Pilih Sewa Rumah Atau Beli Rumah? Ini Pertimbangannya!

Mengapa Banyak Orang Lebih Memilih Sewa Rumah Daripada Beli Rumah

 

pilih mana, sewa rumah atau beli rumah

Ada yang berpendapat lebih baik menyewa rumah daripada membeli rumah. Mengapa?

Tentu banyak alasan mengapa sebuah keluarga harus menyewa rumah ketimbang memiliki rumah pribadi, meski sebenarnya rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap manusia.

Terus terang inilah yang saya alami saat ini, saya terpaksa mengontrak sebuah rumah di Denpasar, Bali, demi menemani anak yang menyelesaikan sekolahnya di kota Denpasar. Sementara suami sudah berpindah tugas ke Jakarta.

Tidak mudah memang, mendapatkan rumah kontrakan sesuai keinginan. Butuh berbagai pertimbangan untuk mendapatkan rumah kontrakan yang tepat, seperti halnya pertimbangan memilih rumah sewa ketimbang memiliki rumah pribadi.

Yuk simak beberapa pertimbangan orang lebih memilih sewa rumah ketimbang membeli rumah:


Memiliki Hunian Sebagai Rumah Pribadi, Perlukah?

Ketika kita sudah memiliki pekerjaan tetap,  tentunya ada beberapa hal yang menghantui benak kita. Salah satunya tentang rumah. Meski nominal gaji yang kita dapatkan terbatas, merencakan untuk memiliki rumah sederhana tentu  menjadi impian kita.

Lalu, disaat impian itu belum terwujud meski kita sudah bekerja bertahun-tahun dan tabungan belum cukup untuk mewujudkan rumah impian, salah satu cara untuk mengatasinya adalah menyewa rumah. Dengan harapan pengeluaran kita perbulan lebih pas di kantong dan tidak membebani keuangan kita.

Biasanya biaya sewa rumah itu lebih fleksibel. Terlebih dengan ketimpangan kenaikan gaji dan kenaikan harga rumah, banyak para pekerja di zaman sekarang yang mencoba strategi ini. Mereka berpikir bahwa terkadang menyewa lebih menguntungkan daripada membeli.

Kalau begitu apa sebenarnya yang menjadi pertimbangan sebuah keluarga lebih memilih sewa rumah daripada membelinya?


Pertimbangan Sewa Rumah daripada Beli Rumah

Kondisi perekonomian di Indonesia kini semakin sulit. Atas dasar pertimbangan ini mayoritas masyarakat mengandalkan sewa rumah sebagai tempat tinggal, terutama bagi generasi milenial yang nilai pendapatannya cenderung lebih kecil. Pada kenyataannya bukan hanya para lajang saja yang memilih sewa rumah, namun mereka yang sudah berkeluarga juga memilih hal demikian.

Nah, beberapa pertimbangan selain biaya yang mereka ambil adalah sebagai berikut:

1. Bisa Pindah dengan Mudah

Ada sebuah contoh seseorang yang telah memiliki rumah, namun ia memilih menyewakan rumahnya, sementara ia sendiri menyewa sebuah apartemen. Alasannya karena ia sedang mencari pekerjaan, sehingga menyewa apartemen menjadi solusi terbaik daripada harus bolak balik pindah rumah.

Ia membayar sewa apartemen dari hasil pendapatannya menyewakan rumahnya. Dan nyatanya masih ada uang sisa, karena biaya sewa apartemen lebih kecil dibanding harga sewa rumahnya. Inilah yang dinamakan sewa apartemen itu lebih fleksibel. Bonusnya ia mendapatkan keuntungan dari harga rumah yang disewakan.

Jika kalian juga mengalami hal demikian, jangan takut untuk menyewa rumah atau apartemen demi memperoleh fleksibilitas ini.

 

2. Sulit untuk Menjual Rumah

Dewasa ini, kondisi perekonomian di Indonesia bisa dibilang sedang lesu.

Boro-boro ada daya beli, yang ada banyak orang berusaha menjual asetnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, nyatanya menjual rumah tidak sama dengan menjual gorengan. Tidak banyak orang yang mampu membeli rumah saat perekonomian seperti ini.

Mortgage advisor dan penulis buku The Loan Guide: How to Get the Best Mortgage Possible, Casey Fleming mengungkapkan bahwa ada beberapa negara di mana menyewa lebih baik daripada beli rumah. Ini dikarenakan menjual rumah di negara itu tergolong sulit, dan semakin lama akan semakin sulit.

Dalam kondisi seperti ini, menyewa memungkinkan kita terus pindah untuk mencari tempat lebih baik dengan biaya sewa lebih murah tanpa ada beban untuk menjual rumah lama.

Selain itu, beberapa faktor lain menurut Fleming yang juga mempengaruhi sulitnya penjualan rumah adalah:

  • Tingkat migrasi ke area tersebut
  • Peluang kerja di area itu
  • UMR standar di kota atau area tersebut

 

3. Lebih Murah

Salah satu alasan paling umum mengapa orang memilih untuk sewa rumah daripada beli rumah tentu karena faktor ekonomi. Dengan UMR saat ini, hampir mustahil untuk bisa memiliki rumah di tengah kota yang layak huni.

Beberapa perencana keuangan mungkin mengatakan bahwa menyewa itu keputusan yang salah karena pada akhirnya kita tidak memiliki asetnya. Namun sebagian percaya bahwa menyewa adalah alternatif sementara sambil menabung sampai bisa membeli rumah pribadi.

Ini jauh lebih baik daripada memaksakan diri untuk kredit rumah di luar kemampuan finansial kita. Namun pada kenyataannya, menyewa bisa lebih mahal atau lebih murah, bergantung pada:

  • Area tempat tinggal kita
  • Strategis tidaknya area tempat tinggal
  • Harga jual dan sewa yang ditawarkan

Sebelum mengambil keputusan, alangkah baiknya kita mencaritahu  harga sewa rata-rata dan membandingkan dengan angsuran apabila kita membeli rumah di area yang sama. Dengan begitu, kita bisa melihat mana pilihan yang lebih masuk akal.


4. Untuk Mengambil Keputusan yang Lebih Baik

Berbeda lagi jika kita sudah menikah atau memiliki buah hati, tentunya membeli rumah merupakan sebuah rencana yang lebih baik daripada menyewa. Sekali lagi jangan pedulikan apa kata orang. Lebih baik berpikir terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah, karena kita baru bisa mengenal rumah secara penuh setelah tinggal di dalamnya.

Contohnya dapat kita jumpai di kehidupan nyata, dimana  banyak orang yang terpaksa merenovasi rumahnya atau bahkan menjualnya sesaat setelah membelinya, karena ternyata rumah tersebut bocor atau diserang rayap.

Dengan mengontrak atau menyewa rumah sebelum membelinya, kita bisa merasakan pengalaman tinggal di sana secara langsung, dengan demikian kita bisa mengambil keputusan yang jauh lebih bijak.

 

Tips dalam Merencanakan Keuangan Sewa atau Beli Rumah

Setelah mengetahu pertimbangan diatas, akhirnya kita mengetahui ada dua alternatif dalam memiliki tempat tinggal, apakah sewa rumah atau beli rumah. Namun jangan lupa untuk merencanakan keuangannya dengan baik, apapun pilihan kita.

Dibawah ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam merencakan dana untuk menyewa rumah atau membeli rumah, antara lain: 

  • Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok, tetapi membeli rumah mewah adalah sebuah keinginan. Lebih baik prioritaskan terlebih dahulu pada kebutuhan kita.
  • Lihat kembali kondisi keuangan kita, jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan sesuatu di luar kemampuan kita.
  • Jika ingin membeli secara kredit, persiapkan uang muka rumah terlebih dahulu, kurang lebih 30%.
  • Kita juga harus mempersiapkan biaya-biaya tambahan, seperti biaya balik nama, biaya notaris, biaya KPR, PPN, dan lain sebagainya. Biasanya besaran biaya tambahan ini mencapai 5% – 10% dari harga rumah yang kita beli.
  • Pastikan memiliki kemampuan finansial untuk membayar angsuran bulanan yang tidak melebihi 30% pendapatan per bulan kita jika membeli dengan cara kredit.

Pertimbangkan dengan Matang sebelum Mengambil Keputusan

Apakah sudah ada bayangan untuk memiliki hunian pribadi? Atau sambil menyiapkan dana untuk membeli rumah, kalian sementara waktu menyewa rumah sesuai kondisi keuangan kalian? Memutuskan untuk memiliki rumah memang harus direncakan dan dipertimbangkan secara matang.

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang dilanda kebingungan karena kondisi pasca pandemi belum sepenuhnya pulih, sementara menjual aset berupa rumah atau tanah belum juga laku, ada baiknya kalian membuka situs jual apartemen.

Situs tersebut sangat membantu siapa saja yang ingin menjual apartemen, menjual rumah dan tanah, bahkan membantu kalian untuk sewa apartemen, sewa rumah, sewa kost, sewa villa, sewa kantor dan sewa tempat usaha, dengan pilihan bangunan dan harga yang sesuai keinginan.


Tentang Jual-Apartemen.com

sewa rumah atau beli rumah di situs jual apartemen saja


Situs Jual-Apartemen.com berisi listing iklan jual beli apartemen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Cikarang, Karawang, Surabaya, Bandung, Semarang, Jogja, Malang, Banjarmasin, Balikpapan, Medan, Batam, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Situs ini sangat efektif digunakan sebagai media untuk menjual apartemen Anda karena  banyak calon pembeli apartemen yang berkunjung ke situs ini melalui mesin pencari Google, Yahoo, Bing. Dengan ranking situs yang bagus di mesin pencari, maka situs ini memberikan respon yang sangat baik atas iklan apartemen Anda.

Bagi yang ingin membeli apartemen, Anda punya kesempatan bagus untuk mendapatkan harga apartemen yang dijual murah (butuh uang) oleh pemilik apartemen langsung.

Jadi yuk pertimbangkan dengan baik apakah harus membeli rumah atau sementara waktu sewa rumah?

Posting Komentar

0 Komentar