Maret 2014 - Yuni Handono

Mengeja Kata, Mencari Inspirasi |FB: Yuni Fawwaaz Rudy| |IG:@yunihan09|TW:@Yunihan09Sri| |email:yunihan09@gmail.com| |HP/WA:082340373823|

Tentang

  • Lifestyle
  • Travelling
  • Kuliner
  • Teknologi!

Entri Baru

Entri Lain

29 Maret 2014

Mereka Patriot di Kehidupanku

Maret 29, 2014 17
Apa yang ada dalam benak Anda ketika kata “patriot” disebut? Tentunya hal pertama yang ada dalam bayangan kita adalah sederetan tokoh yang sempat mengharumkan bangsa saat mengusir penjajah puluhan tahun silam. Padahal senyatanya semua orang berhak menyandang “patriot” dalam dirinya.

Boleh jadi kita menganggap negara kita telah merdeka, bahkan telah bebas dari belenggu penjajah yang menyengsarakan semua rakyat. Namun senyatanya, kita belum sepenuhnya merdeka. Genderang perang itu seolah terus bertalu menuntut sebuah kemerdekaan yang hakiki. Hidup ini sarat dengan perjuangan. Kita harus berjuang melawan kemalasan, keangkaramurkaan, kemiskinan, kenistaan, hawa nafsu dan keinginan yang menggebu.

Read More

28 Maret 2014

(GIVEAWAY) Cerita Ayah Jadi Dongeng Favorit Anakku

Maret 28, 2014 5
Cover Kumpulan Dongeng Anak Karya Hastira Soekardi
sumber gambar disini

Dunia anak adalah dunia yang penuh imajinasi. Mereka selalu mempunyai hayalan yang kadang sulit dinalar oleh akal orang dewasa. Andai aku jadi supermen, andai aku jadi Cinderella, andai aku jadi hunter dan masih banyak andai-andai lainnya yang seolah memenuhi otak anak-anak.
Read More

Kisah Pak Tani yang Budiman

Maret 28, 2014 1

Cerpen: diambil dari sebuah kisah nyata yang sarat dengan hikmah dan inspiratif

Dahulu kala hiduplah sepasang petani kaya di sebuah desa terpencil. Mereka mempunyai 4 orang anak. sayang hanya seorang anak laki-laki lah yang hidup. Sementara ketiga lainnya meninggal beberapa hari setelah dilahirkan. Namun mereka tetap tegar menghadapi cobaan itu, bahkan tekad mereka bulat untuk merawat dan mendidik anak semata wayangnya dengan penuh kasih sayang.
credit
***************************
Read More

24 Maret 2014

Blogger Dua Status: Dua Status Yang Bersimpangan

Maret 24, 2014 8

Blogger dengan dua status, mungkin menjadi tanda tanya besar bagi yang belum mengerti maksudnya, termasuk saya hehehe……. Tetapi Pakdhe Cholik memang hebat, apapun ide yang muncul dari pemikiran beliau membuat blogger pemula seperti saya ikut berdecak kagum. Dan memang benar adanya, bahwa ide itu berserakan dimana-mana. Dengan mengumpulkan status yang pernah kita tulis di facebookpun dapat pula dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik dan enak dibaca.

Kali ini saya mencoba mengikuti GiveAway-nya Pakdhe Cholik bukan semata-mata karena terpaksa, tapi sumpah karena merasa tertantang, senyatanya saya hepi-hepi saja menuliskan kata demi kata di tengah mepetnya waktu yang hampir mendekati limit, karena baru saja pulang dari jalan-jalan menemani anak yang lagi liburan sekolah.


Read More

21 Maret 2014

Diam - Diam Aku Juga Penggemar Nike Ardilla

Maret 21, 2014 3
Maaf postingan geje...hanya mengeluarkan uneg-uneg saja.

Tak terasa 19 tahun sudah penyanyi rock remaja ini meninggalkan kita. Namun lagu-lagunya masih menghiasi blantika musik tanah air. Suaranya yang khas seolah tak tergantikan oleh penyanyi lain. Terus terang aku ikut mengidolakannya.

Tepat di tanggal 19 Maret kemaren, disaat YKS menyiarkan acara mengenang "Nike Ardilla", ada sedih berkecamuk di hatiku. Dia bukan siapa-siapaku, akupun tak pernah mengenalnya. Namun kharismanya membuatku merasa kehilangan sosok perempuan berparas cantik ini.

Read More

Ca Sawi Ikan Asin

Maret 21, 2014 3
Siapa yang suka ikan asin? Pasti pada tahu kan kalau ikan asin bisa menggugah selera makan. Apalagi kalau dibarengi dengan nasi yang masih panas. Wiiihhh.....serasa makan nikmat. hehehe...itu bagi saya lho. Tapi saya lebih suka makan ikan asin sebagai lauk nasi jagung. Biasanya saya sering ke pasar membeli sebungkus nasi jagung yang harganya hanya Rp, 1.500,00 tetapi lauknya lengkap. Ada urapan, ikan asin ditambah mendol. Hmmm....serasa ingin ngeces.....

Ah...daripada ngomongin nasi jagung yang tak ada nyatanya, mendingan kita praktek masak lagi yuk. Kali ini saya akan memanfaatkan isi kulkas  dengan menyajikan menu spesial, nggak spesial banget sih sebenarnya, wong cuma ikan asin...mana spesialnya? hehehe.....etapi ternyata hasil eksperimen saya ini menusuk hidung yang tak sengaja menciumnya lho, karena aroma ikan asin maksudnya......

Read More

Ayam Bakar Madu

Maret 21, 2014 1
Halo bunda jumpa lagi dengan resep masakan berbahan dasar ayam. Mengapa saya pilih ayam? Karena ayam adalah makanan favorit anak saya. Semua jenis masakan ayam mulai dari ayam goreng, nasi goreng ayam, ayam kecap, sate ayam, ayam koloke, dan masih banyak lagi, membuat selera makan anak saya bertambah.

Sebagai ibu, tentunya saya senang melihat selera makan anak saya yang bagus. Makanya saya harus kreatif di dapur, sesering mungkin menciptakan menu makanan agar ia tidak bosan dengan masakan dari dapur rumahnya.

Read More

18 Maret 2014

MyDreamyVacation: Andai Aku Pengendara Harley

Maret 18, 2014 9
Aneh ya kedengarannya, perjalanan impian kok malah Harley yang dibicarakan. Apa hubungannya? Hehehe……yang jelas tulisan yang kuikutkan dalam GA-nya mba Indah Nuria Savitri tentang Perjalanan atau Liburan Impian (MyDreamVacation) ini bukanlah sekedar rekayasa, namun senyatanya inilah yang sekarang menari-nari indah di pelupuk mataku.
credit

Well….tak ada sesuatu yang tak mungkin, dan berbahagialah orang yang punya mimpi, karena kelak ia akan berusaha mewujudkannya……itulah prinsipku. Jadi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selama kita berusaha keras memperjuangkan mimpi itu. That’s right and am sure it.

Read More

16 Maret 2014

Cumi Asin Cabai Hijau

Maret 16, 2014 6
Hari minggu yang cerah paling enak berkutat di dapur, betul kan bunda? Apalagi kalau semua bahan yang akan di masak sudah tersedia di lemari es. Jadi tinggal menentukan menu spesial untuk keluarga.

Dan kali ini saya akan berbagi resep yang sangat mudah memasaknya, yaitu cumi asin cabai hijau. Selain sangat mudah mengolahnya, menu ini dapat juga membangkitkan selera makan lho. Bukan dari rasa asin atau pedasnya melainkan rasa khas perpaduan bumbu-bumbu alami itulah yang menghasilkan cita rasa menarik.

Mau tahu resepnya? Yuk simak hasil eksperimen dapur saya di bawah ini.

Bahan :
- 1/4 kg cumi asin/kering, rendam ±30 menit agar hilang asinnya.
- 10 batang buncis rajang halus
- 2 siung bawang putih rajang halus
- 1 batang daun bawang potong serong
- 1 tangkai daun seledri rajang halus
- 3 buah cabai hijau rajang halus
- 5 buah cabai rawit rajang kasar
- 1 buah tomat potong tipis
- 1 sdm garam
- 1 sdt gula pasir
- Kecap manis secukupnya

Cara membuatnya :
- Cumi yang sudah direndam lalu potong kecil-kecil, kemudian cuci bersih dan goreng setengah kering
- Tumis bumbu-bumbu yang sudah dirajang seperti bawang putih, cabai rawit, cabai hijau, daun bawang, seledri dan buncis hingga harum.
- Tambahkan sedikit air, lalu masukkan cumi-cumi
- Tambahkan gula dan garam, aduk jadi satu.
-  Masukkan irisan tomat lalu tambahkan kecap manis sesuai selera.
- Aduk kembali hingga semua bahan tercampur semua
- Bila sudah matang, angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba...

Cumi Asin Cabai Hijau

Read More

14 Maret 2014

The Most Unforgettable Journey: Blitar - Bali by Motorcycle

Maret 14, 2014 14
Semenjak tinggal di Bali, aku jadi sering pulang ke Blitar mengendarai sepeda motor bersama suami tersayang dan anak semata wayangku. Suamiku hobi banget berkendara moge alias motor gede. Dan untuk mengobati keinginannya memiliki moge tulen, akhirnya ia memutuskan membeli Honda PCX, pastinya cucok dengan kantong seorang Abdi Negara hehehe. Meski belum dibilang moge tapi bodi Honda PCX bolehlah dibilang moge di kelas motor matic.
Honda PCX : moge matic

Read More

Mengenal Penjor, Tradisi Kebudayaan Bali

Maret 14, 2014 0
Seperti kita ketahui Bali sarat dengan upacara adat dan keagamaan. Hampir setiap hari digelar berbagai upacara yang menarik untuk dijadikan tontonan umum.

Kalau artikel sebelumnya saya mengulas tentang canang dan banten, kali ini saya ingin bercerita tentang penjor. Penjor sejenis umbul-umbul tetapi isinya lebih meriah.

Kalau umbul-umbul hanya terdiri dari bambu dan bendera, berbeda dengan penjor yang terdiri dari bambu dan rangkaian hiasan dari janur.

Biasanya penjor dipasang untuk menandai akan berlangsungnya upacara adat dan keagamaan di Bali serta untuk memperingati hari-hari raya umat Hindu. Namun seiring perkembangan jaman, saat memperingati hari kemerdekaan RI pun penjor-penjor itu dipasang di pinggir-pinggir jalan. Sehingga nampak jelas kemeriahan peringatan hut RI terpancar dari penjor-penjor yang bertaburan di pinggir jalan.

Read More

Surat Untuk Kekasih Hatiku

Maret 14, 2014 2
Suamiku……..Telah lama sebenarnya aku memendam sebuah rasa untuk mencurahkan segalanya tentangmu. Namun apa daya, aku hanyalah wanita yang lebih mementingkan ego ketimbang mengumbar kebersamaan kita. Tapi percayalah, kebersamaan kita, bahkan moment-moment indah yang mengisi hari-hari kita, selalu tersimpan rapi di relung sanubariku. Dan bersama hembusan angin malam yang mengoyak ruang batinku, ingin rasanya kubuka sebait episode kehidupan tentang kita.
Read More

13 Maret 2014

Oh No...Blogku Berantakan

Maret 13, 2014 1
Hari ini aku berhasil merubah template blogku menjadi template yang SEO friendly, tapi lagi-lagi 2 modemku ngadat, padahal aku belum selesai mengganti tampilan headerku. Duh...berantakan deh.

Malam ini aku harus menyelesaikan semuanya artinya aku harus membuat modemku kembali bergairah, yang jelas aku harus hunting paket internet lagi.

Mudah-mudahan bisa kulanjutkan tugasku...
Read More

12 Maret 2014

Mengenal Banten, Tradisi Umat Hindu di Bali

Maret 12, 2014 3
Bismillahirohmanirrohim
Semoga tulisanku benar adanya, aku tak bermaksud memihak pada sebuah agama namun lebih tertuju pada keanekaragaman budaya di Indonesia.

Semenjak tinggal di Bali aku banyak menemui keunikan yang sekaligus mengundang tanya dalam benakku. Mulai dari canang, penjor dan banten.

Read More

Resep Burger ala Emak

Maret 12, 2014 2
Pernahkah bermimpi makan burger? Ato memang hobinya makan burger? Saat ini banyak bertaburan penjual burger bak bintang di langit. Tapi kebayang gak membuat sendiri burger di rumah? Ato milih instannya saja? Tinggal nyodorin uang, nunggu sebentar, jadi deh burgernya hehehe.......

Nah bagi emak-emak yang mau rebot dan bersibuk-sibuk ria di dapur demi buah hati tercinta, yuk intip dapur saya yang mencoba membuat burger sederhana tapi hasilnya wow.....dapat pujian bok....hehehe.....

Read More

Usus Ayam Kuah Merah

Maret 12, 2014 1
Kali ini saya akan menyajikan resep yang berbahan dasar usus ayam. Saya ingin mencoba menampilkan cita rasa usus ayam bila diolah dengan bumbu masak seperti halnya masakan berbahan dasar ikan. Ternyata ususpun tak kalah dengan ikan, terbukti usus ayam kuah merah yang saya praktekkan di dapur menhasilkan cita rasa yang maknyus, sangat nikmat disantap dengan nasi hangat.


Read More

Tongkol Bumbu Merah

Maret 12, 2014 3

Bagi penggemar olahan ikan kali ini saya akan menyajikan resep tongkol bumbu merah yang sangat mudah untuk dimasak, dan rasanya pun tak kalah cetar membahana. Mau tahu resepnya? Langsung simak dimari ya.....

Read More

10 Maret 2014

Jangan Berharap Dapat Gratisan

Maret 10, 2014 3
Sepertinya yang namanya gratisan saat ini susah dicari. Walau senyatanya udara yang kita hirup, nikmat yang kita dapatkan baik nikmat hidup, nikmat sehat, dan sebagainya, masih kita peroleh secara gratis karena kemurahan Allah SWT.

Beberapa waktu lalu saya pernah sharing tentang hubungan pertemanan suami saya yang ujung-ujungnya dia harus merelakan uangnya sekian puluh juta raib karena dibawa kabur temannya. Dan sampai saat ini pun sang teman seolah menghilang di telan bumi alias tak tahu rimbanya. Ya....walau berat hati suami saya harus meng-ikhlas-kannya, karena semuanya sudah terjadi. Hanya bisa pasrah sembari berharap semoga Allah memberikan kemurahan rejeki kepada kami.

Gingerbread Man


Read More

7 Maret 2014

Mengulik Tradisi Umat Hindu di Bali

Maret 07, 2014 11
Bali memang pulau yang eksotis. Disamping menyuguhkan berbagai keindahan alam yang menakjubkan, tradisi masyarakatnyapun juga menarik untuk ditonton.

Mayoritas masyarakat Bali yang notabene beragama Hindu, membuat pulau ini sarat dengan upacara keagamaan. Tak jarang acara mereka jadi tontonan yang mengasyikkan.

Read More

6 Maret 2014

Bawelnya Aku

Maret 06, 2014 2
Mungkinkah aku bawel? Ya, semoga itu hanya perasaanku saja. Ceritanya begini. Sejak dulu aku memang hobi banget berbelanja online. Meski pernah kena tipu, tetapi rasanya susah untuk menghilangkan kegemaran yang satu ini. Makanya banyak sekali toko online yang kutambahkan di pertemanan facebookku.
credit


Read More

Serasa Jadi Petualang

Maret 06, 2014 6


Maksud hati ingin konsisten ngeblog alias tiap hari bisa update blog meski lewat hape. Namun apa daya ada hal yang lebih penting, yang membuatku berhenti sejenak dari hingar bingarnya aktifitas menulis.
Wiih…sok jadi orang penting kali, padahal yang ditulis seputaran cerita kehidupan atau berbagi resep. Tak ada yang lain. Tapi sumpah, sampai detik ini bahagia banget rasanya bisa jadi seorang blogger, meski belum bisa dibilang blogger sejati. Karena aku masih suka mewek, sewot, ngambek…alias konsistensi menulisku naik turun.
credit

Read More

4 Maret 2014

Sup Kepala Ikan

Maret 04, 2014 2
Siapa sangka kepala ikan dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Ini bermula dari rasa penasaran saya ketika melewati deretan warung di pinggiran kota Denpasar yang berlabel "Sup Kepala Ikan".

Tadinya saya ragu dengan rasanya, ternyata Wow nikmat sekali. Dan sayapun mencoba mempraktekkan sendiri di rumah. Mau tahu hasilnya? Mari simak resep di bawah ini.

Read More

Yang Punya Blog Minta Maaf Ya

Maret 04, 2014 1
Sobat blogger maafkan aku ya, mungkin ada beberapa sobat yang nyasar kesini dan meninggalkan jejaknya. Termasuk mbak Lidya Fitrian yang selalu mampir ke blogku yang masih acak adut ini. Hehehe sebenarnya malu memamerkan blog yang amburadul tapi tujuanku hanya ingin berbagi, siapa tahu ada yang butuh informasi diblogku.

Tapi berhubung laptop dan netbookku di pakai suami, akhirnya akupun ngeblog pakai hape. Sayang beberapa komentar yang masuk tak bisa kukunjungi balik blognya. Yah aku sadar bahwa kinerja hape tidak seampuh laptop, masih ada keterbatasan yang dimiliki hape.

Jadi buat mbak Lidya dan sobat lain yang meninggalkan jejak dimari maaf ya belum bisa BeWe, nanti pasti tak kunjungi blog kalian setelah laptop ada di tanganku. Terima kasih sudah mengunjung blogku.
Read More

3 Maret 2014

Bothok Kemangi

Maret 03, 2014 3
Bunda...adakah yang suka makan bothok seperti saya? Nah menu olahan kali ini sengaja saya share disini untuk mempraktekkan hidup irit, hehehe pasti penasaran kan? Jadi intinya bothok yang saya buat ini hampir semua bahannya saya tanam sendiri, seperti kemangi, lamtoro, cabai dan daun pisang. Yah itung-itung hidup irit sambil memanfaatkan pekarangan kosong. Yuk ah cek dimari resepnya.

Read More

Chicken Roll Pastry

Maret 03, 2014 2
Hehehe nama yang aneh...padahal ini sama saja dengan lumpia isi ayam. Nah bagi bunda yang bingung menentukan camilan atau bekal ke sekolah untuk anak, apa salahnya nyoba resep yang satu ini.

Bahan :
- 1 bungkus roll pastry atau kulit lumpia yang banyak di jual di supermarket
- 1/4 kg daging ayam cincang
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang daun bawang
- 1 tangkai daun seledri
- 2 siung bawang putih
- 1 cm kunyit
- 1 sdm garam
-  1 sdt gula
- minyak goreng secukupnya

Read More

2 Maret 2014

Kikil Bumbu Kecap

Maret 02, 2014 1
Bunda hari ini menu yang saya sajikan masih seputar kikil atau kulit sapi. Ternyata kikil dapat dimasak dengan aneka bumbu yang menghasilkan sajian yang tak kalah lezatnya. Dan kali ini saya akan memberikan resep kikil bumbu kecap. Daripada penasaran yuk simak resep saya di bawah ini.


Bahan :
- 1/2 kikil yang sudah empuk, potong dadu
- 1 papan petai dirajang kecil
- 1 batang daun bawang rajang serong
- 5 sendok makan kecap manis
- sedikit minyak goreng untuk menumis

Read More

Tumis Buncis Aduhai

Maret 02, 2014 1
Mengapa saya bilang aduhai? Itu karena rasanya yang hmmm, nendang banget deh pokoknya. Hehehe segitunya kalee...yah semua tergantung selera, tapi kalau mau tahu resep saya apalagi pengen mempraktekkan, yuk cekidot dimari...


Read More