Berhijab Tapi Berketombe? Ini Cara Mencegahnya!



Berketombe? Oh no! Siapapun itu pasti tak akan mau rambutnya berketombe. Selain merasakan gatal berkepanjangan di kepala, ketombe juga membuat tidak percaya diri. Baik laki-laki maupun perempuan pasti berupaya agar terhindar dari ketombe di rambut.

Terutama bagi wanita berhijab, seringkali bermasalah dengan rambut dan kulit kepala. Kalau tidak rontok ya berketombe. Maklum saja, wanita berhijab, lebih sering menutup kepalanya dengan kerudung ketimbang membukanya. Kadang, kepala yang tertutup dalam waktu lama, akan menyebabkan kulit kepala berkeringat dan lembab. Bila si empunya tidak rajin merawat area sekitar kulit kepala dan rambut, maka masalah ketombe dan rambut rontok akan terus dialaminya.

Saat ini banyak klinik kecantikan yang menawarkan paket merawat rambut dan kulit kepala, terutama dalam hal treatment masalah ketombe dan mengatasi rambut rontok. Namun tidak semua wanita, khususnya wanita berhijab merawat rambutnya di klinik kecantikan. Selain biayanya yang mahal, belum tentu kulit kepala masing-masing orang cocok dengan treatment yang ada di klinik kecantikan.

Saya termasuk orang yang sering berketombe, karena keadaan kulit kepala saya yang cenderung berminyak. Apalagi ketika memakai hijab dalam waktu yang lama. Rambut pun akan lepek, berminyak, dan bila dibiarkan akan keluar ketombe. Inilah alasan mengapa saya sering mencuci rambut. Namun, ketika rambut masih basah dan saya paksakan untuk memakai hijab, hal yang sama pun juga saya alami, rambut lepek dan berketombe, sehingga saat berhijab saya benar-benar memperhatikan rambut saya. Rambut harus dalam keadaan bersih dan tidak basah ketika berhijab.

Lalau bagaimana di rumah?

Sebagai wanita muslim yang wajib berhijab, saya memang masih belajar mengenal hijab. Namun sebisa mungkin saya selalu mengenakan pakaian muslim lengkap dengan hijabnya saat di luar rumah. Sementara demi menghindari rambut berketombe karena kelebihan minyak di kulit kepala saya, saat didalam rumah dan tidak ada tamu, saya biarkan rambut tergerai dan tidak terikat tali rambut.


Faktor Pemicu Timbulnya Ketombe

Jadi menurut pengalaman saya, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya ketombe, diantaranya:

Faktor Keturunan
Suami saya berketombe. Saat cuaca panas ketombenya cepat muncul. Bahkan baru saja mencuci rambutnya, dalam hitungan jam kulit kepalanya berketombe. Ternyata apa yang dialami suami saya merupakan faktor keturunan dari ayahnya. Padahal rambut suami saya tidak panjang alias cepak potongan tentara. Jadi potongan rambut tidak berpengaruh pada munculnya ketombe kalau penyebab ketombe sendiri berasal dari gen orang tuanya.

Hal ini pun terjadi pada Fawaz, anak laki-laki saya. Rupanya gen suami menurun padanya, sehingga kulit kepalanya juga sering berketombe meski umurnya masih belum genap empat belas tahun.


Kulit Kepala Berminyak
Kulit kepala yang cenderung berminyak bisa menjadi pemicu munculnya ketombe. Terlebih bila kepala tidak sering dibersihkan, maka minyak yang ada di rambut menyebabkan kotoran menumpuk hingga akhirnya menyebabkan ketombe tumbuh di kulit kepala.


Obesitas
Entah ini kebetulan atau memang benar, karena inilah yang saya alami. Dulu ketika berat badan saya belum sebesar ini, jarang sekali rambut saya ketombean. Namun begitu berat badan naik, ditambah sering menutup kepala dengan kerudung, akhirnya ketombe jadi sering nempel di kulit kepala saya.

Demikian juga dengan Fawaz, tubuhnya yang gendut kemungkinan banyak lemak yang bersarang ditubuhnya, hingga ketombe pun sering nempel di kulit kepalanya.

Makanan Yang Dikonsumsi
Seperti yang saya sampaikan diatas, obesitas bisa menjadi pemicu ketombe. Tentunya ini berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi. Semakin seringnya seseorang mengkonsumsi makanan bersantan, gorengan, makanan berlemak, maka kemungkinan kulit kepalanya akan dipenuhi ketombe akan sangat besar. Ini pengalaman yang saya alami selama ini.


Lalu Bagaimana Caranya Mencegah Ketombe Untuk Wanita Berhijab?

Siapapun orangnya, baik laki-laki maupun wanita, baik wanita berhijab maupun tidak, pastinya tidak ingin mengalami ketombe berkepanjangan bukan? Banyak shampoo anti ketombe dijual di pasaran, namun nyatanya tidak juga menuntaskan masalah ketombe. 

Pada dasarnya masalah ketombe itu hanya diri kitalah yang bisa mencegahnya. Dan kalau sudah tahu faktor pemicunya, maka segeralah dihindari. Terutama untuk wanita berhijab, tentunya akan sangat tersiksa bila kulit kepalanya berketombe. Ia akan terus garuk kepala, bahkan bila ketombe dibiarkan, pastinya kulit kepala akan berbau kurang sedap.

Supaya terhindar dari ketombe, minimal mencegah agar ketombe itu tidak hadir menghiasi kulit kepala wanita berhijab, berikut ini ada beberapa cara untuk mencegahnya:
  • Jangan tutup kepala dengan hijab saat rambut masih basah. Usahakan rambut dalam keadaan kering, bila masih basah maka keringkan dengan hairdryer, lalu pakailah hijab.
  • Jangan tutup kepala dengan hijab terlalu lama. Menutup kepala dengan hijab dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan rambut berminyak dan lepek. Bila dibiarkan akan muncul ketombe di kulit kepala. Namun bila terpaksa harus mengenakan hijab dalam waktu yang lama, setelahnya rambut bisa dicuci. Dan bila itu malam hari, keramaslah keesokan harinya. Lepas ikatan rambut, sisir dengan rapi, agar kepala tidak tertekan oleh ikatan rambut, sehingga memberikan ruang agar aliran darah berjalan lancar di kulit kepala kita.
  • Seringlah mencuci rambut bila kulit kepala kita dalam keadaan berminyak. Minyak yang berlebih di kulit kepala kita bila dibiarkan akan menjadi pemicu timbulnya ketombe.
  • Hindari makan makanan yang menjadi pemicu timbulnya ketombe, seperti santan atau makan makanan berlemak.
  • Seringlah berolahraga, atur pola makanan yang sehat dan bergizi, agar aliran darah dalam tubuh kita berjalan lancar, sehingga ketombe membandel dapat hilang dengan sendirinya.
  • Jaga berat badan, jangan sampai terlalu gemuk. Tapi kalau memang susah menurunkan berat badan, minimal olahraga teratur, atur pola makan dan menjaga kebersihan rambut atau kulit kepala.
  • Sekali waktu creambath atau melakukan treatment di salon/klinik kecantikan agar kulit kepala kita sehat dan bebas dari ketombe.

Inilah beberapa cara mencegah timbulnya ketombe bagi wanita berhijab menurut pengalaman saya. Barangkali ada yang mempunyai pengalaman seperti saya, berhijab tapi berketombe? Dan punya tips-tips lain seputar mencegah timbulnya ketombe? Boleh banget sharing disini. Mumpung bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, yuk kita berbagi, walau hanya berbagi pengalaman. Karena sesungguhnya berbagi itu indah.

Komentar