Cara Mudah Berbisnis Dengan Modal Terbatas



Dunia bisnis kini makin berkembang pesat. Dari bisnis yang minim modal sampai bisnis bermodal besar. Bahkan, hampir semua orang pernah mencoba peruntungan di dunia bisnis. Baik bisnis online maupun bisnis offline. Hebatnya, bisnis ini bukan hanya digeluti oleh mereka yang membutuhkan lapangan pekerjaan, namun juga dijalankan oleh para pekerja kantoran yang notabene sudah berpenghasilan tetap.


Tujuan berbisnis tentunya ingin mendapatkan penghasilan. Bagi sebagian orang yang tidak mendapatkan pekerjaan tetap, dengan berbisnis dapat membuat dirinya merdeka secara financial. Bisa juga seseorang yang memutuskan terjun di dunia bisnis dikarenakan dirinya tidak mau diperintah oleh atasan yang kurang tepat.

Hal yang sering dialami oleh karyawan swasta, ketika ia tidak sepaham dengan atasannya. Tuntutan pekerjaan yang harus tepat waktu, ditambah besaran gaji yang kurang memadai, kadang membuat seseorang harus resign dari tempat kerjanya.  Atau bisa juga seorang ibu yang khawatir tidak bisa mendampingi tumbuh kembang buah hatinya karena ia sibuk di kantor, pada akhirnya si ibu juga memutuskan resign dari tempat kerjanya dan memilih berbisnis di rumah sembari menemani sang buah hati. Biasanya ia memutuskan berbisnis setelah modalnya mencukupi.

Demikian juga dengan pegawai kantoran. Tuntutan kebutuhan hidup yang makin tinggi, tak serta merta membuat gaji bulanannya cukup untuk menghidupinya selama sebulan. Dan dunia bisnislah yang kerap dilirik oleh pegawai kantoran demi menambah penghasilannya.

Dan kini dunia bisnis telah dipenuhi banyak ragam usaha. Modal menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis. Meski begitu, ada beberapa bisnis yang modalnya terbatas. Bisnis online, yang kini makin digandrungi oleh mereka yang mencoba peruntungan di dunia bisnis, seringkali membutuhkan modal terbatas. Laptop, sambungan internet, aneka gambar obyek yang dijual serta jaringan pertemanan bisa jadi modal yang harus dimiliki oleh pebisnis online.

Meski dibilang modalnya terbatas, hanya memanfaatkan laptop dan teman-temannya, setidaknya si owner harus mempunyai cukup dana ketika bertransaksi. Singkatnya, ketika si owner menampilkan barang jualannya, apakah dia mengambil barang milik orang lain alias menjadi agennya, lalu ada pembeli yang berniat membeli dagangannya, itu artinya si owner harus memesan barang tersebut kepada supliernya. Keep barang terlebih dahulu, bahkan membayarkannya terlebih dahulu. Disinilah si owner harus mempunyai dana untuk membayar terlebih dahulu barang pesanan pembeli.


Cara Mudah Berbisnis Dengan Modal Terbatas

Banyak yang bilang di jaman yang semakin canggih ini, menjalankan bisnis itu sangat mudah. Namun jangan salah, belum tentu semua bisnis yang dijalankan itu akan berkembang pesat. Banyak yang sukses diawal namun kolaps pada akhirnya. Dan ini berlaku untuk semua bisnis dengan besaran modal yang tak terbatas. 

Sudah barang tentu untuk tetap survive di dunia bisnis, si owner ini harus mempunyai jiwa yang tangguh, penuh inovasi dan tidak pantang menyerah. Banyak contoh bisnis yang tumbuh dari nol. Contoh nyata bisnis yang masih berkembang saat ini, utamanya di area Denpasar - Bali, adalah bisnis kipas unik yang berlabel Bee Handycraft. Awal mula tercipta bisnis ini karena mbak Utari, si owner melihat kreatifitas anaknya yang suka akan seni lipat. Maka jadilah sebuah kipas unik tiada duanya yang sangat menginspirasi ini.

kipas lipat unik made in Bee Handycraft Bali (dokpri)

Sekali lagi, modal adalah penentu utama kesuksesan sebuah bisnis. Dan kini banyak pinjaman online yang aman dan terpercaya serta support para pebisnis. Barangkali sebelum menentukan besaran modal yang akan dipinjam, seseorang harus menentukan bisnis apa yang akan dijalankan. Setelah itu baru menentukan target pasarnya. Terakhir menentukan jumlah modal yang dibutuhkan. 

Jangan sampai karena bisnis yang dijalankannya salah, berakibat pinjaman modal pun tidak dapat terbayarkan. Padahal tujuan meminjam sejumlah dana ini untuk dikembangkan menjadi bisnis yang lebih maju, dan berharap modal pinjaman dapat dikembalikan dengan memanfaatkan keuntungan bisnis. 

Jadi, sebaiknya untuk memulai bisnis kita harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini:
  1. Tetapkan jenis bisnis apa yang akan dijalankan. Bisnis online atau bisnis offline, atau keduanya.
  2. Tetapkan pula ruang gerak usahanya dibidang apa, misal jual beli baju, tas atau sepatu, dan sebagainya.
  3. Tentukan target atau pangsa pasarnya, apakah anak-anak, remaja, dewasa, orang tua atau semuanya.
  4. Pertimbangkan untuk memperluas bidang usaha, bila bisnis diawal ini sudah berkembang.
  5. Tentukan besarnya modal awal untuk memulai sebuah bisnis. Bila modal yang dimiliki terbatas, barangkali bisa memilih jenis bidang usaha yang sesuai dengan modal yang dimiliki.
  6. Jadilah owner yang terus berinovasi dan kreatif agar konsumen selalu menghampiri.
  7. Pinjaman modal dapat dilakukan bila bisnis yang dijalankan ini makin menunjukkan kemajuannya.
  8. Kejujuran adalah kunci kesuksesan, jadilah owner yang jujur dan jangan sekali-kali berbuat curang atau membohongi konsumen.
Selain bisnis online, ada juga bisnis offline dengan modal terbatas, seperti: warung sembako, bisnis pulsa isi ulang atau bisnis jasa penjualan kue. Bahkan, tak jarang seorang ibu yang telah resign dari tempat kerjanya mengasah kemampuannya untuk berkarya, seperti membuat kue kering, kue basah, puding aneka toping maupun mencoba menciptakan kerajinan craft, seperti membuat bros dari bahan monte dan kain flanel, membuat boneka dari kain perca dan sebagainya.

Biasanya mereka yang sukses menggeluti bisnisnya, selalu mencari cara agar bisnisnya terus berkembang dan makin digemari konsumennya. Dan demi memperluas usahanya, biasanya mereka meminjam sejumlah dana kepada para peminjam dana sebagai tambahan modal usahanya. Contohnya bisnis (pinjaman dana 5 juta) 

Sedang prosedur peminjaman modal ini juga sangat mudah. Peminjam cukup melengkapi persyaratan yang wajib dipenuhi, maka modal yang dibutuhkan segera cair. Sementara untuk jangka waktu dan besaran angsuran biasanya berdasarkan kesepakatan, atau sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh pemilik modal dan disetujui oleh peminjam.

Makanya di era industri 4.0 ini semakin banyak orang berlomba-lomba meraih kesuksesan hidup. Lapangan pekerjaan yang sempit, daya tampung instansi yang tidak menentu, sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan skillnya atau bahkan biaya hidup dan biaya pendidikan yang membumbung tinggi, seringkali membuat seseorang memanfaatkan kemampuannya untuk menghasilkan.

Terlebih bagi para orang tua, pasti memikirkan masa depan buah hatinya. Kalau saat ini biaya pendidikan sudah semakin mahal, bagaimana dengan lima tahun mendatang? Bisa juga para karyawan yang memikirkan hari tuanya, dimana mereka ingin sukses secara finansial dan sanggup menikmati masa tuanya dengan bahagia. Tentunya investasilah yang menjadi sebuah tujuan demi meraih kesuksesan dimasa mendatang.

Jadi, apakah Anda tertarik ingin menggeluti dunia bisnis? Atau ingin tetap survive menjalani hidup ditengah situasi ekonomi yang tidak menentu? Barangkali mengembangkan sayap di dunia bisnis bisa jadi modal utama untuk meraih kemerdekaan secara finansial. Ingin tahu secara detail cara cepat mendapatkan pinjaman untuk modal usaha? Coba langsung buka halaman ini: https://www.cekaja.com/info/cara-cepat-mendapatkan-pinjaman-dana-rp5-juta-buat-modal-usaha/

Komentar

  1. Kipasnya unik. Kayaknya lebar, ya. Tapi bisa diringkas. Jadi pengen, deh. Cocok buat kota yang panas. Kreatif banget, inspirasinya dari hal tak terduga.

    BalasHapus
  2. saya merasakan banget merintis usaha dengan modal terbatas. Memang yang utama adalah kemauan dan kejujuran. Asalkan kita mau aja akan banyak jalan yang terbuka di depan

    BalasHapus
  3. Kalo modal memang terbatas, insyaAllah solusinya bisa dicari dari seluruh penjuru mata angin.
    Yang penting, SEMANGAT, Tekad, dan Kerja keras/cerdas/ikhlas stoknya kudu unlimited!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Jadi pebisnis juga harus ulet dan punya mental baja. Seringkali sebelum sukses, para pebisnis ini jatuh bangun dulu

    BalasHapus
  5. Saya kenal atau lebih tepatnya terpaksa kenal bisnis setelah jadi IRT, dan memang bisnis dengan modal kecil itu lumayan sulit tapi bukan berarti nggak bisa.

    Bagus banget tips nya tuh, dan ditambah, apapun bisnisnya, segeralah mulai :)

    BalasHapus
  6. Menjalankan usaha memang banyak rintangannya, tak sedikit menghadapi kegagalan di tengah jalan, tp beda kalau punya usaha sendiri dan Hanya mengandalkan pemasukan dari kerja, btw thanks infonya kak

    BalasHapus
  7. saya udah lama pengen bisnis, Mba, tapi bingung mau bisnis apa. Pengen juga bisa dapat penghasilan tambahan seperti teman-teman lain :)

    BalasHapus
  8. Sebagai pebisnis, penting banget untuk menetapkan jenis bisnis apa yang akan dijalankan yaa, juga yang paling penting lain adalah jujur :)

    BalasHapus
  9. Kipasnya bagus. Modal memang seperti 2 mata pisau, bisa bikin bisnis bangkit sekaligus bangkrut. Harus hati2.

    BalasHapus
  10. ngomong ngomong tentang bisnis aku juga lagi kepikiran pengen bisnis dalam waktu dekat ini semoga terealisasj

    BalasHapus
  11. Bisnis online memang lebih menjanjikan ya mbak, melihat pengguna internet semakin banyak apalagi nggak perlu repot-repot sewa ruko atau tempat untuk gelar produk yang pasti modalnya lebih banyak

    BalasHapus
  12. Unik banget ya kipasnya? Setuju mb, modal sebenarnya bukan masalah utama karna banyak zaman sekarang sumber pembiayaan ya, asalkan kreatif saja

    BalasHapus
  13. Aku belum berani berbisnis nih karena risikonya besar yaa. Tapi kalo sukses ya bisa jadi kayak Syahrini hehehe

    BalasHapus
  14. bener banget kak, makanya kan banyak pesen dari para pebisnis sukses ya, kalau kita mau sukses berbisnis ya harus siapin mental yang kuat, baik itu mental untuk sukses maupun mental untuk gagal

    BalasHapus
  15. Ak pernah liat kipas itu lucu dan unik, dan pastinya tips berbisnisnya luar biasa mba

    BalasHapus
  16. Bisnis itu modalnya kemauan yg sungguh-sungguh. Soal modal mah bisa diatur ya.. Hehe

    BalasHapus
  17. aku malah fokus ke desain kipasnya nih, hihihi aku punya dompet desain kaya gitu. Lucu banget kipasnya ya mbak.
    Aku kepingin juga punya usaha sendiri tapi masih bingung produknya apa gitu mbak

    BalasHapus
  18. Pinjaman modal yang bunganya tidak mencekik bisa membantu bangeet ya mba

    BalasHapus
  19. Ternyata berbisnis itu adalah dunia yang penuh warna dan menantang yaa..
    Aku baru tahu setelah melihat sahabat-sahabatku berbisnis.
    Menyenangkan~

    BalasHapus
  20. Noted mbak, makasih tipsnya. Saya jg sedang mempertimbangakan utk memulai bisnis atau minimal mulai jualan online kyk dulu. Memang harus fokus dan jelas mau jualan apa dan segmennya siapa ya. Thx

    BalasHapus
  21. Kepengen banget deh bisa berbinis. Dan pastinya, modalku juga terbatas. Kudu ikut tips yang ditulis deh. Dan pastinya juga, bisnisku pasti online. Masih bingung dengan bisnisnya apa. :D

    BalasHapus
  22. Bisnis online paling mudah dengan metode reseller ya kalau gak pakai modal. Tp apapun caranya pasti ada kelebihan dan kekurangan

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...