Budesa Resto, Tempat Makan Dengan Nuansa Bali Yang Patut Dikunjungi

Apa sih yang tak menarik bila berbicara tentang Bali. Selain menjadi destinasi wisata yang menyenangkan, banyak wisata kuliner yang layak dikunjungi dan memberikan kesan "puas" bagi penikmatnya. Apalagi baru-baru ini sempat tersiar khabar akan diterapkannya "wisata halal" di Bali, sebagai warga yang hampir 7 tahun menetap di Bali, saya pun sempat mengikuti perkembangan berita ini.

Secara tak sadar, berita ini telah menuai pro dan kontra, khususnya di lingkungan masyarakat pendatang yang sudah bertahun-tahun menetap di Bali. Kalau ada yang beranggapan bahwa di Bali tidak banyak tempat kuliner halal, nyatanya saat ini banyak berdiri warung-warung halal yang recommended. Kalau jarang ditemukan tempat ibadah, khususnya masjid, ternyata banyak juga tempat wisata baik mall, restoran, atau wahana rekreasi yang menyediakan ruangan untuk sholat. Jadi wisata halal seperti apa yang akan diterapkan di Bali?


Baiklah....berbicara tentang wisata halal di Bali, bagi masyarakat pendatang yang sudah bertahun-tahun menetap di Bali, memang dirasa tidak perlu, karena mereka sudah paham betul tempat-tempat yang boleh atau tidak boleh untuk dikunjungi. Namun bagi wisatawan? Mungkin perlu juga ya, karena mereka belum paham betul akan medan yang dikunjunginya. Takutnya salah memilih kuliner yang tidak halal atau mengunjungi tempat wisata yang tidak menyediakan ruangan khusus untuk beribadah.

Namun, saya bersyukur selama menetap di Bali, saya berada di lingkungan yang sangat menghargai saya sebagai seorang muslim. Ketika saya berniat membeli sayur di sebuah warung, dan kebetulan warung tersebut memasak olahan B2, maka si pemilik warung akan mengatakan kalau menu masakannya haram. Demikian halnya dengan para tetangga, yang notabene beragama Hindu. Ia pun akan mengatakan sejujurnya ketika memberikan sesuatu kepada saya.

Dan saya akan merekomendasikan sebuah resto berkonsep Bali dengan aneka menu masakan yang ditawarkannya. Namanya "Budesa Resto". Resto ini terletak ditepi jalan yang menghubungkan Jalan By Pass Ngurah Rai dengan Kute, yaitu jalan kearah menuju bandara I Gusti Ngurah Rai. Hampir berdekatan dengan Mall Bali Galeria.

Budesa Resto, Restoran bernuansa Bali

Tempat parkir yang luas ditambah konsep resto yang didominasi lukisan Bali, serta pernak-pernik khas Bali, menambah nyaman suasana resto ini. Apalagi ditemani alunan musik khas Bali yang setiap saat diperdengarkan khusus bagi pengunjungnya, membuat betah para pecinta kuliner yang sedang menikmati hidangannya. Resto ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Menu yang ditawarkannya pun bervariasi, sebagian olahan khas Bali. Namun secara keseluruhan, olahan yang disajikan di resto ini halal.

Menu Budesa Resto Bali

Ada nasi Bali, iga bakar, sate ayam, ayam asam manis, gado-gado, olahan bebek dan masih banyak lagi. Ada pula aneka minuman, seperti jus, shake dan aneka minuman mix buah. Mengenai harga, karena resto ini sering dikunjungi oleh rombongan wisatawan mancanegara, harganya tergolong sedikit lebih mahal dibanding resto-resto lainnya. Seperti seporsi nasi Bali dibanderol dengan harga Rp. 75.000,-

Nasi Campur Bali ala Budesa Resto


Nasi Bali menu komplit di Budesa Resto

Namun menikmati seporsi nasi Bali sudah sangat membuat perut terasa kenyang. Pasalnya dalam satu piring berisi nasi dengan aneka lauk, seperti dua tusuk sate ayam, dua tusuk sate lilit, beberapa ekor udang goreng krispi, sepotong ayam goreng kriuk, separo telur rebus yang digoreng, seporsi sayur Bali, dan dua macam sambal, yaitu sambah matah dan sambal terasi.

Iga bakar ala Budesa Resto Bali
Iga bakar

Lain lagi dengan seporsi iga bakar yang cukup mahal harganya. Sepiring iga bakar dibanderol dengan harga Rp. 140.000,- belum termasuk nasi putihnya. Kalau ingin menikmati menu lain dengan harga dibawahnya, di Budesa Resto juga menyediakan nasi goreng, gado-gado, mie goreng dengan cita rasa yang nikmat. Kebetulan, kemarin saya berempat datang ke resto ini dan memilih makanan yang sesuai lidah orang Jawa. Selain nasi Bali dan iga bakar, menu yang kami pilih adalah ayam goreng asam manis dan sate ayam.

sate ayam khas Budesa Resto Bali
sate ayam

ayam goreng saus asam manis ala Budesa Resto
ayam goreng asam manis

Sedang minuman yang disediakan juga bervariasi. Saya mencoba minuman yang terdengar aneh di telinga saya, namanya "Kuning". Ternyata, minuman ini ada mix dari buah mentimun, perasan jeruk lemon, jahe dan kunyit, yang diblender jadi satu. Rasanya nano-nano, namun cocok untuk melunturkan lemak dan menurunkan kolesterol setelah menghabiskan seporsi nasi Bali.

minuman mix ala Budesa Resto
minuman mix yang menyehatkan

Selain minuman mix diatas, ada lagi minuman kesukaan anak-anak, seperti vanila milkshake yang diatasnya diberi topping wafer atau oreo dan meses. Minuman ini juga disajikan dalam wadah gelas besar, cocoklah dengan harganya yang terbilang sedikit mahal.

vanila milkshake ala Budesa Resto
vanila milkshake

varian minuman di Budesa Resto

Dari semua menu makanan dan minuman yang kami pilih di Budesa Resto ini menghabiskan dana sekitar Rp. 600.00,- lebih. Secara hitungan matematika, itu artinya masing-masing dari kami membutuhkan dana Rp. 150.000,- untuk menikmati seporsi makanan dan minuman di resto ini. Terbilang angka yang fantastis dan lumayan mahal untuk berwisata kuliner di Bali.

interior Budesa Resto Bali
Resto dengan konsep Bali

Dan resto ini dari luar nampak sepi, karena deretan bangku yang nampak kosong. Ternyata memang tempat ini dikhususkan bagi rombongan wisatawan yang ingin berwisata kuliner di Bali. Wajar saja konsep dan sebagian menu ditawarkan menonjolkan ciri khas Bali. Meski begitu masih ada beberapa orang yang berkunjung disini sekedar icip-icip masakan Bali sambil menikmati pemandangan yang indah dan alunan musik Bali yang mendayu. Mengenai harga yang sedikit mahal, pastinya Anda pun akan memakluminya karena mayoritas wisatawan yang berkunjung kesini adalah wisatawan mancanegara seperti India, Korea, Jepang, Australia dan sebagainya.

Kalau Anda penasaran ingin berkunjung ke Budesa Resto, alamatnya ada disini:

lokasi Budesa Resto Bali

Meski pengunjungnya mayoritas adalah wisatawan mancanegara, namun resto ini halal dan recommended bagi umat muslim yang ingin mencari olahan khas Bali. Jadi kalau ke Bali, coba aja datang kesini dan rasakan sensasinya.

Happy Holiday!!!!

Posting Komentar

30 Komentar

  1. Menggiurkan banget tapi kalau ditempat wisata harganya agak lumayan pricy ya mbak penasaran sama yg dipinggir pantai nya yg seafod2 itu gimana harganya nih mbak buat jaga2 kalu ntar liburan ke Bali Hehehe

    BalasHapus
  2. Nasi balinya bnyk ya lauknya cocok bwt yg doyan lauk, tp itu makan berdua kyknya bisa kenyang ya :D

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke Bali nih, bikin mupeng lihat postingan ini

    BalasHapus
  4. Jadi ingat waktu ke Bali, bos baru aja pindah tugas dan saya diajak ikut sekalian liburan. Setiap hari kami wisata kuliner dan sama sopir ditunjukin tempat-tempat yang halal. Jadi penasaran sama resto ini, kok gak ditunjukin sama pak driver ya? Jangan-jangan jauh dari rumah dinas bos.. Tapi ini nambah referensi lagi nih untuk kuliner halal di Bali.. ^^

    BalasHapus
  5. Wah lega rasanya kalau ada label halalnya :) rekomendasi resto kalau ke bali lg. Mksh mba :)

    BalasHapus
  6. Kalau saya setuju aja wisata halal, terutama untuk kuliner. Terlepas dari apakah sekarang sudah banyak atau belum resto halal di Bali. Harapan saya kalau ada wisata halal bisa sekalian mempromosikan resto mana aja yang memang halal.

    Menunya kelihatan enak-enak, Mbak. Ydah lama banget nih saya gak ke Bali. Catat dulu, ah. Siapa tahu suatu saat ke Bali lagi

    BalasHapus
  7. Mba Yuni, aku kalo kangen Nasi Bali asli beli di Bali, beli di restoran di Semarang dan sekitarnya. Untung sih sekarang mudah dijumpai.

    Nah soal makanan halal di Bali, aku dulu juga gampang menemukan nya. Kalo nggak ke rumah makan Padang, ke Mc Donald, atau mie Jawa yg penjual nya dari Surabaya. Dulu kami sekeluarga ke Bali naik mobil dan model kayak touring, jadi mesti pinter nyari kuliner halal. Tapi pada ngasih tahu sih karena kebanyakan sebelum beli, aku nanya dulu kehalalannya

    BalasHapus
  8. Wahhh porsi nasi balinya lumayan besar yaa, saya kayaknya gak bakalan bisa habisin tuh seporsinya :)

    BalasHapus
  9. budesa resto ini bisa jadi pilihan restoran untuk umat muslim yang sedang berwisata di Bali nih. Makan di sini jadi gak khawatir lagi deh tentang kehalalan makanannya :)

    BalasHapus
  10. Pernah ngalamin susah nyari makanan halal di Bali dan alhamdulilah ini ada rekomendasinya dan beneran aku pengen mencbanya jika ke Badung nanti

    BalasHapus
  11. duuh Mbak, nasi Bali dan ayam goreng asam manisnya itu menggoda.
    jadi lapar ini, udah pas jam maksi juga ini, huhuhuh.. pengen coba jugaaa.

    BalasHapus
  12. Saya setuju ada wisata halal, mbak. Karena kadang agak was-was menikmati kuliner di daerah dengan mayoritas non muslim. Sudah 3x ke Bali dan pengen banget bisa ke sana lagi bareng keluarga.

    BalasHapus
  13. wah menggiurkan ya, siplah dicatat nih kalo2 ntr bisa main ke Bali karena suami pengen banget hehe

    BalasHapus
  14. Aman ya Mbak buat wisatawan muslim. Tapi harganya itu lho... Kurang cocok kalo untuk kantong saya, hihihi. Tapi pastinya ada harga ada rupa yaa. Tempatnya oke, menu-menunya pasti juga enak :)

    BalasHapus
  15. Catet karena aku pengen balik ke Bali. Dulu pertama kali ke sana belum banyak referensi soal tempat makan halal. Jadi makan agak seadanya banget hahaaa

    BalasHapus
  16. Harganya lumayan juga ya. Kalau stay di Bali baiknya masak sendiri nih. Tapi sekali-kali boleh jalan dan cobain resto ini

    BalasHapus
  17. Bacanya sabil bayangin iga bakar yang dimasak bumbu bali dan sate lilit yang ada di nasi bali-nya, hmm syedap bangeet.. nanti kalau pas main ke bali semoga bisa mampir ke Budesa resto ah :)

    BalasHapus
  18. Everything looks delicious indeed. I would like to try everything, especially the balinese rice. And I think the price is so friendly

    BalasHapus
  19. Kalau pas lagi liburan ke suatu tempat pasti yang diinginkan ya wisata kuliner khas nya, tapi kehalalan juga wajib diperhatikan ya kak

    BalasHapus
  20. Waktu ke Bali, aku dan suami pun khawatir mampir ke restonya. Jadi kami makan di warung padang. Pernah juga jalan jauh hanya demi mencari warung makan yang pelayannya pake kerudung heheh....Label halal di resto yang ada di Bali ini memang diperlukan untuk para wisatawan muslim dari luar Bali, karena masih banyak yang menganggap semua haram. Itu Budesa Resto masih ada birnya ya. Kalo suamiku ga mau mampir kalo masih jual bir,karena takut pake gelas yang sama buat minuman lain.

    BalasHapus
  21. Sambelnya aduhai, ngiler banget Mba bikin pengen mudik ke Bali
    kalo ke Bali selalu ada sambel itu. BUdesa Resto mantep banget ini. Jadi pengen mampir kapan-kapan

    BalasHapus
  22. Nyam kyknya makanannya enak2, alhamdulillah ya kalau makanannya halal.
    Budesa singkatan dr bumbu desa ya mbak?
    Itu nasi Bali aku pernah nyoba sekali di nikahan tetangga yg keturunan Bali nyam, persis kyk gtu bentuknya tumpeng, tapi gak selengkap itu sih pinggiran2nya hehe

    BalasHapus
  23. Waaah...iya harganya lumayan ya mba. Tapi standar resto di Bali emang segitu sih ya.
    Mba, menunya itu memang halal, tapi begitu lihat banner ada beer nya langsung bikin lemes ;) Iya sih, itu kan resto utk wisatawan ya, mereka klo enggak mimik beer kurang afdhol. Aku juga merasakan saat dulu menemani buyer dari luar negeri makan, pasti kok mintanya minum beer. Padahal habis maem paling bagus kan minum air putih yaaaa... *dibahas :))

    BalasHapus
  24. Ya, kehalalan memang hal utama yang harus diperhatikan ya mbak. Apalagi klu kita berkunjung ke tempat wisata yang notabenenya mayoritas non muslim kudu ekstra hati-hati ini.

    Nah klu ada ulasan recommended tempat makan yang halal seperti ini tentunya kita nggak bakal ragu lagi ya. Btw thanks infonya mbak . Semoga suatu hari saya bisa berkunjung ke Bali dan menyantap makanan di Budesa Resto yang bikin ngiler ini, hehe

    BalasHapus
  25. Aku selalu suka resto dengan makanan rumahan. Seleranya ga jauh-jauh dari menu rumahan. Maklum anak baik hahahahah #justkidding

    BalasHapus
  26. Kalau dilihat dari foto2nya kayaknya uenak ya mba.. dan bisa jadi opsi wisatawan muslim. Tapi harganya kok agak nganu wkwkwk

    BalasHapus
  27. Nyaman banget ya tempat Budesa Resto ini terasa makanan rumahan yang berkelas. Tapi aku mupeng nih makan di sana, tempatnya asyik bakal banyak bermunculan ide ya

    BalasHapus
  28. Wah iga nyaaaaa bikin ngiler ences ences nyom nyom. Dulu th 2012 ke Bali keluar masuk resto krn tiap kali ditanya selalu jualan B2. Ujung2nya makam di resto yg ga terlalu enak menunya . Coba dlu ku tau yaks. At least kl ntar ke bali jd tau resto halal budesa ini.

    BalasHapus
  29. aku belumn pernah jalan ke bali mb.. tapi kurasa memang penting banget kita punya daftar resto hjalan yang makanannya enak, tempat cozy, dan harga masih masuk akal. karena tujuan kesana pasti pengen berwisata kan ya. kalo cari makan bingung kan jadi ngabisin waktu, hehehe.

    BalasHapus
  30. Nasi Bali nya menggoda selera sekali mbak dgn aneka macam lauk, juga ada sambal matah dan sambal terasi, dgn bentuk nasinya yg seperti tumpeng dan tempatnya yg nyaman bernuansa tradisional Bali, nggak heran jika dipatok seharga Rp 75ribu.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...