Akhir-akhir ini saya sering mengalami pusing kepala, bahkan tengkuk terasa sangat kaku. Awalnya saya meremehkannya, namun lama kelamaan tidak tahan juga dengan kondisi seperti ini. Lalu saya coba cek darah lengkap sekaligus cek tensi ke sebuah laboratorium. Ternyata tensi dan kadar kolesterol saya sangat tinggi. 

Keluhan yang saya alami memang sudah umum dan seringkali melanda masyarakat diberbagai lapisan. Bukan hanya bagi mereka yang sering menyantap makanan resto yang berlemak, namun masyarakat pedesaan juga rentan terhadap keluhan semacam ini.

Lalu apa penyebab tensi dan kadar kolesterol seseorang tinggi?

Setelah saya berkonsultasi dengan dokter, ternyata ada beberapa hal yang memicu tingginya tensi dan kadar kolesterol seseorang. Faktor genetik (keturunan), pola makan dan gaya hidup. Pada kasus yang saya alami, hipertensi dan kadar kolesterol yang tinggi disebabkan oleh faktor keturunan, kebetulan ayah saya juga pengidap hipertensi. Bisa jadi apa yang saya keluhkan memang turunan dari ayah saya.

Selain itu, meski saya jarang mengkonsumsi seafood dan olahan berlemak, namun saya penggemar gorengan, roti dan mie. Ternyata makanan inilah yang menjadi pemicu dari keluhan yang saya alami. Ditambah saya jarang berolahraga, jadilah lemak dalam tubuh saya menumpuk dan mengakibatkan timbulnya penyakit.

Yang lebih menakutkan, tingginya tensi dan kolesterol bisa memicu penyakit lain bila tidak segera ditangani. Bukan hanya hipertensi, namun bisa juga mengakibatkan stroke, pembuluh darah pecah, sesak nafas atau bahkan serangan jantung. Akan tetapi, bila si penderita lekas melawan berbagai keluhan itu dengan menerapkan pola hidup sehat, niscaya ketakutan itu tak akan menjadi kenyataan.
Dari sinilah akhirnya saya termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat. Dulu saya pernah melihat betapa ayah saya berjuang gigih demi melawan penyakitnya. Hasilnya memang memuaskan, beliau kembali normal. Demikian juga dengan ibu saya, diusianya yang memasuki angka 65 tahun, beliau masih energik, kemana-mana selalu mengendarai sepeda kayuh.

Semenjak saya mengalami berbagai keluhan diatas, saya mencoba menerapkan tips hidup sehat, diantaranya:
  • Mandi pada jam 5, baik pagi maupun sore, hal ini bertujuan untuk meremajakan sel-sel dalam tubuh saya. Jangan lupa minum segelas air putih setelah bangun tidur.
  • Ganti sarapan pagi dengan buah-buahan, seperti apel, buah pir atau pisang. Buah-buahan itu selain mengenyangkan juga mengandung anti oksidant. Sehari makan sebuah apel akan menjauhkan kita dari dokter.

buah untuk sarapan pagi atau camilan
  • Kurangi mengkonsumsi garam dan gula. Seringkali saya mengganti gula dengan madu serta memperbanyak minum air putih.
  • Menghindari makanan berlemak dan ngemil yang tidak sehat. Untuk camilan sering saya ganti dengan buah atau rebusan. Perbanyak makan sayur tanpa santan. Nasi tidak saya hilangkan namun saya kurangi porsinya. Saya juga mengganti menu makan malam dengan buah atau rebusan. Demi menetralisir lemak, saya sering mengkonsumsi nanas.

mie ayam, sayur bersantan, kue berbahan tepung terigu harus dihindari

rujakan atau makan rebusan
  • Sering memasak sendiri di rumah ketimbang beli diluar, dan menghindari masakan yang seringkali dipanasi.

masak sendiri tanpa minyak atau santan dan tidak sering dipanasi
  • Olahraga setiap hari secara teratur meski 30 menit, guna memperlancar peredaran darah.

olahraga setiap hari meski di rumah

Setelah saya menerapkan tips diatas, ternyata badan terasa segar. Keluhan yang pernah saya alami perlahan sirna semenjak saya konsisten melakukannya. Melalui kontes blog Nutrifood, saya ingin menjadi Health Agent dan mengajak semua orang untuk hidup sehat. Karena sehat itu bukan soal biaya, tapi diri kitalah penentunya. Yuk mulai hidup sehat!



Jumlah kata : 499

25 Komentar

  1. Aku juga penggemar gorengan, mak. Kolestrol juga udah kerna warning. Wah ternyata mandi jam 5 pagi bisa membantu mengendalikan kolestrol. Menarik nih. O, ya. Kayaknya baru kali ini blogwalk ke sini, nih. Salam kenal ya, mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolesterol emang beragam penyebabnya mak, perlu diwaspadai...salam kenal kembali ya

      Hapus
  2. Bahaya banget kolesterol itu,,,,enaknyooo punya treadmill sendiri mak..bisa kapan aja yaaa olahraganya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak kolesterol emang berbahaya, hihihi iya nih treadmill saya beli supaya bisa olahraga di rumah

      Hapus
  3. Mau ngikutin yg tips mandi itu ya mba Yuni, thks utk sharenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etapi bener lho mbak Unik, ibu saya terlihat awet muda diusianya 65 tahun karena selalu mandi pagi dan sore pada jam 5

      Hapus
  4. Saya penggemar mie ayam mb; kebiasaan yang ndak sehat benernya..., btw suka sayuran juga...hobi lotek. Eh, di bali ada lotek nggak ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali2 sih gak papa mbak hehehe tapi harus diimbangi dengan olahraga ya...apa ya lotek di bali...saya kok belum nemu ya, kalau rujak cingur banyak

      Hapus
  5. Haiyaaa.. Masih melakukan 'dont' di artikel ini.. Makasih dah diingatkan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita rubah caha hidup yang salah mbak agar tidak menyesal di kemudian hari

      Hapus
  6. Aku juga kayaknya punya koleaterol tinggi. Kadang2 gitu kerasanya. Kudu dicontek nih tipsnya...

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalo nanas bisa ngatasi kolesterol, patut dicoba nih

    BalasHapus
  8. Waah keren tips sehatnya mak.
    Yang terakhir nih yg susah...
    Olahraga...
    Olahraga rutinku 2 bulan belakangan ini ya cuma jalan kaki dr stasiun ke kantor n sebaliknya hehehe.
    *maksa

    BalasHapus
  9. Olahraga memang harus masuk dlm listkegiatan wajib...biar jauh dr kolesterol sm darting..biar sehatlah mai ya..
    Kalau mandii sore aku malah jarang mak, maksudnya jarang jm segitu, biasanya malem,apalagi akhir2 panas bgd hawanya...
    Jd harus diubah nih mak ya..
    Te ef esssss :)

    BalasHapus
  10. Yang minum segelas air putis setelah bangun tidur jarang sekali saya lakukan.

    BalasHapus
  11. Hwaaa aku mau yg untuk jogging dirumah ituuuu.....

    BalasHapus
  12. ooh, saya baru tau harus mandi di jam 5.
    Makasih tipsnya ya mba :)

    BalasHapus
  13. terima kasih tipsnya mbak, aku mau hidup sehat kaya mba yuni juga

    BalasHapus
  14. Saya masih suka santan e. Apalagi Soto yang pakai santan. Yummi bgttt e, Mbak. :D

    Semoga kita sehat selalu ya, Mbak.

    BalasHapus
  15. makasih tipsnya mak, semoga sehat terus :)

    BalasHapus
  16. mirip food combaining ya mbak....sy coba deh...terimakasih

    BalasHapus
  17. tipsnya bermanfaat mbak,tapi untuk bisa konsisten itu lumayan sulit mbak :D

    BalasHapus
  18. saya juga pengen hidup sehat. Cuma masalahnya masih kurang disiplin, nih

    BalasHapus
  19. biasanya pulang kantor lebih dari jam 5 sore jadi gak bisa melakukan tips itu mbak hehe

    BalasHapus
  20. wew ada alat fitnes yang buat lari lari :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...