9 Desember 2015

Posted by Sri Wahyuni on 3:22 PM 18 comments
Hidup, senyatanya bukan sekedar menjalani kehidupan apa adanya. Atau hanya pasrah menerima kenyataan hidup. Namun, hidup harus diperjuangkan, agar kita merasakan nikmatnya hidup yang luar biasa. Seperti seorang koki ternama. Tentunya kehebatannya berawal dari sebuah kegagalan. Ketika predikat “koki” tersemat dalam dirinya, sudah pasti ia akan terus berusaha agar namanya tetap dikenal.

hidup ibarat jalan yang tak berkesudahan
Demikian halnya dengan seseorang yang tengah mempraktekkan sebuah resep masakan. Ketika resep yang dicobanya gagal, maka ia akan berulangkali mencoba agar usahanya benar-benar berhasil.  Tak terkecuali dengan seorang ibu rumah tangga. Demikian rempongnya ibu rumah tangga, sampai-sampai 24 jam waktu yang tersedia terasa kurang. Namun apa boleh buat, ketika seseorang telah menjatuhkan pilihan pada status ini, mau tidak mau, suka tidak suka, ia harus konsisten menjalaninya.

Lalu....apakah rempongnya pekerjaan, membuat ibu rumah tangga pasrah pada keadaan? Terus berkutat dengan pekerjaan dapur, mulai dari mencuci, menyetrika baju, membersihkan rumah, memasak dan mengurus suami atau anak. Sampai-sampai tak ada waktu sedikitpun untuk mengurus dirinya sendiri. Membiarkan raut wajahnya polos tanpa polesan make up. Membiarkan bajunya ketinggalan jaman atau bahkan robek sana sini.  Menutup dirinya dari kemajuan teknologi atau membatasi pergaulan dengan dunia luar. Duh....sayang sekali kalau sampai masih ada yang berpikiran demikian.

ibu rumah tangga harus gaul tak boleh kuper
Meski hanya berstatus sebagai ibu rumah tangga, jangan sampai pasrah dan tak mau berusaha bangkit. Apalagi merasa menjadi makhluk yang terpojok oleh mereka-mereka yang menjatuhkan pilihan sebagai wanita karier. Baik wanita pekerja maupun ibu rumah tangga, mempunyai kapasitas yang sama untuk bangkit. Tak ada perbedaan, bahkan tak ada yang membatasinya. Masing-masing berhak mengaktualisasikan dirinya menjadi pribadi yang tangguh.

Kemajuan teknologi saat ini mampu merubah peradaban dunia. Tak terkecuali untuk para perempuan. Dan diharapkan para perempuan mampu melek internet, agar mereka tidak dianggap sebagai makhluk yang lemah dan tak berdaya. Internet bukan hanya diperuntukkan bagi wanita pekerja, namun ibu rumah tangga pun hendaknya mampu menguasainya.

Lalu apa keuntungan seorang ibu rumah tangga menguasai internet?
  1. Dapat mengakses kejadian-kejadian atau berita-berita yang terjadi di dunia.
  2. Dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
  3. Dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai penulis (tentunya bagi mereka yang mempunyai hobi menulis).
  4. Dapat memperluas jaringan pertemanan dan tergabung dengan berbagai komunitas sesuai hobi dan keinginan.
  5. Sebagai sarana untuk mengikuti pelatihan atau kursus secara online.
  6. Sebagai sarana untuk berbelanja secara online.
  7. Menciptakan lapangan pekerjaan dan menambah penghasilan.
Dari beberapa manfaat internet diatas, poin 5 dan 6, menjadi poin yang menarik untuk dibahas. Yes!!!....berkat internet, kini banyak ibu rumah tangga berpenghasilan. Dari seseorang yang notabene hanya berkutat di dapur, kini menjadi terkenal dan berpenghasilan, meski berangkat dari rumah. Ini sebuah bukti, bahwa rumah bisa menjadi tempat mengais rezeki.

Meski banyak ragam cara menghasilkan uang dari internet, namun yang lagi trend saat ini adalah bisnis fashion online. Sudah bukan rahasia lagi bila perempuan selalu ingin tampil cantik dan terlihat menarik dimata orang lain. Makanya para pelaku bisnis berlomba-lomba menjual produk semenarik mungkin, agar produknya mampu bersaing dan diminati banyak orang.

Saya pribadi pernah berperan ganda, baik sebagai pelaku bisnis maupun sebagai pelanggan. Namun kapasitasnya lebih banyak menjadi pelanggan hehehe...... Pertama kali menjani owner sebuah bisnis online, itupun dengan modal nekat. Seorang teman menawari saya untuk menjualkan barang dagangannya dengan sistem konsinyasi. Dari sinilah akhirnya saya memberanikan diri menjalani bisnis online dari produk yang ditawarkan teman saya. Saya bersyukur, dari sesuatu yang coba-coba ternyata membuat saya berpenghasilan. Inilah yang membuat saya ketagihan untuk meningkatkan usaha saya.
browsieng internet banyak manfaatnya lho
Sayang, usaha yang saya jalani sudah berakhir karena sesuatu hal. Namun bukan berarti tak ada cara lain untuk mengais rezeki. Kini saya lebih menikmati sebagai pelanggan, bukan berarti maniak belanja online lho ya........terlebih saat ini saya tinggal di Bali yang demikian padatnya arus lalu lintas.

Untuk menjangkau sebuah mall atau toko fashion, dibutuhkan waktu yang lama. Belum lagi terjebak macet karena upacara adat, debu yang beterbangan, pengendara motor yang ugal-ugalan atau pemilik mobil yang seenaknya memarkir mobilnya sembarangan, ditambah cuaca yang sangat panas. Disinilah saya mendapatkan banyak kenikmatan dengan belanja online :
  1. Tidak perlu keluar rumah, cukup bertransaksi di rumah dan membayar menggunakan e-banking atau transfer ke mesin atm terdekat. Dalam waktu 2 -3 hari sudah ada kurir yang datang mengantar barang pesanan.
  2. Pakaian yang ditawarkan sangat fashionable dan berbeda dengan pakaian yang dijual di mall atau toko fashion.
  3. Menghemat pengeluaran. Bila berbelanja ke mall, sudah pasti bukan baju saja yang kita beli. Ada embel-embel lain yang kita beli, otomatis pengeluaran jadi bertambah.
  4. Kita bisa belajar membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Namanya “mata” kadang tidak luput dari kata kalap. Kadang bila ada yang menarik didepan mata, tanpa berpikir panjang, langsung kita beli meski ujung-ujungnya ada rasa penyesalan. Kalau berbelanja online setidaknya kita bisa mengerem nafsu atau keinginan.
  5. Barang yang ditawarkan relatif murah, memberikan discount dan promo harga di hari-hari tertentu, serta memberikan voucher belanja yang membuat kita dapat menghemat pengeluaran.
Belanja online seolah menjadi trendsetter bagi sebagian besar masyarakat, khususnya perempuan, karena kemudahannya. Bahkan, dengan menjadi pelanggan, saya pun bolak balik berhadapan dengan owner yang berbeda sifat dan karakternya. Ada yang sangat welcome, beberapa owner seringkali mengirimkan barangnya lebih dulu sebelum saya bayar, karena kami saling percaya. Ada juga owner yang sangat lambat pelayanannya. Ada yang kurang tanggap. Apalagi ada  yang salah mengirim barang pesanan saya. Akibatnya saya rugi karena harus mengirim balik barang yang salah, sementara owner tidak bersedia memberikan ganti rugi.

Meski demikian tidak membuat saya kapok. Seringkali saya browsieng internet  dan mencari bisnis fashion online yang fashionable. Bukankah menjadi ibu rumah tangga perlu tampil modis dan fashionable juga? Apalagi saya berhijab. Saya tidak ingin orang lain melihat saya memakai pakaian atau hijab yang itu-itu saja. Saya juga tidak ingin tampil dekil atau kumal didepan suami. Meski di rumah, bukan berarti kita bisa seenaknya memakai baju rombeng bukan?

Akhirnya...saya menemukan HijUp. Sampai-sampai saya berlangganan newsletter HijUp. Sumpah.....fashion yang ditawarkannya sangat fashionable dan mengikuti perkembangan jaman. Meski jenis busana muslimah, namun produk yang ditawarkannya tidak kaku, melainkan sangat elegant. Jenis pakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan dan trend yang lagi booming saat itu. Pastinya selalu up to date dan tidak ketinggalan jaman.

langganan newsletter HijUp
busana HijUp sangat modis dan fashionable

Hebatnya.....di HijUp ini seringkali menawarkan diskon besar-besaran, serta menawarkan produk dengan harga yang sangat terjangkau. Siapa yang tidak tertarik coba?  Jadi masihkah pasrah dengan keadaan dan tidak mau berpikiran maju? Duh...rugi banget.....karena tampil cantik tak butuh biaya banyak....apalagi menjadi cantik luar dalam, tentunya akan jadi kebanggaan diri sendiri.

Simak video dibawah ini kalau masih ragu.........

HijUp sangat menginspirasi kita


#FAMILYTALKXHIJUP Giveaway Hari Belanja Nasional


“Tulisan ini disertakan untuk giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com
Categories:
Reaksi:

18 komentar:

  1. belanja online itu memudahkan kita yah.. *tapi lebih mudah ke pasar sih hihihiiii*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sih malas ke pasar maaaak....soalnya pasarnya kumuh bin becek hiiiiiiii

      Hapus
  2. Aduhhh, koleksi hijup ini menggoda iman banget yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mak koleksinya sangat fashionable

      Hapus
  3. Barang-barang di HijUP banyak yang bikin lapar mata ya mak. Heuheuuu

    Aku sama pun, enakan belanja online. Nyantaiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanja online memberikan banyak kemudahan mak, saya lebih sering merasa puas dg belanja online

      Hapus
  4. "ibu rumah tangga harus gaul tak boleh kuper"
    setuju sama kalimat di atas mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak meski hanya ibu rumah tangga tapi jangan pasrah ya, ayo maju

      Hapus
  5. Naaah..promo dan diskonnya belanja online itu mbak yang keseringan bikin mupeng dan itung2 hemat pengeluaran juga yeess :D

    BalasHapus
  6. Huaa..produk2 HIjup bikin mupeng

    BalasHapus
  7. Langsung melek liat kata diskonn... aaaaa..

    BalasHapus
  8. Wah makin banyak ya olsop yang punya koleksi barang bagus bagus :D

    BalasHapus
  9. Belanja online ku cuman beli tiket pesawat ama booking hotel doang hahah

    BalasHapus
  10. apalah artinya tekhnologi yang semakin canggih bila tidak memanfaatkannya ya mba.
    namun perlu di prhataikan juga profil pnjualnya karna tak sdikit juga pnipuan di dunia online itu mba .
    oh ya knjungan prtama sprtinya, salam knal ya mba :)

    BalasHapus
  11. Iya mba. Saking gampangnya belanja online suka kalap.. dan sedih karna banyak barang yg disuka tapi budget menipis...

    Mau liat hijup ah..

    BalasHapus
  12. Baru tahu kalau Mbak Yuni pernah bisnis olshop. ;)
    Semoga menang ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga rejekinya bisa mengalir dari dunia online ya Mbak, semangat : )

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...