Temukan Ide Kreatif Dari Rumah

Apa yang Anda bayangkan tentang sebuah rumah? Ternyata bangunan yang tertata rapi dan indah ini mampu memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Hunian mungil nan menarik kerap menjadi tempat ternyaman untuk didiami. Ia membuat penghuninya betah berada didalamnya. Ia juga menjadi tempat memadu kasih seluruh anggota keluarga. Tak jarang sesuatu yang dikerjakan dari rumah makin menambah keharmonisan rumah tangga.

Gambar terkait
credit

Ada banyak cara menciptakan kedekatan hubungan antar keluarga, salah satunya dengan memasak. Menu masakan yang tercipta dari rumah sudah pasti membuat seluruh anggota keluarga makin betah berada didalamnya. Bahkan, ide kreatif lainpun seringkali berasal dari rumah. Sejatinya banyak ide bermunculan disaat kita sedang berdiam diri didalam rumah. Bukan hanya seputar dapur, namun lebih dari itu.

Sebagai ibu rumah tangga, sudah pasti mengutamakan prinsip ekonomi dalam mengatur pernak-pernik rumah tangga. Termasuk bagaimana caranya membuat rumah terlihat indah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa menjadi alternatif pilihannya. Rumah akan tampak indah, bahkan tumpukan barang tak terpakai didalamnya pun akan semakin berkurang.

Lalu bagaimana caranya? Dan apa saja barang-barang yang bisa dimanfaatkan untuk menghias rumah?

1. Pot bunga dari handuk


Siapa sangka handuk bekas bisa disulap menjadi pot bunga yang indah dan menawan. Pot-pot ini dicat dengan warna-warna yang menarik yang didalamnya siap diberi tanaman hias sesuai selera. Pot handuk ini tidak hanya cantik didalam ruangan, namun juga terlihat menarik saat ditata diluar ruangan.
Tentu Anda akan penasaran bagaimana bisa handuk bekas berubah menjadi pot bunga yang cantik? Untuk merubah handuk menjadi pot bunga sudah pasti melalui sebuah proses. Sebelum menjadi pot yang cantik, handuk ini dimasukkan kedalam air lalu diperas, setelah itu dicelup kedalam adonan semen sampai rata. Kemudian angkat handuk dan cetak sesuai selera. Setelah itu handuk dijemur diterik matahari hingga kering untuk selanjutnya dicat sesuai warna yang diinginkan.


2. Boneka kaos kaki


Kaos kaki yang tidak terpakai tentu menjadi barang yang menumpuk di rumah. Apalagi bila kaos kaki itu masih bagus, namun sudah tidak muat di kaki. Sayang kan bila dibuang? Daripada memenuhi isi lemari lebih baik kaos kaki ini dijadikan boneka yang dapat menghiasi ruang tamu rumah kita.
Membuat boneka dari kaos kaki bukanlah hal yang sulit. Tinggal kita tentukan polanya maka boneka itu akan jadi sesuai keinginan kita. Bahkan, tak perlu bantuan mesin jahit, cukup menggunakan jarum dan benang saja. Warna warni kaos kaki bila dikombinasikan akan menjadi boneka yang cantik.

3. Bantal dan boneka dari baju bekas


Kadang lemari kita penuh dengan baju-baju rusak. Ada yang robek ada pula yang kekecilan. Seringkali baju robek kita potong-potong menjadi lap di dapur. Namun tak selamanya baju-baju itu dapat digunakan sebagai lap. Daripada bingung baiknya kita manfaatkan menjadi barang yang berguna. Baju-baju bekas itu dapat kita sulap menjadi bantal di mobil, bantal besar alias sofa lantai, boneka owl atau bahkan bros untuk hiasan hijab. Cara membuatnya pun cukup mudah, tidak harus memakai mesin jahit, cukup dengan jahitan tangan  dan ditambah dacron didalamnya, maka barang-barang itu siap menghiasi rumah kita.

4. Memanfaatkan kain bekas



Pernahkah terpikirkan bahwa kain bekas bisa didaur ulang menjadi barang berguna? Sejatinya banyak bahan atau kain bekas yang bila dimanfaatkan akan menjadi barang yang berguna. Contohnya memanfaatkan kain bekas menjadi sarung bantal kursi, tas, sarung tudung saji atau sarung tissue dan aqua botol. Tentunya untuk menyulapnya menjadi barang-barang seperti ini harus dikombinasikan dengan bahan lain.

5. Sarung tudung saji dari kain kerudung


Berapa banyak koleksi kerudung/hijab Anda yang tak terpakai? Daripada bingung menyimpannya lebih baik kita manfaatkan menjadi sarung tudung saji yang cantik dan unik. Untuk membuat sebuah tudung saji tentunya dibutuhkan rangka dari besi tipis agar mudah dibentuk. Setelah itu baru ditutup dengan kerudung bekas yang sudah dipotong. Warna-warni kerudung akan membuat tampilan tudung saji terlihat indah saat tertata rapi di atas meja makan.

5. Tas daur ulang limbah rumah tangga


Aneka plastik bekas susu bubuk, detergent, nutrijell maupun karung beras termasuk limbah rumah tangga yang sulit terurai. Karena bahan plastik yang susah terbakar, mengakibatkan pencemaran udara yang makin tinggi. Salah satu cara memanfaatkan limbah rumah tangga dengan menyulap bahan-bahan tersebut menjadi barang berguna. Plastik bekas pembungkus bila dirangkai sedemikian rupa bisa berubah menjadi bermacam-macam tas yang cantik dan menawan.


Bagaimana mudah bukan? Aneka pernak-pernik diatas merupakan salah satu cara mengisi waktu luang di rumah. Daripada rumah penuh dengan barang-barang tak terpakai, lebih baik dimanfaatkan menjadi barang berguna yang siap menghiasi rumah kita. Rumah akan terlihat rapi dan indah, kita pun tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mempercantik rumah dengan hiasan dari barang bekas. Semoga ide-ide kreatif ini menginspirasi Anda!

You May Also Like

39 komentar

  1. Wah aku gak ngira kalau pot di gambar terbuat dari handuk mbak, kadang aku buang aja kl udah jelek atau dijadikan keset :-D, gak kepikiran bisa dibuat pot seperti itu, kreatif banget. Kalau boneka kaos kaki aku pernah buat waktu anak-anak masih kecil, seneng mereka maininnya.

    BalasHapus
  2. Barusan anak saya minta beberapa barang bekas. Katanya mau diolah jadi kerajinan. Trus, saya lihat postingan ini. Jadi punya ide, deh ^_^

    BalasHapus
  3. Wah kreatif sekali sih mbak, terutama yang kain bekas hijab gak terpakai buat dipake tudung saji. Terlihat keren! Aku kain bekas paling banter cuma dipake buat lap doang nih, payah banget lah hahaha

    BalasHapus
  4. Ya Allah itu semua dari barang bekas dan cakep2. Gak kebayang loh, tas kain itu dari kain bekas. Asal mau, kita bisa bikin macam-macam barang yang bermanfaat ya.

    BalasHapus
  5. Coba aja ya tiap keluarahan ada pelatihan bikin bahan daur ulang pasti sampah2 ga terlalu menumpuk dan bisa jadi uang juga kalau dijual.

    BalasHapus
  6. Sangat menginspirasi mbak, kadang ya kita dirumah lagi rempong rempong banget, tapi kalo lagi santai ya bengong ngga jelas hehe.. bikin kreasi seperti ini bisa mengisi waktu luang dirumah ya mba.. jadi lebih produktif, syukur bisa menghasilkan uang

    BalasHapus
  7. Ya ampuun, keren dan kreatif bangeeet sih, aku tertarik sama tudung sajinya.

    BalasHapus
  8. kalau ditempat saya biasanya tas daur ulang. Emak saya paling demen membuat tas yang terbuat dari bekas bungkus kopi.
    Jadi penasaran ingin membuat hiasan dari handuk bekas nih.

    BalasHapus
  9. Untuk kaos kaki juga dimasukkan dracon ya mbak?
    Tapi memang mesti berfikir dari sisi lain nih untuk barang2 yang dianggap sampah hihi

    BalasHapus
  10. Wah pemanfaatan barang bekas menjadi barang bernilai. Aku juga senang mba mengolah limbah rumah tangga jadi perabotan unik. Kemarin baru buat botol bekas minuman anak jadi tas hehe. Thanks ya mba jadi nambah ide baru buat berkreasi.

    BalasHapus
  11. Ide idenya keren ya ampun kak. Izinkan aku berguru. Dirumah banyak bangt yg ga terpakai tapi kusuka bingung dijadiin apa huhuhu

    BalasHapus
  12. cantik cantik yaa recycle barang bekas di rumah. Ga kebayang lho handuk jadi pot. Coba ada tutorialnya, Mbak.

    BalasHapus
  13. Asik bisa berkreasi dengan bahan bahan yang terbuat dari bahan daur ulang. Bisa lebih bermanfaat

    BalasHapus
  14. Wanita lebih peduli soal peduli lingkungan hidup. Itulah hasil survey yang Miss dapatkan dari sebuah seminar.

    Dengan kemampuan wanita maka semua bisa di sulap jadi uang

    BalasHapus
  15. Waah...kreatif banget nih. Beberapa barang usang tapi sayang banget buat dibuang ternyata bisa diolah dijadikan barang bermanfaat

    BalasHapus
  16. Kreatif banget mba.. saya tertarik dengan handuk potnya, daripada cuma dibuat keset atau serbet, dibuat pot gini kayanya bisa sekalian jadi hiasan rumah yaa :)

    BalasHapus
  17. Jadi inget ibu mertua saya mba, beliau itu rajin bikin beginian. Tapi dari bungkus bekas kopi beliau kumpulin dan pernah jadi bbrp prakarya. Hasilnya malah dikasihkan ke saya, seperti dompet cantik, botol cantik, dll. Ternyata bisa juga dari bahan kain dst. Ide bagus mba

    BalasHapus
  18. Yang nomor 5 nih dulu pernah hits dan aku juga coba2 bikin tas plastik. Awalnya hepi karena ya akhirnya bis. Lama2 bosen karena butuh banget kesabaran sementara aku ada kerjaan lain, hahaha. Next time lah hias2 rumah kalau waktu longgar

    BalasHapus
  19. Cakep semua nih barang recycling gini, mbak. Idenya kreatif juga, barang bekas bisa diubah menjadi benda baru yang tak kalah manfaatnya

    BalasHapus
  20. Mbak Yuniii...cantik banget kreasinya, barang2 yg gak berguna jd penghias cantik ruangan. Ato, Mbak Yuni bikin TUTORIALNYA di blog.
    Cepetaaan mbak dah gak sabar manfaatin handuk bekas. Makasih.

    BalasHapus
  21. Cantik cantik banget hasil karyNya mbak. Saya tertarik sama pot bunga dari handuk bekas. Gimana caranya ya mbak?

    BalasHapus
  22. kreatif banget, Mba. Saya selalu kagum pada orang-orang yang bisa menghasilkan karya dari barang bekas dan sudah tidak terpakai lagi, soalnya saya orangnya gak kreatif :(

    BalasHapus
  23. beberapa bantal di rumah mama terbuat dari baju bekas yang gak terpakai lagi. Sayangnya jiwa kreatif mama gak menurun pada saya :(

    BalasHapus
  24. Mba Yuni tangannya terampil sekali. Saya pengen bisa ih. Pengennya belajar langsung 😆. Krn kelemahan saya banget bikin kerajinan kaya gini

    BalasHapus
  25. Mupeng lihat hasil karya di atas. Nggak nyangka juga nih bungkusan nutrijel bisa jadi tas yang cantik pun dengan kaos kaki bekas bisa menjelma boneka yang lucu. Kreatif banget deh idenya.

    BalasHapus
  26. Baru tahu yang pot bunga dari handuk, kreatif banget idenya. Kalau ibuku pernah bikin tas dari bekas kaleng minuman plastik

    BalasHapus
  27. ya ampun mbaaaa...kreatif dan rajin bangeet sih berprakarya. Aku sukaaaa deh degna segala kerajinan tangan, khususnya yang bermanfaat seperti ini

    BalasHapus
  28. Lebih asyik lagi kalau bikinnya bareng anak-anak ya kak, boneka kaos kaki ini aku juga pernah bikin loh...

    BalasHapus
  29. Kreatif bangeeet.. tapi aku gak telaten bikin kerajinan tangan begitu. Entah kenapa ya hasilnya pasti jelek wkwk

    BalasHapus
  30. Kyknya emang mudah mbak tapi aku kalau bikin kok gak sebagus itu ya haha. Kyknya gak telaten. Salut buat org2 yg bisa memanfaatkan barang2 kyk gtu bahkan jd kerajinan yg bermanfaat :D
    Kalau aku dan anak2 di rumah milihnya mungkin kertas bekas aja haha trus dijadikan apa gtu.

    BalasHapus
  31. Waahh banyak bgt inspirasinya ini Mba.. Saya jd gatel mengubah yg udah bekas atau sisa jd bermanfaat kyk diatas. Kali2 bisa dijual hehe

    BalasHapus
  32. Mba yuun aku selalu salut sama daur ulang yang penuh dengan kreasi, terutama dari bungkus2 plastik sampah itu, kereen abiiss. dah ku perah mencoba bikiiinn.. kudu telateen hahahaa..

    BalasHapus
  33. Sekarang sudah menerapkan pilah, pilih, dan olah sampah/limbah atau barang bekas dari rumah

    BalasHapus
  34. Yang tas dari bekas bungkus kopi itu aku punya beberapa lho mba. Udah bertahun-tahun yang lalu bulikku bikin ini berkat bimbingan dari tim PKK kelurahan. Keren loh. Suka kubawa-bawa sebagai tote bag. Nggak kalah lah dengan Bu Iriana Jokowi yang dulu bawa tas dari bekas bungkus semen. ;)

    BalasHapus
  35. Wah idenya kreatif mbak. Aku suka sama DIy an gitu. Kayaknya puas aja bisa menghasilkan sesuatu sendiri

    BalasHapus
  36. Ide kreatif memang banyak di mana2. Terutama di rumah. Ada banyak sekali barang yang dengan diolah jadi barang baru yang menakjubkan. Apalagi ada internet ya. Bisa banget jadi referensi buat cari cara bikinnya. HUhuhu... aku gede di malasnya nih, Mbak. Padahal banyak banget ide bermunculan di kepala :(

    BalasHapus
  37. cocok untuk dilakukan pelatihan kepada ibu2 se RT nih.

    BalasHapus
  38. Dari yang tidak terpakai jadi memiliki manfaat, keren nih wuehehe ;D

    BalasHapus
  39. Pot bunga dari handuknya ga kliatan mbak. Jadi pingin lihat yang jelas pot nya kayak apa?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels

#1 #1Hari1Ayat #2 #3 #30HariBlogChallenge #69TahunBNI #Berkahgaterbatas #bloggerbali #BPNxSOGOOD #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang #freyacollectionbygoldmart #freyaxgoldmart #inibaruindonesia #Jobstreet #LimaTahunWB #mommykidsmoment #gizidatdiary #happykids #mprgoid #mprri #netizenbali #netizengathering #netizenmpr #PastiDikasihLebih #perhiasanemasberlian #goldmartdenpasar #phdid #grilledsteakpizza #Prudential Indonesia #JalaninBareng #PruCritical Benefit 88 #PRUlinkGenerasiBaru #PRUlinkSyariahGenerasiBaru #RamadhanSoGoodSiapMasak AntarkanKebaikan anyang-anyangan Asus Blog Competition Beauty Blog Competition STALKING Blibli MYBIGWISH BlogCompetition Blogger Writing Competition BloggerPerempuan BMD Chil-Go! BNI BP Network BPN30dayChallenge2018 Buku Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal CORETAN PENAKU DapurRumahan Day1 Day10 Day11 Day12 Day13 Day14 Day2 Day3 Day4 Day5 Day6 Day7 Day8 Day9 DHblogcompetition Elevenia elevenia blog competition EVENT GIVEAWAY FIKSI Film Finansial Health Agent HokBen Hotel Tour Ide Kreatif Idphotobook INFO CARA MEMPERCANTIK TAMPILAN BLOG INFO CARA PENGIRIMAN NASKAH KE PENERBIT INSPIRASI INTERMESO Jalan-jalan KEB DiMataKu Kisah Inspiratif Klinik Kecantikan Kompetisi Blog KONTES BLOG Kuliner LOMBA BLOG LOMBA BLOG NUB LOMBA BLOG OGB Lomba Resensi LOMBA RESENSI BUKU MUKJIZAT DOA Next Generation Gaming Blogger Writing Competition ngaBLOGburit2015 Nutrifood Parenting Paxel Pengetahuan Pensiun Ramadhan Blogging Challenge RESEP MASAKANKU Review SEBUAH RENUNGA SEBUAH RENUNGAN SIMPONI Smartfren Sponsored Post Super 4G Unlimited Teaser Teckno Tempra Blog Competition Tips TRIK MENULIS TULISAN YANG DI MUAT DI MEDIA Uri-Cran SEO & Blogger Competition W1 W2 W3 W4