18 November 2014

Posted by Sri Wahyuni on 1:46 PM 4 comments
Sahabat blogger....

Sebuah penghargaan bagi saya ketika menjadi salah satu kontributor dari buku "Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an). Sungguh berbunga-bunga rasanya ketika nama saya bersanding dengan para penulis keren sekaliber Haya Aliya Zaki, Ade Anita, Akhmat Muhaimin Asset dan semua penulis berbakat yang ada didalam buku ini. Semua itu tak lepas dari letupan, dorongan dan kompor gasnya Bapak Abdul Cholik yang lebih akrab dipanggil Pakde Cholik, sang maestro blogger dan pengarang beberapa buku.


Ngeblog selain menjadi media untuk mengasah ketrampilan menulis, ia juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi sesama blogger. Meski hanya melalui dunia maya, namun persahabatan sesama blogger sungguh penuh warna. Dalam buku tersebut mengupas tuntang tentang blogger, blog dan semua aktivitasnya.

Banyak sudah yang saya dapatkan dari ngeblog. Bukan hanya kepuasan secara batiniah, namun juga lahiriah. Dengan ngeblog saya berhasil mencurahkan seluruh isi hati saya, ganjalan-ganjalan atau bahkan uneg-uneg yang sempat terpendam lama di pikiran.

Bahkan dari ngeblog saya juga mendapatkan hadiah baik uang maupun barang. Saya pernah menjadi juara 1 lomba menulis, pernah menjadi finalis lomba menulis, yang sebelumnya tak pernah saya impikan akan mendapat hadiah sebanyak ini dari ngeblog. Disamping itu warna-warni hadiah juga sering saya dapatkan dari event-event giveaway yang diadakan sahabat blogger, mulai dari buku, bros, kalung, gantungan kunci, kaos, kotak perhiasan sampai pulsa hp.

Sayapun beberapa kali mendapatkan sertifikat karena tulisan saya lolos dalam proyek antologi sebuah penerbitan. Kini, hanya rasa syukur yang bisa saya panjatkan kepada Allah SWT, karena begitu banyaknya berkah ngeblog. Saya memang bukanlah blogger sejati, namun dari ngeblog inilah timbul semangat saya untuk tetap menulis. Insyaallah akhir tahun 2014 beberapa buku antologi saya bersama sahabat blogger kembali meramaikan dunia literari.

Dalam hati saya, ada keinginan untuk menciptakan buku solo, namun saya tetap berpegang pada satu prinsip "pelan tapi pasti", insyaallah niat saya bakal terwujud setelah mendampingi anak menempuh UAS-nya. Yah namanya ibu, pasti anak menjadi prioritas utama. Secinta-cinta saya pada dunia blog dan menulis, saya lebih cinta pada anak saya dan mengutamakan kebutuhannya.

Satu hal yang membuat saya teramat sangat puas, ternyata ngeblog dapat menjadi sarana berbagi ilmu. Dalam sebuah grup menulis, yang mayoritas anggotanya adalah seorang blogger, ternyata begitu mudahnya membagikan ilmunya. Disinilah saya merasakan belajar sesungguhnya. Karena pada akhirnya sayapun jadi tahu tentang kata serapan, kata baku dan membedakan versi microsoft word.

Pasti Anda juga bingung membedakan antara "rejeki" dan rezeki" atau bulan "nopember" dan "november". Di grup menulis inilah saya jadi tahu kata yang sebenarnya yaitu "rezeki" dan "november".

Selain itu saya jadi paham tentang versi microsoft word. Semakin tinggi versi word, maka tulisan yang sudah disusun dalam satu file akan terlihat berantakan jika dilihat pada word versi dibawahnya. Sebagai contoh saya mengetik naskah di word 2010, maka tulisan saya tidak bisa dilihat di word 2007. Demi menjaga keamanan naskah, agar tidak mengetik ulang, maka untuk penyimpanan file sebaiknya menggunakan dot rtf.

Disinilah akhirnya saya bisa mengatakan bahwa ngeblog memang ladang beramal untuk berbagi ilmu. Secara finansial mungkin kita tidak mampu untuk berbagi, namun tidak ada salahnya kita berbagi ilmu lewat blog. Bukan begitu sobat blogger?

Yang ingin tahu seluk beluk blog, cara ngeblog, cara mendulang uang di blog atau informasi seputar penerbit, bisa lho pesan buku ini...dijamin deh tidak bakal nyesel
Categories:
Reaksi:

4 komentar:

  1. Hayooo mulai menulis buku solo
    Buku solo perdana akan menjadi pijakan untuk semakin kenceng menulis
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. buku solo nya segera dikompor-komporin. Biar segera meleduk biar segera lahir

    BalasHapus
  3. setuju, ngeblog itu bisa menambah ilmu :)

    BalasHapus
  4. berbagi ilmu dan menambah ilmu ya mbak

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...