Inilah Tujuh Manfaat Melakukan Olahraga Bersama Teman

Olahraga saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Baik tua, muda bahkan anak-anak memiliki aktivitas yang menandakan ciri khas masing-masing. Terlebih saat pandemic menjadi wabah dunia yang berbahaya. Sadar bahwa virus covid-19 harus dilawan dengan olahraga teratur, mereka pun berupaya menjaga kebugaran tubuh dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

tujuh manfaat olahraga bersama teman


Meski saat itu berdiam diri di rumah adalah cara terbaik mencegah penyebaran virus covid-19, namun tak membuat masyarakat hanya didalam  rumah sepanjang hari. Ketika aktivitas offline berganti menjadi kegiatan online, semua pusat perbelanjaan tutup, bahkan jalanan nampak lengang, saat itu mereka memanfaatkan jalanan yang sepi untuk olahraga bersepeda.

Olahraga bersepeda yang mereka lakukan biasanya berkelompok, dengan menampilkan ciri khas, baik jenis sepeda atau warna kostum. Ada kelompok anak-anak dengan sepeda yang di cat warna-warni. Ada kelompok bapak-bapak yang naik sepeda jadul dengan memperdengarkan alunan musik nostalgia. Ada pula kelompok ibu-ibu atau muda-mudi dengan sepeda roodbike, MTB dan sebagainya.

Pastinya  olahraga semacam ini dapat menambah semangat serta lebih menyenangkan, karena dilakukan bersama teman. Inilah salah satu manfaat olahraga berkelompok, mampu menyehatkan jiwa dan raga. Menggerakkan tubuh sembari bercengkerama bersama teman.

Olahraga bersama teman juga diyakini dapat memberikan dorongan satu sama lain, sehingga masing-masing bersemangat untuk terus menjadi lebih sehat. Mereka saling memotivasi, sehingga semangat untuk melakukan olahraga secara rutin tetap terpatri dalam dirinya.

Lalu, saat pandemic sudah mulai reda, dimana jalanan kembali ramai dan aktivitas offline kembali normal, akankah kebiasaan bersepeda atau olahraga berkelompok lainnya mulai ditinggalkan?

Tentu tidak ya! Olahraga bersepeda kini telah menjadi trend atau kebiasaan yang dilakukan masyarakat di saat senggang, bisa hari Minggu atau hari libur. Bahkan bukan hanya bersepeda, anak-anak remaja kini mulai aktif berolahraga futsal, dimana manfaatnya sangat banyak. Bisa menyehatkan tubuh, bisa pula menambah pertemanan.

Seperti saya. Olahraga bersepeda tetap saya lakukan meski jalanan mulai ramai. Biasanya aktivitas ini saya lakukan disaat anak libur sekolah, hari Sabtu atau Minggu pagi. Saya pun tidak sendirian melakukannya, biasanya berempat atau berenam. Namun demikian olahraga yang kami lakukan bukan bersepeda kencang sampai ngos-ngosan, namun santai alias fun sambil menikmati pemandangan sekitar. Ada kalanya kami berhenti di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombak pantai, atau sambil mengunjungi tempat wisata yang kebetulan kami lewati.

Demikian juga dengan Fawaz, anak saya. Ia dan teman-temannya mulai aktif olahraga futsal. Bahkan sesekali timnya mengikuti pertandingan futsal. Meski belum menang, namun olahraga yang mereka lakukan terasa menyenangkan, bahkan bisa menambah pertemanan.

Manfaat Olahraga Bersama Teman

Demikian banyak manfaat olahraga bersama teman kalau kita rasakan. Setidaknya, ada tujuh manfaat yang bisa kita dapatkan jika melakukan olahraga bersama teman atau berkelompok.

1. Bersosialisasi

Olahraga bersama teman bisa menambah rule pertemanan. Artinya kita dapat berinteraksi dengan orang lain, bisa mempererat jalinan pertemanan juga dapat berkenalan dengan orang baru. Dari sini tercipta semangat untuk terus berolahraga menjaga kesehatan.

2. Stress Terkontrol Dengan Baik

Stress bisa melanda siapa saja. Beban pikiran yang menumpuk bila dibiarkan begitu saja akan memperburuk mood kita. Melakukan olahraga bersama teman, terlebih diselingi dengan canda tawa dapat meredam stress yang berkepanjangan.

3. Menyehatkan Jantung

Melakukan  olahraga secara rutin diyakini bisa menguatkan jantung. Ini disebabkan karena jantung terdiri dari otot, bahkan  kinerjanya akan meningkat ketika kita rutin melakukan olahraga.

4. Memperbaiki Suasana Hati

Jika kita rutin berolahraga, energi positif perlahan akan mengalir ke tubuh kita. Kita akan merasakan riang, gembira, bahkan terlepas dari beban yang menghimpit. Dikarenakan olahraga yang kita lakukan dapat melepaskan endorfin yang mampu membuat tubuh kita rileks. Endorfin ini adalah hormon kebahagiaan.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bila kita rutin berolahraga sudah pasti tubuh pun terasa bugar. Otomatis kualitas tidur pun jadi membaik. Kalau kualitas tidur normal, sudah pasti dapat memengaruhi energi sepanjang hari. Kita makin bersemangat menjalani rutinitas.

6. Berat Badan Stabil

Melakukan olahraga secara teratur bisa menjaga kestabilan berat badan. Terlebih bagi yang sedang menjalankan diet. Mengatur pola makan saja rasanya tidak cukup bila tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berolahraga secara teratur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita bisa melihat orang yang rutin melakukan olahraga cenderung lebih jarang sakit. Bahkan, selama pandemic, masyarakat banyak melakukan olahraga demi menjaga tubuhnya dari serangan virus yang membahayakan ini. Dimana hingga saat ini olahraga sudah menjadi kebiasaan masyarakat modern demi meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuhnya.

JNE Menggelar Pertandingan Olahraga Dalam Rangka Hut RI ke-77

Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke -77 yang bertemakan “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, JNE menyelenggarakkan enam pertandingan cabang olahraga dari tanggal 20 s.d. 28 Agustus 2022, diantaranya futsal, sepakbola, bola basket, tenis meja, badminton, panahan dan funbike khusus karyawan JNE. Sedang acara puncaknya dilaksanakan di Orion Sport Center yang bertempat di Jl. Bandengan Utara Raya no. 73 Kec. Penjaringan Utara, Jakarta Utara.

Pekan Olahraga JNE 2022
sumber: JNE


Futsal, sampai saat ini masih menjadi olahraga yang paling diminati dan menjadi favorit 58.000 karyawan JNE seluruh Indonesia. Bahkan, Turnamen Futsal di internal JNE pun rutin dilakukan sejak tahun 2007 yang diikuti “Ksatria” dan “Srikandi” JNE, yaitu julukan bagi seluruh karyawan JNE.  Bahkan olahraga Futsal ini telah mencatat sejarah bagi JNE, dimana JNE pernah meraih juara 1 Asperindo Cup di Palembang tahun 2017 mengalahkan beberapa tim dari perusahaan ekspedisi dan logistik.

Futsal Menjadi Olahraga Favorit Karyawan JNE

Pertandingan futsal kali ini dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2022 dan diikuti oleh 37 klub dari karyawan serta berbagai departemen di lingkup JNE yang ada di Jakarta. Dimana turnamen yang dilaksanakan menggunakan sistem gugur yang disiapkan panitia. Hasil pertandingan dalam turnamen futsal tersebut, Tim Pickup Marketplace meraih juara 1 setelah menekuk Tim Futsal JKT 48. Luky Bachtiar dari Tim Pickup Marketplace menjadi pemain terbaik pilihan Coach Deny Handoyo.

futsal menjadi olahraga favorit karyawan JNE
sumber: JNE


Sementara itu, Manajemen JNE yang diwakili oleh VP Marketing JNE, Eri Palgunadi juga memberikan apresiasi kepada Cosmo JNE  FC yang telah berhasil meraih juara 3 pada Profesional Futsal League 2021-2022 yang diwakili oleh Manajer Tim, Hansen Tjubianto, kemudian dilanjutkan pertandingan Fun Match antara Cosmo JNE FC melawan Tim Futsal JNE Jakarta, untuk memeriahkan Pekan Olahraga JNE 2022. Wah, bener-bener meriah pertandingan yang diselenggarakan oleh internal JNE ini.

Pertandingan ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh karyawan untuk dapat berprestasi memberikan penampilan terbaiknya di masing-masing cabang olahraga. Sekaligus kembali memeriahkan gelaran Pekan Olahraga JNE 2022 yang vakum selama lebih dari 2 tahun semenjak pandemic mewabah. Bahkan, hadirnya Cosmo JNE FC juga mampu memotivasi karyawan JNE agar terus berprestasi.

Cosmo JNE FC
sumber: JNE


Ternyata antusiasme seluruh karyawan JNE dalam mengikuti ajang Pekan Olahraga JNE 2022 juga tinggi. Itu artinya dengan ajang semacam ini mampu menumbuhkan kebersamaan dalam tim dan dapat mencetak atlet dalam berbagai cabang olahraga.

Kesimpulan

Ada pelajaran yang bisa dipetik dari penyelenggaraan Pekan Olahraga JNE ini. Selain dapat berprestasi di lapangan, Ksatria dan Srikandi JNE pun bisa memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas, di mana JNE suka berbagi, memberi dan menyantuni, sehingga tagline “Connecting Happiness” dapat terwujud sehingga dapat memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat  Indonesia. 

Jadi, yuk mulai rutin melakukan olahraga. Selain dapat menyehatkan fisik, juga membuat psikis kita terjaga dengan baik. Melakukan olahraga bersama teman atau berkelompok diyakini dapat memberikan berbagai manfaat, seperti tujuh hal diatas. Sehat jiwa dan raga tercapai berkat olahraga!

Posting Komentar

17 Komentar

  1. setujuuu, olahraga tuh beneran bisa bikin mood bagus sih, aku ngerasain manfaatnya rajin olahraga semasa awal2 pandemi, bisa mengelola stres dan mood deh

    BalasHapus
  2. Kalau orahraga bersama itu, justru memang lebih semangat, Mbak, dibandingkan olahraga sendiri. Terus sisi manfaatnya sangat banyak. Bersosialisasi pastinya. Terus olahraga bersama, ada unsur kerja sama, dan saling pengertian juga.

    BalasHapus
  3. Gak cuma menjalin silaturrahmi, olahraga bareng teman juga bisa menambah kualitas pertemanan ya kak. Sehat bareng, biar bisa main bareng lebih lama

    BalasHapus
  4. Kalau pengalaman diriku, olahraga bareng teman biasanya nambah semangat sih hehehe. apalagi kalau beneran punya tujuan yang sama, bisa saling termotivasi dong. Seruuuuuuuuu

    BalasHapus
  5. Olah raga bareng temen emang seru ya kak, apalagi kalo jenis olah raga yang disukai tuh sama pastinya bakal kompak abis. Aq jadi malu nih soalnya jarang olah raga hehe

    BalasHapus
  6. Kalau weekend gak jauh dari rumah kan deket ke BKT, sering daku lihat banyak yang olahraga sepedaan atau jogging bareng teman.
    Dan memang bikin suasana asik sih bareng temen, cuma ya jangan kebanyakan aja ghibahnya haha

    BalasHapus
  7. Kalau aku tim yang lebih suka olahraga sendirian, wkwk. Btw, keren ya programnya JNE.. nggak cuma jago nganterin paket dengan tepat waktu, tapi juga kece ikut serta menjaga kesehatan :)

    BalasHapus
  8. Aku paling suka olahraga bersama teman
    Bawaannya jadi semangat gitu kalau bareng-bareng
    Tiap Minggu aku olahraga bersama teman

    BalasHapus
  9. Sepeda booming disaat awal pandemi sampai harga sepeda meroket.Nah sekarang car free day dan event2 sudah ada lagi sehingga rame yg pd jalan2.

    BalasHapus
  10. bener banget kak, olahraga itu ngebantu memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur. aku ngerasain banget efeknya setelah rajin badmintonan, walau baru sekadar badmintonan belum olahraga yang lain :')

    BalasHapus
  11. aku kalau olahraga sama teman biasanya sambil curhat mba, wkwkwk. Bisa tukar pikiran juga

    selama ini aku sering jogging dan sepedaan sih

    BalasHapus
  12. Aku kalau nggak olahraga sendirin di rumah, ya jalan2 tipis sama bocil di stadion mbak hahaha memang jadinya lebih rileks ya pikiran, badan juga enteng

    BalasHapus
  13. Saya tipe orang yang susah berolahraga kalau cuma sendiri, namun kalau ada teman yang mendampingi langsung deh semangat untuk olahraganya membara. Memang sebagian orang perlu partner sih untuk berolahraga biar lebih asik dan gak kesepian hihihihi.

    BalasHapus
  14. Bener mbak kalo olahraga bareng-bareng sama temen tu lebih asik dan menyenangkan. Jadi tambah semangat gitu

    BalasHapus
  15. Olahraga semakin semangat kala ada temannya ya..
    Dan JNE juga menginspirasi dengan timnya nih..
    Semoga dari hobi menjadi sebuah ketekunan yang menghasilkan prestasi luar biasa.

    BalasHapus
  16. sebelum covid tuh aku juga beberapa kali olahraga ama temen mba.. tapi setelah covid jadi prefer olahraga sendiri sih wkwk kadang sama anak gitu jalan pagi atau sore.

    BalasHapus
  17. Kalo olahraga sama teman jadi lupa kalau lagi olah raga, saking asik dan menikmatinya, karna sambil ngobrol kalo saya sih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...