Oppo Reno 10x Zoom Indonesia - 10x Wonderful Journey, Siap Mengabadikan Perjalanan Dengan Indah

Salah satu tantangan seorang blogger adalah aktif menciptakan konten menarik di blognya. Semakin sering menciptakan konten menarik, pastinya membuat blogger makin terkenal, karena aktivitas ngeblog saat ini bukan hanya sebagai hobi semata. Bila ditekuni akan menjelma menjadi pekerjaan yang menghasilkan. 

kumpul bersama DKK - blogger Bali (dokpri)

Kini, seorang blogger dituntut mampu menyajikan tulisan disertai infografis dan gambar pendukung yang menarik. Tulisan bagus saja rasanya kurang lengkap bila tidak didukung infografis, gambar visualisasi maupun foto pendukung yang mampu mewakili tulisannya.

Dan gadget menjadi salah satu amunisi blogger untuk mendukung aktivitasnya. Dengan gadget ini, blogger berharap dapat memaksimalkan aktivitasnya di media sosial, karena blogger bukanlah seorang yang mampu menulis di blog saja, namun harus bisa memanfaatkan media sosial dengan baik. Termasuk mampu memanfaatkan gadget yang dimilikinya sebaik mungkin.

Lalu gadget seperti apa yang dapat mendukung aktivitas blogger?

Sudah barang tentu gadget yang mampu terhubung dengan jaringan internet dengan baik, disamping ia dapat digunakan untuk mengambil gambar, video maupun mendownload aplikasi pendukung lainnya.

Meski kamera pocket masih sering menjadi alat pelengkap dalam mengambil gambar, namun sebagian blogger justru memanfaatkan kamera smartphone untuk mengambil gambar sebagai pendukung tulisannya di blog. Bahkan, karena kepiawaiannya, seorang blogger mampu mendapatkan gambar yang menarik meski berbekal kamera smartphone.

Sebagai seorang blogger, saya lebih sering memanfaatkan kamera smartphone untuk mengambil gambar sebuah event atau obyek tertentu, ketimbang harus membawa kamera pocket atau kamera DSLR untuk memotret event yang saya ikuti. Memotret menggunakan kamera pocket harus dua kali kerja, karena hasil foto di kamera harus dipindah ke laptop untuk kemudian dijadikan gambar pendukung sebuah tulisan di blog, atau untuk keperluan posting di media sosial.

Berbeda dengan memotret menggunakan kamera smartphone. Hasil foto dari kamera smartphone ini bisa langsung diposting di media sosial tanpa harus dipindah menggunakan media laptop. Bahkan, smartphone-pun bisa digunakan untuk ngeblog. Ini yang sering saya lakukan ketika bepergian, atau menunggu anak di sekolah, seringkali saya manfaatkan waktu untuk menulis blog melalui smartphone. Inilah yang membuat saya lebih nyaman memotret menggunakan smartphone ketimbang kamera pocket.


Saya dan Oppo

Berbicara tentang gadget atau smartphone, saya lebih sering menggunakan Oppo ketimbang smartphone merek lain. Dan sudah tiga kali saya menggunakan smartphone "Oppo" dengan tipe yang berbeda. Kebetulan gadget-gadget ini saya dapatkan secara gratis dari teman suami sebagai hadiah.

Oppo Find 5 Mini yang rilis tahun 2014 ini membuat saya takjub karena kameranya. Kamera depan 2 MP ditambah kamera belakang 8 MP, autofocus dan LED Flash, membuat hasil foto terlihat jernih dalam segala suasana. Sementara untuk RAM 1 GB, internal 4 GB, MicroSD up to 32 GB, pastinya mampu menyimpan data lumayan banyak.

Hasil foto Oppo Find F5 Mini (dokpri)

Oppo F3 yang rilis tahun 2017 ternyata lebih sangar lagi kameranya. Dengan mengusung tagline "Selfie Expert", mengandalkan kamera selfie ganda sebagai nilai jual utamanya. Kamera yang dibenamkan dalam Oppo F3 ini berupa kamera sensor 13 MP dan lensa f/2.2 didukung oleh dual PDAF untuk autofocus yang cepat. Smartphone ini juga dilengkapi RAM 4 GB, memori internal 64 GB serta terdapat slot MicroSD. Sudah pasti Oppo F3 ini mampu mendukung aktivitas blogger dengan baik.
Hasil foto Oppo F3 - dokpri

Oppo F7 yang rilis sekitar April 2018 termasuk smartphone yang canggih. Kamera depan beresolusi 25 MP (lensa f/2.0) dibekali teknologi high dynamic range (HDR) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), untuk hasil selfie yang cantik. Pastinya untuk urusan foto, terutama sebagai pendukung tulisan di blog, hasil foto dari kamera Oppo F7 ini sudah sangat bagus.
Hasil foto Oppo F7 - dokpri


Workshop OPPO Reno 10x Zoom - Indonesia
acara Workshop Oppo - Dok. Oppo

Tiga kali menggunakan smartphone Oppo, membuat saya seringkali mengikuti perkembangannya. Meski tidak semua smartphone Oppo keluaran terbaru saya miliki, namun saya justru dibuat takjub dengan brand ponsel yang berkantor pusat di kota Dongguan, Propinsi Guangdong - Cina ini. Pasalnya, setiap Oppo mengeluarkan produk terbarunya, pasti berbagai inovasi diciptakannya. Dan hampir tiap tahun Oppo berinovasi dengan produknya yang semakin canggih.



Mencari tahu tentang Oppo Reno melalui Youtube


Sekitar bulan Juni lalu, Oppo resmi mendaratkan Reno dan Reno 10x Zoom di Indonesia. Mendengar namanya saja, pasti bikin penasaran, termasuk saya. Saya pun segera mencari tahu info terkini tentang smartphone ini. Melalui fanpage-nya, pihak Oppo juga akan mengadakan workshop diberbagai kota besar di Indonesia. Bersyukur, saya termasuk salah satu peserta (blogger) yang terpilih untuk mengikuti workshop Oppo di Bali.


Video workshop Oppo Reno 10x Zoom Indonesia - sumber Youtube


Melalui email yang saya terima, saya tercatat sebagai peserta workshop OPPO yang bertajuk "OPPO Reno: ZOOM - INDONESIA, 10x Wonderful Journey". Dan melalui workshop ini diharapkan seluruh peserta dapat mengenal perangkat terbaru dari OPPO, yaitu OPPO Reno Series. Disamping peserta akan mendapatkan pengalaman menarik seputar cara memanfaatkan kamera smartphone, baik untuk kebutuhan memotret, merekam video hingga membuat review untuk sebuah smartphone.

Bertempat di OPPO Store Cellular City lantai 1, Jl. Teuku Umar No. 6, Dauh Puri Kelod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar - Bali, sejumlah blogger dan media yang ada di Bali hadir dalam acara Workshop OPPO Reno Zoom - Indonesia 10x Wonderful Journey (21 Juli 2019). Acara yang dikemas secara singkat namun padat ini menghadirkan beberapa narasumber handal, diantaranya:

  1. Stiffen Andika, Marketing Planning Manager OPPO Indonesia
  2. Thomp (@thomp_) yang mempunyai nama lengkap Muhammad Otib, seorang Photografer Expert dalam hal Macro Photo
  3. Michael, Golden Trainer OPPO Bali
Antusiasme peserta workshop mengamati produk baru OPPO Reno Series - dokpri

Sambil menunggu kedatangan peserta workshop, bagi peserta yang telah hadir lebih awal diberikan kesempatan untuk melihat bentuk fisik smartphone OPPO Reno Series. Sudah barang tentu semuanya dibuat takjub dengan penampakan smartphone ini. Mereka mengamati satu persatu, bahkan membandingkan antara OPPO Reno dengan OPPO Reno 10x Zoom Indonesia.

Tampak perbedaan yang signifikan antara OPPO Reno dengan OPPO Reno 10x Zoom. Terutama pada kelapangan layar dan kameranya. Untuk lebih detailnya saya jabarkan dibawah ini:

OPPO Reno

sumber: website OPPO


  • Lebar layar 6,4 inch dengan resolusi full HD+, memakai panel OLED dan dilindungi oleh Gorilla Glass 6.
  • Mengandalkan Snapdragon 710.
  • Baterai yang disematkan 3.765 mAH dengan teknologi VOOC 3.0.
  • Punya kamera ganda yaitu 48 MP (sensor Sony IMX586) dan 5 MP. Sementara kamera depannya 16 MP dengan mengusung pivot rising.
  • Fitur pendukung: NFC, USB tipe C dan Hi Res audio, asisten digital Breno, Game Boost 2.0 dan sensor sidik jari.
  • RAM 6 GB dan ROM 256 GB.
  • Harga di Indonesia Rp. 7,999 juta.

OPPO Reno 10x Zoom
sumber: website OPPO

  • Lebar layar 6,6 inch dengan resolusi full HD+, memakai panel OLED dan dilindungi oleh Gorilla Glass 6.
  • Mengandalkan Snapdragon 855 (lebih gahar dibanding OPPO Reno)
  • Baterai yang disematkan 4.065 mAH dengan teknologi VOOC 3.0.
  • Punya tiga kamera belakang, kamera utama 48 MP (sensor Sony IMX586), kamera kedua wide angle 8 MP, kamera ketiga 13 MP menggunakan sistem periskop. Sementara kamera depan menggunakan pivot rising camera yang berukuran 16 MP.
  • Fitur pendukung: NFC, USB tipe C, Game Boost 2.0, Hi Res audio, asisten digital Breno dan sensor sidik jari.
  • RAM 8 GB dan ROM 256 GB.
  • Warna pilihan Ocean Green dan Jet Black.
  • Harga di Indonesia Rp. 12,999 juta.
cashback bagi O'Fans - sumber website OPPO

Berbahagialah para O'Fans yang ingin memiliki smartphone gahar ini, demi memanjakan para pelanggannya, pihak OPPO memberikan cashback hingga Rp. 1,5 juta untuk pembelian smartphone OPPO Reno Series. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku ya.

Melihat spesifikasi yang dimiliki oleh OPPO Reno Series, perangkat ini amatlah tepat digunakan untuk kegiatan travelling atau membuat sesuatu secara kreatif. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh mas Stiffen Andika selaku Marketing Planning Manager OPPO Indonesia sekaligus sebagai narasumber pertama di acara workshop.

Mas Stiffen - Marketing Planning Manager OPPO Indonesia - dokpri

Lebih lanjut, Stiffen menjelaskan tentang logo terbaru OPPO. Meski pengumuman perubahan logo ini sudah terdengar sebulan sebelumnya, namun secara resminya perubahan logo OPPO ini baru disampaikan saat rilis OPPO Reno Series. Tidak ada perubahan yang menyolok tentang logo terbaru dari OPPO, sekilas hampir mirip. Namun logo baru ini hurufnya lebih tebal dan warnanya elegant, lebih menggambarkan ke generasi millenial. Inilah yang membuat OPPO Reno Series terlihat gahar dan stylis.

perbedaan logo OPPO - sumber: google

Nantinya, logo terbaru dari OPPO ini akan disematkan pada produk-produk baru OPPO selanjutnya. Pasti bakal banyak O'Fans yang memanfaatkan smartphone OPPO untuk mendukung aktivitasnya.


SEKILAS TENTANG OPPO RENO 10X ZOOM INDONESIA

Melihat informasi singkat yang terpampang di samping galeri OPPO Reno Series yang berada di OPPO Store Cellular City Bali, semua peserta workshop dibuatnya takjub dengan smartphone yang satu ini. Berbagai performa canggih yang dibenamkan, rasanya smartphone ini menjadi perangkat idaman yang sanggup menyelesaikan semua pekerjaan blogger.
Mas Mike, Golden Trainer OPPO Bali - dokpri

Spesifikasi OPPO Reno 10x Zoom In mengusung desain yang berbeda dari smartphone biasanya. Dinamakan "RENO" karena merupakan singkatan dari "cREative InNOvation" yaitu smartphone dengan desain yang berbeda dan mengusung teknologi canggih, demikian seperti yang disampaikan oleh mas Michael selaku Golden Trainer OPPO Bali sebagai narasumber workshop selanjutnya.

Menurut Mike, demikian panggilan akrabnya, terdapat dua perbedaan untuk smartphone OPPO Reno Series ini. Bagi yang suka bermain game, atau ingin mendapatkan pengalaman memuaskan seputar game dapat memanfaatkan kecanggihan OPPO Reno. Sedang bagi yang suka expert, seperti blogger yang suka mengabadikan setiap momen untuk melengkapi konten di blognya, pastilah OPPO Reno 10x Zoom in - lah jawabnya.

Seperti kita ketahui bahwa blogger itu bermacam-macam niche-nya. Ada yang suka memasak, lalu dia bereksperimen di dapur dan menuliskan resepnya di blog. Selain tulisan berupa resep masakan tentunya harus disertai gambar pendukung yang menarik.

foto makanan pendukung blog - dokpri

Ada pula yang hobi travelling. Selain mengabadikan setiap momen perjalanannya melalui foto-foto, pastinya si blogger ini juga ingin berbagi pengalaman melalui tulisannya di blog. Sudah barang tentu gambar-gambar pendukung diperlukan disini.

travelling ke Bromo - dokpri

Nah, untuk mengabadikan momen perjalanan ini, pastinya seorang blogger butuh kamera. Makanya sering kita lihat seorang traveller sejati yang kemana-mana suka nenteng kamera DSLR atau kamera mirolles. Di OPPO Reno 10x Zoom In ini kameranya luar biasa canggih dibanding kamera smartphone lainnya. Bahkan, karena didukung oleh "Pivot Rising Camera" ditambah dengan adanya IOS dan ultra wide angle 8 MP, memberikan pengalaman pengambilan gambar cukup dengan satu sentuhan dan menghasilkan jarak yang sudah luas.

Bahkan, kamera smartphone ini sudah triple focus yang terdiri dari LDAF, PDAF dan CDAF. Untuk mode PDAF dapat digunakan mengambil gambar bergerak, artinya difokuskan pada gambar bergerak, maka hasil gambar pun tidak ngeblur. Demikian juga saat kita ingin shot on Reno 10x zoom, kita manfaatkan antara wide angle dan 10x zoom, maka gambar pun tidak pecah.

Sebagai contoh kita gunakan kamera utama: 1 - 5x zoom; kamera wide angle: 0,6-1 x zoom dan kamera teleskopik: 5 - 20x zoom, maka gambar dari kejauhan bisa dilihat lebih  dekat dan jelas serta tidak ngeblur.

hasil foto OPPO Reno 10x Zoom dengan memanfaatkan shot on, gambar dari jauh terlihat utuh saat di zoom - sumber website OPPO

Kamera teleskopik yang dimiliki OPPO Reno 10x Zoom In ini mampu menyerap cahaya dan bayangan, lalu mengirimkannya ke sensor menggunakan lensa periskop. Inilah yang membuat gambar yang diambil dari kejauhan, lalu di zoom hingga 10x tetap terlihat utuh dan tidak pecah.

penampakan OPPO Reno 10x Zoom di OPPO Store Cellular City Bali

Inilah kecanggihan OPPO Reno 10x Zoom In, dan cocok dimiliki oleh seorang travel blogger yang ingin mengabadikan setiap momen perjalanannya. Dengan smartphone ini tak perlu lagi menenteng kamera DSLR yang berat, yang barangkali butuh ransel dipundak untuk membawa serta perlengkapan fotografi saat travelling. Cukup dengan smartphone canggih ini, maka sang traveller pun akan benar-benar merasakan sebuah "wonderful journey", karena kamera yang dibenamkan di OPPO Reno 10x Zoom In ini memang kamera expert seperti layaknya kamera DSLR.

Hebatnya lagi, smartphone ini juga cocok dimiliki oleh seorang youtuber atau vlogger. Layarnya yang lebih lebar dibanding OPPO Reno, ditambah videonya yang sudah "the real 4k" serta dilengkapi 3 mikrofon, tentunya sangat mendukung aktivitas merekam video. Tak perlu lagi tambahan mikrofon seperti smartphone pada umumnya. Cukup dalam satu genggaman, maka video pun dapat tercipta dengan mudah.

Dan bukan hanya soal kecanggihan performanya saja, ternyata baterainya juga awet alias tahan lama. Bahkan tak butuh berjam-jam untuk mengecas baterai dalam keadaan kosong, cukup 30 - 40 menit saja, maka daya baterai smartphone ini akan terisi penuh. Bener-bener gahar smartphone ini.


TENTANG FOTOGRAFI MAKRO

Di sesi terakhir, acara workshop OPPO Reno Series di Bali diisi oleh seorang fotografer expert dibidang Macro Photography, yaitu mas Muhammad Otib yang lebih akrab dipanggil Thomp.

kiri- mas Mike ; kanan - mas Thomp (dokpri)

Inilah sesi yang sangat menarik, dimana mas Thomp ini dapat menunjukkan hasil fotonya yang menakjubkan hanya berbekal kamera smartphone. Sekaligus membuktikan bahwa smartphone-pun bisa menjadi sebuah amunisi yang canggih untuk seorang pecinta foto makro.

Lalu apa sih sebenarnya fotografi makro itu?

Menurut wikipedia, fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Biasannya memiliki rasio 1:1 antara gambar yang dihasilkan dengan ukuran benda sesungguhnya. 

asesoris pendukung hp untuk aktivitas fotografi, salah satunya lensbong dan fish eye lens - dokpri

Untuk mendapatkan foto makro bisa memanfaatkan kamera smartphone dengan diberi tambahan lensa makro. Namun, karena harga lensa makro sangat mahal, tips dari mas Thomp dengan memanfaatkan lensa bongkaran (lensbong) dari smartphone yang sudah tidak terpakai. Dengan kata lain, smartphone yang rusak atau tidak terpakai ini diambil kameranya lalu disusun menjadi lensa makro.Beberapa cara lain untuk mendapatkan foto makro dengan biaya murah adalah memanfaatkan extention tube, reserve ring atau filter close up. 

Kalau sudah mempunyai media pendukung foto makro, saatnya mengeksekusi foto makro itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil foto makro yang bagus, maka harus memoto obyek dalam jarak dekat sehingga foto yang dihasilkan sangat tajam. Beberapa hal dibawah ini harus diperhatikan saat ingin menghasilkan gambar makro, diantaranya:
  • Menggunakan aperture sempit (f/8 keatas)
  • Jangan menggunakan ISO yang terlalu tinggi, karena ini berakibat gambar tidak tajam.
  • Kamera jangan sampai goyang, gunakan speed tinggi diatas 1/125.
  • Gunakan internal flash pada kamera.
  • Selalu gunakan manual fokus untuk mendapatkan perbesaran maksimal.
Saya pribadi benar-benar takjub dengan foto-foto hasil karya mas Thomp ini. Bila Anda penasaran, bisa langsung melihat foto galerinya di akun instagramnya. Ada dua akun instagram mas Thomp yang menampilkan hasil karyanya. Satu berisi foto aneka serangga, satu lagi berisi kumpulan foto pemandangan. Ini menunjukkan bahwa fotografi makro tidak hanya terbatas pada satu obyek saja, seperti serangga atau hewan, namun juga bisa diaplikasikan pada foto pemandangan.

sumber : IG Thomp

sumber: IG Thomp

Ada tips dari mas Thomp untuk menghasilkan foto makro ini, diantaranya: pengambilan gambar obyek sebaiknya dilakukan di pagi hari antara matahari terbit sampai sekitar jam 9 pagi; jangan sampai ada angin; berjalanlah mengendap-endap untuk memotret obyek serangga atau hewan tertentu; harus jeli untuk memotret obyek yang sangat kecil dan ambillah gambar berulangkali untuk mendapatkan angle yang berbeda. 

Demikian piawainya mas Thomp dalam mengolah foto makro, sampai-sampai profilnya pun sering dimuat di media online, seperti detiknet dan sebagainya. Sungguh sebuah inspirasi dalam berkarya. Ini menandakan bahwa hobi itu harus ditekuni untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

profil mas Thomp yang dimuat di media online

Hebatnya lagi, dengan memanfaatkan kamera smartphone OPPO Reno 10x Zoom In, mas Thomp bisa menghasilkan foto pemandangan yang bagus saat di Bali. Foto ini nampak natural, bahkan mirip lukisan hidup. Dalam caption foto tersebut, tak lupa mas Thomp juga berbagi ilmu mode apa saja yang digunakan untuk menghasilkan foto sebagus itu.

hasil foto mas Thomp menggunakan OPPO Reno 10x Zoom In - dok.IG Thomp

Wah bener-bener banyak ilmu yang saya dapat saat mengikuti workshop OPPO beberapa waktu lalu. Dan ilmu ini dapat saya aplikasikan sebagai seorang blogger yang memanfaatkan media blog dan media sosial untuk beraktivitas. Apalagi saat saya dan seluruh peserta workshop mendapatkan kesempatan untuk mencoba kecanggihan kamera OPPO Reno 10x Zoom In ini, menjadi sebuah pengalaman berharga sepanjang menjadi O'Fans. Saat wefie bersama teman-teman pun saya dibuat takjub. Pasalnya wajah kami terlihat kinclong dan bersih, padahal gambar yang kami ambil minim cahaya. Barangkali disinilah fungsi kamera teleskopik di smartphone ini.

wefie yang bikin takjub menggunakan mode selfie kamera OPPO Reno 10x Zoom saat mengikuti workshop di OPPO Store Cellular City Bali

Zoom in - nya pun terbukti juara. Memanfaatkan zoom 10x nyatanya gambar yang dihasilkan tetap utuh, terang dan tidak pecah meski obyek diambil didalam ruangan. Ini yang bikin mupeng dengan smartphone terbaru besutan OPPO. Jadi pengen nabung deh buat dapatin smartphone yang gahar dengan performa ciamik ini, karena blogger wajib mengupgrade ilmu, termasuk harus menyajikan konten blognya yang makin keren dari waktu ke waktu.

zoom in yang ciamik dan gak pecah - hasil foto dari OPPO Reno 10x Zoom
dengan memanfaatkan zoom 10x

Seru deh pokoknya acara workshop OPPO kali ini. Karena pada penasaran dengan kehebatan smartphone ini, sampai-sampai para peserta berebut ingin mencoba mengabadikan event workshop menggunakan OPPO Reno 10x Zoom In.

antusias peserta workshop mencoba kehebatan OPPO Reno 10x Zoom - dokpri

Setelah semua peserta workshop mendapatkan kesempatan mencoba smartphone gahar ini, maka acara workhop diakhiri dengan sesi foto bersama, yang diikuti oleh peserta workshop dan seluruh tim pendukung dari OPPO Bali. Kebahagiaan pun terpancar dari raut wajah mereka. Workshop yang singkat dan padat memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para blogger khususnya dan semua peserta pada umumnya. OPPO Reno 10x Zoom Indonesia menjadi wujud nyata dalam mengabadikan setiap momen perjalanan menjadi sebuah wonderful journey yang tak terlupakan.

foto bersama - peserta, narasumber dan tim pendukung (sumber: OPPO Bali)

Semoga OPPO makin menginspirasi para O'Fans dengan inovasi produk-produk barunya sehingga setiap momen perjalanan penikmat smartphone ini dapat diabadikan dan menjadi kenangan yang indah sepanjang masa.

Komentar

  1. Oppo Reno kereeenn buanget ya Mba.pengin adopsi deh.content creator wajib punya nihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mupeng sama Oppo Reno mbak cocok bgt dimiliki konten kreator

      Hapus
  2. OPPO selalu menghadirkan produk inovasi yang bikin mupeng buat ngadopsi. OPPO Reno 10X Zoom ini juga kece nih spesifikasinya, huuu mupeng deh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bikin takjub sama performa Oppo Reno yg kece bgt ini

      Hapus
  3. Keren maksimal mah ini mba, di zoom 10 kali nggak pecah, duuhhh ini mah kamera, bukan hape hahaha
    Jadi mupeng beneran ya, OPPO mah selalu bikin orang-orang tercengang dengan semua produknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba hp menyerupai kamera lengkap bgt performanya

      Hapus
  4. Beneran bikin O'fans jadi mupenggg!
    OPPO Reno kayaknya bakal digilai banyak konten kreator ini, simple, efektif.
    Nggak butuh nenteng kamera yang berat lagi, cukup pakai hape juga oke.
    Emang kameranya beneran juaraaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera memang salah satu amunisi blogger....klo ada hp mirip kamera gini pasti mupeng mba

      Hapus
  5. Content yang menarik akan membawa keuntungan besar. Tidak hanya jadi terakhir tapi bisa menjadikan manfaat perubahan bagi orang sekitar.

    Oppo bikin foto Makin kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu mpo.....yuk kita ciptakan konten yang menginspirasi orang banyak

      Hapus
  6. Aku juga baru tahu kalau ReNo itu singkatan dari cREative dan iNOvatif.

    Teknologi OPPO Reno memang membawa pengalaman fotografi dan hiburan ponsel ke tingkat kepuasan yang lebih tinggi

    BalasHapus
  7. Dulu blogger mengandalkan tulisan, skr harus serba bisa ya mbak untuk bahan pendukung postingan ada foto, video, dan grafis. Aku juga sudah jatuh cinta sam aOppo sejak dapet doorprize F1s hihihi sampe skr pake Oppo juga. Pingin nyobain OPPO Reno nih keren ya zoomnya sampai 10X

    BalasHapus
  8. wah... parah memang kualitas kamera OPPO Reno.
    jadi pingin memboyongnya utk dijadikan teman jalan-jalan nih mbak... :d

    BalasHapus
  9. Makin kesini saya juga makin suka kepraktisan. Daripada bawa DSLR yang berat, lebih milih punya smartphone dengan fitur kamera cakep. Oppo memang terkenal dengan kameranya ya, recommended.

    BalasHapus
  10. Oppo terus mengeluarkan produk kecenya ya jadi bingung pilih yang mana hahaa. Btw oppo Reno ini juga dipakai salah satu fotografer waktu sharing gt di IG nya ,, lupa sih siapa namanya.

    BalasHapus
  11. Wah oppo reno zoom ini kayaknya bakal jd pioneer kamera hp zoom tanpa hasil pecah, keren inovasinyaa dan bener-bener berguna untuk content creator. Gak ribet dan hasilnya tetep bagus meski zoom zoom terus

    BalasHapus
  12. Oppo Reno ini keren banget mbak, zoom sampai 10x masih bersih tanpa pecah. Wah cocok banget ini buat hunting foto dan untuk kerjaan content mbak. Semoga bisa gante hape ini hihi.

    BalasHapus
  13. Kami yang sedang nyari ponsel baru tertarik nih. Tapi pas lihat harga wah,,, harus nabung juga ya.
    Kualitas emang ga bisa bohong ya.
    Keren emang ini Oppo Reno

    BalasHapus
  14. Zoom 10x nya pun nampak jernih bening gitu ya Mbak, kereenn banget yaaa. Blm pernah punya HP OPPO niih, bolehlah next time ini jadi O'fans juga :)

    BalasHapus
  15. 10 kali zoomnya keliatan oke ya.. suami aku nih penasaran banget sama oppo reno.. aku kasih link ini deh supaya dia bisa baca-baca dan segera memutuskan beli apa ngga hehe.. karena harganya itu lho...

    BalasHapus
  16. Aku mupeng juga pengen punya handphone Oppo Reno ini juga mba. Duh bagus sekali walaupun zoom 10x. Mau ah kapan kapan hadiri acara Oppo biar tahu banyak

    BalasHapus
  17. Wuih aku terlalu cepat ganti hp nih. Padahal baru ganti Oppo juga.
    Ini di zoom hasilnya tetap gak pecah ya

    BalasHapus
  18. Keren ya Oppo Reno ini. Takjub sama hasil jepretannya di malam hari tetep terlihat jernih gtu. Btw aku juga suka desainnya dengan layar yang cukup lebar gtu mbak. Enak buat vlogging dan edit2poto yaaa

    BalasHapus
  19. Oke bangeet nih mba hasil fotonya yaaa. Tajam dan kereen lho! harga juga okee ya mba?

    BalasHapus
  20. Mupeng banget sama hape yg satu ini... Pernah nyoba meni keren pke bingit..duh semoga ada rezeki bs punya hape yg satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak top dah kerennya sampe ngejer pengen punya....

      Hapus
  21. akhhhh pengen punyaaaaaaa. ini hp sumpah keren banget mbaaaaa. aku udah liat temen blogger yang pake dan emang sekece ituuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kece banget mbak hp Oppo ini.... siapapun pasti mupeng hehehe

      Hapus
  22. emang kok ini oppo reno 10x zoom kameranya mantul bannget, aku juga cobain kemaren dah meski minim cahaya hasilnya tetep wow

    BalasHapus
  23. Bener banget mbak, kamera smartphone adalah senjata seorang blogger yang praktis dan fleksibel. Daripada kamera pocket ataupun DSLR

    BalasHapus
  24. tadi pengen beli OPPO reno ehhh udah punya Sharini #Krikkrik

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...