Yuk Cari Tahu Dampak Positif Bermain Game Online Bagi Perkembangan Anak

Melakukan segala macam pekerjaan bila tidak secara berlebihan tentu tidak akan berdampak buruk. Termasuk bermain game online. Selama ini banyak orang tua beranggapan bahwa bermain game online akan berakibat buruk bagi tumbuh kembang anak-anaknya, sehingga seringkali mereka dilarang memainkannya, meski di hari libur.

dampak positif bermain game online

Dampak Positif Bermain Game Online

Padahal bila mereka sadar, terlebih di jaman teknologi yang serba modern ini, bermain game online mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan anak-anak. Ingin tahu buktinya? Yuk kita bahas satu persatu apa saja dampak postif bermain game online di jaman digital yang serba canggih ini.

1. Menambah Aktivitas Otak

Bermain game online ternyata bisa menambah dan mengasah aktivitas otak. Mengapa demikian? Karena di setiap permainan membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mencapai skor tertinggi. Bahkan, sambil menyelesaikan misi juga butuh strategi tepat yang memaksa otak untuk mencari inovasi demi mengalahkan musuh. 

2. Melatih Rasa Sportif Terhadap Lawan

Dengan bermain game online ternyata juga dapat menumbuhkan rasa sportif lawan.  Inilah yang membuat kita lebih siap dalam menerima kekalahan tanpa rasa putus asa maupun kemenangan dengan rendah hati, sehingga kita bisa bermain lebih jujur mengikuti aturan yang berlaku. 

Game online kini tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa saja, namun juga dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Meski demikian untuk memberikan kesempatan anak-anak bermain game online, tetap harus dalam pengawasan orang tua, agar mereka tahu waktu dan tahu game apa saja yang cocok dimainkan sesuai usianya.

3. Mengasah Kemampuan Kerja sebagai Tim 

Seringkali dalam bermain game online dibutuhkan kerjasama tim untuk mendapatkan sebuah kemenangan dan bonus, sehingga kita akan dilatih supaya terbiasa berkomunikasi aktif bersama tim untuk saling membantu dan mendukung. 

Komunikasi ini bertujuan untuk mengatur strategi antar pemain agar mereka kompak melawan musuh, sehingga kemenangan pun akan semakin mudah diraih.

4. Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas

Dampak positif dari bermain game online ternyata membuat kita terbiasa melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan, karena selain dituntut bermain dengan baik, juga harus sportif dan mampu bekerja dengan tim. Selain itu saat bermain pun kita harus bisa menjalankan strategi dengan baik untuk mengalahkan lawan.

5. Menghibur Diri dengan Aktivitas Berbeda

Melakukan aktivitas yang monoton seringkali membuat kita bosan. Mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga, bahkan pekerja kantoran. Bermain game online menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan atau jenuh. Bahkan, dengan meluangkan waktu sejenak disela-sela aktivitas yang padat dengan bermain game kesukaan membuat kita pun makin bersemangat. Bonusnya kita merasa terhibur dan dapat kembali mengerjakan aktivitas dengan baik.


Apa Saja Manfaat Bermain Game Online?

Bermain game online seolah kini telah menjadi budaya, terlebih di jaman digital dengan perkembangan teknologi yang pesat. Bukan hanya kaum laki-laki saja yang tertarik memainkannya, bahkan banyak para wanita yang kini menyandang title sebagai “gamers”. Ditengah terpaan isu negatif tentang status “gamers”, nyatanya banyak juga lho manfaat bermain game online yang belum banyak diketahui orang.

manfaat bermain game online

Lalu apa saja manfaat bermain game online? Yuk kita bahas satu persatu!

1. Kemampuan Memecahkan Masalah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermain game dapat melatih kemampuan memecahkan masalah.  Bahkan sebuah riset tahun 2013 menyebutkan anak-anak yang bermain jenis permainan berbasis strategi bisa menunjukkan peningkatan keterampilan problem solving,  sehingga mereka cenderung mendapatkan nilai yang lebih baik.

Aktivitas game online, seperti pemecahan teka-teki, pengambilan keputusan, dan perencanaan strategi, dapat mengasah keterampilan pemecahan masalah. Tetapi yang perlu diingat bahwa hasil penelitian dapat bervariasi, dan efeknya juga berbeda-beda bagi setiap individu.

2. Membangun Kepercayaan Diri

Bermain game dapat membantu membangun kepercayaan diri. Saat kita berhasil mengatasi sebuah tantangan dalam bermain game, disitulah kita akan merasa puas, sehingga pengalaman semacam ini dapat memberikan rasa percaya diri karena kita mampu menguasai dan mengatasi hambatan yang ada. Selain itu, dalam permainan sebuah game seringkali memiliki sistem peringkat, prestasi dan penghargaan. Inilah yang dapat meningkatkan motivasi untuk terus berkembang dalam permainan maupun kehidupan nyata. 

Akan tetapi, ada hal penting yang harus kita ingat bahwa kepercayaan diri yang sehat dan berkelanjutan juga harus dibangun melalui pencapaian di luar dunia game, seperti melalui pendidikan, pekerjaan, dan pengembangan keterampilan lainnya. Artinya kita harus bisa menyeimbangkannya dan tidak mengabaikan aspek-aspek penting dalam kehidupan. 

3. Meningkatkan Konsentrasi

Bermain game dapat juga meningkatkan konsentrasi dalam berbagai situasi. Seperti saat bermain game, kita harus fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Aktivitas ini dapat melatih kemampuan pemain untuk memusatkan perhatian pada tugas yang sedang dilakukan.  Dengan catatan kita harus bisa membedakan antara konsentrasi dalam bermain game dengan kegiatan lain diluar bermain game.

4. Kemampuan Multitasking

Terdapat jenis game yang mengharuskan pemain untuk mencari item saat berhadapan dengan lawan, sehingga memerlukan perhatian yang detail dan responsif. Dan jenis game seperti inilah yang dapat membantu meningkatkan kemampuan multitasking hingga meningkatkan kreativitas.

5. Mengurangi Stres dan Sebagai Hiburan

Bermain game online juga dapat menjadi cara untuk mengurangi stres dengan hiburan. Mengapa demikian? Saat bermain game online, tentu kita akan lebih fokus ke dunia virtual yang penuh tantangan dan kesenangan. Bahkan, kita bisa sejenak melupakan rutinitas yang penuh tekanan.

Hal ini dapat memberikan rasa lega dan mengurangi tingkat stres. Game online juga bisa menjadi sumber hiburan yang menyenangkan sembari mengisi waktu luang, asal tidak kecanduan ya! 

Pengaruh Bermain Game Online Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada awalnya game identik dengan permainan anak-anak. Kita selalu berpikir game merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang dapat menyenangkan hati mereka. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Ide awal dari sebuah game pastinya adalah sebagai media hiburan.

Bahkan hampir semua game dibuat sebagai hiburan. Bermain game juga membuat pemainnya sportif, menumbuhkan aspek kecerdasan dan reflek saraf terutama untuk jenis game yang bersifat sangat kompetitif. Namun yang harus kita sadari bahwa bermain game juga menimbulkan dampak kurang baik dalam perkembangan anak kecil, sehingga sebisa mungkin menghindarkannya dari game yang bersifat merusak atau destruktif.  

Berikut ini adalah tips-tips untuk terhindar dari kecanduan game, seperti:

1.Disiplin Diri yaitu bagaimana kita bisa mengatur waktu antara bermain game dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Jangan sampai kita menghabiskan waktu dengan bermain game. Aktivitas harian tetap berjalan dengan baik, dan disela-sela aktivitas tersebut kita bisa mengisinya dengan bermain game untuk menghilangkan rasa penat atau bosan.

2.Belajar Hal Baru. Kadang bermain game membuat kita kecanduan. Oleh karena itu kita harus dapat menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan positif, seperti bermain musik atau olahraga yang bermanfaat, sehingga kita bisa melupakan aktivitas bermain game.

3.Perbaiki Hubungan Sosial. Seringkali kita suka abai dan masa bodoh terhadap teman atau lingkungan sekitar gara-gara kecanduan bermain game. Kalau hal ini terjadi pada kita, mulailah perbaiki hubungan sosial, karena teman di dunia nyata lebih menyenangkan dibandingkan karakter-karakter yang ada dalam permainan sebuah game.

4.Menjauh dari Game. Kecanduan bermain game seringkali membuat kita susah untuk meninggalkannya. Tentunya hal ini akan berdampak buruk pada kehidupan kita. Aktivitas terbengkalai, hubungan sosial kurang bagus, bahkan kesehatan pun terganggu. Namun kalau kita mampu menjauh dari bermain game, tanamkan kesadaran bahwa bermain game hanya untuk pengisi waktu luang, niscaya kita pun akan terhindar dari kecanduan bermain game.

Jadi intinya bermain game itu boleh-boleh saja jika untuk sekedar menghilangkan kejenuhan saat menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Yang terpenting jangan sampai  melupakan kewajiban sehari-hari.

 

Sekilas tentang Culinary Schools

sekilas tentang Culinary Schools
sumber: website Culinary Schools

Culinary Schools merupakan sebuah situs terkemuka yang dibutuhkan oleh para pelajar, utamanya yang menggeluti bidang kuliner dalam menemukan berbagai sekolah sesuai dengan jalur atau karier yang mereka butuhkan. Di situs ini juga mengulas berbagai hal termasuk semua jenis sekolah memasak dalam berbagai kriteria, sehingga siswa pun dapat mengikuti berbagai pelatihan dan bimbingan yang nantinya membuat mereka makin percaya diri terjun ke dunia masak memasak atau di bidang kuliner.

Selain mencetak calon koki handal, di situs ini juga memberikan gambaran berbagai jurusan yang potensial untuk dipertimbangkan. Artinya, mereka nantinya dapat memilih spesifikasi apa yang akan dipelajarinya, sehingga mereka tidak salah pilih jurusan, apakah harus ke jurusan kuliner, jurusan manajemen makanan dan minuman atau bahkan jurusan terkait lainnya.

Kalau kalian sedang mencari sekolah memasak disinilah tempat yang tepat, karena di situs ini juga memberikan gambaran tentang hasil penelitian, bahkan hasil wawancara dengan berbagai narasumber tentang kebutuhan akan koki di sebuah tempat kuliner. Kalian juga akan tahu berbagai tipe koki, prospek karier koki, pasar kerja kuliner dan besaran gaji yang diharapkan.

Tentang Game Memasak Anak Online Gratis

tentang game online anak di Culinary Schools


Selain memberikan gambaran tentang berbagai sekolah memasak terbaik di berbagai negara, berikut dengan pengetahuan seputar koki, prospek kerja koki serta perkembangan dunia kuliner saat ini, situs Culinary Schools ini juga dilengkapi dengan game memasak anak online yang bisa dimainkan secara gratis.

Bagi kalian yang memiliki anak-anak usia balita tentunya permainan makanan anak-anak di situs ini dapat memberikan banyak manfaat. Kalian bisa memanfaatkan waktu luang sembari mengajak anak mengasah kreativitas dengan bermain game online disini.

Dan jangan khawatir di situs ini menawarkan koleksi ratusan permainan online untuk membantu membiasakan anak-anak dengan makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran, dan karier yang berhubungan dengan perhotelan. Salah satu contoh game online yang bisa kalian mainkan di situs ini adalah Game Edukasi Makanan”, dimana permainan ini membantu anak-anak membedakan makanan sehat dan makanan tidak sehat. Bahkan untuk kegiatan praktek dari Culinary Schools sendiri juga menyediakan clip-art makanan gratis yang dapat digunakan di kelas.  Dalam hal ini guru dapat memberikan pengarahan kepada siswa dan menekankan pentingnya olahraga, membatasi kelebihan lemak tubuh, dan menjaga berat badan yang sehat, sehingga dapat memanfaatkan kalkulator online gratis yang ada.

Kalau kalian penasaran dengan game online yang disediakan dalam situs Culinary Schools, berikut ini akan saya tunjukkan apa saja permainan online yang bisa dimainkan secara gratis dan sangat menyenangkan ini, diantaranya:

·        Food Education Games - learn about healthy foods versus unhealthy foods

o   Cooking and Kitchen Work - track multiple tasks in the kitchen and learn how to follow a basic recipe

o   Recycling - recycling waste

o   Farming - familiarizes players with farms, farm animals and farming.

·        Serving Eaters - make sandwiches or play a waiter

o   Grocery Stores - keep grocery stores stocked

o   Drinks - serve coffees and hot chocolate

o   Pizzarias - make custom pizza to order

o   Cheeseburgers - cheeseburger restaurant games

o   Sandwich stackers - sandwich & pancake stacking games

o   Mexican food - taco carts & burrito restaurants

o   Lunch - general lunch restaurants

o   Dinner - cook & serve dinner

o   Ice Cream - make the perfect ice cream cone

o   Desserts - create other deserts

o   Other Business Simulation Games - run a small local florist business or jewelry shop

·        Other Fun Food-themed Games - described by category below.

o   Snake - modern remakes of the classic

o   Maze Attack Games - games like Pac-Man

o   More Arcade Classic Games

o   Platform Games - Candy Girl Adventure, Fruit Adventure, The Greedy Chef & more

o   Music Games - make noise or music with Tom & Jerry

o   Glass Filling Games - Happy Filled Glass, all 3 Filled Glass games, Fruit Splash, Liquid Orange

o   Physics Puzzle Games - Candy Pig, Milk for Cat, Cut for Cat, Jelly in Portal, Mortar Watermelon

o   Slicing Games - Cut Fruit, Fruit Slasher, Fruit Boom & more

o   Knife Throwing Games - time your knife throws to break the spinning object without hitting your prior knives

o   Bubble Shooter Games - Apples, Orange Farm & Christmas Candy

o   Match 3 Games - Candy Fiesta, Donuts, Ice Cream Frenzy & more

o   Tile Breaker Games - clear the grid of bricks by selecting groups of adjacent identical tiles

o   Merge Games - Merge Cakes, Merge Cafe & more

o   Watermelon Games - variations of the popular frut drop merging game genre

o   Running Games - endless runners

o   Flying Games - various types of flying games

o   Driving Games - various types of driving games

o   Idle Games - Spaghetti, Mummy Candies & more

·        Brain Games - logic puzzles, memory games, Mahjong, Solitaire & other card games

o   Word Games - word search & letter tile spelling games

o   Tetris Games - games inspired by the challenging line making game

o   Memory & Matching Games - Fruit Memory, Sweet Memory & more

o   Mahjong Solitaire - match identical open tile pairs

o   Mahjong Connect - match open tile pairs which can be connected using lines that do not turn more than twice and do not pass through other tiles

o   Paint by Number Games - simple pixelated nonograms

o   Logic Puzzle Games - Fruit Tiles & Plumber Soda logic puzzles

o   Puzzle Games - spinning, slide & jigsaw

o   Hidden Objects - find hidden items or compare scenes to find differences

o   Math Games - addition and subtraction with food

o   Sorting Games - Liquid Sort & Sort Eggs

o   Solitaire Games - food-themed versions of the classic card game

o   Card Games - a couple variations of games based on Uno and the famous Cat and Mouse card shedding game Spite and Malice

 (sumber: website Culinary Schools)


Masih penasaran dengan game yang ada di situs Culinary Schools? Yuk kita coba beberapa game ini!

Game Edukasi Makanan

Can I Eat It? (Bolehkah Saya Memakannya?)
game Can I Eat It
sumber: website Culinary Schools

Game ini merupakan jenis permainan untuk anak-anak prasekolah dan taman kanak-kanak di mana mereka dengan cepat mengeklik yaatau tidak” jika menurut mereka suatu benda dapat dimakan. Permainan mencakup buah-buahan, sayuran, kue, sosis, kaus kaki, tongkat, gelas, baterai, serangga, dan banyak lagi.

The Amazing World of Gumball Water Sons

Game The Amazing World of Gumball Water Sons
sumber: website Culinary Schools

Ini adalah permainan puzzle 30 tahap di mana Gumball dan Darwin bekerja sama untuk membantu teman-teman menghidrasi. Tekan tombol dengan batu untuk membersihkan jalur agar balon air dapat mencapai teman yang haus. Permainan ini dapat digunakan untuk mendorong anak agar tetap terhidrasi dan mengajarkan pentingnya minum air

Fruit Fit

game Fruit Fit
sumber: website Culinary Schools

Fruit Fit adalah game pembelajaran buah yang mendidik. Pemain dapat melihat gambar buah-buahan dengan nama buah-buahan di sebelahnya dan kemudian menguji seberapa baik mereka menyerap informasi dengan memainkan bagian kuis dalam permainan.

Fruit Words Game

game Fruit Words
sumber: website Culinary Schools


Ini adalah permainan latihan mengeja di mana pemain menggunakan keyboard di layar untuk mengeja nama setiap buah dalam gambar. Permainan ini berisi 25 buah berbeda.

 

beberapa game di Culinary Schools

Itu adalah beberapa contoh tentang game edukasi makanan yang dapat memberikan banyak manfaat kepada pemainnya. Bila anak-anak diajak bermain game seperti ini tentu dapat merangsang motorik mereka untuk belajar mengenal makanan sehat, nama-nama buah serta kebiasaan sehat lainnya.

Selain berisi tentang edukasi makanan, game-game yang ada di situs Culinary Schools ini juga berisi permainan yang merangsang otak (Brain Games) seperti Mahjong Solitare, Word Games, Tetris Games, Solitare Games, Card Games dan sebagainya.

Mahjong Solitaire

game Mahjong Solitare
sumber: website Culinary Schools


Mahjong Solitare adalah permainan mencocokkan ubin online gratis. Ubin dalam permainan tersebut bertema makanan dan kami menawarkan empat tata letak permainan yang berbeda. Caranya cukup dengan memangkan ubin terbuka untuk menghapusnya dari lapangan permainan. Ubin terbuka jika tidak ada ubin vertikal di atasnya dan sisi kiri atau kanannya terbuka. Ubin yang terbuka berubah menjadi biru saat kita mengekliknya & jika ubin tidak berubah menjadi biru berarti ubin tersebut tidak terbuka. Permainan ini menunjukkan total waktu bermain kita di sudut kanan atas bersama dengan berapa banyak gerakan yang masih terbuka. Jika kita kehabisan langkah, kita dapat mengocok ubin yang tersisa dengan penalti waktu 1 menit.

Coffee Mahjong

game Coffee Mahjong
sumber: website Culinary Schools


Coffe Mahjong adalah permainan Mahjong Solitare 17 tingkat dengan batas waktu. Caranya dengan menyocokkan pasangan ubin terbuka bertema kafe untuk membersihkannya dari papan. Agar ubin dianggap itentik, ubin tersebut harus menampilkan item yang sama persis dan jumlah item yang sama dengan ubin lain yang kita cocokkan. Ubin terbuka memiliki warna latar lebih terang, sedangkan ubin tertutup memiliki warna latar coklat gelap. Ubin terbuka berubah menjadi hijau saat dipilih hingga dipasangkan. Bagian bawah rel kanan memiliki tombol untuk mengocok ubin dan mengambil petunjuk. Kita dapat memaksimalkan skor permainan dengan cara menyelesaikan skor dengan cepat. Dan saat menyelesaikan level, kita bisa mendapatkan 30 poin bonus untuk setiap detik yang tersisa.

Cup Of Tea Mahjong

game Cup Of Tea Mahjong


Cup Of Tea Mahjong adalah permainan Mahjong Solitaire 10 tingkat yang bertemakan istirahat minum teh yang nikmat. Cocokkan pasangan ubin terbuka bertema kafe untuk membersihkannya dari papan. Agar ubin dianggap itentik, ubin tersebut harus menampilkan item yang sama persis dan jumlah item yang sama dengan ubin lain yang kita cocokkan. Ubin terbuka memiliki warna latar belakang putih, sedangkan ubin tertutup memiliki warna latar biru. Rel kanan memiliki tombol untuk mengocok ubin dan mengambil petunjuk. Selesaikan level dengan cepat untuk memaksimalkan skor permainan, lalu dapatkan 30 poin bonus untuk setiap detik yang tersisa saat kita menyelesaikan level.

Solitare Games

High Tea Solitaire

game High Tea Solitare


High Tea Solitare adalah versi Klondike Solitaire 10 tahap turn-1 yang bertema setelah istirahat minum teh yang menyenangkan. Warna setelan alternatif pada tablo sambil disusun dalam urutan menurun. Bangunlah sesuai dengan empat landasan. Permainan ini menunjukkan berapa banyak gerakan valid yang tersisa di sisi kiri. Jika tidak ada sisa gerakan, kita dapat mengocok dek atau mengakhiri permainan. Akses secara otomatis diletakkan di fondasi. Kita dapat mengklik dua kali kartu untuk memainkannya ke fondasi atau memilih dan menyeretnya secara manual.

Kesimpulan

Segala sesuatu bila dilakukan secara berlebih tentu akan berdampak buruk. Termasuk bermain game online. Sayangnya sebagian orang tua memandang game online ini sebagai permainan yang memberikan dampak negatif. Padahal andai kita sadar, game online ini juga memberikan dampak positif bagi pemainnya, asal dimainkan disaat waktu luang atau di jam-jam tertentu.

Terlebih di jaman digital, dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, keberadaan game online dapat mengasah keterampilan, mengembangkan kemampuan berpikir, melatih bekerja dengan tim, menumbuhkan rasa sportifitas serta menghindarkan stress. Asal tahu batasan bahwa bermain game online memang sebaiknya dilakukan untuk mengisi waktu luang, atau disaat jenuh dengan padatnya aktivitas.

Namun demikian, keberadaan game online kini bukan saja bisa dinikmati oleh orang dewasa saja, melainkan juga diperuntukkan bagi semua kalangan. Bisa dimainkan oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa tanpa memandang status gender.

Salah satu permainan online gratis yang sangat mendidik utamanya bagi anak-anak adalah jenis game online yang ditawarkan oleh situs Culinary Schools, yaitu situs sekolah memasak alias sekolah kuliner terkemuka yang berisi seputar informasi tentang sekolah memasak, jenjang karier koki serta dunia kuliner.

Di situs ini banyak permainan online yang mengedukasi yang dapat dimainkan secara gratis. Kalian bisa mengunjungi situs ini dan membuktikannya. Saking banyaknya jenis permainan yang ditawarkan, kadang kita bingung memilih permainan. Singkatnya semua game online yang ditawarkan di situs ini sangat mengedukasi pemainnya. Kalian bisa memainkannya bersama buah hati tercinta. Kalian juga bisa mengajari ananda dengan berbagai game yang menantang.

Tapi ingat waktu ya jangan sampai kecanduan, karena kecanduan game online itu kurang bagus, aktivitas harian kalian bisa terganggu. Daripada penasaran yuk segera kunjungi situs Culinary Schools ini, dan buktikan betapa menariknya game online untuk anak yang variatif ini!

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Ternyata di situs ini banyak juga permainan online yang bisa mengedukasi yaaaa, makin asik lagi bisa dimainkan secara gratis, mau aku rekomendasiin juga ah buat para keponakan aku niiih, mending main game di sini hiihi

    BalasHapus
  2. Ih aku juga suka lho main game hehehe. Memang awalnya bikin kecanduan sih & aku setuju kalo salah satu kuncinya itu disiplin waktu.

    BalasHapus
  3. Bisa buat jadi alternatif main game saat bete nunggu ke situs ini. Banyak pilihan game tanpa harus download satu2

    BalasHapus
  4. Setuju banget sih kalau main game online punya manfaat untuk anak-anak tapi tetap dalam hal wajar aja dan dalam pengawasan orang tua tentunya. Walaupun sudah bukan usia anak-anak lagi tapi saya suka main game masak memasak dan kuliner gitu karena asik aja sih.

    BalasHapus
  5. Asal selalu dalam pantauan kita, game online ini memang bagus buat anak-anak. Banyak nilai edukasi yang diberikan. Dari kegesitan, membagi waktu, pengambilan keputusan, dan lain-lain. Aku sendiri ke anak-anak membebaskan. Tapi aku harus selalu tahu jenis games yang mereka mainkan itu.

    BalasHapus
  6. Setuju.. Game meski mengjhawatirkan tapi banyak manfaatnya buat anak yang penting sebagai orangtua kita mendampingi dan mencari tahu jenis game online yang mereka mainkan

    BalasHapus
  7. wah terima kasih rekomendasinya mba, game tu sebenernya kalau tidka berlebihan dan gamenya tepat tuh justru bagus ya mba

    BalasHapus
  8. game yang menarik nih untuk dimainkan anak-anak ya
    apalagi kalau mereka yang punya cita-cita untuk berkarir di bidang kuliner, bakalan mendukung banget karena jadi terasah kemampuan dan perlahan mempelajari soal dapur

    BalasHapus
  9. Selama ini kita sering khawatir ya anak tergila-gila game, tapi kalau dimanage dan mendapatkan game yang cocok dengan usianya seperti ini tentu memiliki dampak positif, jadi ortu memang harus cerdas memahami perkembangan jaman

    BalasHapus
  10. Setuju mba, sedari aku SD zamanku ada games PC seperti tetris, digger, yg aku rasa bagus untukku belajar mensolusi dalam keadaan dikejar waktu/musuh. Selama time screennya diperhatikan, masih sah-sah untuk bermain game di PC

    BalasHapus
  11. Anak zaman sekarang memang gak bisa dipungkiri gak bisa dilepaskan dari game khsusnya yang ada di gadget, jadi tetep difasilitasi asalkan dibatasi waktunya ya.
    Bermain game juga gak selamanya buruk, asalkan pilih game yang edukatif yang bisa melatih logika anak.
    Enak kalau games di web tanpa unduh2 gtu hemat2 space hehe.

    BalasHapus
  12. aku pun masih main game online kadang :)) anakku juga main game online tapi dengan pembatasan dan aturan yang kami bikin dulu sebelumnya, biar ga terus-terusan main dan lupa hal lain :D

    BalasHapus
  13. Huaaa banyak juga nih referensinya game online. Setuju sih game online juga banyak manfaatnya selagi bisa dimanfaatkan dengan baik dan tau waktu, disana tuh emang anak-anak juga dilatih untuk berfikir juga.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...