Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AUTO2000 Memberikan Kepuasan Layanan Purna Jual Kepada Pelanggannya

Kebutuhan akan kendaraan kini sudah menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Mobilitas yang tinggi ditambah banyaknya manfaat memiliki kendaraan ini, sering membuat seseorang memutuskan untuk memiliki sebuah kendaraan. Baik itu kendaraan roda dua atau bahkan kendaraan roda empat.


layanan purna jual Auto2000


Apalagi jika dalam sebuah keluarga mempunyai kesibukan masing-masing. Sudah dipastikan mereka akan memiliki kendaraan lebih dari satu. Terkadang pernah kita jumpai dalam sebuah rumah memiliki satu mobil dan beberapa motor, yang jumlahnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Pantas saja kondisi kota-kota besar saat ini terlihat macet, penuh dengan kendaraan yang antri melintas jalan raya.


Wajar saja pemerintah daerah setempat memberlakukan sistem ganjil genap. Semua itu untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya, agar masyarakat bisa berkendara dengan aman dan nyaman, serta meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan raya.


Berbicara mengenai kecelakaan lalu lintas, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya musibah ini. Meski tidak ada seorang pun yang menginginkan hal ini terjadi. Namun faktor-faktor berikut  kerap kali menjadi penyebab terjadinya musibah kecelakaan, diantaranya:

  1. Faktor manusia. Banyak kasus kecelakaan disebabkan karena pengemudi mengantuk, seperti truk terguling, atau mobil menabrak pembatas jalan. Atau bahkan pengemudi sedang terpengaruh alkohol atau minuman keras, sehingga ia tidak stabil mengendara dan terjadilah kecelakaan itu.

Sebaiknya: saat mengendara benar-benar persiapkan kondisi tubuh, jangan sampai kelelahan, mengantuk atau berada dibawah pengaruh alkohol dan minuman keras. Jika mengantuk sebaiknya berhenti sebentar di rest area. Hindarilah minuman keras, dan selalu berdoa setiap melakukan perjalanan, agar kecelakaan itu bisa terhindarkan.


  1. Faktor kendaraan. Seringkali kecelakaan itu disebabkan karena faktor kendaraan itu sendiri, seperti rem blong, pecah ban mendadak, tiba-tiba mogok di jalan dan sebagainya.

Sebaiknya: kendaraan itu ibaratnya sebuah barang, yang makin bertambah tahun akan makin usang. Diperlukan perawatan  rutin, termasuk cek fisik kondisi mobil, bagaimana kampas rem-nya, bagaimana kondisi ban mobilnya, bagaimana AC, air radiator, oli dan sebagainya. Jika kendaraan selalu terkontrol dengan baik, niscaya ia akan aman dibawa bepergian.


  1. Faktor cuaca dan kondisi alam. Akhir tahun sering terjadi bencana, baik tanah longsor, banjir bahkan angin puting beliung. Bencana-bencana ini sering datang tiba-tiba. Ketika sedang bepergian lalu terjadi angin puting beliung yang menyebabkan pohon tumbang dan roboh tepat diatas kendaraan, hal ini juga pernah kita jumpai. Atau banjir bandang yang mengakibatkan mobil-mobil hanyut terbawa arus, tanah longsor yang menerjang kendaraan yang sedang lalu lalang. Musibah-musibah tersebut tidak bisa dihindarkan.

Sebaiknya: saat cuaca tidak bersahabat sebaiknya meminimalisir bepergian keluar rumah, karena hal ini sangat membahayakan nyawa kita. Kalaupun terpaksa harus bepergian sebaiknya berdoa terlebih dahulu agar terhindar dari musibah ini.


Berbicara tentang kepemilikan kendaraan, kita memang tidak boleh abai terhadap barang satu ini. Terutama mobil. Harus rutin dirawat demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Bahkan, karena berbagai pertimbangan tidak semua orang membeli mobil baru, sebagian membeli mobil bekas dengan kondisi yang masih bagus. Tetapi membeli mobil bekas itu gampang-gampang susah. Bisa saja kita tertipu casingnya, alias tampak bagus dari luar namun ternyata bagian dalamnya termasuk mesinnya kurang bagus. Dengan kata lain kalau ingin membeli mobil bekas sebaiknya mengajak teman atau saudara yang tahu otomotif supaya tidak tertipu oleh tampilannya.



MENGENAL AUTO2000



AUTO2000 memberikan layanan purna jual kepada pelanggan



Saya pribadi kurang memahami otomotif. Andai tahu, setidaknya saya belum berani untuk membeli sendiri mobil bekas. Sebab bila salah memilih, malah mengakibatkan biaya servis lebih mahal dibandingkan biaya beli mobil tersebut. Saya memilih AUTO2000 untuk membeli mobil impian dan aksesorisnya. 


Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.



Dengan website baru Auto2000.co.id, Auto2000 berusaha mendorong batasan transaksi pembelian mobil Toyota di platform digital. Kini, pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone. Menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”,  Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.



Tak hanya itu, aplikasi Auto2000 Mobile baru yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​ Jadi Auto2000 ini merupakan layanan praktis seperti showroom Toyota yang merupakan wujud komitmen antara perusahaan dengan pelanggannya. (sumber: website Auto2000)


VISI DAN MISI AUTO2000


Visi dari Auto2000 adalah menjadi Dealer Toyota terbaik dan terandal di Indonesia melalui proses kelas dunia dengan misinya membantu pelanggan menikmati mobilitasnya. Ada tiga hal yang menjadi tujuan dari manajemen Auto2000 ini, yaitu:

  1. Kemudahan. Auto2000 memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan kepada pelanggannya untuk mendapatkan informasi, dengan menyediakan berbagai sumber, seperti kantor cabang, pameran dan sebagainya. 

  2. Personal. Auto2000 membangun basis data pelanggan secara komprehensif, siap memberikan layanan secara personal sesuai kebutuhan pelanggan.

  3. Andal. Auto2000 didukung oleh tim dan system yang handal mulai dari wiraniaga yang profesional, teknisi dengan sertifikasi Toyota Internasional  hingga Sistem Teknologi Informasi online terintegrasi.


MOBIL BEKAS BERSERTIFIKAT


Memutuskan membeli mobil bekas memang bukan perkara mudah.  Dalam bayangan saya, andai memiliki uang 200 juta, saya akan membeli mobil seharga 100 juta. Dengan pertimbangan uang 100 juta sisanya saya gunakan untuk persiapan bila sewaktu-waktu butuh biaya servis mendadak. Ini bila kita membeli mobil bekas milik teman atau orang lain yang lagi butuh uang.



pilihan mobil bekas berkelas



Berbeda dengan di Auto2000. Mobil bekas yang dijual di sini sudah terbukti kualitasnya. Melalui program Certified User Car, Auto2000 berusaha mewujudkan mimpi kebanyakan orang dan Auto Family yang ingin memiliki mobil bekas Toyota sudah bersertifikasi resmi dan bergaransi. Bahkan mobil bekas yang tersedia juga berkualitas, didukung oleh Toyota Trust Certified Used Cars.


Selain itu pelanggan juga diberikan kebebasan untuk memilih mobil bekas yang diimpikan, karena di dalam website Auto2000 juga diberikan berbagai menu pilihan filter pencarian, seperti Model Kendaraan, Tahun Produksi, Kisaran Harga, Warna, Jenis Bahan Bakar, Transmisi, Jumlah Tempat Duduk dan Jarak Tempuh. 


Setelah pelanggan menemukan mobil impiannya, maka ia diarahkan untuk melihat kondisi mobil secara online, dengan klik menu yang disediakan. Sebagai contoh, andai saya memilih mobil Agya warna merah seperti dibawah ini:


mobil bekas namun bersertifikat


Ini adalah mobil Agya 1.2 G TRD AT yang saya pilih dengan warna dasar merah. Harga mobil yang tertera adalah Rp. 121.000.000 bila saya membelinya secara kontan alias cash. Namun pihak Auto2000 juga memberikan gambaran berupa simulasi kredit bila mobil tersebut saya beli dengan cara mengangsur. 



pemesanan mobil di Auto2000



Tidak hanya sampai disitu, di dalam website juga ditunjukkan di mana lokasi showroomnya, supaya pembeli bisa melakukan cek fisik dan test drive. Bahkan pembeli juga diberikan kesempatan untuk “minta penawaran”, seperti nego harga. Selain itu bila dirasa kita masih ragu dengan mobil pilihan di atas, kita juga bisa membandingkan mobil Agya tersebut dengan kendaraan lain sebagai pertimbangan. Namun bila sudah cocok dengan selera, kita bisa klik kolom “Book atau Beli” yang berwarna merah.



layanan purna jual pembelian mobil di Auto2000


Bahkan, pihak Auto2000 juga memberikan informasi lengkap seputar mobil Agya tersebut, baik jarak tempuhnya, tahun pembuatannya, jenis transmisi, masa berlaku STNK, nama pemilik pertama, jenis bahan bakar, kapasitas serta nomor polisi mobil tersebut. Pembeli pun bisa klik kolom “spesifikasi lengkap” untuk mengetahui detail informasinya.  Kalau sudah begini, kita pasti merasa puas membeli mobil bekas di Auto2000. 


LAYANAN PURNA JUAL MOBIL TOYOTA


Yang lebih menggembirakan, Auto2000 memberikan layanan purna jual (after sales) yang memuaskan kepada pelanggannya, termasuk aksesoris mobil, layanan bengkel, spare part mobil, Auto2000 Home Service, dan sebagainya. Jadi intinya, baik pelanggan itu membeli mobil dalam kondisi baru maupun bekas, semua diberikan layanan purna jual yang memuaskan.


jenis mobil di Auto2000



Selain booking servis, order suku cadang, Auto2000 juga jual aksesoris Toyota di mana Auto2000 menyediakan aksesoris mobil Toyota yang secara khusus dirancang, dibuat, diuji, dan disertifikasi untuk digunakan pada kendaraan serta menyediakan berbagai macam kupon service. 


Sebagai contoh kupon general check up Agya A/T dengan harga Rp. 80.000,- Kupon ini hanya berlaku selama 30 hari semenjak tanggal pembelian. Dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Ketentuan & Cara Klaim Kupon Servis
 

  1. Kupon servis hanya dapat di-klaim dengan cara datang ke outlet resmi Auto2000

  2. Masa berlaku kupon yaitu 30 hari sejak tanggal pembelian dan tidak dapat diperpanjang

  3. Customer harus melakukan servis/pemasangan/penggantian jasa dan/atau suku cadang sebelum masa berlaku kupon habis. Apabila kedatangan setelah masa berlaku kupon habis maka kupon akan hangus dan tidak dapat digunakan

  4. Setelah melakukan pembelian anda akan dihubungi oleh customer service untuk konfirmasi data & jadwal servis/penggantian part

  5. Pastikan no hp yang dicantumkan aktif untuk dihubungi oleh customer service Auto2000

  6. Kupon yang telah dibeli tidak dapat diuangkan, ditukar dan dikembalikan

  7. Mohon agar menjaga kerahasiaan kode kupon sampai waktu yang kamu tentukan untuk digunakan di Auto2000

  8. Bawa kendaraan anda ke outlet yang dipilih sesuai jadwal yang telah disepakati dengan customer service

  9. Tunjukkan kode kupon yang anda dapatkan kepada Service Advisor (SA) Auto2000 

  10. Service Advisor akan melakukan validasi kode dan menunjukkan paket servis yang dimiliki pelanggan

  11. Melakukan kegiatan servis atau pemasangan part sesuai kupon yang dibeli

  12. Jika terdapat pengerjaan lain/ biaya tambahan diluar produk/jasa yang dibeli, maka dapat dilakukan pembayaran di cabang yang telah dipilih

2. Pembelian Aksesoris

  1. Auto2000 menyediakan layanan pembelian aksesoris di dalam website ini untuk memudahkan para Pelanggan dalam membeli aksesori untuk Kendaraan yang dimilikinya. Harga aksesoris yang ditampilkan dalam website/katalog produk kami merupakan harga telah kami tetapkan sesuai kebijakan Auto2000. 

  2. Berikut ketentuan dalam pembelian aksesoris diantaranya : Apabila terjadi pembatalan transaksi pembelian aksesoris, proses pembatalan  hanya dapat dilakukan secara offline dan tidak dapat dilakukan secara sepihak, di mana Anda  sebelumnya wjaib melakukan konfirmasi terlebih dahulu  ke call center Auto2000 atau datang ke cabang Auto2000, dengan melengkapi mekanisme ketentuan yang telah ditentukan Auto2000.

  3. Harga aksesoris belum termasuk biaya pemasangan di cabang Auto2000.

  4. Jaminan yang berlaku pada aksesoris sesuai dengan ketentuan garansi (Warranty) Auto2000 dan berlaku hanya apabila pemasangan produk dilakukan di bengkel Auto2000.

  5. Ketersedian stock aksesoris berdasarkan jumlah stock yang ada pada cabang Auto2000.

  6. Pembayaran Pembelian aksesori dapat dilakukan dengan menggunakan Virtual Account, kartu debit atau kredit yang diterbitkan oleh Bank yang bekerjasama dengan Auto2000.

  7. Pelanggan dapat memilih jadwal pengambilan atau pasang aksesoris di cabang Auto2000.  pengambilan atau pasang aksesoris yang telah  dipilih oleh pelanggan paling cepat H+3 terhitung sejak dilakukan pembayaran

  8. Dalam pembelian aksesori pelanggan dapat memilih pengambilan atau pemasangan aksesoris  di Cabang Auto2000 dengan kode VSP General Repair 

3. Pembayaran Aksesoris 

  1. Pembayaran Aksesoris dan/atau Kupon Servis dapat dilakukan melalui media virtual account, kartu debit atau kredit yang diterbitkan oleh bank yang bekerjasama dengan Auto2000. Dalam hal anda bermaksud untuk melakukan pembatalan atas pembayaran biaya aksesoris/suku cadang secara online, pembatalan tersebut hanya dapat dilaksanakan secara offline di cabang Auto2000

  2. Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan Auto2000 yang disediakan oleh Bank atas permintaan Auto2000 untuk selanjutnya diberikan oleh Auto2000 kepada Anda sebagai nomor rekening tujuan penerimaan (collection). Virtual Account merupakan suatu bentuk open payment (tidak memiliki jumlah tagihan yang pasti), di mana setiap setoran atas Virtual Account dibukukan oleh sistem ke rekening utama dengan mencantumkan nomor dan nama rekening virtual. Dengan metode ini, pembayaran akan menjadi lebih mudah, yaitu Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual, melainkan sudah dibukukan langsung oleh sistem bank.

4. Transaksi Pembelian Aksesoris

  1. Pelanggan wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Auto2000. Pelanggan melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang berlaku di Auto2000 dan sebelumnya Pelanggan telah memilih mekanisme pembayaran apa yang telah dipilih oleh Pelanggan

  2. Saat melakukan pembelian Aksesoris. Pelanggan menyetujui bahwa : 
    -    Pelanggan setuju untuk mengikuti segala syarat dan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan Auto2000 dalam website/situs/aplikasi Auto2000
    -    Pelanggan bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Aksesoris (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    -    Pelanggan mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk aksesoris sebagaimana terlihat di website/Situs/Aplikasi Auto2000 tergantung pada monitor komputer dan layar handphone yang digunakan oleh Pelanggan. Auto2000 telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Website/Situs/Aplikasi Auto2000 muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs dan aplikasi Auto2000 akan akurat dengan warna asli.
    -    Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Aksesoris ketika Pengguna membeli  Aksesoris.

  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Aksesoris dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Aksesoris kosong maka kebijakan akan didiskusikan antara pembeli dan Auto2000 apakah pelanggan mau menunggu hingga aksesoris tersedia atau pembayaran atas Aksesoris yang bersangkutan dikembalikan kepada pelanggan.

  4. Pelanggan memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Auto2000 selain melalui Rekening Resmi Auto2000 dan/atau tanpa sepengetahuan Auto2000 (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan. pengaturan transaksi khusus diluar situs Auto2000 atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pelanggan.

  5. Pelanggan menyetujui dan memahami bahwa dengan menggunakan Situs/Aplikasi Auto2000 pada saat melakukan transaksi, Auto2000 akan meneruskan data informasi Pembeli kepada pihak ekspedisi pengiriman yang dipilih pelanggan

  6. Pelanggan wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Auto2000 tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pelanggan, apabila Pelanggan melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

  7. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1x24 jam) setelah Pelanggan melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pelanggan, Auto2000 memiliki kewenangan mutlak untuk membatalkan transaksi tersebut.

  8. Pelanggan disarankan untuk memeriksa kembali jumlah nominal pembayaran dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

  9. Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pelanggan pergunakan dengan bank Rekening resmi Auto2000 adalah tanggung jawab Pelanggan secara pribadi untuk menanggung biaya tersebut.

  10. Pengembalian dana dari Auto2000 kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan sebagai berikut:
    -    Kelebihan pembayaran dari Pelanggan atas harga Aksesoris
    -    Masalah pengiriman Aksesoris telah teridentifikasi secara jelas dari Auto2000 yang mengakibatkan pesanan Aksesoris tidak sampai.
    -    Auto2000 tidak bisa menyanggupi order karena keterbatasan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
    -    Penyelesaian permasalahan berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Auto2000.

  11. Pelanggan menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Auto2000. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Penjual kepada pihak lain, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan..

  12. Pelanggan wajib melakukan konfirmasi penerimaan Aksesoris, setelah menerima kiriman Aksesoris yang dibeli. Auto2000 memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Auto2000, untuk Pelanggan melakukan konfirmasi penerimaan Aksesoris. Jika dalam batas waktu tersebut Pelanggan tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pelanggan, maka dengan demikian Pelanggan menyatakan bahwa telah menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Aksesoris secara otomatis oleh sistem Auto2000 dan barang telah diterima dalam keadaan baik.

  13. Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Aksesoris adalah bukan menjadi tanggung jawab Auto2000. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Aksesoris menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

5. Pengiriman Aksesoris

  1. Dalam proses Pengiriman Aksesoris yang telah dipesan Pelanggan  dalam website/situs/aplikasi Auto2000 menggunakan jasa pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan Auto2000 yaitu Auto2000 jasa ekspedisi Anteraja yang telah mendapatkan verifikasi.

  2. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa Aksesoris hilang, Aksesoris rusak, dan lain sebagainya. Pelanggan dapat melaporkan ke pihak Auto2000 paling lambat 2x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi lebih dahulu untuk mengetahui secara benar permasalahan yang terjadi.

  3. Untuk layanan ekspedisi yang dimiliki Auto2000 dengan bekerjasama dengan Auto2000 jasa ekspedisi baru melayani di wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Makassar, Palembang, Malang dan untuk daerah-daerah lainnya akan dibuka secara bertahap dan diinformasikan lebih lanjut..

  4. Pembayaran atas pembelian aksesoris yang dilakukan setelah pukul 13.00 tidak dapat melakukan order untuk layanan Same Day. (sumber informasi: website Auto2000)


Nah, bagaimana dengan layanan Auto2000 ini? Menarik bukan? Bahkan saya sangat puas menikmati layanan ini. Fiturnya lengkap, berbagai kepuasan juga didapatkan pelanggan. Artinya pelanggan tidak hanya mendapatkan layanan ketika membeli mobil Toyota saja, namun layanan after sales nya juga diperhatikan. Jadi buat sobat blogger yang lagi bingung membeli mobil, sebaiknya manfaatkan layanan Auto2000 ini. Dijamin Anda akan puas, bahkan Anda akan mendapatkan mobil impian dengan cepat.


Auto2000 mewujudkan kebahagian pelanggan untuk memiliki sebuah mobil impian!


Sumber informasi: Website Auto2000


Yuni Handono
Yuni Handono Blogger, Penikmat Kuliner, Suka Travelling

Posting Komentar untuk " AUTO2000 Memberikan Kepuasan Layanan Purna Jual Kepada Pelanggannya"