11 Januari 2014

Posted by Sri Wahyuni on 3:04 AM 1 comment


 Day 10 :

سَابِقُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أُعِدَّتْ لِلَّذِينَ آمَنُوا 
 بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Artinya : "Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar"(QS. Al Hadid : 21)
 
Beberapa waktu yang lalu saya membuat sebuah artikel di blog tentang cerita BB Grup. Grup itu adalah grup teman-teman alumni SMP di Blitar. Selain senang, karena bisa menjalin kembali tali silaturahmi yang sempat terputus, grup kami juga sering mengadakan penggalangan dana. Hal ini kami maksudkan untuk membantu teman-teman kami yang membutuhkan. Inilah yang saat ini yang menjadi fokus kami.


Ternyata, seorang teman saya mempunyai inisiatif untuk membuat BB grup lagi dengan nama “Embak Cantik SMPN 2”. Tadinya saya tidak tahu apa maksud dari grup ini. Setelah admin grup ini meng-invite beberapa teman perempuan, dia menyampaikan maksud dan tujuan dari grup ini. 

Embak2 Cantik SMPN 2

Salah satu yang ia fokuskan adalah bagaimana caranya bisa meningkatkan iman dan ketaqwaan masing-masing dari kami dengan cara membaca Al-Qur’an. Karena ia terinspirasi dengan “one day one juz” yang saat ini banyak dipraktekkan umat muslim di Indonesia. Ternyata niat baiknya ditanggapi beberapa teman saya. Jadilah kami bermusyawarah dalam diskusi BB grup.

Jauhnya jarak kami, bukan sebuah penghalang untuk melaksanakan niatan kami. Karena masing-masing dari kami tinggal berjauhan, ada yang di Yogyakarta, Denpasar, Blitar, Sidoarjo dan Malang. Hanya kejujuran dan konsisten yang membuat aktifitas grup ini berjalan dengan lancar.

Meski beberapa dari kami ada yang belum lancar membaca Al-Qur’an, namun antusias dari semua anggota grup ini sangat tinggi. Sang admin pun tidak menargetkan sehari harus selesai satu juz, dapat dimulai dengan sehari satu lembar dulu, baru hari berikutnya meningkat menjadi dua lembar dan seterusnya. Dan masing-masing anggota juga telah di jadwal untuk membaca juz-juz dalam Al-Qur’an secara berurutan. Ternyata, Alhamdulillah hasilnya sungguh luar biasa.

Dari yang telah saya terapkan, saya pun bisa menyelesaikan satu hari dalam satu juz. Setiap ada kesempatan, selalu saya usahakan untuk membaca Al-Qur’an. Dan bila dalam sehari saya sudah menyelesaikan satu juz, baru kemudian saya laporkan kepada admin. Admin pun membuat rekapan tiap hari. Untuk selanjutnya saya meminta satu juz lagi untuk saya baca kembali. Demikian seterusnya dan diikuti seluruh anggota grup ini.

Setelah saya mengikuti program ini, hal yang saya rasakan adalah kecintaan saya terhadap Al-Qur’an menjadi bertambah. Selain itu hati saya terasa tenang, saya berusaha memasrahkan diri kepada Allah atas hidup dan mati saya. Tak ada lagi sesuatu yang membuat hati saya resah. Semuanya saya terima dengan ikhlas seraya mensyukuri nikmat Allah. Terlebih, dengan membaca Al-Qur’an, saya semakin disiplin membagi waktu.

Marilah kita sebarkan kebaikan kepada semua orang, meski kecil bentuk dan wujudnya. Karena dengan menularkan kebaikan kepada orang lain, niscaya mereka akan meniru kebaikan itu dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu tak lain hanyalah untuk mendapatkan ridhoNya semata.

ayat

Categories:
Reaksi:

1 komentar:

  1. aku juga dari SMP 2 mbak, tapi di Bekasi :) Semua yang jauh jadi dekat ya mbak dengan adanya BB group

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...