Pentingnya Service Motor Matic Secara Rutin

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang kini dimiliki sebagian besar masyarakat. Kendaraan ini sangat multifungsi mengingat kebutuhan masyarakat akan transportasi kini semakin kompleks. Oleh sebab itu perawatan secara rutin terhadap motor sangat diperlukan. Bukan hanya mengisi bahan bakarnya secara berkala, atau membawanya ke tempat cuci motor supaya terlihat bersih, namun perawatan bagian dalam motor sebaiknya dilakukan secara rutin pula.


servis motor di planet ban


Sayangnya masih banyak yang abai terhadap perawatan motor ini, sehingga membuat kondisi motor kurang nyaman untuk dikendarai, utamanya pada motor matic. Seringkali kita jumpai seseorang yang tidak bisa menyalakan starter motor maticnya, lalu ia mencoba menghidupkannya dengan starter manual hingga berulangkali. Bahkan ada pula yang terpaksa mendorongnya karena mesin tiba-tiba mati.

Andai motor matic ini di service secara rutin, kemungkinan starter mati atau mesin yang mendadak mati bisa dihindari. Ibaratnya seorang wanita yang ingin tampil cantik, bukan hanya perawatan luar saja yang penting, namun juga harus memperhatikan perawatan dari dalam tubuh. Demikianlah cara memperlakukan motor matic yang kita miliki.

Mengapa Service Motor Matic Penting?

Perawatan atau Service motor merupakan pengecekan kondisi motor yang dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Service ini biasanya dilakukan secara rutin, sedangkan bagian yang dicek meliputi pemeriksaan oli mesin, oli garden, saluran bahan bakar, keadaan mesin, rem, gas tangan, ban dan sebagainya. Tentu kalian pada penasaran bukan, mengapa beberapa bagian motor tersebut perlu di service?

1. Oli Mesin Motor Matic

Oli mesin merupakan bagian yang vital karena berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Inilah alasan mengapa oli motor matic harus diganti sesuai jarak tempuh yang tercapai. dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Untuk mengganti oli mesin dibutuhkan biaya pembelian oli tersebut ditambah biaya jasa ganti olinya. Sedangkan harga oli mesin tergantung dari mereknya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi yaw ajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oli tertinggi di kelas oli.

 

jenis oli di Planet Ban
sumber: Planet Ban

2. Oli Gardan

Oli gardan utamanya pada motor matic wajib diganti karena fungsinya untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Yang perlu diingat waktu penggantian oli gardan ini menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, lalu dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Filter Udara

Filter udara ini sangat berguna untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, dengan tujuan agar tidak ada kotoran yang masuk, karena bila kotoran ini sampai masuk maka bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator. Pemeriksaan filter udara ini biasanya dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

4. Kampas Rem

Sistem pengereman menjadi salah satu komponen terpenting pada motor matic, karena hal ini akan mempengaruhi keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Bila kampas rem sudah tipis, maka rem akan terasa kurang pakem. Bahanyanya bisa menyebabkan kecelakaan. Dengan demikian saat melakukan service motor, sang mekanik selalu mengecek kondisi kampas rem apakah masih aman atau perlu diganti.

5. Aki atau Accu

Hal yang tak kalah pentingnya adalah pengecekan aki. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Lalu jika mesin dalam kondisi menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Bila  tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, misalnya ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Dengan kata lain kondisi aki yang sudah rusak atau tidak sehat harus segera diganti supaya motor nyaman dikendarai.

6. Busi

Motor matic yang mendadak mati bisa disebabkan karena businya yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Dengan kata lain busi merupakan bagian motor matic yang bisa mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, sudah bisa dipastikan motor pun akan sulit dinyalakan. Untuk itu perlu penggantian busi secara berkala.

7. Ban

Pernahkah mengalami ban motor yang bolak balik kempes, padahal sudah dipompa? Kemungkinan ban ini mengalami bocor halus yang tak terlihat secara kasat mata. Atau bisa pula karena karet pentil ban yang bermasalah. Nah, pemeriksaan ban juga perlu dilakukan secara berkala. Alangkah baiknya kita periksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum kita kendarai. Jangan malah membiarkan ban kempes tetap kita kendarai. Tentu hal ini akan berakibat ban cepat rusak. Saat service motor, mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, dan kondisi ban secara keseluruhan, untuk mengetahui apakah kondisi ban masih layak pakai atau perlu diganti.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up merupakan service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, utamanya komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Biasanya ketika motor matic tersebut mulai di service, maka sang mekanik akan mengecek secara keseluruhan bagian mana saja yang harus diganti. Setelah ia rinci dalam sebuah catatan, maka mekanik tersebut akan memanggil pemilik motor sesuai nomor antrian untuk meminta persetujuan bagian-bagian motor yang perlu diganti berikut harganya.

Tune up yang lengkap biasanya disertai dengan ganti oli mesin, oli gardan dan penggantian sparepart lainnya. Tentunya hal ini atas persetujuan si pemilik motor. Sebagaimana pengalaman saya memiliki motor dengan cc besar, maka sang mekanik selalu menginformasikan untuk rutin mengganti oli mesin agar tarikan mesin pada motor terasa ringan. Sementara untuk oli gardan akan diganti minimal setiap tiga bulan sekali.

Bengkel Service Motor Matic Terbaik

Supaya mesin motor matic terawat dengan baik, harus dilakukan service dengan baik pula. Tentunya jangan asal service, melainkan kita harus mencari bengkel service motor yang bagus dengan para mekanik yang benar-benar mengerti akan mesin motor matic. Salah satu bengkel motor andalan adalah Planet Ban.

servis motor di Planet Ban
servis motor di Planet Ban (sumber: Planet Ban)


Planet Ban merupakan toko ritel yang mengkhususkan diri dalam penyediaan suku cadang berkualitas tinggi untuk sepeda motor. Dengan fokus utama pada penyediaan ban motor berkualitas dan tahan lama, pihaknya juga menawarkan layanan unggulan berupa service motor, ganti oli dan suku cadang otomotif.

Hebatnya lagi, service motor yang ditawarkan di Planet Ban sangat berkualitas, yaitu memberikan pengalama “Rasa Mesin Baru” yang nyata. Kok bisa? Bisa dong! Layanan khusus “Rasa Mesin Baru” ini bertujuan untuk menghidupkan kembali performa motor matic dan berbagai jenis motor lainnya layaknya seperti motor baru. Dengan melakukan pembersihan menyeluruh hingga ke bagian vital kendaraan.

Pembersihan kendaraan ini dimulai dari pembersihan throttle body, injector, dan pembersihan ruang oli yang membuat performa kendaraan menjadi lebih optimal, hemat bahan bakar, bahkan mampu mengurangi emisi kendaraan lebih dari 70 persen. Bahkan didukung oleh produk dan teknis pembersihan yang canggih pula, sehingga proses layanan servis motor ini menjadi lebih cepat, hemat dan efisien.

Tentunya dengan melakukan service rutin motor matic di Planet Ban akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Mesin motor pun akan awet dan jarang rusak.
  • Dengan penggunaan sparepart asli, membuat motor kita menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng saat kita kendarai.
  • Mekanik akan menginformasikan untuk mengganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kita tidak perlu sering ke bengkel. Otomatis akan menghemat biaya service motor matic.
  • Dengan rutin melakukan service motor, membuat kondisi motor makin sehat dan nyaman terhindar dari suara bising atau asap knalpot yang sudah pasti bisa merusak lingkungan. Ini menjadi salah satu cara kita ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup yang bebas dari polusi asap motor.


Apa Sih Yang Membedakan Service Motor Matic di Planet Ban Dengan di Tempat Lain?

Pernah kah merasakan tarikan mesin motor masih berat padahal baru di service? Ternyata tidak semua bengkel memberikan layanan service terbaik. Kadang setelah dilakukan service masih banyak sisa pembakaran yang tertinggal di bagian mesin motor. Kotoran dan debu yang berada di blok CVT masih sering ditemukan. Padahal kotoran inilah yang membuat tarikan mesin motor terasa berat.



Berbeda dengan layanan service motor yang diberikan di Planet Ban. Di Planet Ban benar-benar memberikan layanan terbaiknya, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya dibersihkan dari sisa pembakaran, kotoran dan debu. Dengan demikian mesin motor akan terlihat seperti mesin baru, sehingga menghasilkan tarikan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70 persen, lebih hemat BBM dan mesin pun menjadi bersih tanpa tersumbat kotoran sedikit pun.

Dan jangan khawatir, layanan service motor di Planet Ban ini harganya sangat terjangkau. Untuk jenis motor injeksi cukup dibanderol dengan biaya Rp. 20.000,-; sedangkan untuk service CVT lengkap dengan rantainya dengan biaya Rp. 19.500,- dan service throttle body hanya dibanderol Rp. 20.000,-. Murah bukan?

Jadi penting banget kan service motor secara rutin, terutama untuk motor matic wajib dilakukan service secara berkala, karena bagian-bagian yang ada didalamnya merupakan kelengkapan untuk berkendara menjadi aman dan nyaman.

Coba diingat-ingat lagi yuk, kapan kira-kira kalian terakhir kali melakukan service motor? Jangan sampai terlambat lho, karena kalau terlambat service bisa membuat motor kalian rusak bahkan biaya perbaikannya makin mahal.

Oh ya kalau kalian ingin service motor, ke Planet Ban saja yuk, selain biayanya terjangkau, kalian bakal mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. Siapa yang tidak mupeng coba! Buruan yuk ke Planet Ban!

Posting Komentar

38 Komentar

  1. Servis rutin memang harus dilakukan pada motor Matic, guna meningkatkan kinerja mesin yg lebih baik.
    Mulai dari mengganti Oli, membersihkan filter udara, membersihkan CVT maupun Tune Up pada mesin motor.
    Intinya kita harus merawat motor secara berkala agar motor lebih awet dan teramat mesinnyaa guna meningkatkan performa Motor tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak, motor juga butuh perhatian khusus utamanya harus diservis.

      Hapus
  2. Servis motor di Planet Ban memang "OK"

    Jooss....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul....Planet Ban memang tempat servis yang aman dan terpercaya.

      Hapus
  3. motor matic memang lebih tricky ya mba, soalnya kalau mendadak mati bingung gimana benerinnya wkwkk mending service secara berkala di Planet Ban untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, beda dengan motor pakai gigi, yang matic ibaratnya serba instan jadi butuh perhatian khusus utamanya harus diservis rutin.

      Hapus
  4. Aku walau pun perempuan, malah suka banget ganti oli sma service2 mesin atau ban, wkwkwk, soalnya kalau motor udah ga enak itu berasa sih, dan bawaannya emang pengen dibenerin aja kalau aku tu, ga betah kalau lama2 bawa motor yang ga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos mbak....saya pun juga servis motor sendiri, bahkan sejak SMA sudah terbiasa ke bengkel.

      Hapus
  5. Terimakasih artikel nya mba.. Meski motor kami bukan matic, tapi jadi makin tahu ttg pentingnya servis berkala untuk motor kita. Agar aman dan nyaman ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbak...saya juga pernah punya motor pakai gigi, perawatannya pun sama supaya nyaman dipakai.

      Hapus
  6. Servis motor matic secara rutin itu sangat membantu yang punya dan tentunya menjaga kondisi motor ya mba. Untungnya sekarang ada tempat servis yang oke punya seperti Planet Ban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Planet Ban memang aman dan terpercaya.

      Hapus
  7. Kurang lebih sama kayak manusia. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau motor udah rusak, biaya perbaikannya bisa jauh lebih mahal. Mendingan dirawat rutin, deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak, motor tidak hanya dipakai saja namun juga perlu diservis.

      Hapus
  8. Selain oli, kampas rem, dan ban juga mesti terus di cek ya Mba, dan seneng banget di Planet Ban bisa service motor, dan bagusnya kita punya waktu rutin buat ke bengkel cek rutin biar motor juga performa nya tetep baik ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, planet ban memang tempat servis yang nyaman dan terpercaya.

      Hapus
  9. Jadi inget adikku yang beberapa waktu lalu motornya ga bisa dipake, diselah ga mau panas-panas aja karena telat diservice. Akhirnya nyerah dan pergi pake ojol. Andai waktu itu dia rajin ngurus service motor ga akan kejadian kayak tempo hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak kadang lupa servis motor membuat motor kita makin rusak.

      Hapus
  10. Beberan kudu disiplin kalau soal pemeliharaan kalau engga rutin dampaknya lumayan besar, harus rela ngeluarin uang lebih besar lagi untuk perbaikan. Mending rutin mesin jadi terpelihara juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbak, karena saya pernah ngeluarin uang banyak gara2 telat servis motor.

      Hapus
  11. Biasanya nih kaum hawa ini yang suka lupa untuk ngecek kualitas oli pada motornya, padahal kualitas oli penting banget untuk mesinnya kalau sampai kering wah mesin bisa jebol

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...aku juga pernah kelupaan...makanya sekarang gak mau terjadi lagi takut biaya tambah bengkak.

      Hapus
  12. Hayuuu, aku paling rajin service motor nih di Planet Ban deket rumah, biar lancar terus saat dipake dijalanan dan touring eehh, dan pentiing banget service rutin tuh, jangan hanya bisa makenya aja yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul mak....motor ibarat manusia harus rajin dirawat ya....

      Hapus
  13. Iya nih.. Jadi malu, ka..
    Karena biasanya Service Motor tuh bener-bener nunggu sampe ga enak dulu tarikannya, jadi baru nyadar kalau uda lama gak service. Kudunya rutin dilakukan Service Motor Matic di Planet Ban yaa.. Harganya terjangkau dan fasilitas serta pelayanannya oke banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus rutin kak supaya motor tetap nyaman dipakai, di Planet Ban sangat aman dan terpercaya.

      Hapus
  14. Alhamdulillah 10 tahun kemana-mana pake motor dan awet, salah satu faktornya dengan perawatan yang rutin. Sering ganti oli dan jangan lupa periksakan semua spareparts karna biasanya dari satu kerusakan bisa menjalar ke kerusakan lain. Wah, ini tempatnya oke juga ya, bisa jadi rekomendasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor yang rutin diservis pasti awet ya mbak apalagi kalau servisnya di Planet Ban, tentu makin awet.

      Hapus
  15. Memang ya perawatan motor itu penting banget setiap bulannya biar motor tetap bagus dan awet, malas sedikit bisa bablas ya mesin. Makaish info tempat servisnya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbaaa....kalau servis ya di Planet Ban aja yang aman dan terpercaya.

      Hapus
  16. perawatan rutin pada motor matic memang harus dilakukan yaa, jangan sampe motornya mogok di tengah jalan karena gak pernah dirawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mogok malah bikin kalang kabut apalagi disaat kita harus buru2 pergi hehehe

      Hapus
  17. Huhu ngerasain banget deh efek dari gak rutinnya motor diservis, terutama ganti oli. Kinerja mesin motor jadi gak maksimal. Alhamdulillah deh, sejak ngerasain pahitnya, sekarang mah jadi rutin servis motor. Dan pastinya ya, Planet Ban bisa diandalkan untuk urusan servis motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat mbak...Planet Ban memang tiada duanya.

      Hapus
  18. iyaa pernah ngerasain, dulu pernah lupa service motor, dan akhirnya malah keluar uang lebih banyak karena kondisi motor makin parah

    BalasHapus
  19. iya ya, aku dulu rajin banget servis rutin tiap bulan loh, kok sekarang mulai jarang hikz
    padahal di planet Ban murah banget tuh biaya servisnya

    BalasHapus
  20. Oli sing yang paling wajib versi aku ... Soalnya pernah punya pengalaman mesin gak terlumasi dengan baik akhirnya macet di tengah jalan. Harus turun mesin dan lumayan jadi menguras kantong.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...