Stik Kentang Saus Skippy, Camilan Buka Puasa Yang Mengenyangkan


Apa yang Anda rasakan setelah seharian berpuasa penuh? Lapar atau hanya haus? Kalau saya lebih ke haus. Minum segelas air sudah membuat perut terisi. Makanya ketika adzan Maghrib tiba, saya hanya minum segelas air putih atau makan sedikit camilan yang menyehatkan, bisa buah atau camilan yang saya buat sendiri. Setelah sholat Maghrib barulah saya makan sepiring nasi dengan porsi sedikit agar tidak mengantuk saat sholat Isya' dan taraweh di masjid.

Dan alhamdulillah, meski tinggal di Bali, saya dapat melaksanakan puasa Ramadhan dengan khusyu'. Demikian juga dengan Fawaz, anak semata wayang saya yang kini duduk di kelas 8. Meski sekolahnya di SMP Negeri, namun teman-temannya sangat menghormatinya. Kalau tahun lalu Fawaz bisa menikmati libur panjang selama bulan Ramadhan, berbeda dengan tahun ini. Pelajaran di sekolah tetap berlangsung untuk mengejar materi menjelang ujian kenaikan kelas.

Fawaz dan teman-temannya (dokpri)

Disinilah yang kadang membuat iman Fawaz naik turun. Apalagi saat ada tugas memasak dari sekolah, dimana satu kelompok diwajibkan membuat menu masakan di rumah, lalu hasil prakteknya dibuat dalam bentuk video sementara makanan yang sudah matang dikumpulkan ke sekolah untuk dinilai. Inilah tugas saya untuk memberikan pengertian kepada Fawaz agar ia tetap berpuasa tanpa harus merengek karena mencium aroma masakan.

Seperti puasa pertama, dimana Fawaz dan kelompoknya yang berjumlah 6 orang datang ke rumah. Mereka langsung meminta saya untuk mencarikan ide makanan berbahan jagung dan kentang. Awalnya bingung juga, karena makanan berbahan jagung dan kentang yang biasa saya buat hanya pergedel kentang atau bakwan jagung. Masak iya anak-anak mau masak itu?

Dan memang seperti inilah orang tua yang hidup di jaman millenial, dituntut serba bisa. Kalau 6 anak langsung datang ke rumah, pasti saya pun tidak bisa berkutik. Berkat gogling di internet, saya temukan resep stik kentang isi jagung manis bertabur bubuk jagung bakar.

Begitu negosiasi dengan anak-anak, dan mereka menyetujuinya, saya pun langsung pergi ke supermarket untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Namun dengan syarat, masaknya harus menjelang maghrib agar Fawaz bisa ikut mencicipi hasil karya kelompoknya. 

Saat berbelanja bahan, saya jadi kepikiran untuk membeli skippy peanut butter sambil membayangkan nikmatnya cita rasa stik kentang yang dicocol saus kacang ini. Setelah semua bahan saya dapatkan, saya pun bergegas pulang ke rumah menyiapkan segala perlengkapan untuk praktek masak anak-anak.

anak-anak mulai praktek memasak (dokpri)
Bersyukurnya di Bali cuaca masih cerah dan terang menjelang maghrib, sehingga anak-anak bisa memasak didepan rumah. Dan mereka antusias sekali mempraktekkan makanan yang saya dapatkan dari internet dengan sedikit modifikasi atau penambahan bumbu.

Sebenarnya membuat stik kentang ini gampang banget, terutama dipraktekkan oleh anak laki-laki. Dan prosesnya juga cepat, asal semua bahan dipenuhi. 

bahan pertama
bahan kedua
stik kentang yang belum digoreng
hasil masakan anak-anak: stik kentang isi jagung manis bertabur bubuk jagung bakar (dokpri)
Pasti pada penasaran bukan, bagaimana proses memasak anak-anak ini hingga berhasil membuat makanan yang nikmat ini? Daripada terus penasaran, berikut ini saya sertakan resep membuat stik kentang yang dipraktekkan anak-anak.

STIK KENTANG

BAHAN:
  • Jagung manis 2 buah, dipipil lalu setengahnya dilembutkan.
  • Kentang 2 buah, dikukus lalu dilembutkan
  • Seledri secukupnya
  • Keju ceddar secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Tepung tapioka secukupnya
  • Telur 1 butir
  • Masako 1 bungkus
  • Bubuk jagung bakar
  • Skippy peanut butter cream secukupnya
  • Stik es krim
  • Tepung maizena secukupnya
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya

CARA MEMBUATNYA:
  • Sediakan baskom kecil, lalu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, campur dengan jagung yang sudah dilembutkan dan jagung pipilan.
  • Masukkan semua bahan secukupnya, seledri, keju ceddar, telur, masako, lada bubuk dan tepung tapioka. Campur semua bahan sampai rata dan kalis. Bila perlu tambahkan sedikit garam.
  • Bentuk adonan bulat memanjang lalu tusuk bagian tengahnya dengan stik es krim. Pastikan adonan lengket pada stik.
  • Setelah itu gulung adonan yang sudah dibentuk bulat kedalam tepung maizena kering. Tepuk-tepuk agar tepung maizena yang menempel di adonan tidak terlalu banyak.
  • Siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng, lalu goreng adonan kedalam minyak panas. Usahakan api jangan terlalu besar, agar adonan tidak gosong.
  • Bolak-balik hingga adonan berwarna kecoklatan. Bila sudah matang lalu angkat.
  • Siapkan wadah, tata stik kentang sesuai selera, lalu taburi dengan bubuk jagung bakar yang gurih. Stik kentang isi jagung manis bertabur bubuk jagung bakar siap dinikmati.
Dan...karena saya tahu Fawaz suka saus kacang, apalagi dia suka ngemil duluan saat buka puasa, makanya saya buatkan saus kacang dari skippy ......taraaaa jadi deh stik kentang saus skippy menjadi camilan buka puasa yang mengenyangkan buat Fawaz. 

camilan spesial buat Fawaz saat buka puasa
Saat adzan Maghrib berkumandang, praktek memasak pun selesai, anak-anak menikmati hasil masakannya. Fawaz menikmati stik kentang khususnya dengan saus kacang kesukaannya, sementara kelima orang temannya menikmati stik kentang isi jagung manis bertabur bubuk jagung bakar yang tak kalah nikmatnya. 

Lega rasanya bisa membantu anak-anak menyelesaikan tugas sekolahnya. Apalagi melihat anak-anak yang antusias belajar memasak. Semoga apa yang mereka kerjakan bisa menginspirasi anak-anak lainnya. Meski satu kelompok laki-laki semua tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk belajar memasak. Mereka mampu membuktikan bahwa laki-laki juga tak kalah dengan perempuan, masakannya sukses menggugah selera makan.

Selamat mencoba......!!!!

Komentar

  1. Ih anak bujang pada masak ya ide reseonya kerin apalagi punya Fawaz itu bisa makin maknyus karena bisa dicocol saus kacang enak dari ibu. Love banget deh...

    BalasHapus
  2. Kalau saya yang bikin udha pasti gak pakai seledri karena memang gak suka banget. Tetapi, kalau lihat komposisi bahan lainnya, udah kebayang gurihnya stik kentang ini. Bikin semangat deh makannya :D

    BalasHapus
  3. Wah sehat danpadat nih, kentang saus skippy, kebayang tekstur kentang ketemu sama saus skippy, hmm...., yummmy

    BalasHapus
  4. Buka puasa bunda minum air redaman 7 buah korma. Segaaar. Setelah solat magrib barulah makan nasi (bukan camilan lho). Kebiasaan bunda sblm solat tarawih bunda makan
    Nasi lengkap dgn lauk pauknya.

    BalasHapus
  5. Kentang, jagung, keju, plus kacang. Kenyang banget kayaknya ini, sih. Gurih juga kayaknya, ya. Bahan-bahannya enak.

    BalasHapus
  6. Wah kok kepikiran aja sih ide masakannya mbak. Kayaknya enak juga yah kentang jagung dilumuri skippy gitu.

    Aku mikirnya kalo selai skippy cuma bisa buat roti doang, ternyata bisa divariasikan macem2 yah mbaak. Ntar mau nyobak ah :))

    BalasHapus
  7. Nemu lagi resep handal yaitu stik kentang dengan saus skippy. Saya kirain skippy hanya untuk roti bakar, ternyata resep seperti ini juga masuk dan pasti rasanya enak, cobain ah.

    BalasHapus
  8. Untung Fawaz punya mama yang kreatif ya jadi bisa bikin masakan yang diminta deh. Aku ngiler lihat stik kentangnya mbak dan sausnya dibuat dari skippy praktis banget ya. Perasaan dulu Fawaz masih SD tau2 udah kelas 8 aja :)

    BalasHapus
  9. Wah, enak nih. Bisa buat camilan makanan buka puasa nih. Noted deh, semoga bisa masak yang begini nih nanti. Save dulu resepnya aaah...

    BalasHapus
  10. Wah mantaaab stik kentangnya nih..apalagi yg dicocol skippy ya.. terbayang deh nikmatnya berbuka dg menu ini. Simpan resepnya ah..

    BalasHapus
  11. Wah para brondong pada masak hehehehe. Aku jadi kepengen bikin stik kentangnya mbak.

    BalasHapus
  12. Kreatif banget mbak ada aja dapet idenya memadukan kentang sama skippy..aku yg selama ini cuman pakai utk olesan roti jd dpt ide baru...makasi mba

    BalasHapus
  13. Sukaa banget baca pengalaman anak anak bujang ini praktik masak, makannya juga jadi semangat ya, sebab hasil masakan sendiri

    BalasHapus
  14. Waah...terlihat lezaattnya..
    Dan ini anak-anak uda mahir bantu Mamanya yaa..
    MashaAllah.

    Camilan bersama untuk keluarga, karena dibuatnya dengan cinta.

    BalasHapus
  15. Enak dijadikan cemilan apalagi cara buatnya juga simple banget ya mbak. So boleh dicoba nih resep kreasi skippy dari Mbak Yuni ini.

    BalasHapus
  16. Wah resepnya asyik nih jd pengen nyoba juga..hmmm pasti enak ya..hehe

    BalasHapus
  17. Kreatif banget mbak bikin stik kentang gtu. Anak2 pasti suka ya buat camilan2 pas kumpul2 bareng kyk gtu :D
    EBtw kalau stiknya diganti serai kyk sate2an yg di Bali itu jg bisa kali ya?

    BalasHapus
  18. Enaknya selai skippy bisa jadi saus beragam makanan, mulai dari makanan manis sampai asin, makasih ya resepnya mba yuni

    BalasHapus
  19. Stik kentangnya cocok banget dinikmati saat buka puasa yaa, Mba. Dari gambarnya udah terbayang lezatnya :)

    BalasHapus
  20. waaa beruntung aku mampir ke blog ini, jadi terinspirasi resep2nya deh hehe.. keliatan enak banget mba dan gampang pula bahannya ya yg penting ada skippy ahaayy

    BalasHapus
  21. HUwooo enaknya mba Yun
    aku belum pernah coba ini
    mau ah intip resepnya kapan-kapan mau bikin wakakak
    sedap

    BalasHapus
  22. Skippynya polos atau ditambahin cabai Mbak? Aku punya skippy juga di rumah, jadi pengen coba.....

    BalasHapus
  23. Gara-gara Skippy ini aku banyak banget lho dapat resep baru yang kreatif. Jadi seneng ngikutin satu per satu. Semoga nanti bisa coba bikin juga

    BalasHapus
  24. Wawww resepnya boleh dicoba nih Mak. Aq suka makan kentang n jagung ditambah yummynya skippy. .Hmm.. Legit kayaknya ya

    BalasHapus
  25. This looks like a fabulous recipe to try. I would also like to have that Skippy sauce for the dipping

    BalasHapus
  26. Krearif sekali. Aku selama ini selai kacang gt kurang suka. Tyta bisa buat saus aka sambel jg ya. Hmmmm jadi pengen coba juga.

    BalasHapus
  27. jadi penasaran beneran sama rasanyaaa biasanya skippy ini aku oles di roti aja ternyata bisa jadi saos gorengan ya. btw foto2nya bagusss mbak lengkap . bikin ngiler emang

    BalasHapus
  28. KREATIF ABIS.

    WOW WOW WOW.

    hihi puasa di Bali seru juga ya, temen2nya alhamdulillah mau mengerti juga, dan ya...
    Seru ih liat anak cowo masak, hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...