31 Januari 2017

Posted by Sri Wahyuni on 9:57 PM 33 comments
“Alang-alang berminyak biar licin” 

Artinya janganlah mengerjakan sesuatu dengan setengah-tengah. Agaknya peribahasa ini cocok bagi seorang blogger. Blogger tidak boleh bekerja setengah-tengah. Bila ia berniat menggeluti profesi ini, maka kerja keras itulah yang harus dilakukan. Berusaha menciptakan konten yang menarik didukung oleh perangkat keras yang memadai, tentunya akan membuat seorang blogger makin profesional dan kreatif.

Sebuah perangkat keras yang didalamnya dilengkapi dengan processor Intel Core baik Intel Core i3, Intel Core i5, maupun Intel Core i7, sudah sangat membantu kegiatan blogger dalam menciptakan tulisan disertai konten menarik, dimana ketiganya mempunyai spesifikasi tersendiri. 

  •  Prosesor Intel Core  i3

Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.
  • Prosesor Intel Core i5

Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti prosesor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache. Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt.
  • Prosesor Intel Core i7

Core i7 sendiri merupakan prosesor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. (sumber: pirantiio)
Semenjak terjun ke dunia perbloggingan, saya memang berusaha menjadi blogger yang konsisten, yang menghasilkan konten positif dan bermanfaat bagi orang lain. Kala itu saya tengah dilanda galau. Sempat beberapa tahun bekerja, lalu memutuskan menjadi ibu rumah tangga karena harus mendampingi suami yang sering berpindah tugas, sudah pasti keinginan untuk kembali bekerja sering menghantui saya.

Saya bukan lantas meninggalkan tanggung jawab sebagai seorang ibu, namun berupaya mencari solusi agar waktu luang saya bermanfaat. Karena sesibuk apapun tugas ibu rumah tangga, entah itu membereskan pekerjaan rumah, melayani suami dan anak atau bahkan mendampingi aktiitas anak, tentu ada waktu luang yang bisa dimanfaatkan.

Lantas saya belajar membuat blog secara autodidac. Menciptakan berbagai konten yang saya pelajari dengan melihat tutorial di internet. Bahkan, demi mengembangkan hobi ini, sayapun bergabung dengan grup-grup yang memberikan banyak informasi seputar dunia perbloggingan. Disinilah peluang saya sebagai blogger terbuka lebar.

Nyatanya, diawal-awal ngeblog kesempatan untuk mengikuti berbagai event itu sangat banyak. Saya mengikuti berbagai giveaway dan lomba blog, bahkan beberapa kali pula sempat menciptakan buku antologi bersama sahabat blogger lainnya. Meski tergolong masih pemula, namun saya sempat merasakan menjadi pemenang. Uang, barang atau bahkan buku kerap saya terima sebagai hadiah menang lomba. Disinilah kerja keras saya mengisi waktu luang seolah dihargai. Saya semakin senang menggeluti profesi ini.

Namun, ada kalanya semangat itu tiba-tiba mengendur. Meski saya berstatus sebagai ibu rumah tangga, saya juga aktif di organisasi tempat suami berdinas. Selain itu saya juga menjadi kader posyandu yang setiap bulan menyelenggarakan penimbangan balita. Sebagai ibu dari seorang anak yang kini duduk di kelas 6 SD, tentunya mendampingi aktiitas anak itu menjadi kewajiban saya. Inilah yang kadang membuat saya tidak mempunyai waktu luang dan meninggalkan profesi sebagai blogger.

Di awal tahun 2017 ini salah satu resolusi saya adalah kembali aktif ngeblog. Saya ingin kembali menjadi blogger yang konsisten menghasilkan konten yang bermanfaat bagi orang lain. Sudah pasti keinginan ini tidak akan terwujud bila tidak disertai niat dan tindakan nyata. Oleh karena itu, saya akan kembali bekerja keras, siap berkompetisi dan menjadi blogger profesional.

Ngeblog memang bukan sekedar menulis. Ada beberapa faktor pendukung yang membuat sebuah tulisan di blog banyak diminati pembaca. Selain tulisan menarik dengan bahasa yang mengalir, gambar pendukung, konten menarik lainnya seperti infografis atau editing gambar bahkan pembuatan video yang bagus juga menjadi faktor penentu tulisan itu akan diminati banyak pembaca.

Membuat tulisan di blog memang tidak bisa seketika langsung jadi.  Kadang saya harus berhari-hari membayangkan bagaimana menciptakan tulisan yang bagus. Apalagi bila tulisan itu diikutkan lomba, selain memikirkan tulisan yang bagus, saya juga harus browsieng internet mencari referensi dari sebuah tema yang diangkat.

Memang, ide tulisan itu ada dimana-mana. Setiap saat kita bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan di blog. Hanya butuh waktu dan niat yang kuat dari dalam diri. Seperti mengikuti lomba blog, kalau kita mempunyai niat yang kuat disertai dengan kerja keras untuk menciptakan konten yang menarik, yakinlah kemenangan akan berpihak kepada kita. Meski toh tidak seratus persen benar, karena juri lomba juga manusia biasa, dan tulisan yang dikatakan bagus juga relatif. Saya akan memaparkan bagaimana proses yang saya lalui ketika menciptakan sebuah tulisan lengkap dengan konten menarik di blog?
Menyusun jadwal tulisan.

Saya mempunyai sebuah buku agenda kecil yang gunanya untuk mencatat ide/tema tulisan. Bahkan beberapa lomba blog juga saya catat disini, dengan tujuan agar tidak ada lomba blog yang terlewatkan. Buku ini sebagai pengingat yang bisa saya bawa kemana-mana, sehingga saya pun bisa konsisten menulis blog sesuai jadwal yang telah saya catat.
Menetapkan ide tulisan.

Ketika akan membuat tulisan di blog, sudah pasti yang terbersit dalam benak kita adalah “cerita mana yang akan kita tulis?”. Ide tulisan memang ada dimana-mana, ketika kita memasak, maka kita dapat membuat tulisan tentang proses pembuatan masakan lengkap dengan resepnya. Berbeda halnya dengan tulisan untuk lomba. Mau tidak mau kita harus membuat tulisan sesuai dengan tema yang diangkat oleh penyelenggara.
Membuat draft atau skema tulisan.

Ide tulisan sudah ada di benak kita, saatnya memikirkan isi tulisan kita. Disinilah perlunya sebuah draft, agar tulisan kita mengalir dan sistematis. Kadang, saya harus berlama-lama di depan laptop, membaca berulangkali tulisan yang sudah saya ketik. Kadang pula saya harus berhari-hari berangan-angan, membayangkan cerita apa saja yang akan saya tulis. Draft ini sangat membantu kita saat mengalami kebuntuan di tengah-tengah menyelesaikan sebuah tulisan.
Membuat konten pendukung tulisan.

Ngeblog memang bukan sebatas tulisan, butuh konten pendukung yang membuat tulisan itu menarik. Saya seringkali memasukkan beberapa gambar yang menjelaskan tulisan saya. Bahkan demi menghidupkan sebuah tulisan, saya juga menyertakan video pendukung atau musik pengiring agar tulisan saya terasa lengkap. Infografis atau editing foto tak lupa saya tampilkan untuk melengkapi data yang dibutuhkan.

Tentunya saya memakai program tertentu untuk menciptakan konten menarik dalam sebuah tulisan di blog, seperti:
  • Snipping Tool.

gambar ini saya ambil dengan snipping tool
Ini adalah program bawaan Microsoft Window, dimana dengan program ini kita dapat melakukan screen shoot dari gambar yang kita inginkan.
  • PhotoScape.

contoh menggabung foto dengan photoscape
Ini adalah program editing foto, yang dapat digunakan untuk memotong atau menggabung foto. Bahkan dengan program ini kita dapat menciptakan animasi dan menambahkan tulisan pada foto. Untuk menciptakan gambar tertentu lengkap dengan ukuran yang kita inginkan, menciptakan foto yang menyerupai poster pun dapat dilakukan dengan program ini.
  • PhotoShop

menggabung foto dengan photoshop
Rasanya kurang lengkap bila editing foto tidak menggunakan photoshop. Awalnya saya tidak menguasai program ini. Beberapa kali mencoba namun tetap gagal. Akhirnya saya niatkan dalam diri, belajar sampai bisa. Setelah install program photoshop dari internet, sayapun bisa mengedit dan menggabung foto menjadi sebuah foto yang menarik untuk dipasang di blog. Dengan program ini pula saya bisa membuat infogratis berupa tabel atau diagram yang dapat mendukung data tulisan di blog.
  • SaveFrom.net


video yang saya unggah ke youtube

Program ini mampu mengunduh video youtube dengan cepat dan menyediakan kualitas terbaik dari video yang disimpan. Seringkali dalam menciptakan tulisan di blog saya menyertakan video yang link-nya saya embed dari youtube. Dengan menggunakan program ini maka video tersebut secara otomatis tersimpan di laptop dan saya tinggal mengunduhnya kedalam blog. Berbicara tentang video, saya memanfaatkan vlog untuk membuat sebuah tutorial. Kadang sempat terbersit keinginan untuk nge-vlog, namun butuh rasa percaya diri untuk tampil dengan mimik bahasa yang bagus. Dan semua ini butuh proses.
  • Bahasa Pemrograman

Menjadi seorang blogger identik dengan seorang programmer. Kita dituntut untuk mampu mengutak-atik blog. Bukan hanya menciptakan tulisan yang bagus, namun tampilan blog yang menarik juga mempu memberikan daya tarik tersendiri. Saya seringkali merubah tampilan blog dengan template blog yang responsive atau friendly. Nah, disinilah tantangannya. Ketika tampilan blog itu dirubah, otomatis widget-widget yang sudah tertata rapi akan berantakan dan butuh waktu untuk merapikannya. Kita harus memahami bahasa pemrograman sebuah blog. Dan lagi-lagi internetlah panduan saya untuk mempercantik blog. Dengan demikian saya jadi tahu bagaimana utak-atik blog, kode apa saja yang harus disertakan bila ingin menambah widget blog, bagaimana cara memasukkan lagu kedalam blog, bagaimana cara menampilkan video yang langsung terputar ketika membuka sebuah tulisan di blog dan lain sebagainya.

Disamping membutuhkan berbagai program untuk mempercantik blog, tentunya seorang blogger juga memerlukan alat pendukung yang bisa menghasilkan konten menarik.
                PC atau laptop atau notebook

Seorang blogger memang tak lepas dari perangkat keras yang satu ini. PC/laptop/notebook menjadi sarana yang sangat penting untuk menciptakan tulisan. Beberapa kali saya pernah gagal membuat tulisan karena laptop ngadat. Awal mula ngeblog saya menggunakan komputer PC. Begitu merasakan bahwa mengetik disebuah PC tidak bisa dilakukan setiap saat, maka PC pun saya jual untuk saya belikan notebook. Ukuran yang kecil membuat saya leluasa membawanya kemana-mana. Saya bisa mengetik setiap waktu bahkan dimanapun saya berada. Kendalanya, RAM yang kecil membuat saya tidak bisa menginstall program-program yang saya inginkan. Bahkan saya terpaksa berhenti ngeblog lantaran notebook harus diservis. Singkatnya, untuk ngeblog butuh perangkat yang mumpuni, yang bisa menunjang kegiatan ngeblog sepenuhnya.
                Gadget dan kamera

Kedua alat ini wajib saya miliki, karena sangat mendukung kegiatan ngeblog saya. Untuk tulisan ringan, saya seringkali menggunakan handphone untuk ngeblog. Namun ada hal yang lebih penting dari sebuah handphone yaitu untuk berinteraksi di media sosial dan mendapatkan informasi seputar dunia perbloggingan. Sementara untuk mendapatkan gambar bagus, saya memadukan keduanya antara handphone dengan kamera. Disinilah saya butuh handphone dengan RAM besar dan mempunyai kamera beresolusi tinggi. Biasanya handphone yang saya incar mempunyai memori 4 gb dengan resolusi kamera minimal 8 – 12 megapixel, dengan harapan agar saya bisa menyimpan file lebih banyak di handphone. Dan dari file yang tersimpan di handphone ini, selanjutnya saya transfer ke laptop untuk dijadikan konten pelengkap di blog. Sementara kamera yang saya gunakan adalah Canon Power Shoot S1 IS dan Canon EOS 70D untuk menghasilkan gambar yang bagus.
                Modem

Ngeblog tak lepas dari internet. Ketika masih menggunakan komputer PC, saya menggunakan sambungan telpon rumah untuk mengaktifkan internet, yang akhirnya beralih ke speedy. Namun begitu berganti ke notebook, maka saya memilih menggunakan modem untuk mengaktifkan internet. Ada dua buah modem yang saya miliki, yaitu modem yang dicolok ke slot notebook dan modem wifi tanpa kabel. Keduanya sama-sama mendukung aktiitas ngeblog saya. Disamping menunjang kegiatan ngeblog, modem ini saya gunakan untuk mencari data di internet. Ketika saya mengikuti lomba blog, maka saya akan mencari sumber data, atau informasi yang akurat tentang tema lomba yang diangkat. Dan ketika saya ingin utak-atik blog, maka modem ini saya gunakan untuk mencari tutorial seputar mempercantik tampilan blog beserta kode-kode yang harus disematkan. Singkatnya modem ini sangat dibutuhkan oleh seorang blogger. Tanpa modem maka notebook tak akan tersambung ke internet dan sudah pasti blogger pun tak bisa berinteraksi di media sosial dengan leluasa.

Saya memang telah memiliki notebook, dan beberapa kali menggunakan laptop suami bermerk ASUS untuk ngeblog. Bahkan sangking maniaknya dengan merk Asus, maka handphone dan tablet yang saya miliki pun bermerk Asus. Bukan tanpa sebab, karena handphone saya mempunyai memori cukup besar dan menghasilkan gambar dengan resolusi bagus. Namun, saya masih membutuhkan sebuah notebook mungil yang mampu menghasilkan konten blog yang profesional dan kreatif.

ASUSPRO B8230, merupakan varian terbaru dari lini produk segmen profesional, yang di desain dengan bentang layar lebih kecil. Mengusung dimensi layar 12 inchi, sudah pasti ASUSPRO B8230 ini terlihat mungil, cantik dan elegan.

Ada beberapa kelebihan dari notebook ASUSPRO B8230 ini, diantaranya:
  • Meskipun layarnya kecil, notebook ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10. Bahkan terkesan ringan, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana oleh penggunanya.
  • Penampilan notebook ini lebih mempesona secara estetika. Apalagi didukung oleh aplikasi ASUS Business Manager yang ada didalamnya, memungkinkan penggunanya melakukan berbagai macam setting, seperti: memperbarui BIOS, melakukan backup dan recovery file, menghidupkan fitur HDD protection dan lainnya.
Hasil gambar untuk gambar SSD M2 pada ASUSPRO B8230
sumber: Asus Business Manager
  • Prosesor Powerful yang Hemat Daya. ASUSPRO B8230 dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru yakni Intel® Core™ i7-6500 Processor atau seperti Intel® Core™ i5-6200 yang merupakan generasi keenam atau yang disebut dengan Intel Skylake. Seperti diketahui, mikroprosesor berkecepatan hingga 3,1GHz tersebut terkenal gesit namun tetap hemat daya. Semua disebabkan oleh nilai TDP yang rendah, yakni hanya 15 watt. Selain itu, dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat notebook sedang digunakan. Intel Skylake akan memastikan notebook bekerja dengan performa yang lebih prima dibanding varian prosesor yang lahir dari generasi sebelumnya. Dan apabila para profesional di perusahaan membutuhkan, ASUS menyediakan pula varian prosesor Intel yang berteknologi vPro, yang dirancang khusus untuk segmentasi enterprise dengan tujuan untuk menjaga keamanan data lebih baik lagi.

  • Kemudahan untuk Upgrade. ASUSPRO B8230 telah didesain agar menyediakan kemudahan untuk proses upgrade. Anda dapat membuka kompartemen yang berada di bawah bodi notebook dengan mudah. Setelah dibuka, Anda pun dapat mengganti kapasitas penyimpanan atau storage, serta memori RAM yang lebih besar. Selain melakukan upgrade terhadap RAM dan storage, dengan membuka kompartemen tersebut pengguna juga bisa melepas baterai polymer yang disediakan. Notebook berspesifikasi baterai 3 cell berjenis Li-Polymer tersebut dipadukan dengan storage atau media penyimpanan berkapasitas berjenis Solid State Drive (SSD) dengan kapasitas 256GB. Seperti diketahui, media penyimpanan berbasis SSD akan membuat proses komputasi berupa read and write pada sistem menjadi lebih cepat. Sementara untuk RAM, diberikan kapasitas sebesar 4GB.

  • Sebagai informasi, penggunaan SSD M2 juga merupakan kelebihan yang ditawarkan oleh ASUSPRO B8320. Selain menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan penyimpanan berbasis SSD biasa, dimensi fisik SSD M2 juga lebih ringkas sehingga dapat menghemat ruang untuk penempatannya di dalam casing notebook.
Hasil gambar untuk gambar SSD M2 pada ASUSPRO B8230
sumber: notebook
  • ASUSPRO B8320 juga telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang mampu memproteksi data Anda secara maksimal. Sejumlah fitur tersebut antara lain, USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM module, Kensington lock, Smart Card reader dan sudah didesain dengan standar pengujian militer MIL-STD 810G.


Rasanya, notebook mungil seperti ASUSPRO B8230 memang cocok dimiliki oleh blogger yang ingin konsisten ngeblog. Disamping mampu membantu blogger menciptakan tulisan dan konten menarik, notebook ini juga mampu menyimpan banyak data dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi dengan notebook ini, tak ada alasan lagi untuk tidak ngeblog. Dimanapun dan kapanpun ngeblog dapat dilakukan berkat ASUSPRO B8230. Semoga notebook mungil nan cantik ini dapat kugenggam dengan erat.

disclaimer:
Reaksi:

33 komentar:

  1. aku jarang buat draft mba kalau ide dikapala udah ada langsung eksekusi :)
    gudluck mba pun sama dg ku hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya suka muter-muter di kepala Mbak dan tidak jadi tulisan...makanya saya buat draft...terimakasih ya

      Hapus
  2. slim ya , banyak sekarang yang fitur2nya asyik bikin mudah bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak yang slim bisa dibawa kemana-mana dengan mudah...ngeblog pun jadi tanpa batas

      Hapus
  3. Sama kita mbak..saya juga belajar ngeblog otodidak..belajar dari youtube, dan banyak membaca saja...

    Saya pribadi memakai ASUS.. :) mantep sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sesuai secara autodidac tentu akan menyenangkan bila ada hasilnya ya Mbak....

      Hapus
  4. Banyak banget ya mbak yang make asus..
    Aku pake hape doang ni ngeblognya..sering mupeng klo liat infografis keren2 gitu..pengen..☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asus terbukti mempunyai performa yang komplit dan mumpuni Mbak....

      Hapus
  5. Saya juga jatuh cinta dengan laptop ASUSPRO seri ini. Kecil, mewah, elegan, dan gesit. Moga bisa kesampaian memilikinya, ya mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yra...semoga ya Mbak....ASUSPRO memang notebook idaman....

      Hapus
  6. referensi nih, secara pgn beli laptop baru nih, tengkiu udah ngenalin asus ya mbak, : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai Asus dari hp, tablet sampai laptop Mbak...meski laptop punya suami hiks...berharap bisa punya notebook Asus....karena secara keseluruhan Asus mempunyai performa yang mumpuni dan bisa diandalkan....

      Hapus
  7. Wah...punya ASUS lengkap dari HP-Tablet-Laptop. Semoga semakin lengkap nambah ASUS baru. Mbak teliti banget, setiap nulis pake konsep dulu. Sukses yaa ngeblognya. BW yaa. Hehe...modus ini mah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau laptop mah punya suami suka dibawa ke kantor...saya naksir yang mungil hiks....
      Iya Mbak kalau tidak bikin draft suka ilang deh tulisan yang sudah tersusun rapi di kepala hihihi

      Hapus
  8. ini rahasia mbak Yuni hehe, laptop memang kebutuhan wajib blogger ya mbak apalagi yang imut, ringan dan berperforma tinggi ini, mau banget punya ASUSPRO B8230.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit buka rahasia hehehe...yap betul Mbak laptop wajib dimiliki blogger...

      Hapus
  9. Huaaaah gadgetnya lengkap banget. Pinjem dooong :)) Itu sudah ada laptop yg besar semoga dapat yg lbh kecil aka ASUSPRO B8230 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang besar punya suami Mbak...kalau dipakai kerja saya tidak boleh minjem hiks....amin terimakasih doanya Mbak

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. asus emang merk yang paling banyk di minati oleh konsumen di bandingkan yang lain. speknya gahar dan handal banget kinerjanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mbak Asus emang performanya bagus

      Hapus
  11. waaa, peralatan ngeblognya udah keren mba Yuni :)

    BalasHapus
  12. Saya br pasang photoscape, blum sempet utak-atik

    BalasHapus
  13. Peralatan perangnya lengkap ya Mba, produk ASUS emang TOP deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asus emang bagus performanya Mbak

      Hapus
  14. ASUSPRO Notebook bikin blogger jatuh cinta sama produk satu ini. hehehehehe

    BalasHapus
  15. Saya jarang ngedraft. Paling langsung tulis aja. Tapi membuat konten kreatif memang gak instan, ya :)

    BalasHapus
  16. Mbak Yuni memang blogger profesional. Top

    BalasHapus
  17. tipsnya lengkap mbak, nggak cuma cara buat creative content tapi juga gimana nulis yang baik
    bisa berbagi juga nih antara blogger yang jago nulis dengan yang jago desain

    BalasHapus
  18. Punyaku masih asuz 13, wah harus ganti nih biar enak ngeblognya. Photoshop memang menjadi kebutuhan bagi seorang blogger, sedikit memang harus tahu agar tampilan artikelnya lebih menarik dengan tambahan gambar.

    BalasHapus
  19. Hai bosku pencinta Togel Online
    Kami Bandar Togel Online Terbaik dan Terpecaya
    Mau megajak anda bergabung di sini di Togel Pelangi
    Info lebih lanjut silakan hubungi CS kami.....
    Telp : +85581569708
    BBM : D8E23B5C
    Line : togelpelangi
    Skype: Togel Pelangi
    Link: http://www.togelpelangi.com/

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...