Pentingnya Kontribusi Lingkungan Hidup dalam Menjaga Keanekaragaman Budaya Indonesia

 menjaga lingkungan berarti menjaga keanekaragaman budaya


Keanekaragaman budaya Indonesia dapat dilihat dari berbagai macam jenis dan bentuk budaya yang dimiliki masing-masing daerah. Seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mengandung arti “meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu juga”. Inilah yang membuat Indonesia kaya. Bukan hanya budayanya, namun kekayaan alamnya yang melimpah.


Namun demikian, meski terdapat banyak suku, ras, agama dan kebudayaan yang berbeda-beda, masyarakat Indonesia dapat hidup berdampingan dengan rukun dan saling menghargai. Hal ini dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat berinteraksi dengan siapapun tanpa memandang perbedaan. Dari sinilah akhirnya timbul keberagaman.


Salah satu hak warga Negara Indonesia adalah mendapatkan hak atas kelangsungan hidup, tumbuh dalam keberagaman. Disinilah keberagaman itu bisa menjadi sebuah kekayaan budaya, namun sekaligus tantangan untuk keberlangsungan hidupnya. Bagaimana mereka bisa hidup rukun, saling berdampingan dan menghormati satu sama lain.


Lalu apa saja yang menyebabkan terjadinya keberagaman di Indonesia?


PENYEBAB TERJADINYA KEBERAGAMAN DI INDONESIA


Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:


  • Kondisi bentang alam

Bentang alam ini  ditunjukkan dengan adanya pulau-pulau yang mendiami Indonesia, sehingga disebut sebagai negara kepulauan. Dari berbagai pulau ini masih dibagi lagi menjadi pegunungan, perairan (pantai atau lautan) dan padang rumput yang luas, sehingga menyebabkan pulau yang satu dengan pulau lainnya dipisahkan oleh bentang alam. Dengan begitu membuat masyarakat makin mengenal budayanya.


  • Keadaan iklim

Indonesia memiliki iklim tropis, sehingga mengakibatkan terjadinya musim hujan dan musim kemarau. Beberapa wilayah mengalami musim hujan teratur, sebagian lagi mengalami musim kemarau berkepanjangan. Inilah yang menyebabkan keberagaman mata pencaharian atau budaya.


  • Komunikasi dan transportasi

Dengan adanya keberagaman suku yang ada diberbagai pulau menyebabkan cara berkomunikasi masyarakat yang mendiami sebuah pulau akan berbeda dengan pulau lain. Demikian pula dengan alat transportasi yang dimiliki. Bahasa sehari-hari yang digunakan suku Jawa dalam berkomunikasi akan berbeda dengan bahasa suku Bali. Demikian halnya dengan becak, bemo yang sering dimanfaatkan suku Jawa, tentunya alat transportasi ini tidak kita temukan di Bali. Meski demikian, keberagaman ini membuat Indonesia makin kaya, dan menjadi daya tarik bagi Negara lain.


  • Ras dan golongan

Selain perbedaan suku, Indonesia juga terdiri dari berbagai ras yang tersebar di seluruh wilayahnya. Ada ras Malanesoid, Kaukosoid, bahkan Asiatic Mongoloid. Dari ras yang ada ini kemudian berkembang lagi menjadi golongan baru yang menciptakan kebudayaan baru.


  • Agama

Agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia beragam. Ada lima agama yang diakui dan dianut masyarakatnya. Meski berbeda agama yang dianutnya, namun masyarakat Indonesia memiliki toleransi tinggi. Mereka sanggup hidup berdampingan dan menghormati ibadah agama lain.


  • Pengaruh budaya asing

Penjajahan bangsa asing yang masuk ke wilayah Indonesia beberapa tahun lalu juga berpengaruh pada perbedaan budayanya. Seperti contohnya di daerah perbatasan, sudah pasti masyarakatnya cenderung memiliki budaya yang berbeda dan terpengaruh oleh budaya asing.


TANTANGAN KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA


Adanya keberagaman di Indonesia dapat pula menimbulkan tantangan. Mau tidak mau tantangan ini harus dihadapi, karena hal ini muncul sebagai bentuk respon dari perbedaan yang terjadi. Dan tantangan ini bisa juga muncul karena beberapa hal, seperti:


  • Konflik antar suku

Perbedaan ras, budaya dan mata pencaharian di Indonesia membuat masyarakatnya rentan akan konflik fisik. Biasanya hal ini muncul setelah dipicu oleh beredarkan berita hoax yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dari berita hoax inilah akhirnya berkembang menjadi perselisihan yang awalnya dipicu oleh emosi sepihak.


  • Klaim atas adat

Sebuah pepatah mengatakan “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, yang artinya kita harus mengikuti adat istiadat wilayah yang kita diami. Disinilah kadang membuat golongan minoritas merasa tersisih. Kelompok minoritas yang memiliki perbedaan norma adat, seperti norma keluarga, penyelesaikan masalah dan sebagainya merasa bertentangan untuk mengikuti adat yang berbeda. Inilah yang memicu timbulnya perselisihan.

 

Lalu bagaimana menjaga lingkungan hidup dapat berkontribusi dalam memelihara keanekaragaman yang ada di Indonesia?


Keanekaragaman yang ada di Indonesia sangatlah kompleks, mencakup berbagai aspek kehidupan. Dan menjaga lingkungan hidup bukan hanya demi melindungi flora dan fauna atau bahkan menjaga hutan dari kerusakan. Lebih dari itu! Melestarikan budaya artinya ikut menjaga lingkungan.


Perbedaan budaya yang ada di Indonesia jangan sampai dimaknai sebagai perbedaan yang individualistis, namun hendaknya dijadikan sebuah kekuatan untuk saling melengkapi satu sama lain. Agar lingkungan tetap aman dan menjadi tempat ternyaman untuk didiami, masyarakat pun harus bisa hidup berdampingan dan saling menghargai.


Inilah pentingnya sinergi antara pemerintah dengan masyarakat. Dimana untuk melestarikan budaya bukan hanya menjadi kepentingan dan tanggung jawab dari pemerintah saja, namun perlu kerjasama dan dukungan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hendaknya pemerintah melibatkan masyarakat setempat dalam upaya pelestarian kebudayaan, dengan cara memberikan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pengelolaan dan pengembangan budaya.


Dari sini masyarakat akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraannya sekaligus membantu melestarikan budaya yang ada. Dengan demikian budaya yang ada di Indonesia bisa dinikmati oleh generasi penerus sehingga tetap lestari.


Tentunya dibutuhkan serangkaian kebijakan yang terencana, komprehensif dan terintegrasi baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Selain budaya ini akan tetap lestari, juga terhindar dari ancaman kepunahan. Misalnya diambil alih oleh Negara lain. Caranya dengan mengadakan pendataan, inventarisasi dan pendokumentasian berbagai macam kebudayaan yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah.


Melestarikan budaya sama halnya dengan menjaga lingkungan. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya. Keanekaragaman budaya ini menjadi sebuah kekayaan yang menciptakan karakteristik bangsa. Hal ini Nampak jelas pada bentuk fisik dari peninggalan budaya masa lalu. Bahkan dengan peninggalan budaya masa lalu ini kita dapat belajar sejarah kehidupan nenek moyang kita. Terutama belajar tentang nilai-niai luhur yang dianut oleh para pendahulu.

 

Lalu apa saja hikmah dari mempelajari budaya masa lalu?


Budaya masa lalu selain dapat dijadikan jembatan untuk mengetahui kehidupan saat itu, juga bisa dijadikan pedoman untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Kita bisa belajar tentang banyak hal, terutama tentang toleransi dan kearifan lokal.


Bahkan, sebagai warga Negara yang baik, kita dituntut untuk menjaga warisan budaya agar tetap lestari. Hal ini dimaksudkan agar berbagai pengetahuan yang ada didalamnya dapat terlihat jelas bukti nyatanya, sehingga mampu menjaga karakteristik bangsa Indonesia.


Dan melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti tidak melanggar larangan yang sudah ditetapkan di area sekitar warisan budaya, tidak merusak obyek bangunan, tidak membuang sampah sembarangan disekitar obyek, bahkan mencari tahu nilai-nilai yang terkandung didalam obyek tersebut dan menyebarluaskan ke masyarakat. Sudah pasti semua ini harus dimulai dari diri kita sendiri. Siapa lagi kalau bukan kita yang memulainya?


Budaya bangsa harus tetap dilestarikan. Namun bagaimana budaya-budaya ini bisa tetap lestari ditengah perubahan karena arus globalisasi? Era globalisasi telah menciptakan perubahan, termasuk perubahan gaya hidup. Bahkan masyarakat modern cenderung meniru budaya baru ketimbang mempertahankan budaya lokal. Meski demikian kita harus tetap melestarikannya agar tidak punah.


Bagaimana cara melestarikan budaya bangsa?


  • Mempelajari budaya lokal

Sebagai bangsa yang baik sudah sepatutnya kita memahami budaya sendiri alias budaya lokal. Caranya dengan menggali berbagai informasi tentang budaya tersebut dari berbagai sumber, baik dari ensiklopedia, buku bahkan literatur lainnya. Disamping bisa juga melalui media online. Dengan begitu kita bisa mengetahui budaya apa saja yang harus dilestarikan sehingga tidak punah.


  • Aktif dalam kegiatan budaya daerah

Salah satu cara melestarikan budaya lokal dengan terlibat langsung mengikuti budaya tersebut. Bisa dengan mengikuti kontes atau hanya menonton kegiatan budaya yang berlangsung. Dengan begitu akan menambah kecintaan kita pada budaya yang ada di Indonesia.


  • Mengenalkan budaya daerah melalui media sosial dan kancah internasional

Melestarikan budaya lokal bisa melalui media sosial, dengan cara posting foto kesenian dengan ditambah kalimat deskripsi dan disebarluaskan melalui berbagai akun media sosial. Kita juga bisa mengenalkan budaya lokal ke kancah internasional. Misalnya ketika kita bepergian ke luar negeri, kita bisa mengenakan produk dalam negeri atau bisa juga membeli produk lokal dalam negeri yang juga dijual diluar negeri. Dengan begitu budaya lokal akan tetap lestari.


  • Budaya lokal bisa dijadikan identitas diri

Dengan menjadikan budaya sebagai identitas diri akan menimbulkan rasa bangga dalam diri bahwa budaya ini memang benar-benar milik kita bangsa Indonesia yang patut dilestarikan, sehingga kita pun tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing  yang masuk ke negara kita, bahkan berusaha mempertahankan budaya kita ditengah arus globalisasi.


  • Mengekspor barang kesenian

Inilah yang bisa dilakukan oleh seorang pebisnis. Dengan memproduksi barang-barang seni dan memasarkannya secara luas hingga ke mancanegara akan membuat budaya kita makin dikenal oleh dunia. Dengan begitu budaya-budaya lokal otomatis dapat tetap lestari dan bisa dinikmati oleh generasi penerus.

 

Contoh kontribusi menjaga lingkungan untuk memelihara keanekaragaman budaya


DESA ADAT PENGLIPURAN, BANGLI - BALI 

 

melestarikan budaya artinya ikut menjaga lingkungan


Sejatinya ada banyak kearifan lokal yang ada di Indonesia. Dan masing-masing daerah mempunyai ciri khas sendiri. Salah satu contohnya adat desa Penglipuran, Bangli – Bali. Sebagai tempat wisata yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan, mengunjungi desa adat Penglipuran ini ibarat berwisata tanpa merusak alam.


Di Penglipuran masih menjunjung tinggi adat istiadat yang kental, dimana tata kelola bangunannya yang rapi selalu menjadi tempat yang asri untuk dikunjungi. Disamping itu ada istilah "Karang Memadu", dimana tempat ini adalah area pengasingan bagi lelaki asli Penglipuran yang berani berpoligami. Dia akan diasingkan disebuah tempat yang terletak diujung selatan desa Penglipuran, jauh dari pemukiman warga desa Penglipuran lainnya.


melestarikan budaya artinya ikut menjaga lingkungan


Selain tata kelola bangunan yang cantik, halaman disepanjang jalan desa Penglipuran selalu terjaga kebersihannya dan sangat rapi. Kalau dibilang bebas dari tumpukan sampah. Di tempat ini juga terdapat minuman khas yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi pengunjungnya, yaitu loloh cem-cem dan loloh bunga telang yang rasanya segar dan kaya akan manfaat.


Sumber: Youtube (Desa Adat Penglipuran, Bangli, Bali)


Inilah bukti bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keberagaman. Dengan keberagaman ini membuat kita sebagai warganya bangga dibesarkan ditengah-tengah kearifan lokal dan budaya yang tak pernah lekang dimakan jaman.


Dengan hashtag #IndonesiaBikinBangga mari kita berupaya untuk tetap melestarikan budaya negeri sendiri. Meski arus globalisasi telah mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan yang modern, hendaknya jangan sampai meninggalkan budaya lokal. Budaya lokal adalah sejarah negara dan bangsa kita. Kita harus mampu menyongsong masa depan dengan cara belajar sejarah nenek moyang kita. Kalau bukan kita siapa lagi? Mari kita lestarikan budaya bangsa kita dengan tetap menjaga lingkungan sekitar terawat dengan baik.


#UntukmuBumiku kan tetap lestari budaya bangsa kita meski berbagai tantangan ada didepan mata. Mari bergandengan tangan demi tetap lestarinya budaya Indonesia.

Posting Komentar

18 Komentar

  1. aku seneng banget loh sama Indonesia ini, karena ya itu banyak banget ragam budayanya ya mbak. hal ini bisa aku pelajari lagi bareng anak2 di jenjang SD.
    biasanya dari situ anak2 akan curious dan pengen search lebih lanjut tentang keragaman Indonesia.

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu nih tentang desa adat Penglipuran di Bali, wah Indonesia memang kaya akan budaya nya yang beragam

    BalasHapus
  3. sungguh membanggakan ya keragaman budaya bangsa kita ini dan menjadi tantangan khusus bagi kita untuk selalu melestarikannya. Terima kasih sharingnya mba Yuni..

    BalasHapus
  4. Perlu pemahaman kuat terhadap genwymuda dalam menanamkan dan upaya melestarikan budaya. Secara anak sekolahan saja kalau ada upacara adat itu suka pada ngeles, ga mau alasan malu alias gengsi

    BalasHapus
  5. di tahun 2017 kalau gak salah ingat, saya sudah pernah juga berkunjung ke desa panglipuran di Bali. Nice place, karena ditata dengan sangat baik oleh pemdanya

    BalasHapus
  6. benar mbak, indonesia itu kaya banget dengan kearifan lokal di setiap daerah yang termasuk dalam NKRI yaa. bangga banget dengan keanekaragaman suku dan bahasa kita, alhamdulillah bisa menajdi bagian indonesia

    BalasHapus
  7. Duh, jadi rindu main ke Panglipuran lagi. Indonesia ini memang luar biasa, hampir setiap propinsi punya kebudayaan sendiri. Bikin selalu kepingin menjelajah Indonesia.

    BalasHapus
  8. Bali adalah salah satu pulau yang budanyanya terasa sangat kental ya. Bahkan, pendatang atau wisatawan sudah dengan sadar memahami adat di Bali dan berwisata dengan tetap menghormati adat Dan kebiasaan yang berlaku di Bali. Jadi kangen ke Bali lagi nih

    BalasHapus
  9. Aku seneng bangeeet belajar banyak tentang budaya Indonesia yang begitu kaya. Bangga ya mba dengan segala kearifan lokal yang kita miliki

    BalasHapus
  10. MAri, kita sama2 melestarikannya ya Mba.
    Aku sangat bangga banget sama Indonesiaku, negara yang sangat kaya akan keberagaman dan sebagai warganya bangga dibesarkan ditengah-tengah kearifan lokal dan budaya yang tak pernah lekang dimakan jaman.
    Dari keluarga aja udah beraneka ragam budaya, agama. Saling menghormati dan menghargai kuntjinya.

    BalasHapus
  11. moga kita tetap bisa melestarikan budaya, mewariskan pada anak-anak cucu kita untuk tetap mencintai budaya tanah air. Termasuk penting menjaganya dengan menggunakan bahasa daerah

    BalasHapus
  12. Seneng banget ya lihat budaya Indonesia itu, bhineka tunggal ika itu memang perlu terus dilestarikan dan ditanankan pada generasi muda kita.

    BalasHapus
  13. Bismillah berasatu padu ya mba kita melestarikan dan menjaga keanekaragaman budaya Indonesia kita. Semangat! Aku belum pernah ke panlipuran, kemarin nggak sempet moga next bisa ke sana.

    BalasHapus
  14. Indonesia memang sangat beragam budayanya, dan itu menjadi daya tarik tersendiri. Semogaa anak-anak muda nantinya tetap bisa memelihara keberagaman budaya Indonesia

    BalasHapus
  15. Bangga banget sebagai wara negara Indonesia.
    Budaya yang kaya membuat kita menjadi pribadi yang seharusnya penuh toleransi. Semoga Indonesia semakin maju dengan budayanya yang penuh makna dan kearifan lokal berbudaya yang baik.

    BalasHapus
  16. Akhir-akhir ini masalah intoleransi sangat kuat sekali ini sangat rawan dan bisa menyebabkan perpecahan dalam masyarakat. Semoga ya masyarakat kita tetap bersatu dan budaya ramah Indonesia yg dulu sangat terkenal itu kembali lagi

    BalasHapus
  17. Itulah semboyan negara kita, bhineka tunggal ika. Walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu yaaah termasuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa kita. Nice artikel.

    BalasHapus
  18. Bener banget mba Indonesia kaya ragam budaya. Ga habis rasanya ditelusuri selama setahun. Aku pingin banget keliling indonesia dan mengenal lebih dekat dg budaya, kuliner, kesenian lokal nya. So far udah tercapai ke beberapa daerah. Termasuk salah satunya Panglipuran. Pas ke sana aku juga cobain klepon ubi dan minuman asam apa itu agak lupa namanya. Enak semua dan khas

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...