26 Agustus 2016

Posted by Sri Wahyuni on 9:44 AM 32 comments
Sebagai umat Muslim, menjalankan sholat lima waktu sudah menjadi kewajibannya. Namun, terkadang kita sering abai terhadap hal-hal yang hukumnya sunnah. Salah satu diantaranya menjalankan sholat Dhuha. Sholat Dhuha meski hukumnya sunnah, namun luar biasa nikmatnya.

Sholat Dhuha termasuk sholat sunnah mu'akaddah, karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. 


Menurut Abu Dzar radhiallahu anhu, beliau bersabda: 
صْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى  (رواه مسلم، رقم 1181) . 
Artinya "Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim, no. 1181)  sumber: Keutamaan Sholat Dhuha
Sebagai seorang muslim, kadang iman saya naik turun, namun sadar bahwa Allah-lah skenario atas hidup makhluk yang ada di bumi ini, akhirnya saya perlahan mulai memperbaiki ibadah saya. Cerita saya sama sekali tidak bermaksud untuk pamer atau menunjukkan apa yang sudah saya dapat. Namun dengan menjalankan sholat Dhuha ini, hidup saya menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya.
Sholat Dhuha Bagi Blogger
Barangkali Anda tidak percaya kalau saya pernah menang lomba blog dan mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Ini bukan rekayasa namun kenyataan. Saya ini hanyalah blogger pemula, yang iseng menuliskan keseharian saya di blog. Ada pengunjung blog dan meninggalkan jejaknya...syukur, tidak ada yang membaca blog saya pun juga alhamdulillah...Artinya saya sudah berbagi cerita melalui tulisan, karena hanya inilah yang bisa saya berikan untuk orang lain.
Namun dengan melaksanakan sholat Dhuha, hanya 2 rakaat saja, beberapa kali saya sering mendapat transferan dana sebagai hadiah menang lomba blog. Eit...jangan bilang saya keren, ini hanya menyemangati para blogger pemula saja. Jangan patah arang, teruslah menulis dan ikut serta dalam berbagai blog. Jangan lupa sholat Dhuha 2 rakaat, siapa tahu rezeki akan berpihak kepada kita.
Sholat Dhuha Bagi Seorang Istri
 Pernah kah merasakan makanan di rumah melimpah? Atau setiap hari ada saja yang nganterin makanan? Atau malah dapat berita kalau suami habis dapat uang banyak dari hasil kerjanya? Saya pernah! Sekali lagi bukan pamer lho ya. Ternyata sholat Dhuha yang dilakukan istri berdampak pada hasil kerja suami lho. Ini sudah saya buktikan. Saya berusaha melaksanakan sholat Dhuha secara rutin. Imbasnya pada rezeki dalam keluarga saya.

Hari ini teman suami datang ke rumah bawa abon sapi, kerupuk paru atau jagung penyet. Besoknya ada yang ngasih batagor asli Bandung. Besoknya lagi ada yang bawain pempek asli Palempang. E...sorenya tetangga ngasih kerupuk. Ternyata malamnya suami cerita kalau ia baru dapat amplop dari temannya atas imbalan pekerjaannya. Dan semua ini saya terima karena saya melakukan sholat Dhuha setiap harinya.

Sholat Dhuha Bagi Diri Sendiri
Ternyata sholat Dhuha imbasnya besar sekali. Bukan hanya untuk hobi kita, orang disekeliling kita (suami atau anak), juga untuk diri sendiri. Dengan sholat Dhuha pasti akan membuat jiwa kita tenang, menghilangkan emosi dan membentuk pribadi kita menjadi seseorang yang sabar. 

Apalagi bila kita sudah memutuskan menjadi ibu rumah tangga. Pasti pusing dengan berbagai pekerjaan dapur. Pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya, kadang membosankan kadang pula membuat kita jenuh. Namun dengan rutin melaksanakan sholat Dhuha, pastinya kita akan ikhlas menjalankan peran kita sebagai ibu rumah tangga. Yang penting awali dengan niat untuk beribadah, niscaya pekerjaan yang kita lakukan akan selesai dengan baik.

Begitu banyaknya keutamaan melaksanakan sholat Dhuha, masihkah ragu untuk melakukannya? Yuk mumpung masih ada waktu, sediakan waktu barang 5 - 10 menit untuk melaksanakan sholat Dhuha. Hanya 2 rakaat saja begitu besar nikmat yang kita dapatkan apalagi lebih dari 2 rakaat.

Tak perlu menunggu lama, rentang waktu dari jam 7 pagi (saat matahari terbit) sampai menjelang adzan Dhuhur, rasanya cukup untuk melaksanakan sholat Dhuha yang tidak butuh waktu lama. Mari kita sama-sama beribadah dengan khusyu' demi mendapat ridho-Nya.....
Categories:
Reaksi:

32 komentar:

  1. Hai mba, salam kenal.
    Iyaaa, bener banget. Terimakasih remindernya yaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mba.... Sama-sama

      Hapus
  2. Makasih mba sharingnya memang solat dhuha banyak istimewanya semoga sll konsisten mendirikan dhuha :)
    Btw selamat y mba mantep ih bisa menang jeti2 moga nular :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba.... Selain usaha, ikhtiar dengan sholat dhuha perlu juga ya mba...

      Hapus
  3. aku jg lg ngistiqomahin sholat dhuha ni mbk yuni :)

    BalasHapus
  4. Waahh bener banget Mbak, saya sudah rasakan, rezeki istri soleha melimpah ruah, saya meniru Nenek saya yang seumur hidupnya tidak pernah ketinggalan solat Dhuha :)

    BalasHapus
  5. Salam kenal ya mba,
    Semoga kita selalu istiqomah menjalankannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yra.... Yuk sholat dhuha mba

      Hapus
  6. Ternyata banyak juga ya manfaat sholat duha terutama bagi kita-kita nih para blogger harus nyempatin waktu untuk sholat duha :)

    BalasHapus
  7. Adeeem banget bacanya, insyaAllah kita diberi kemudahan dalam menjalankannya ya mbak ;)

    BalasHapus
  8. Iya, mb. Bener banget. Rezeki tumpah ruah seperti dibukakan dari jalan mana saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba itulah nikmat yang kita peroleh dg menjalankan sholat Dhuha

      Hapus
  9. Berat banget Mbak walaupun cuma dua rakaat di sela kesibukan. kadang pas ga sibuk pun malas minta ampun. Mengerikan ya, berkahnya banyak tapi ga diindahkan. Padahal bisa jadi olahraga juga kan. Mau dapet keinginan tapi malas usaha, malu saya. Makasih udah diingatkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada niat dari hati insyaAllah bisa mas....

      Hapus
  10. Alhamdulillah aku trmasuk yg lbh srg ngelakuin dhuha drpd tahajud.. ngelakuin di kantor sebelum jam operational dimulai :). Ngerasain manfaatnya? Banget mbak.. adaaaaa aja rezeki yg masuk di saat2 yg tepat.. :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba... Selalu aja datang rezeki yang tak disangka2....

      Hapus
  11. Wah... Terima kasih sharingnya ya mbak...

    BalasHapus
  12. Benat mbak... bahkan rasanya lebih ringan melakukan shalat dhuha daripada tahajud krn sholat dhuha tdk perlu melawan kamtuk. Sypun merasakan rejeki dr sholat dhuha ini meskipun bukan berwujud materi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sholat hanya 2 rakaat namun berkahnya luar biasa

      Hapus
  13. Masya Allah :'-(
    ternyata sangat banyak ia mbak manfaatnya..
    kadang kesibukan dunia membuat kita lupa akan hal yang sangat banyak manfaatnya, salah satunya sholat Dhuha..

    BalasHapus
  14. Terimakasih testimoninya mbak.. Aku lg belajar rutin untuk sholat dhuha. Kadang msh sering kelupaan; ya krn tadi...keblinger kerjaan seputar dapur yang hilang satu tumbuh seribu☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak. Sesibuk apapun kita yuk sempatkan sholat dhuha

      Hapus
  15. mencerahkan mba, shalat dhuha biasanya sulit banget dilakukan, pas waktunya dengan kesibukan, smoga bisa melaksanakan, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, rutin 2 rakaat setiap hari berkahnya luar biasa

      Hapus
  16. Alhamdulillah mbak kalau saya mah suka sholat duha memang beda sih mbak rasanya setelah melaksanakan sholat duha perasaan jadi lebih tenang gituh dan rezeki juga makin lancar alhamdulillah allah swt ternyata maha penyayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mas rezeki itu selalu datang menghampiri setiap kita melaksanakan sholat dhuha...

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...