Lumina lapis kukus, oleh-oleh kekinian dari Bali. Begitulah tulisan yang terpampang jelas di kotak pembungkus cake ini. Dan sumpah rasanya beda dengan lapis kukus lainnya. Semenjak cake yang dijuluki "lapis kukus" ini menjadi oleh-oleh kas diberbagai daerah, saya pun berburu kudapan ini untuk sekedar mengetahui cita rasanya. 

Dan bukan Bali saja yang menjadikan lapis kukusnya sebagai oleh-oleh. Jauh sebelum ini ada lapis kukus Blitar, lapis kukus kota pahlawan Surabaya, lapis kukus Tugu Malang atau lapis talas Bogor yang juga tak kalah tenarnya. 

aneka lapis kukus oleh-oleh berbagai daerah (credit)

Baiklah kali ini saya akan bercerita tentang "Lumina" lapis kukus cheese cream, oleh-oleh kekinian dari Bali. Menurut sumber dari internet, Lumina lapis kukus cheese cream ini sudah ada di Bali sejak tahun 2017 kalau tidak salah. Tersedia empat varian rasa, yaitu original, coklat, green tea dan pandan. Untuk varian Lumina green tea dan coklat dibanderol dengan harga Rp. 65.000,-. Sedangkan Lumina original dan pandan dibanderol dengan harga Rp. 55.000,- per box. Kini tersedia juga varian icip-icip yang harganya di kisaran Rp. 20.000,- s.d. Rp. 30.000,-.

sumber: facebook Lumina

Mahal? Kalau dibandingkan lapis kukus Blitar atau lapis kukus Tugu Malang yang harganya di kisaran Rp. 30.000,- an, tentu Lumina lapis kukus Bali ini lebih mahal. Dengan harga yang sama tentunya hanya mendapatkan sepotong Lumina lapis kukus varian icip-icip. Namun, disamping lapis kukus ini sudah mengantongi sertifikat "halal" dari MUI, cita rasa Lumina ini berbeda dengan lapis kukus pada umumnya. 

Gambar mungkin berisi: teks
sumber: facebook Lumina
Kalau lapis kukus pada umumnya bentuknya menyerupai cake yang ditumpuk dua, dengan warna berbeda, di lumina lapis kukus ini terdapat lapisan tengah yang menyerupai vla atau agar-agar yang sangat terasa susunya, sehingga disebut kue masterpis. Selain itu, lumina ini terbuat dari bahan-bahan premium yang tidak mengandung bahan pengawet. Ditambah susu dan keju pilihan sebagai bahan dasar dan toppingnya. 

Karena tidak mengandung bahan pengawet, biasanya kudapan ini bertahan hingga empat hari lamanya. Kalau ingin lebih awet, dan ingin mendapatkan sensasi yang luar biasanya saat menikmatinya, sebaiknya kudapan ini disimpan dalam lemari es. Memang lumina lapis kukus ini  lebih yummy bila disantap dalam keadaan dingin. Vla atau agar-agar yang ditengah terasa lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin.

Jadi, bagi sobat yang liburan ke Bali jangan khawatir pulang tidak membawa oleh-oleh. Bila Anda bosan dengan oleh-oleh khas Bali yang sudah terkenal duluan, seperti pie susu, pia legong, kacang disco, salak gula pasir, atau sate lilit, tak ada salahnya memilih Lumina lapis kukus cheese cream, oleh-oleh kekinian dari Bali sebagai oleh-oleh istimewa untuk keluarga di rumah.

Saya baru sekali icip-icip lapis kukus ini, kebetulan dapat oleh-oleh dari acara teman, merasakan sensasi yang berbeda lebih dari sekedar lapis kukus. Mungkin karena cita rasa dari vla atau agar-agar atau hungkwe ya lebih tepatnya, yang membedakan lapis kukus ini dengan lapis kukus lainnya. Jadi wajarlah bila harganya lebih mahal dibanding kudapan lain. Benar-benar terasa susu dan kejunya. Siap-siap bagi yang sedang diet, bakal gagal deh dietnya. Kalau sudah makan sepotong lapis kukus ini rasanya ingin nambah terus. Entah lapar atau doyan ya hahaha.....

Lalu dimana gerai Lumina lapis kukus cheese cream ini?


Gerai Lumina lapis kukus cheese cream, oleh-oleh kekinian dari Bali beralamat di Jl. Kapten Japa No.65a, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 08361, telpon 0857-3877-7935. Buka dari hari Senin - Sabtu, dari jam 09.00 wita sampai jam 18.30 wita. Untuk hari Minggu biasanya gerai ini tutup.

Toko Roti Lumina (sumber: facebook Lumina)

Atau bisa juga kudapan ini didapatkan di toko roti Jalan Jayagiri Denpasar, WA 085738777935. Bagi warga Bali, khususnya area Denpasar, Lumina lapis kukus cheese cream ini bisa juga dipesan melalui aplikasi GoFood, karena Lumina bekerjasama dengan layanan ini untuk memudahkan pelanggannya mendapatkan kudapan yang legit namun bukan lapis legit ini.

Keterangan foto tidak tersedia.
Atau bagi Anda dimanapun berada yang penasaran akan ke-legit-an Lumina lapis kukus ini, kudapan ini bisa juga dipesan melalui tokopedia atau bukalapak. Tapi jangan lupa, kalau pesan online pilihlah ekspedisi tercepat agar kudapan ini masih layak dinikmati setelah sampai ke alamat tujuan. Nah, siapa hayo yang penasaran? Sebelum ke Bali, icip-icip dululah oleh-oleh kekinian khas Bali ini. Baru nanti kalau sudah sampai Bali, saya ajak deh menikmati sekotak Lumina aneka varian, asal harus habis ya hahahaha......Bukan sekotak kali ya kalau aneka varian, tapi berkotak-kotak hahaha.....


Selamat mencoba ya sob, jangan lupa panggil saya kalau lagi icip-icip kudapan ini. Sumpah Lumina lapis kukus ini bikin minum kopi pun makin nikmat. Dipakai sarapan pagi pun bikin tambah semangat. Yuk, cobain Lumina lapis kukus cheese cream ini. Sumpah ini bukan promosi, tapi based on true story!

20 Komentar

  1. Bali enggak mau ketinggalan rupany d tengah marakny oleh3 berupa kue lapis kukus
    Ehm... jd pnasaran ini sm rasany apalagi katany beda sm kukus yg ada d luaran sana y

    BalasHapus
  2. Mbak Yunii, dari foto-fotonya saja kelihatan enaak.
    Ngiler sama keju yang bertaburan dan membayangkan kelezatan lapis kukus Lumina. :*

    BalasHapus
  3. Lapis Kukus Luminanya bisa tahan berapa lama ya? Maklum, ke Jepara jauh. Mungkin bisa dicoba makan di sana aja ya. Siapa tahu ada rejeki buat ke Bali lagi

    BalasHapus
  4. cheese creamnya yang bikin lebih mahal kayanya ya, tapi rasa cheese cream emang enak sih, sentuhannya pasti terasa lebih mengesankan buat lidah

    BalasHapus
  5. banyak ya sekarang oleh2 kekinian di setiap kota, di cirebon juga ada

    BalasHapus
  6. Yang varian icip-icip boleh juga nih buat kalangan menengah ke bawah seperti saya. Hehehe... Pengen nyicip tapi terkendala biaya, bagus ada versi setengah harga ya...

    BalasHapus
  7. Walah mantab euy Bali ada juga kue kekinian ya mba :) belum pernah sih aku cobain hehehe kayaknya enak nih

    BalasHapus
  8. Ya ampuuun mba.. lihat bolu kukus yang seksiiih begitu jadi pengen nyomoot satu hehehe. Enak semua lagi varian rasanya yaaa mbaa

    BalasHapus
  9. Saya pernah nyicipin yang lapis talas bogor mbak. Kebayang yang punya lumina ini deh. Manis lembut campur keju yang gurih gitu.

    Paling enak emang kalo udah masuk kulkas ya mbak. Cuma ga janji habis itu kebagian apa enggak soalnya diserbu anak-anak.

    BalasHapus
  10. Di Bali sering dikenal dengan oleh-oleh Pie. Namun, Lumina si Lapis kukus layak dijadikan trademark ari Bali juga ya

    BalasHapus
  11. Waah..enaaaak ini ya.. Aku tertarik dg yg Greentea dan Coklat deh.. Mudah2an sempat beli kalau pas ke Bali..

    BalasHapus
  12. Wah jadi banyak pilihan ya kalau ke Bali. Apalagi bisa go food, daripada kesasar kemana-mana, mending ditunggu di hotel saja.

    BalasHapus
  13. Narasinya bikin kebayang harum wangi kuenya. Kayaknya enak nih. Pengen juga buat variasi cemilan sesekali. Apalagi, udah sertifikat halalnya, ya.

    BalasHapus
  14. Varian icip-icip porsinya segimana mbak? Makin banyak ya kuliner yang bisa di beli kalau berkunjung ke Bali. Kalau aku ke Bali maunya ketemu mbak Yuni dulu aja deh :)

    BalasHapus
  15. Layak lah mba kalau harganya agak mahalan dikit dibanding lapis kukus sejenis. Dia kan pake cream cheese ya, itu harganya udah berapa sendiri. ;) Boleh juga nih idenya ntar kapan-kapan kalau ada rejeki bisa ke Bali lagi bakalan nyobain Lumina.

    BalasHapus
  16. Wah jadi alternatif oleh oleh dari bali nih ya.. seringnya kalo ke bali oleh oleh ya kacang bali dan aksesoris bali.. kali ini bisa lapis kukus bali ya.. bisa pesen go food juga ya.. bisa dianter ke bandara atau hotel tempat menginap

    BalasHapus
  17. Waaah makin menyebar ke wilayah timur ya oleh-oleh khas bolu kukus ini. Secara general konsepnya sama dengan kue-kue kekinian lainnya, namun soal rasa bagaimana? Apa sama dengan yang lainnya Mbak?

    BalasHapus
  18. Aih baca ini jadi kangen Bali deh..next kalau ke Bali bawa oleh2 ini.deh..bikin ngiler nih
    Hehe

    BalasHapus
  19. Di Bali juga ternyata ada Oleh-oleh Khas Bolu kukusnya ya. Saya ngiler deh pengen icip lumina yang rasa coklat. Btw soal harga memang lumayan mahal ya tapi pasti sebandinglah dengan rasanya apalagi sudah dilengkapi juga dengan sertifikat halal dari MUI.

    BalasHapus
  20. duh aku ngiler sama yang rasa green tea, pengen coba :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...