistik yang perlu melakukan pembayaran kepada vendor.


Nah, menarik, bukan? Maka dari itu, yuk kembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan Midtrans sebagai solusi payment gateway yang aman, nyaman, dan mudah untuk melakukan pembayaran serta menerima dana dari hasil penjualan produk. 

Payment Link Produk Unggulan Midtrans


Jangan lupa daftar Midtrans melalui website
https://midtrans.com/id/passport. Segera ikuti akun media sosial Midtrans, di Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, dan YouTube, supaya tak ketinggalan info-info menariknya, ya!



Posting Komentar

9 Komentar

  1. Ragam pembayaran saat melakukan transaksi ini sangat disukai oleh pembeli. Dengan Midtrans, usaha yang dibangun bisa berkembang sesuai harapan dan menjadi kepercayaan klien atau pembeli.

    BalasHapus
  2. Pilihan pembayaran emang menentukan juga meningkatkan penjualan, karena pembeli bisa jadi banyak pilihan payment. Nah Midtrans mendukung pertumbuhan bisnis online sebagai solusi pembayaran komprehensif dan inklusif dengan menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online ya mbak.

    BalasHapus
  3. Fitur payment link bagus banget yah, memudahkan pelanggan membeli produk kita

    BalasHapus
  4. Salut nih dengan Gojek tuh...terus melakukan inovasi terus ya..Memudahkan pembeli jadi banyak pilihan cara pembayaran...

    BalasHapus
  5. Pembayaran menggunakan midtrans ini memudahkan dan anti ribet. Aku punya langganan beli buku dan kalau bayar melalui midtrans.

    BalasHapus
  6. Payouts ini jadinya kyk kita transfer2 gtu bukan sih mbak?
    Jd misalnya kita beli kopi dan di sana tersedia pembayaran pakai ewallet seperti gopay, maka kita juga bisa lansgung pakai midtrans gini gtukah? Atau kita isi saldo dulu ke aplikasi gopay-nya? Eh kyknya yang kedua yaaa
    Nanya2 sendiri jawab sendiri haha
    TFS infonya mbaak

    BalasHapus
  7. Keren nih midtrans sangat memudahkan dalam hal payment. Mudah-mudahan para pelaku usaha menangkap kemudahan ini ya mba karena beberapa resto keren di kota ku masih belum update dengan kemudahan pembayaran mereka maunya cash aku aja bingung padahal teknologi udh canggih yaa

    BalasHapus
  8. Udah ada sejak lama, tapi aku baru tahu. Dan keren bangett, bisa bikin pembayaran terjadwal.

    BalasHapus
  9. wah sekarang belanja makin aman karena pembayaran bisa pakai Midtrans yang no ribet club ya. Apalagi Midtrans udah punya lisensi dari Bank Indonesia, mantap nih.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...