Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku 


Masih ingat lagu ciptaan Pak Kasur yang singkat dan penuh makna ini kan? Dengan mandi pastinya membuat tubuh kita makin bersemangat. Hayo ngaku..siapa yang malas mandi? Tapi benar kok, tidak selamanya hasrat untuk mandi terus menggebu. Apalagi saat libur tiba. Dengan berbagai alasan, mungkin karena tidak ada kegiatan keluar, atau badan tidak berkeringat, membuat saat libur lebih memilih bermalas-malasan diatas kasur dan enggan beranjak ke kamar mandi.


Dengan mandi membuat tubuh kita menjadi sehat, segar dan makin bersemangat untuk beraktifitas. Bahkan dengan mandi pula kita akan mendapatkan banyak manfaat. 

Pernah suatu hari teman sekolahku yang sudah puluhan tahun tidak bertemu tiba-tiba datang ke rumah. Seperti biasa Ibu selalu menyambut teman-temanku yang datang ke rumah dengan riangnya.
“Yun, ibumu kok awet muda ya. Dari jaman sekolah dulu sampai sekarang tetap seperti ini. Apa sih rahasianya?” Tanya temanku penuh keheranan.

Alhamdulillah ibu masih terlihat awet muda meski usianya menjelang 70 tahun. Padahal beliau seorang single parent yang sudah 27 tahun berjuang seorang diri membesarkan putri-putrinya hingga lulus menjadi sarjana. Sejak ayah meninggal, Ibu memang tidak berniat untuk menikah lagi. Namun dengan segala kekuatannya beliau berjuang demi meraih kehidupan yang lebih baik. Nyatanya, saat ini Ibu masih terlihat awet muda meski harus melewati masa-masa sulit menjadi seorang single parent
Apa Rahasianya? 
Ibu memang suka mandi pagi. Sebelum adzan Shubuh berkumandang, beliau sudah bangun dan langsung menuju ke kamar mandi. Padahal udara masih sangat dingin, tentunya air mandi yang berasal dari sumur jauh lebih dingin. Namun Ibu tak pernah takut dingin. Selesai mandi, beliau langsung menunaikan sholat Shubuh, setelahnya menuju dapur dan berkutat dengan pekerjaan dapur. Seolah pekerjaan Ibu sudah terjadwal. Tak sampai jam 9 pagi, semua pekerjaan Ibu sudah selesai. Mulai dari memasak, menyapu halaman dan lantai, mencuci sampai menyeterika. Padahal di rumah tidak ada mesin cuci. Ibu mencuci pakaian menggunakan tangan. Pun juga tak ada wastafel, beliau harus bolak-balik mengangkat air dan diletakkan di ember untuk digunakan mencuci perabotan dapur.

Begitupun dengan air minum. Ibu tak pernah membeli air minum dalam kemasan, baik botol maupun galon. Beliau selalu memasak air sumur untuk diminum setiap hari. Sementara hari-harinya tak melulu membereskan pekerjaan rumah saja. Ada aktifitas lain yang dikerjakan Ibu, seperti PKK, posyandu, karang wreda, warakawuri dan masih banyak lagi. Sedang sorenya, Ibu selalu mandi sore saat adzan Ashar berkumandang. Beliau jarang mandi malam, karena banyak yang beranggapan mandi malam mengakibatkan reumatik.


4 MANFAAT MANDI AIR DINGIN
Nyatanya  dengan mandi manfaatnya sangat banyak terutama bagi tubuh kita. Menurut sumber informasi dari Yale School of Medicine, manfaat mandi bukan hanya untuk kesegaran tubuh namun juga membuat tubuh makin sehat dan bersemangat memulai aktifitas. Berikut beberapa manfaat mandi yang kudapatkan dari berbagai sumber di internet:

πŸ‘‰Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Suhu yang dingin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh, artinya air dingin dapat memperbaiki sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Saat mandi, otomatis air dingin akan menyentuh tubuh,  sehingga mampu memacu kinerja arteri dalam memompa darah.  Ini dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu, dengan mandi air dingin dapat  memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Disamping dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih berperan melawan berbagai virus dan bibit penyakit.  Bila produksi sel darah putih meningkat, maka daya tahan tubuh semakin kuat. Bahkan dengan mandi air dingin,  tubuh akan mampu memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan oleh sistem imun untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

πŸ‘‰Meningkatkan Energi dan Lebih Fokus
Saat tubuh diguyur dengan air dingin, seolah membuat mata langsung terbelalak. Ibarat minum kopi, mata sulit terpejam dan tubuh pun akan merespon. Bahkan secara tidak langsung kita akan menghirup udara, membuat tubuh akan menyerap oksigen lebih banyak. Dengan begitu otomatis memunculkan energi baru yang membuat tubuh makin bersemangat. Dengan mandi  pula dapat melatih saraf untuk meredam emosi, terhindar dari stress dan lebih fokus ketika dihadapkan pada sebuah masalah.

πŸ‘‰Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
Kulit kusam dan rambut rontok biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit, baik kulit wajah maupun kulit kepala. Dengan mandi air dingin akan mengencangkan pori-pori kulit, sehingga kulit wajah akan terlihat lembab dan kenyal. Rambut pun akan lembut, bercahaya dan memiliki akar yang kuat, karena air dingin mampu menutup kutikula rambut sehingga rambut terhindar dari masalah kerontokan dan terlindungi dari kotoran yang menempel pada kulit kepala.

πŸ‘‰Menurunkan Berat Badan
Ternyata mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan. Cocok banget bagi yang menginginkan tubuh ideal. Seperti kita tahu, didalam tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, yaitu: lemak putih, yang berupa penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher, terjadi ketika kita mengonsumsi kalori berlebihan ; dan lemak coklat, yaitu lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh kita hangat, dan dibakar ketika kita terkena dingin yang ekstrim. Dengan mandi air dingin dapat mempercepat laju metabolisme lemak coklat. Menurut data sebuah studi tahun 2009 membuktikan adanya suhu dingin ekstrim yang dapat membakar lemak coklat pada tubuh dengan peningkatan 15 kali lipat. Ini artinya kita bisa kehilangan kurang lebih 5 kilogram berat badan  jika terus rajin mandi dengan air dingin dalam setahun. Waaah fantastis bukan!

KHASIAT MANDI PAGI SEBELUM SHUBUH
Ternyata benar, mandi pagi sebelum adzan Shubuh berkumandang memiliki khasiat yang luar biasa, seperti rutinitas Ibu sesaat setelah bangun tidur.  Hayo siapa yang malas bangun pagi? Berikut ini beberapa khasiat mandi pagi yang patut kamu ketahui:

πŸ‘‰Memperbaiki suasana hati
Dengan mandi pagi dapat memperbaiki suasana hati, karena dapat menstimulasi  titik biru di otak yang menjadi sumber noradrenalin, yaitu zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi.  Bahkan saat air dingin mengguyur tubuh di pagi hari, otomatis hormon endorfin akan diproduksi. Hormon ini dapat mengurangi rasa sakit, memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia. Selain itu dengan mandi dapat meningkatkan kadar produksi hormon serotonin yang berkaitan dengan kebahagiaan.  Inilah yang memberikan perasaan lebih baik, segar dan Good Mood setelah mandi pagi.  

πŸ‘‰Dapat mengatasi berbagai permasalahan tubuh
Dengan mandi pagi dapat mengatasi berbagai permasalahan yang sering dialami, seperti wasir, kelebihan berat badan atau diabetes. Mandi pagi akan meredakan nyeri wasir, bahkan dengan guyuran air dingin akan mengakibatkan terjadinya proses detoksifikasi yang menyeimbangkan kadar gula darah, sehingga kadar gula dalam tubuh pun menurun. Ini baik sekali dilakukan oleh orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes.

πŸ‘‰Terlihat awet muda
Rutin mandi pagi akan membuat tubuh terasa segar, kulit pun menjadi cerah, halus dan sehat. Bahkan, bila rutinitas ini dilakukan setiap hari akan membuat lingkaran hitam dibawah mata perlahan hilang. Hal ini dikarenakan air dingin yang menawarkan sifat sejuk dan segar menjelang Shubuh diyakini bisa membuat kulit lembab dan kenyal.

πŸ‘‰Bisa mencegah hipertensi
Melakukan mandi pagi secara rutin diyakini bisa mengurangi resiko penyakit hipertensi, hal ini dikarenakan air dingin mampu menekan gejala varises dan pengerasan pembuluh darah, sehingga tubuh dapat menerima suplai oksigen dan nutrisi dengan baik.

πŸ‘‰Baik untuk sistem reproduksi
Bagi pasangan yang belum dikarunia keturunan, atau yang berniat menambah momongan, mandi pagi sebelum shubuh diyakini mampu meningkatkan hormon reproduksi testosteron untuk pria dan estrogen untuk wanita. Cobalah melakukan ritual mandi pagi ini agar sistem reproduksi semakin berfungsi dengan baik.

πŸ‘‰Mengoptimalkan kerja organ tubuh
Mandi pagi sebelum Shubuh bisa menaikkan suhu tubuh hingga mencapai kestabilan, karena dengan mandi pagi bisa merangsang sistem peredaran darah dan saraf menjadi lebih efektif.  Jantung terpacu untuk bekerja, adrenalin meningkat dan aliran darah pun menjadi lancar.
Ternyata melakukan ritual mandi pagi sebelum Shubuh bisa dijadikan obat mujarab untuk berbagai penyakit. Dan rasanya ini lebih baik dibandingkan harus berobat ke dokter dan membutuhkan biaya banyak.

MEMBIASAKAN MANDI SESERING MUNGKIN AGAR TUBUH SEGAR
Orang tua jaman dulu banyak yang awet muda meski usianya tak lagi muda. Salah satu kuncinya adalah mandi pagi sebelum shubuh. Seperti Ibu yang sampai saat ini masih rutin mandi pagi. Ternyata tak mudah melakukan ritual mandi pagi, apalagi dengan keadaan cuaca yang sangat dingin, bisa menggigil berkepanjangan.
Namun karena aku hidup berpindah-pindah alias nomaden, akhirnya sering melakukan rutinitas mandi pagi ini agar tubuh terasa segar. Aku terlahir di Blitar, melanjutkan kuliah di Malang dimana hampir tiap hari udaranya dingin. Sering menunda mandi ketika masih di Malang. Tapi ketika hijrah ke Sidoarjo untuk bekerja, akupun merasakan gerah yang berkepanjangan. Udara yang selalu panas, ditambah polusi udara karena asap pabrik yang membuat udara tak segar, tentu membuat tubuh sering terasa lengket. Bahkan ingin mandi berulang-ulang.
Terlebih setelah menikah, aku mengikuti suami yang bertugas di Papua. Cuacanya jauh lebih panas dari Sidoarjo. Bahkan membuat kulit menjadi gelap. Ingin berdiam diri di rumah, nyatanya tak betah karena panasnya luar biasa. Namun ketika harus keluar rumah, aku pun harus menerima kenyataan warna kulit makin gelap karena tak tahan panasnya.
Dari Papua, aku ikut suami yang pindah ke Bali. Ternyata masih sama. Bali cuacanya panas. Bahkan ketika musim kemarau berkepanjangan, dimana semua tanaman mengering, debu beterbangan, cuaca pun makin panas. Mau tak mau aku harus sesering mungkin mandi. Apalagi air di kamar mandi tidak sesegar air di Jawa. Saat tubuh terasa gerah, berharap akan segar setelah mandi, nyatanya tetap saja gerah.
Apalagi kegiatanku yang padat. Hampir tiap hari aku tidak ada di rumah. Kadang hadir di undangan blogger. Kadang pula mengikuti kegiatan organisasi yang tidak ada habisnya. Bahkan acara kumpul teman juga membuatku harus berangkat gelap dan pulang petang. Ada saatnya aku mengikuti kegiatan rafting bareng teman, atau menghadiri undangan dari kader posyandu, atau bahkan menghadiri acara yayasan dan sebagainya.

Kalau sudah demikian pasti tubuh akan terasa lengket dan butuh air untuk sekedar membasuh muka. Aku termasuk orang yang sering  mandi. Dalam sehari bisa sampai empat kali mandi. Kadang mandi sebelum Shubuh. Setelah berkutat dengan urusan dapur tubuh pun terasa gerah. Lalu mandi lagi. Saat siang menjelang akupun kembali mandi karena panasnya cuaca di Bali. Dan sorenya aku kembali mandi agar tubuh terasa segar saat malam menjelang.
Terlebih ketika Indonesia dinyatakan pandemi virus Corona Covid-19, berasa parno duluan. Mau keluar takut, mau mendekati kerumunan juga takut. Bahkan, ketika berada di mall karena harus belanja kebutuhan harian tak sengaja didepanku seorang bule, rasanya sudah takut duluan. Inilah yang membuatku benar-benar menjaga kebersihan badan. Sesering mungkin aku mandi agar tubuh terasa fresh.

Menyebarnya virus corona Covid-19 ini memang menjadi masalah terberat yang dialami dunia. Hampir semua negara terjangkiti virus ini. Menakutkan memang, karena menyebarnya virus ini membuat perekonomian lumpuh, beberapa karyawan terpaksa harus kehilangan pekerjaan. Kita berharap semoga masalah ini segera berlalu dan perekonomian dunia kembali membaik..amin.πŸ’—

Namun janganlah kita terus didera kesedihan dan ketakutan menghadapi virus yang menjadi wabah dunia ini. Ada hikmah yang bisa kita petik dari wabah ini, diantaranya: kita bisa meningkatkan quality time bersama keluarga. Termasuk aku yang hampir tiap hari keluar rumah dan jarang menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, dengan anjuran untuk berdiam diri di rumah, akupun bisa seharian menjalankan berbagai rutinitas, seperti memasak, mencuci, seterika dan mendampingi anak belajar secara online, sambil tetap menerapkan pola hidup sehat.


Dan sepagi ini rasanya aku berbunga-bunga ketika suami memuji masakanku. Padahal yang kumasak sangat sederhana, seperti: urapan, pecel, mendol tempe dan telur dadar yang kucampur sayuran. Dan bahagia itu memang sederhana, ketika kerja keras kita seharian didapur tiba-tiba dipuji oleh orang tersayang, disitulah aku merasakan kebahagiaan yang tak bisa tergantikan.



NIKMATNYA SENSASI KEHARUMAN MANDI 

PARFUM BERSAMA VITALIS PERFUMED 

MOISTURIZER BODY WASH



Berbicara tentang kebiasaan mandiku, sejak hidup berpindah-pindah aku lebih menyukai sabun cair ketimbang sabun batangan. Sabun cair mudah dibawa kemana-mana dan menghasilkan busa yang banyak. Bahkan aroma wangi sabun cair lebih tahan lama ketimbang sabun batangan. Dan aku lebih suka sabun mandi cair yang harumnya awet tampa harus menggunakan handbody atau parfum setelah mandi.

Memperkenalkan Vitalis Perfumed Moisturizer Body Wash sebagai sabun mandi dengan aroma parfum yang tahan lama.


Vitalis sebagai market leader di pasar Female Fragrance dan tumbuh double digit setiap tahunnya, memahami trend parfum yang berkembang dan memahami karakter parfum yang disukai konsumen di Indonesia. Dan di pertengahan tahun 2019, Vitalis lebih mengedepankan aroma parfum dalam menciptakan produk body wash-nya. Dengan aroma parfum yang terkandung didalam body wash ini, diharapkan vitalis mampu memberikan pengalaman mandi yang harum dan menyegarkan.


Selain menghadirkan aroma parfum, didalam sabun cair Vitalis juga mengandung moisturizer yang tidak membuat kulit kering. Bahkan dilengkapi dengan high quality moisturizer yang mampu menjaga kelembapan kulit setelah mandi pakai sabun cair ini. 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash hadir dengan tiga pilihan variant yang berbeda dengan keunggulan yang berbeda pula pada tiap variannya.

πŸ‘‰White Glow


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow mampu mencerahkan, menghaluskan, dan melembutkan kulit. Menghadirkan aroma parfum fruity dari paduan manisnya Cherry & Raspberry, ditambah wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dikombinasikan dengan Woody & Suede yang glamour dan long lasting.  Aroma White Glow ini diperkaya dengan ekstrak licorice dan susu, yang membantu merawat kulit  tampak bersih dan bersinar.

Aku sudah mencoba body wash ini dan hasilnya luar biasa, meski tidak memakai handbody setelah mandi kulitku terlihat bersinar dan bersih. Hebatnya lagi tak perlu memakai lulur, dengan rutin menggunakan body wash ini mampu mencerahkan kulit. Jadi tunggu apa lagi, yuk mencoba vitalis body wash ini untuk mandi setiap hari.


πŸ‘‰FRESH DAZZLE


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle ini mampu membuat kulit terasa segar, halus  dan lembut. Menghadirkan aroma parfum Bergamot yang segar, ditambah wangi Floral Bouquet yang elegan, feminin dan disukai wanita, dilengkapi dengan Musk Amber yang long lasting. Aroma Fresh Dazzle diperkaya dengan ekstrak Yuzu Orange dan anti oksidant dari green tea, agar kulit terasa lebih bersih, wangi, segar dan terawat.

Aroma green tea yang ada dalam body wash ini membuat aromanya awet melekat ditubuhku. Bahkan seharian serasa memakai parfum, tak kuatir dengan bau badan bila cuaca panas atau gerah.


πŸ‘‰ SOFT BEAUTY


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty mampu membuat kulit terasa halus, lembut dan terawat. Menghadirkan aroma parfum Fruity Aldehydic yang menyegarkan, ditambah dengan wangi Rose & Violet yang feminine, dilengkapi manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium. Aroma Soft Beauty diperkaya dengan ekstrak Avocado dan vitamin E untuk membantu menjaga kulit tetap terasa kenyal, halus dan  lembut.

Begitupun dengn Vitalis body wash soft beauty. Dengan ekstrak Avocado dan vitamin E yang ada didalamnya, pastinya mampu menjaga kulitku tetap kenyal dan kencang serta terlihat cantik sepanjang hari.


Vitalis body wash merupakan sabun cair yang terbukti memberikan banyak manfaat untuk memenuhi kesegaran kulit wanita Indonesia. Menggunakan vitalis sebagai sabun mandi sehari-hari akan memberikan pengalaman mandi parfum yang luar biasa dibandingkan sabun mandi lainnya.

Seperti aku yang selalu berkutat dengan berbagai kegiatan. Bahkan seharian harus diluar rumah, tanpa menghiraukan teriknya udara di Bali. Hingga seringnya aku merasa gerah dan ingin mandi berulangkali. Maka aku memilih vitalis body wash sebagai sabun mandi beraroma yang wanginya tahan lama.

Saat aku harus ke Karangasem mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari rafting, dilanjutkan mengunjungi Tirta Gangga hingga mengunjungi wisata Taman Ujung yang menyimpan sejarah Raja Karangasem, tentunya aktifitas seharian yang padat membuat tubuh harus sesering mungkin tersentuh air dan sabun mandi. Disinilah aku mencoba sensasi sabun cair Vitalis Soft Beauty yang wanginya khas dan tahan lama.

dokpri

Setelah selesai mengikuti rafting sepanjang sungai Telaga Waja, aku mandi menggunakan sabun cair vitalis soft beauty. Dengan aroma wangi green tea yang khas dan tahan lama, akupun tak khawatir akan bau badan meski saat itu lupa tidak membawa handbody dan parfum. Bahkan setelah kegiatan rafting aku harus mengunjungi dua tempat wisata sekaligus. Meski cuaca saat itu panas, dan tubuh ikut merasakan gerah, namun tak serta merta memudarkan aroma khas dari vitalis soft beauty  yang khas.

masak bareng suami (dokpri)

Demikian juga saat berada di rumah dan berkutat dengan pekerjaan dapur, aku juga beberapa kali mandi agar tubuh terasa segar. Tentunya dengan memakai sabun mandi beraroma khas yang busanya melimpah. Dengan begitu aku tak perlu lagi menggunakan handbody atau parfum tambahan. Bisa sedikit ngirit untuk kebutuhan kosmetik.

sumber gambar: Press Release Vitalis

Bukan hanya vitalis soft beauty saja yang sudah kucoba, namun aku juga mencoba kedua varian lainnya; fresh dazzle dan white glow untuk mandi sehari-hari. Dengan aroma parfum yang khas di masing-masing varian, membuatku puas mandi dengan sabun cair ini. Aku makin bergairah menjalani rutinitas dan tampil percaya diri sepanjang hari.

KEMASAN VITALIS BODY WASH

vitalis ukuran kecil 50 ml dan sedang 200 ml

Dari tiga varian sabun cair yang berbeda ini, baik White Glow, Fresh Dazzle maupun Soft Beauty disediakan 3 kemasan yang berbeda. Ada yang dikemas dalam botol ukuran kecil dan sedang, ada pula yang dikemas dalam bentuk refill, dengan ukuran sebagai berikut:
πŸ’¨ Vitalis body wash botol ukuran kecil 50 ml
πŸ’¨ Vitalis body wash botol ukuran sedang 200 ml
πŸ’¨ Vitalis body wash kemasan refill ukuran 450 ml

kemasan vitalis refill 450 ml (dokpri)

Untuk bepergian di area Bali aku sering membawa vitalis body wash ukuran kecil yang praktis. 




Bersama Vitalis 

pancarkan pesonamu raih bintangmu!


TENTANG UNZA VITALIS


PT. Unza Vitalis merupakan produsen produk perawatan kulit dan tubuh serta fragrance dengan merek-merek ternama, seperti: Vitalis, Sumber Ayu, Izzi, Enchanteur, Romano, Doremi, Safi dan Bio Essence. Saat ini PT. Unza Vitalis memimpin pasar Indonesia di kategori fragrance.

Bahkan PT. Unza Vitalis juga merupakan  bagian dari  Wipro Consumer Care & Lighting Group, termasuk salah satu produsen dan pemasar produk perawatan tubuh terkemuka di Asia Tenggara dengan merek-merek yang difokuskan untuk jutaan konsumen di Asia. Wipro Consumer Care & Lighting Group memproduksi dan memasarkan lebih dari 24 merek unggulan di 50 negara diantaranya terdapat di Asia Tenggara, China, India dan sekitarnya

Untuk mengetahui produk-produk vitalis, bisa mengunjungi akun media sosialnya seperti dibawah ini:
πŸ‘‰ Facebook: https://www.facebook.com/pesonavitalis/
πŸ‘‰ Instagram: https://instagram.com/pesonavitalis/
πŸ‘‰ Twitter: https://twitter.com/PesonaVitalis?s=09




121 Komentar

  1. Aku sukaakkk dgn semua aroma Vitalis!
    Super menyegarkaaan
    So relaxing and refreshing gituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aroma Vitalis seperti aroma parfum yang awet alias tahan lama

      Hapus
  2. Wah kok ibuku juga hobi mandi ya? Malah selalu nasehati aku kalau bangun mandi dulu, baru bersih2 rumah. Ntar kalau keringetan ya mandi lagi. Aku punya hampersnya juga tapi tinggal dikit. Yg hijau udah habis. Seger wanginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak rahasia awet muda salah satunya karena mandi pagi sebelum shubuh, disamping itu mandi pagi membuat kita tidak malas untuk memulai aktifitas

      Hapus
  3. Hoo ada ukuran botol kecilnya ya Mbak Yuni. Baru tahu saya. Bagus buat coba-coba wangi yang mana cocok di hati, beli botol kecil dulu, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang ukuran mungil 50 ml mba...bisa dibawa kemana-mana

      Hapus
  4. Saya suka semua wangi Vitalis ini Mbak, wanginya nggak ngebosenin... Bikin semangat kalau mandi hehehe... Btw saya baru tahu kalau ada vitalis body wash kemasan kecil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ada yang kecil ukuran 50 ml...imut banget bisa dibawa kemana-mana

      Hapus
  5. Sama mendiang ibuku juga kalau mandi itu pagi-pagi sebelum berkumandang subuh dan ga pernah pake air anget beda sama aku wkwkwk malesnya ga ketulungan kalau mandi pagi tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak...kadang kita tuh kalau disuruh mandi pagi males banget beda sama ibu yang paling rajin mandi pagi...mungkin ini salah satu rahasia awet muda beliau.

      Hapus
  6. Tapi, mandinya harus air dingin kalau mau turun berat badan, ya? Saya bukan penggemar mandi air dingin hehehe. Kalau sabunya sih saya suka. Memang enak wangi Vitalis ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak harus mandi air dingin...bahkan yang paling dingin hehehe

      Hapus
  7. Manfaat mandi memang banyak banget untuk kesehatan tubuh ya.
    Akusuka dengan wangi dari semua varian Vitalis body wash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vitalis body wash sabun cair yang wangi banget serasa mandi parfum kalau pakai Vitalis

      Hapus
    2. Benar banget, mba Yun.
      Praktis dan komplt banget kandungan dari Vitalis body wash ini. Sesuai dengan kebutuhan kulit wanita, dan pria jg suka :)

      Hapus
  8. Saya suka mandi air dingin, rasanya lebih segar, tapi kalau lagi musim dingin, kadang saya nggak kuat malah menggigil di kamar mandi hahaha.
    Mandi pakai vitalis body wash ini favorit saya banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mandi air dingin rasanya seger banget apalagi sabunnya wangi sewangi Vitalis...pasti tambah seger deh

      Hapus
  9. Kelihatannya aktivitas simple ya Mak, tapi memang efeknya mandi sebagai relaksasi juga. Aku aja kalau udah mulai gerah, tubuh gak nyaman, urung uringan langsung masuk kamar mandi. Apalagi kalau mandinyabpakai shower, berasa kulit dipijit pijit hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul Mak...baru masak didapur aja udah gerah ujung-ujungnya harus mandi lagi hehehe

      Hapus
  10. Orang-orang Indonesia kayaknya rajin mandi sejak zaman dulu. Kebiasaan yang begini yang harus dilestarikan. Biar sehat terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak...orang jaman dulu mungkin punya cara untuk membuat awet muda dan terbebas dari penyakit. Salah satunya dg mandi.

      Hapus
  11. Karna orang yang tinggal di negara tropis harus sering-sering mandi ya biar kulit dan tubuhnya sehat, di Indonesia kebiasaan mandi pagi dan sore, emang banyak manfaatnya dan bikin bada seger. Btw, aku juga pake Vitalis mba, wanginya enak dan tahan lama. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mandi ternyata banyak manfaatnya.... bahkan bisa menyehatkan tubuh apalagi kalau mandinya pakai Vitalis bikin tubuh tambah seger.

      Hapus
  12. Lhooh..ada yg 50 ml juga ya? Asyik nih bisa buat bekal jalan2.. BTW salam hormat untuk ibu ya mbaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ada yang ukuran mini bisa dibawa kemana-mana. Terimakasih mbak.... Insyaallah salamnya saya sampaikan.

      Hapus
  13. Alhamdulillah ibu masih sehat ya mbak segar juga dilihatnya. Orang tua jaman dulu tuh rajin mandi pagi, mau sholat subuh mandi, kadang tiap mau sholat tuh bapakku juga mandi dulu.
    Aku kadang mandi air dingin kadang air hangat lihat kondisi tubuh dulu. Biar fresh dan segar mandinya pakai vitalis body wash ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak....beliau suka bergerak dan rajin mandi. Apalagi kalau mandinya pakai Vitalis pasti makin semangat mandinya.

      Hapus
  14. Vitalis ini wanginya memang asli enak banget ya mbak. Lembut dan ga nyegrak. Aku suka yang varian warna pink. Berasa mandi bunga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan Vitalis serasa mandi parfum mbak...wanginya tahan lama. Yang pink wangi ya mbak.

      Hapus
  15. Padat sekali Bu aktivitas sehari-hari nya. Salut nih tetap produktif ya. Pulang pulang langsung me time deh dengan mandi keharuman. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak padat hampir tiap hari beraktivitas...tapi inilah seninya menjadi ibu rumah tangga yang butuh refreshing...me time nya dg mandi Vitalis hehehehe

      Hapus
  16. Suka juga dengan Vitalis Body Wash ini. Bikin mandi jadi nyenengin. Wangi dan bikin seger juga. Fresh deh abis mandi.

    BalasHapus
  17. Wah rajin sekali mandi sebelum subuh hehe :D Ternyata manfaatnya banyak yaa :D
    Btw saya juga makai sabun Vitalis lho tapi masih pakai satu varian aja, yang ijo, jadi penasaran gimana harumnya dua kemasan lainnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngikutin kebiasaan ibu mbak...biar terlihat awet muda seperti ibu hehehe

      Hapus
  18. Mandi air dingin dan mandi di pagi hari emang banyak manfaat bagi tubuh aq paling suka mandi di pagi hari pake air dingin kcl klu dingin banget sukanya mandi air hangat, skrg klu mandi pake Vitalis jg duh seger banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. mandi air dingin pakai vitalis body wash...sensasinya luar biasa serasa mandi parfum hehehe

      Hapus
  19. Memang mandi pakai Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash meningkatkan mood deh, aku juga pakai mbak yang botolnya pink :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti aroma vitalis white glow ini seger banget ya mbak

      Hapus
  20. Wuiih... mandi sebelum Subuh mba? Langsung ndrodok mbayangkene :))
    Semarang sini memang panas banget mba, tapi nek mandi isuk umun-umun alias pagi buta gitu belum pernah mba. Ternyata itu rahasia awet muda ibu yo mba...

    Di sini panas gerah, enak mandi berkali-kali, apalagi ditemani Vitalis yang wanginya bisa bertahan lama di kulit. Segar dan wangi sepanjang hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah terbiasa mbak hehehe...apalagi air di Denpasar tidak begitu dingin...jadinya pengen mandi sesering mungkin pakai vitalis body wash hehehe...

      Hapus
  21. Khasiat mandi subuh itu asik banget ya mbak apalagi bisa membuat lebih fresh dan semangat. Kalau Vitalis Body Wash aku suka yang Whiter Glow mbak, aromanya lembut dan buat kulit makin glowing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak yang white glow aromanya seger ya bikin kulit tubuh lembut dan glowing

      Hapus
  22. Bacanya auto nyanyi aku buund wkwkwk 😍
    Aku pun pecinta vitalis bund. Dari remaja, parfumku vitalis, aromanya menyegarkan tapi gak menyengat. Eh skrg ada body washnya yaaa 😍 jadi mau coba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk cobain mandi pakai sabun mandi vitalis...biar makin betah di kamar mandi sambil nyanyi hehehe

      Hapus
  23. Mandi dengan Vitalis jadi salah satu cara saya menjaga mood Mba. Terutama di tengah banyaknya berita tentang wabah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak....merebaknya wabah Covid-19 ini memang menyita banyak perhatian dan bikin stres kalau melihat kondisi yang terjadi...dan vitalis bisa menjadi pereda stres itu. Semoga wabah ini segera berlalu dan masyarakat kembali hidup normal..aamiin

      Hapus
  24. Aku paling suka yang hijau mba Yuni hehehe segernya nggak ilang-ilang
    tapi semuanya juga suka bikin betah mandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya aku juga suka yang hijau yang fresh dazzle...seger banget aromanya..tapi semua varian harum juga lho bisa dicoba kalau gak percaya hehehe

      Hapus
  25. Saya sudah mencoba ketiga varian ini dan semuanya sudah habis. Alhamdulillah memang nyaman, bersih, wangi dan rencananya mau beli lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak puaas kalau punya stok sedikit ya mbak..karena aromanya memang nagih

      Hapus
  26. Harus menikmati mandi wangi yang enaaak dan segar ya mba.. pasti relaxing

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak mandi parfum ini bikin tubuh relax dan harumnya awet

      Hapus
  27. ternyata banyak manfaatnya juga ya mandi air dingin. aku sukanya mandi air panas soalnya seger banget di badan habis mandi. badan jadi rileks dan aroma vitalis itu menangnya beneran mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya suka mandi air dingin mbak apalagi pakai vitalis body wash...dijamin deh aroma tubuh bakal harum sepanjang hari

      Hapus
  28. Eh itu ada kemasan kecilnya ya?
    Saya baru tahu
    Kupikir cuma refill aja dan botol standar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada kemasan kecilnya yang bisa dibawa kemana-mana...harumnya serasa mandi parfum

      Hapus
  29. Eh ternyata ada yg kemasan kecil.Tahuku refill dan 200 ml.
    Hmmm harumnya vitalis emang menyegarkan dan rileks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak kemasan kecilnya bisa dibawa kemana-mana.

      Hapus
  30. Bapakku rajin mandi sebelum shubuh. Alhamdulillah di usia yang 70an ini bapak tetap sehat dan banyak aktivitasnya. Ternyata banyak ya manfaat mandi. Aku suka semua varian Vitalis body shop, harum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya mbak....terbukti mandi sebelum shubuh membuat bapak terlihat bugar ya...yuk mandi pagi pakai vitalis body wash.

      Hapus
  31. negara tropis kayak Indonesia ini bikin badan cepat keringetan dan lengket, salah satunya ya harus mandi, kadang sehari mandi lebih dari 2 kali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak...kalau pas cuaca menyengat rasanya tubuh cepat terasa lengket butuh mandi sesering mungkin.

      Hapus
  32. Senang sekali dengan aroma wanginya vitalis perfumed moisturizing body wash dan juga buat kulit lembut ya kak,apalagi yang fresh dazzle bikin mood bagus terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. naah samaan deh dengan aku, dari ketiga varian ini yang paling favorit adalah yang fresh dazzle...bikin aku gak berhenti-henti mengusap-usap busanya hehehe

      Hapus
  33. Mandi memang mujarab ya mbak. Salah satu obat alami. Apalagi ditemenin wangi vitalis perfumed body wash, bikin mandi makin seru. Anak-anak juga makin nempel, makin suka meluk ibunya, wanginya enak dan tahan lama ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak khasiat mandi luar biasa banyaknya...sebagai obat alami beberapa penyakit. jadi tak perlu lagi ke dokter cukup kita rutinkan mandi pagi...sembuh deh.

      Hapus
  34. Sepertinya yuni lihat Vitalis Body Wash di supermarket dekat rumah yuni belum ada deh. Paling di marketplace aja ya, Mbak. Tapi beneran, mandi pake vitalis tu kayak #mandiparfum

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget....vitalis body wash ini harum banget kalau diaplikasikan ke tubuh bikin wangi sepanjang hari serasa mandi parfum

      Hapus
  35. Mantab...detail banget mbak penjelasannya. Baduway aku juga pakai Vitalis loh. Aku suka banget varian warna hijau bikin mood bagus seharian. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah...samaan mbak..aku juga pakai vitalis fresh dazzle dengan aroma green tea..sumpah bikin badan harum sepanjang hari.

      Hapus
  36. Jadi ingat ibu saya. Beliau juga gitu, pagiii dah mandi, sementara anaknya masih molor hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ini salah satu rahasia awet muda ya mbak...makanya ibu-ibu kita rajin mandi pagi

      Hapus
  37. Wiwin | pratiwanggini.net26 Maret 2020 14.04

    Ini nih tips mandi pagi-nya ok banget. Saya suka mandi pagi sebelum Subuh, tapi belum konsisten setiap hari. Awalnya memang dinginnnn, tapi setelahnya justru enak dan segar, engga kedinginan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kalau konsisten mandi pagi sebelum shubuh manfaatnya banyak banget

      Hapus
  38. Saya belum pernah mandi pagi sebelum subuh padahal di sini cuacanya puanas. Tertarik buat mencoba mandi pagi hari sekali sama vitalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mbak...manfaatnya banyak banget lho...apalagi kalau mandinya pakai sabun cair vitalis dijamin makin semangat memulai pagi deh

      Hapus
  39. wah iya ibunya kelihatan sehat ya mbak..memang vitalis body wash ini asyik harumnya bikin mandi jadi tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak vitalis body wash harumnya tak terkalahkan...bikin tubuh terasa segar dan wangi sepanjang hari

      Hapus
  40. Wah lembut ya kak Vitalis Perfumed Mouisturizing Body Wash ini bikin kulit berseri dan harum spti parfum

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget...aroma parfum yang ditawarkan oleh sabun cair ini membuat tubuh terasa harum sepanjang hari.

      Hapus
  41. Mandi itu emang bikin kita lebih percaya diri sih, terutama istri di hadapan suami. Kalo istri wangi, suami juga suka ya mba. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul....istri wangi suami makin nempel....semoga Vitalis body wash menjadi jembatan makin harmonis nya hubungan suami istri.

      Hapus
  42. Aku beneran udah ngerasain sendiri sensasi mewah mandi parfum Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash lho Mba, memang ya bikin rilex dan refreshing banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan aromanya bikin tubuh terasa harum sepanjang hari ya mbak

      Hapus
  43. Baru ngeh lho kalau ternyata ada kemasan isi ulangnya, mantul bener yaa bisa lebih hemat kalau mau beli lagi

    BalasHapus
  44. saya pun sudah coba mandi pakai vitalis, memang bener-bener wangi sih. Berasa mandi pake parfum

    BalasHapus
  45. Setelah berkenalan dengan Vitalis, saya jadi kangen mandi Mak. Wanginya itu lho bikin hati selalu riang. Kesukaan saya yang White Glow, wanginya maniiiss��

    BalasHapus
  46. Setelah seharian bekerja, sampe rumah udah paling bener mandi pake air dingin biar badan fresh lagi. Apalagi kalo pakai Vitalis body wash yg fresh Dazzle kesukaanku..

    BalasHapus
  47. wah ternyata varian vitalis body wash ini ada yg kecilnya. jadi enak banget kalau mau bawa travelling

    BalasHapus
  48. Betul kak, aku juga sudah coba semua varian Vitalis Perfumed Body Wash nya.. wangi dan seger banget 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. wangi, seger, harum...serasa mandi parfum ya kak

      Hapus
  49. Aku kalo mandi subuh2 gak kuat dingin banget, jadi harus masak air panas dulu hihihi

    BalasHapus
  50. mandi pake vitalis udahannya kaya abis mandi air pegunungan... segeeeerrr.

    BalasHapus
  51. Mandi dengan vitalis emang bikin rileks dan percaya diri yaa.. aroma parfumnya bikin segeeerrr.. hehe

    BalasHapus
  52. Mandi pakai sabun Cair Vitalis menyegarkan ya Mba, kalo saya suka yang warna hijau Fresh dazzle keharumannya membangkitkan mood booster

    BalasHapus
  53. Memang nyegerin banget aroma si vitalis body wash ini yaak... Jadi betah mandi lama-lama hihi..

    BalasHapus
  54. Emanng beda banget kerasa segernya kalo abis mandi pake vitalis sabun mandi ini ya mbak...

    BalasHapus
  55. Sama saya juga lebih suka sabun cair. Dituang di shower puff busanya melimpah. Apalagi sabun vitalis ini, duh favorit banget deh

    BalasHapus
  56. Favoritku Fresh Dazzle, wanginya tuh seger dan enak banget kalau menurut aku. Dan kalau pakai sabun cair kaya Vitalis ini, enaknya pakai spon, jadinya udahannya keset ngga licin.

    BalasHapus
  57. aku suka banget sama aroma fresh dazzle... harum kesegarannya bikin tubuh percaya diri!

    BalasHapus
  58. Aku juga suka aroma dari Vitalis mom, paling ku suka tuh yang aroma duzzle

    BalasHapus
  59. Paling demen banget sama fresh dazzle

    BalasHapus
  60. Aku seneng nih Vitalis ini sedia refill nya jadi botolnya bisa dipake lagi atau bisa dibawa pas pergi yaa kemasan refillnya. Favoritku yang ijo nih mbak, cocok dan enak wanginya di aku

    BalasHapus
  61. Aduh, aku malu sama ibu mbak Yuni nih, bisa konsisten mandi sebelum subuh. 😁

    Aku suka sama sabun mandi vitalis nih, meski ada moisturizernya, tapi sekali bilas juga langsung terasa bersih.

    BalasHapus
  62. selalu percaya diri dengan mandi pakai vitalis body wash ya mba, asyik bangeeet nih

    BalasHapus
  63. Mandi pake Vitalis emang seger wanginya semerbak ya, ku suka yang Fresh Dazzle nih Yuzu Orangenya emang bikin fresh banget dan bikin pede jadinya

    BalasHapus
  64. Waaah,aq baru tau nih ada 2 ukuran yaa?Bisa buat dibawa2 nih yang ukuran lebih kecil

    BalasHapus
  65. Vitalis emang gak main-main dalam keluarin produk body wash yaa… Mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash buat kita beneran kayak mandi parfum. Kalo saya paling suka yang White Glow. Unch banget aromanya…

    BalasHapus
  66. Masya Allah ibunya. Salam hormat untuk ibu. Bisa mandi sebelum shubuh, rasanya ku belum sanggup.

    BalasHapus
  67. Ibuk kok sama kayak aku nih mbak, mandi dulu baru sholat Subuh. Mandi sebelum subuh itu menyehatkan badan.

    BalasHapus
  68. Wah, baca ini jadi nambah wawasan banget. Baru tau kalau mandi bisa nurunin berat badan.
    Oh ya btw ibuku juga selalu mandi sebelum subuh, mbak. Tapi kalo aku, pake air hangat :D

    BalasHapus
  69. Wuih, makin semangat untuk rajin mandi. Saya sejak kecil alhamdulillah biasa mandi pas bangun tidur jg

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah ya mbak, banyak banget manfaat mandi ya, salah satunya membuat awet muda. Salam untuk ibundanya ya mbak, moga sehat selalu.

    BalasHapus
  71. Wah senang bacanya, khasiat mandinya rinci ya. Bener berasa mandi parfume ya mandi dengan body wash dari vitalis, selesai mandi selain segar, badan jadi wangi, dan enak banget wanginya, aku suka yang pink, alhamdulillah sudah cobain mandi dengan produknya ini. Tulisannya ini bagus Mba, sukses terus menulisnya...salam kenal��

    BalasHapus
  72. Aku juga pakai ini kak, wanginya semuanya aku suka banget tapi paling suka yang pink,

    BalasHapus
  73. Aku pun jadi tambah rajin mandi karena seger banget wanginya sabun vitalis ini.. Favoritku yang warna hijau mam..

    BalasHapus
  74. setelah aku coba semuanya sih aku suka yang ungu kak,,


    tapi kmren pengen beli refill nya krna ada disc di alfa 400 ml hanya 17k, sayangnya cuman ada yg warna pink aja, tapi tetep aku beli sih, heheh

    BalasHapus
  75. Pastinya badan harum bikin kita lebih percaya diri ya mba. Apalagi dengan segudang aktivitas. Salah satunya dengan mandi, apalagi kalo air anget dan pake Vitalis tambah rileks deh.

    BalasHapus
  76. Soft beauty me time.
    Aku suka ketiga variant Vitalis Body Wash karena sensasi mewah Mandi parfumnya bikin fresh Dan good mood.

    BalasHapus
  77. Wah aku baru tau manfaat mandi air dingin, tentu makin seru kalau mandinya dengan Vitalis ya mbak...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...