23 Agustus 2016

Posted by Sri Wahyuni on 9:38 AM 5 comments
Barangkali sudah menjadi tradisi di negara kita bahwa kenyang itu identik dengan nasi. Kita belum kenyang bila belum makan nasi. Seperti saat pagi hari, karena buru-buru harus ngantor misalnya, sarapan pagi pun terlewatkan. Meski sudah makan sepotong kue, tetap belum dibilang sarapan. Akhirnya ketika sampai kantor, mampirlah ke kantin untuk menikmati semangkuk soto ayam sebagai sarapan pagi. Tetapi....apa kenyataannya? Kenyang membuat kita mengantuk.....

Nasi memang tinggi karbohidrat, sehingga sangat mengenyangkan. Bagi anak-anak usia sekolah disarankan untuk sarapan pagi agar bisa menyerap pelajaran di sekolah dengan baik. Namun bukan berarti mereka harus sarapan sampai kenyang. Secukupnya saja, agar perut tidak kosong. Dan sarapan pagi untuk anak-anak sebaiknya mengandung gizi cukup, minimal empat sehat lima sempurna.


Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dapat memicu obesitas. Bahkan, semakin bertambahnya usia dapat juga memicu obesitas. Seseorang yang sedikit mengeluarkan kalori, jarang berolahraga dan makan-makanan berkabohidrat tinggi, itupun juga memicu obesitas.

Alangkah baiknya kita mulai merubah mindset tentang sarapan. Sebenarnya tanpa nasi pun kita bisa kenyang. Bukan berarti kita tidak makan nasi sama sekali lho....Nasi boleh dikonsumsi namun tidak berlebihan agar tubuh kita tidak kelebihan karbohidrat.

Akhir-akhir ini banyak orang menjaga kesehatannya dengan cara mengkonsumsi jus. Jus dijadikan sajian pengganti sarapan pagi. Apakah mengenyangkan? Bagi yang belum pernah mencoba pasti membayangkan sarapan jus tidak akan mengenyangkan. Cobalah jus berikut:
Jus mix pisang, pepaya, kiwi, terong belanda dan tomat sangat cocok sebagai pengganti sarapan pagi. Jus ini terbukti mengenyangkan, karena ada pisang didalamnya. Cara membuatnya mudah. Cukup campur 1 buah pisang ambon, 4 potong pepaya, separo kiwi, 1 buah terong belanda dan 2 buah tomat kecil. Campur semua bahan dengan ditambah air 200 ml, blender hingga halus, jus pun siap disantap. Yang perlu diingat jus ini tanpa gula, rasa manisnya berasal dari pisang dan pepaya yang alami.

Jus ini cocok diminum saat pagi hari. Setelah menikmati jus ini, perut pun akan terasa kenyang. Bahkan rasa kantuk tak akan datang menghampiri kita, karena jus ini tanpa karbohidrat. Lantas, sampai kapan perut kita mampu bertahan dari serangan rasa lapar? Tentunya di siang hari kita tidak boleh menghilangkan makan siang ya, agar tubuh tidak terasa lemas. Bagaimanapun juga asupan karbohidrat tidak boleh dihilangkan sama sekali, namun harus dikurangi porsinya.

Sementara untuk konsumsi sehari-hari, minum jus mix sirsak dan seledri bisa jadi solusinya. Jus ini selain menyehatkan, juga mampu membersihkan ginjal kita. Rasanya pun segar tidak petar atau pahit, bisa ditambahkan gula rendah kalori bila ingin sedikit manis.
Namun dari semua itu, olahraga jangan sampai dihilangkan lho. Jalan kaki keliling komplek perumahan selama 30 menit bisa jadi solusi olahraga ringan. Selain memperlancar peredaran darah, juga melatih otot dan persendian kita agar tidak kaku.

So, bagi yang peduli kesehatan, mari kita mulai hidup sehat. Gantilah sarapan pagi dengan jus mix buah-buahan yang kaya vitamin dan zat-zat lainnya.
Categories:
Reaksi:

5 komentar:

  1. waah... minuman sehat penambah tenaga, patut dicoba nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba, silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya

      Hapus
  2. Baru tahu kalau jus mix bisa bikin kenyang. Tapi kalau jus alpukat atau jus jeruk aja kayaknya gak bikin kenyang ya Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang saya rasakan mba, setelah minum jus mix langsung terasa kenyang, asal mix nya dicampur dengan buah yang mengenyangkan seperti pisang, pepaya atau mangga ya

      Hapus
  3. mesti di mix..ya... kalo pepaya doang..tetap bikin laper..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...