17 Februari 2015

Posted by Sri Wahyuni on 8:02 AM 10 comments
Ibu-ibu nan cantik, masak apa hari ini?
Alhamdulillah pagi ini keluarga saya sudah berangkat beraktifitas dengan perut yang kenyang.

Kebiasaan saya di pagi hari adalah menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga kecil saya. Entah mereka mau sarapan atau tidak, yang penting saya sudah siapkan semuanya sebelum mereka berangkat beraktifitas. Dan saya bersyukur, setiap usaha saya selalu mendapat penghargaan, keluarga pun makin tambah harmonis.

Banyak orang bilang makan ikan akan mengurangi uban di kepala. Masak iya sih? Hehehe...yang jelas pagi ini saya akan berbagi resep tentang menu olahan ikan.


Kali ini saya mencoba mengkombinasikan resep ikan woku yang terkenal dari Manado yang super pedas dan amat lezat. Saya menambahkan beberapa bahan, dan hasilnya pun tak kalah nikmatnya. Mau tahu resep saya? Yuk intip ulasan saya dibawah ini...


Bahan:
- 1 ekor ikan kerapu, potong menjadi beberapa bagian
- 1 bungkus bumbu ikan
- minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 5 biji cabe rawit
- 2 batang daun bawang, rajang serong
- 2 lembar daun jeruk
- 1 lembar daun pandan
- 1 batang sereh, memarkan
- 1 cm jahe
- 1 cm kunyit
- daun kemangi secukupnya
- 1 buah tomat, potong tipis
- 3 butir kemiri
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- santan secukupnya

Cara Membuatnya:
- ikan kerapu yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong, lalu lumuri dengan bumbu ikan. Diamkan sebentar, siapkan penggorengan. Bila minyak telah panas lalu goreng ikan setengah matang.
- Haluskan bawang merah, cabe rawit, kemiri, kunyit dan jahe
- tumis bumbu halus bersama daun jeruk, sereh, daun pandan dan rajangan daun bawang.
- tambahkan sedikit air, masukkan ikan yang telah digoreng.
- tambahkan potongan tomat, masukkan santannya. Jangan lupa tambahkan garam dan gula.
- terakhir tambahkan daun kemangi, aduk-aduk hingga bumbu bercampur dan kuah meletup-letup.
- bila sudah matang, angkat dan sajikan.

(untuk ikan tidak harus kerapu ya. Ikan kakap atau sejenisnya juga bisa, asal ikannya keset dan tidak mudah hancur)

Selamat Mencoba...
Categories:
Reaksi:

10 komentar:

  1. Ternyata mbak yuni juga jago masakan manado ya,,aku suka banget dengan ikan woku..:)

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ahli masak ya mak. Kayaknya perlu dicoba, tapi cari ikan kerapu di jogja dimana ya? susah gampang juga :(

    BalasHapus
  3. Suka Bingung Kalo Masak ikan ..diapain lagi...Kalo ini harus hangat2 berarti ya mba..

    BalasHapus
  4. di gorontalo juga banyak masakan woku mbaa, ikan kerapu juga sih, kebanyakan ikan dimasak woku disini :)

    BalasHapus
  5. wah enak ya mbak, kapan-kapan aku nyicipi masakan mba yuni ya

    BalasHapus
  6. enak banget mbak, bikin lapar aja nih :)

    BalasHapus
  7. Ikan adalah menu favorit anak-anak saya :)

    BalasHapus
  8. Menu ikan adalah favoritku... Mksh ya sdh berbagi resep masakannya...perlu dicoba nih... melihat penampakannya kayaknya enak nih...bikin laper Mak..

    BalasHapus
  9. Saya lebih memilih ikan ketimbang daging. Lebih segar rasanya. :D

    Btw, beneran tuh meminimalisir uban, Mbak? Hahaha

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...