27 Mei 2017

Posted by Sri Wahyuni on 10:32 PM 3 comments

Bagi sebagian umat muslim, lebaran identik dengan mudik. Terlebih bagi para perantau, momen lebaran selalu dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman. Sekaligus sebagai ajang bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Tak heran bila penjualan tiket meningkat tajam. Salah satunya adalah tiket pesawat.
Foto: Yudhi Nugroho

Tiket pesawat merupakan salah satu layanan yang sering diburu para pemudik menjelang lebaran Idul Fitri.  Saat ini, bepergian dengan pesawat terbang menjadi salah satu alternatif favorit bagi masyarakat. Selain lebih cepat sampai tujuan, harga tiketnya pun hampir sama dengan harga tiket bus atau kereta api. Tak heran bila masyarakat lebih memilih efisiensi waktu ketimbang harus menempuh waktu yang lebih lama untuk sampai tujuan. Apalagi, bila waktu yang dimiliki terbatas, maka solusinya adalah pesawat terbang.
Terbang bersama Wings Air
Inilah alasan mengapa harga tiket pesawat selalu berubah-rubah. Bahkan dalam hitungan menit pun harga sebuah tiket bisa berubah, cenderung lebih mahal dari waktu sebelumnya. Sehingga banyak orang yang memesan tiket beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan, dengan tujuan agar mendapatkan penawaran harga yang lebih murah.

Biasanya harga tiket pesawat akan naik menjelang libur panjang atau libur akhir pekan. Tak heran bagi para pemudik yang ingin berlebaran di kampung halaman, biasanya akan memesan tiket sebulan sebelumnya. Semakin mendekati lebaran, harga tiket semakin melambung tinggi, atau malah kehabisan tiket.

Ada cara lain untuk mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah, yaitu dengan mengetahui harga promo. Biasanya pihak maskapai menawarkan harga promo pada bulan-bulan tertentu. Namun kadang jadwal penerbangan tiket promo ini tidak sesuai dengan rencana perjalanan kita. Ada baiknya kita sering mengecek jadwal penerbangan melalui website.

Dan sudah dipastikan bahwa harga tiket pesawat menjelang akhir pekan selalu naik. Dapat disimpulkan pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin itu harga tiket cenderung naik, karena pada hari-hari itulah banyak orang melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Dan harga tiketpun kembali normal di hari Selasa, Rabu dan Kamis. Namun tidak menutup kemungkinan adanya harga promo menjelang akhir pekan.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan penawaran harga tiket pesawat yang fantastis? Apakah harus pergi ke bandara, sering menghubungi pihak maskapai, atau melihat penawaran harga secara online? Jawabnya adalah Traveloka. Traveloka merupakan layanan pemesanan tiket secara online, baik tiket pesawat terbang maupun tiket hotel. Bagi pengguna handphone android, dapat mengunduh aplikasinya melalui app store/google play store.


Mengapa harus Traveloka?
Traveloka memberikan kemudahan bagi pengguna layanannya untuk memesan tiket sesuai jadwal yang diinginkan. Bahkan, pengguna juga bisa memilih maskapai penerbangan yang sesuai, baik harga, hari maupun waktunya. Disamping itu bagi pengguna (member) yang sudah terdaftar, akan mendapatkan potongan harga atau berbagai paket promo bila sering memesan tiket melalui traveloka.


Hebatnya, tiket yang sudah dipesan bisa di refund atau reschedule bila kita ingin membatalkan atau mengubah jadwal penerbangan karena suatu alasan. Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu, karena kurang teliti dan buru-buru, saya memesan tiket tidak sesuai jadwal. Namun karena ada fasilitas reschedule, maka jadwal penerbangan yang sudah saya pesan akhirnya saya ubah sesuai tanggal yang benar. Meski e-tiket sudah terbit, namun pengubahan jadwal penerbangan masih bisa dilayani.


Setelah menekan tombol reschedule, lalu saya diminta mengubah jadwal penerbangan. Di layar tertera beberapa maskapai lengkap dengan jadwal penerbangan dan harganya. Maka saya pun memilih maskapai yang sesuai dengan jadwal sebenarnya. Setelah proses memilih ulang, termasuk cara pembayaran ke traveloka selesai saya pilih, maka pihak traveloka menunggu konfirmasi dari pihak maskapai. Tak begitu lama muncul halaman baru yang berupa receipt atau sisa dana yang harus saya bayar diakumulasikan dengan dana yang sudah saya bayar sebelumnya.

Apakah dana yang sudah dibayar dikembalikan utuh?
Jawabnya “tidak”. Pihak maskapai akan memotong sekian persen sesuai kebijakan yang berlaku dan sisanya akan dikembalikan kepada kita. Bila kita sudah mengubah jadwal penerbangan, maka harga tiket yang harus kita bayar adalah sisa dana pengembalian dari maskapai ditambah kekurangan dana sesuai harga tiket yang tertera di traveloka.

Tidak sulit untuk melakukan pembayaran ke traveloka. Bahkan, tidak perlu upload bukti pembayaran, karena pihak traveloka telah memberikan kode unik di belakang nominal yang harus kita bayar. Begitu kita selesai transfer sejumlah uang sesuai permintaan, maka pihak traveloka akan memroses pesanan kita dengan cepat. Tak begitu lama e-tiket baru pun terbit. E-tiket inilah yang kita tunjukkan saat check in untuk mendapatkan boarding past.


Singkatnya, di jaman modern ini handphone bisa multifungsi. Selembar kertas yang berupa printout tiket pesawat sudah dianggap tidak efisien lagi. Untuk masuk ke bandara guna check in cukup menunjukkan booking ticket atau e-tiket yang tertera di handphone, yang tentunya lebih praktis ketimbang lembaran kertas.


Jadi bagi siapa saja yang merencanakan bepergian jauh menggunakan pesawat terbang, ada baiknya segera unduh aplikasi Traveloka melalui app store di handphone-nya masing-masing. Karena aplikasi ini memberikan banyak kemudahan bagi membernya. Yakin tak bakal nyesel atau rugi memesan tiket di Traveloka!
Reaksi:

3 komentar:

  1. wah memang pengalaman pesen di traveloka mantap dan praktis ya

    BalasHapus
  2. aq mudiknya deket2 aja mbak, by motorcycle. tapi kalo lg pen cari tiket lebih sering cari di Traveloka juga mbak. mantap!

    BalasHapus

  3. Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau melunasi tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik, untuk membangun rumah atau untuk membeli mobil .... email, silverveeloanfirm@gmail.com .. Tuhan memberkati Anda
    Jika anda berminat silahkan hubungi kami via: silverveeloanfirm@gmail.com dan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini.

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Pernahkah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Melihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan suku bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail melalui: (silverveeloanfirm@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama ...........................
    2) Negara .......................
    3) Alamat ......................
    4) Jenis Kelamin ........................
    5) status perkawinan .............
    6) Bekerja ................
    7) Nomor Telepon ...........
    8) posisi di tempat kerja .....
    9) penghasilan bulanan ....................
    10) jumlah pinjaman .........
    11) durasi pinjaman .....
    12) Tujuan pinjaman ..................
    13) Tanggal lahir ........................

    Negara: .....................
    Negara: ..............
    Kota: ..............
    Seks: .........................
    Nomor telepon: ...........
    Jumlah pinjaman: ...........
    Pendapatan bulanan: ..........
    Pekerjaan: ................... ....
    Jangka waktu pinjaman: ....................... ................
    Tujuan Pinjaman: ......................... ...........
    Alamat emel: ...................... ................
    Dapatkan Silverveeloanfirm@gmail.com
    Selamat Hari Pencari Pinjaman yang terhormat, ....................

    Kami berharap formulir permohonan mendesak Anda menjadi baik. Email Kami: (silverveeloanfirm@gmail.com)

    Dengan salam
    Perak Mrs.silver
    Emaill..silverveeloanfirm@gmail.com

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...