Depot Uceng Sukaria, Kuliner Blitar Yang Melegenda

Blitar, bukan hanya terkenal karena makam Sang Proklamator. Sejatinya beberapa kuliner yang ada sudah melegenda sejak dulu. Salah satu contohnya "Depot Uceng Sukaria" yang terletak di Jalan Semeru No. 20 Gurit, Babadan, Wlingi, Blitar, Jawa Timur 66184. 


sumber: google


Depot ini berdiri sejak tahun 1977 oleh Ibu Hj. Siti Nurjannah. Sedang nama depot itu sendiri terinspirasi oleh nama suaminya, Bapak Sukari. Karena dirasa kurang pas maka Ibu Siti menambahkan huruf "a" diakhir, jadilah nama Depot Uceng Sukaria.


sumber: google
Dinamakan warung uceng, karena depot ini sebagian besar lauknya didominasi oleh uceng, seperti kripik uceng dan peyek uceng. Uceng sendiri adalah ikan kecil berukuran antara 2 - 4 cm yang digoreng dengan tepung dan rasanya gurih, rasanya mirip ikan wader . Cocok dijadikan lauk.

Depot ini tidak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya warga Blitar, namun pengunjung dari luar Blitar pun kerap mengunjungi depot ini untuk sekedar menikmati gurihnya kripik uceng yang crispy. Bahkan, demi memuaskan pelanggan, menu yang ditawarkan depot ini makin variatif. Aneka macam lauk tersaji disini, mulai dari olahan ikan hingga ayam.  


sumber: google
Lebaran tahun lalu memang berkah bagi keluarga saya. Ternyata pemilik Depot Uceng Sukaria ini adalah kerabat mertua saya. Sambil bersilaturahmi sekaligus bisa menikmati sensasi kripik uceng Sukaria yang renyah dan gurih. 

Ceritanya, saya bersama suami, kakak ipar dan anak-anak bersilaturahmi ke Bapak Sukari di lebaran kedua. Niat awal memang ingin berkunjung ke kediamannya yang terletak di belakang warung. Namun karena warung ramai pengunjung dan beliau tidak bisa menemui kami di kediamannya, akhirnya diajaklah kami ke warung sambil menikmati menu Depot Uceng Sukaria.


Agak malu sebenarnya ketika sang owner menghidangkan aneka menu di meja kami. Tapi apa daya, kami pun tidak bisa menolak. Bahkan anak-anak terlihat kalap saat menikmati gurihnya uceng yang disantap bersama nasi putih hangat. Yang membuat saya takjub, ternyata ciri khas depot ini bukan saja terletak dari ucengnya, namun juga sambalnya. Sambalnya diulek sendiri oleh Bapak Sukari.


Saya mengamati percakapan antara Bapak Sukari dengan kakak ipar. Setiap ada pengunjung yang memesan makanan, maka beliau bergegas ke dapur untuk mengulek sambal. Ternyata sambal ulekan Bapak Sukari memang mantap dan tiada duanya. Bahkan sambalnya bukan disediakan dalam jumlah banyak, namun secara dadakan. Ketika, pengunjung datang dan memesan makanan, maka saat itu Bapak Sukari membuatkan sambalnya. Meski demikian penyajiannya cepat dan rapi. Inilah yang membuat pengunjung depot ini selalu ramai.

Setelah menghabiskan menu makanan yang disediakan Bapak Sukari, akhirnya kamipun bergegas pamit. Selain waktu yang semakin sore, jadwal kunjungan ke rumah saudara juga belum selesai, ditambah suasana warung yang makin ramai, sehingga kami tidak leluasa untuk ngobrol santai dengan keluarga Bapak Sukari. Dan yang membuat kami makin cengar-cengir, ternyata istri beliau masih membekali kami dengan ikan gurami goreng dan kripik uceng crispy yang lumayan banyak. Inilah yang dinamakan rezeki bersilaturahmi saat lebaran.

Bagi sobat yang ingin menikmati sensasi gurihnya kripik uceng Sukaria, jangan lupa singgah di Depot Uceng Sukaria Wlingi - Blitar. Bukan bermaksud ingin mempromosikan warung milik kerabat, tapi depot ini memang telah terbukti memanjakan lidah penikmatnya. Banyak pengunjung dari luar Blitar singgah ke depot ini hanya karena tertarik dengan cita rasanya uceng khas Depot Sukaria.

Yang penasaran dengan tempatnya bisa lihat di map ya.... (sumber: google)



You May Also Like

40 komentar

  1. Baru tau ada ikan uceng.... noted depot uceng sukaria... enaknya berkerabat sama pemilik rumah makan salah satunya bisa ditraktir makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkah lebaran masπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  2. Saya sudah pernah makan uceng ini Mbak..karena keripiknya nyampe juga ke Kediri.
    Baca ini jadi ngiler pengin ngerasain sambelnya Depot Sukaria juga...
    Cateeet. Next mudik bisa dikunjungi:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensasi rasa sambalnya yang bikin ketagihan mbakπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  3. Aku baru sekali ke blitar, dan waktu itu blm tau ttg depot ini. Tp kalo menunya begini, aku bakal suka sih pastinya. Ikannya mirip wader berarti ya mba. Kalo wader aku sukaaa. Renyah2 gurih. Biasanya kalo ke reatoran yg ada menu ikan mirip wader ato uceng gini, aku ngemilin ikannya thok itu :p

    BalasHapus
  4. Oh uceng itu ikan kecil ya mbak aku badu tahu artinya nih. Hehe

    Varian menu uveng nya banyak ya spesialis uceng berarti

    BalasHapus
  5. Kesukaan mamah papah saya nih kalau ikan-ikan kecil digoreng gitu. Apalagi dikasih sambal, ya. Enak deh itu rasanya

    BalasHapus
  6. Ikan uceng? Kayak ikan teri ya mba? Kayaknya maknyesss. Belum pernah ke Blitar, ntar kalau lewat boleh juga singgah di depot.

    BalasHapus
  7. haiiii mbaaa...apa kabaar..Udah lama aja ngga mampir ke sini deeeh. Enak banget itu kulinerannya mbaaa.. aku suka! Semoga bisa segera mampir ke sini ya mba..pengen Cobain semua!

    BalasHapus
  8. Baru tau ada uceng. Wah ini harus bgt dimakan ya pas ke blitar ��

    BalasHapus
  9. Lihat fotonya bikin lapar. Belum pernah makan ikan uceng, duh. Malam-malam rasanya pengen makan nasi hangat dengan ditemani sambal dan ikan. Ikan adalah jenis pangan hewani yang lezat, murah, dan bergizi tinggi.
    Saya jadi pengen makan ikan sayang di sini tak ada yang jualan uceng. Yah, jauh banget da di Garut.
    Ada juga ikan kecil yang namanya saya lupa apa, sayang cuma ada di pasar pada hari tertentu, soal rasa standar saja karena dijual secara massal. Memang lebih enak bikin sendiri cuma repot saja dan tiada bahan ikannnya, he he.
    Semoga usaha Depot Uceng Sukaria kian maju, ya. Makan bersama keluarga itu asyik. Disebutnya ngabotram.

    BalasHapus
  10. Kangen banget makan makanan nusantara di resto gini.. biasanya aku ekstra sambal dan lalapan hehe.. aku suka pedes soalnya.. memang ya.. kuliner itu lebih enak bareng keluarga, teman atau rame-rame gitu.. jadi gerahnya bisa barengan juga haha sluruppp yumcezz banget ini mak

    BalasHapus
  11. PEnambahan huruf a jadi punya makna lain ya mbak sukaria membuat yang makan di sana menjadi senang dan bahagia, pinter juga idenya.
    Aku sempet gugling dulu barusan cari tau tentang uceng, ternyata jenis ikan ya mbak hehehe aku baru tau nama ikan uceng.
    Aku suka banget ikan mbak, kalau diajak ke sini pasti bisa nambah terus juga makannya :-D

    BalasHapus
  12. Menu-menunya menggiurkan banget yah kak. Saya blm pnh ke Blitar nih, semoga saja ada rejeki nti dan bisa mampir ke tempat ini 😊

    BalasHapus
  13. Uceng itu semacam ikan teri (lure) kah, Mba? Wahhh saya kalo lauknya ikan pasti lahap deh makannya :)

    BalasHapus
  14. Yang liburan atau sekedar mampir di Blitar wajib nih mencoba makan di depot uceng sukaria ini :)

    BalasHapus
  15. Waktu deskripsi ikan uceng, aku langsung inget sama ikan wader... Eh.. Jebule salah sangka. Hehehehe.

    Kalau ke Blitar, bisa nih mampir ke sinih utk merasakan sensasinya

    BalasHapus
  16. Wah aku belum pernah makan ikan uceng nih mbak Yuni, kayaknya enak bener diolah crispy dan krenyes2 ditabur di atas nasi hangat. Pengen nyobain niiih :))

    BalasHapus
  17. Wah kalau Mpo datang ke Blitar , boleh nih mampir pengen nyobain kripiknya. Penasaran kaya apa rasanya yang bisa memanjakan lidah.

    BalasHapus
  18. Aku suka ikan wader goreng crispy, jadi kayanya aku juga pasti cocok sama si ikan uceng ini, kalau nanti lewat Blitar wajib mampir ke warung uceng nih :)

    BalasHapus
  19. Baca postingan ini malam2 bikin laper mbak hehe. Btw jarang banget nih ada penjual makanan warung yang mau ulek sambal setiap ada pelanggan datang. Biasa langsung diulek banyak sekaligus tapi di warung Pak Sukari ini beda ya. Jadi penasaran dengan sambal uleknya eh tapi saya nggak bisa makan yang pedes2 sih.

    BalasHapus
  20. Salah nih blogwalking malem2 jam setengah 12-an, huhuhuh. Aku jadi lafaaarrr. Apalagi lihat foto2 menu makanannya si uceng. Dan aku baru tahu ada jenis ikan uceng ini. Jadi nambah pengetahuan juga deh. :)

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah ke Blitar. Aku catet deh Depot Uceng Sukaria, biar kalo berkesempatan ke Blitar mau nyicipin menu di sana. Btw di Padang juga ada penganan kayak kripik uceng ini, namanya peyek ikan. Yang bikin aku ngences malah pas baca bagian sambelnya nih. Mana malam malam lagi baca blognya, haha

    BalasHapus
  22. Maaf, Mbak, uceng itu apa ya? Aku masih nggak ngeh terbuat dari apa? Karena di daerahku uceng itu sebutan untuk sumbu kompor. Bayanganku jadi ngawur ini.

    BalasHapus
  23. Lucu baheg ya namanya hihihi penasaran sama rasanya jadinya. Sekarang resto kreatif ya. Bikin menu kuliner yang bikin penasaran

    BalasHapus
  24. Wah mau dong nyobain icengnya. Aku doyan banget ikan mbak. Kapan2 deh kalo main ke Blitar ta mampir depot ini

    BalasHapus
  25. Bagi para penggemar uceng dan masakan tradisional, wajib banget nih mampir ke warung Bp. Sukaria ini untuk memanjakan lidah. Itu apa enggak pegel ya mba nguleg terus sepanjang warung buka si Bapak Sukari-nya. Tangannya kuat banget hihiiii...

    BalasHapus
  26. Wab baca ini pagi2 jd bikin lapar deh..hehe..Btw sampai susia gini blm pernah ke Blitar nih jd pengen keliling jawa

    BalasHapus
  27. Wah dekat nih sama rmh iparku. Ntar cari ah pas ke sana

    BalasHapus
  28. Ikan uceng itu kayak ikan wader kah mbak Yun? Aku jadi ngiler lihat foto-fotonya. Nanti kalo ke Blitar lagi bakal mampir ke Depot Uceng ini, insyaa Allah

    BalasHapus
  29. Liat foto diatas kayaknya nikmat banget ya makannya hehe apalagi ada sambel gitu. Btw lucu juga ya nama ikannya kalau di Jakarta namanya apa ya ikan ini.

    BalasHapus
  30. Ikan uceng ini ikan lokal Blitar kah Mbak? Hehehe soale aku belum pernah denger sebelumnya, insya Allah nanti kalau ke Blitar aku mampir deh

    BalasHapus
  31. Kayaknya nglihatnya nikmat bener gtu mbak. Apalagi makanan yang khas daerah yang gak dijumpai di kota lain :D
    Noted banget ya kalau ke Wlingi bisa mampir sana :D

    BalasHapus
  32. Sambal yang dibuat dadakan itu lebih enak dan segar loh. Aku juga suka banget makan lauk dengan sambal dadakan begitu :)

    BalasHapus
  33. Jadi ini khasnya Blitar, asik ah kapan kapan kalo main ke blitar wajib coba ini
    kebetulan ada beberapa teman tinggal diblitar, tinggal minta anterin untuk beli Uceng
    hahaha namanya lucu ya mba kulinernya

    BalasHapus
  34. Noted nih, kalau main ke Blitar harus kesini nih. Biar gak kelewatam untuk nyobain makanan khas nya Blitar

    BalasHapus
  35. waahh bikin ngiler
    jadi pengen cobain uceng2an juga
    ahh dan ini kalo makan di warungnya pasti ndess banget ya mbak

    BalasHapus
  36. Di sumtera barat makanan ikan uceng ini agak2 mirip sama rempeyek teri di pariaman kayanya ya. Ku baca gini malem2 jadi laperπŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  37. sambal yang fresh baru diulek ini berpengaruh di rasa, lho. Mana yang ngulek langsung ahlinya, keren!

    Salam,
    Helenamantra dot com

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah,
    Ada info tempat makan asik di Blitar.

    Pas banget dikunjungi kalo kami mudik ke Surabaya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels

#1 #1Hari1Ayat #2 #3 #30HariBlogChallenge #69TahunBNI #Berkahgaterbatas #bloggerbali #BPNxSOGOOD #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang #freyacollectionbygoldmart #freyaxgoldmart #inibaruindonesia #Jobstreet #LimaTahunWB #mommykidsmoment #gizidatdiary #happykids #mprgoid #mprri #netizenbali #netizengathering #netizenmpr #PastiDikasihLebih #perhiasanemasberlian #goldmartdenpasar #phdid #grilledsteakpizza #Prudential Indonesia #JalaninBareng #PruCritical Benefit 88 #PRUlinkGenerasiBaru #PRUlinkSyariahGenerasiBaru #RamadhanSoGoodSiapMasak AntarkanKebaikan anyang-anyangan Asus Blog Competition Beauty Blog Competition STALKING Blibli MYBIGWISH BlogCompetition Blogger Writing Competition BloggerPerempuan BMD Chil-Go! BNI BP Network BPN30dayChallenge2018 Buku Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal CORETAN PENAKU DapurRumahan Day1 Day10 Day11 Day12 Day13 Day14 Day2 Day3 Day4 Day5 Day6 Day7 Day8 Day9 DHblogcompetition Elevenia elevenia blog competition EVENT GIVEAWAY FIKSI Film Finansial Health Agent HokBen Hotel Tour Ide Kreatif Idphotobook INFO CARA MEMPERCANTIK TAMPILAN BLOG INFO CARA PENGIRIMAN NASKAH KE PENERBIT INSPIRASI INTERMESO Jalan-jalan KEB DiMataKu Kisah Inspiratif Klinik Kecantikan Kompetisi Blog KONTES BLOG Kuliner LOMBA BLOG LOMBA BLOG NUB LOMBA BLOG OGB Lomba Resensi LOMBA RESENSI BUKU MUKJIZAT DOA Next Generation Gaming Blogger Writing Competition ngaBLOGburit2015 Nutrifood Parenting Paxel Pengetahuan Pensiun Ramadhan Blogging Challenge RESEP MASAKANKU Review SEBUAH RENUNGA SEBUAH RENUNGAN SIMPONI Smartfren Sponsored Post Super 4G Unlimited Teaser Teckno Tempra Blog Competition Tips TRIK MENULIS TULISAN YANG DI MUAT DI MEDIA Uri-Cran SEO & Blogger Competition W1 W2 W3 W4