3 Mei 2014

Posted by Sri Wahyuni on 4:24 AM 9 comments
Perkembangan dunia modern saat ini telah mengubah pola pikir anak-anak jaman sekarang. Bukti nyatanya ada pada kemajuan teknologi. Rasanya bukan hal aneh bila anak-anak mahir mengoperasikan aneka gadget. Banyak kita jumpai pemandangan dimana seorang anak tengah asyik memainkan game di tabletnya, sementara ibunya sedang menikmati belanjanya di mall. Atau menjamurnya tempat persewaan game online dimana banyak anak usia sekolah tengah asyik berjibaku didalamnya. Bahkan boleh dibilang anak-anak sekarang lebih pandai dibanding orang tuanya, dalam hal utak-atik gadget.

Fawaz suka utak-atik gadget

Ada sedikit kekhawatiran dalam benak saya manakala Fawaz, anak semata wayang saya, bereksperimen dengan gadget. Pasalnya tidak semua konten dalam gadget aman dan mendidik digunakan anak. Apalagi  kecenderungan anak penyuka gadget yang lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain dengan gadgetnya ketimbang untuk belajar.  Dan untuk mengantisipasi hal ini saya berusaha mengatur jadwal Fawaz dalam sehari, dimana belajar tetap menjadi prioritas utama. Disamping itu saya selalu mendampinginya dalam mengoperasikan gadgetnya.

Saya bersyukur, Fawaz termasuk anak penurut. Meski kadang sedikit menggerutu, namun saran saya lebih didengar ketimbang diabaikan. Semua ini saya lakukan agar prestasi akademik Fawaz di sekolah tetap stabil atau bahkan meningkat. Terus terang saya ingin menepis anggapan sebagian orang yang mengatakan bahwa anak sering pindah sekolah akan berdampak pada penurunan prestasi belajarnya di sekolah. Dua kali Fawaz harus berpindah SD lantaran mengikuti dinas ayahnya yang sering berpindah-pindah. Namun selama ini kemampuannya tetap stabil, ia selalu mendapat rangking 5 besar di sekolah. Sebuah prestasi yang menurut saya cukup membanggakan.

Sudah 2 tahun kami menetap di Denpasar, dimana mayoritas penduduknya beragama Hindu yang taat pada agama dan aturan adatnya. Hal ini berimbas pada pendidikan. Karena banyak libur keagamaan, akhirnya kalender akademik yang berlaku sedikit berbeda dengan kalender akademik pulau-pulau lain di Indonesia. Salah satu contohnya adalah penetapan jadwal UTS dan UAS.

Terus terang saya sering dibuat kalang kabut untuk ujian yang dilaksanakan di sekolah Fawaz. Seperti pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) yang secara tiba-tiba membuat saya harus ekstra kerja keras menyiapkan Fawaz agar mendapat nilai bagus. Bertepatan dengan ujian itu, tanpa sengaja saya melihat pengumuman lomba blog aplikasi Anak Cerdas bersama acer. Tadinya saya penasaran seperti apa sih bentuk aplikasi ini. Lalu saya coba mempelajarinya melalui web. Bahkan yang membuat saya semakin penasaran, berbagai testimoni dari penggunanya menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat cocok digunakan anak-anak untuk bermain sambil mengasah otaknya.
Logo AnakCerdas

Dan yang lebih menggembirakan, aplikasi ini dapat di download di tablet dan hp android yang spesifikasinya memadai. Saya pun mencoba mendownloadnya menggunakan hp OPPO Find 5 Mini. Ternyata hasilnya memuaskan, aplikasi ini dalam hitungan menit dapat terinstall dengan baik. Rupanya Fawaz senang dengan berbagai fitur didalamnya. Sayang, hp itu milik suami saya, yang tidak setiap hari berada di rumah, sehingga Fawaz pun akan merengek manakala ia tidak ada disampingnya.

sumber gambar disini

Kebetulan saya tidak mempunyai tablet, yang ada hanya notebook dan ipad yang tidak bisa diinstall aplikasi ini karena RAM-nya tidak cukup. Sementara Fawaz tetap merengek ingin mencoba berbagai fitur tersebut. Salah satu solusinya adalah membelikannya handphone baru. Kali ini saya membelikannya hp Acer Liquid Z3 yang harganya di bawah 1 juta namun RAM-nya 1 GB. Ternyata dengan hp inipun AnakCerdas dapat saya install dengan sukses.

Acer Liquid Z3

Ujian tengah semester yang baru berlangsung minggu lalu membuat saya merasa lega. Hasil ulangan Fawaz yang dibagikan sangat memuaskan. Semua ini berkat aplikasi yang saya install di hp Acer Liquid Z3. Dalam aplikasi tersebut dibagi dalam dua pilihan, yaitu zona bermain dan zona berlatih. Dalam zona bermain, banyak game yang membantu anak mengasah otaknya. Sedangkan dalam zona berlatih dikhususkan untuk menjawab soal-soal latihan dari kelas 1 sampai kelas 6. Adapun materi yang ditawarkan mencakup 4 mata pelajaran, yaitu matematika, sains, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Itupun masih dibagi lagi dalam beberapa level dan soal.

foto ilustrasi penulis

Bagi ibu-ibu yang ingin mencoba latihan soal, tidak perlu khawatir tentang kesalahan materi, karena sebelum menuju zona ini, penggunanya diharuskan mengisi profil anak yang berisi biodata dan tingkat sekolahnya. Dengan demikian materi yang akan didapat tentunya sesuai dengan tingkat pendidikan yang tengah ditempuh saat ini.

foto ilustrasi penulis
profil Fawaz

Selain itu ada fitur Parental Control yang berguna untuk mencegah anak mengakses situs atau fitur yang tidak sesuai dengan usianya. Fitur ini otomatis aktif jika fitur Zona Anak dijalankan. Ia dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan password, sehingga anak tidak mudah mengaksesnya. Disamping itu ada fitur Dunia Tekno yang menghadirkan berbagai informasi tentang teknologi terkini. Tentunya aplikasi ini sangat tertata rapi dan mudah mengoperasikannya, meski pada awalnya banyak registrasi form yang harus dilakukan.

Dunia Tekno

Kebetulan Fawaz masih kelas 3 SD. Saya mencoba mengujinya dengan soal-soal kelas 3 SD. Memang pada awalnya ia tidak langsung benar semua menjawab 20 soal pilihan. Namun dari percobaan pertama, membuat ia ketagihan ingin mencoba terus soal-soal itu hingga memperoleh nilai maksimal. Akhirnya berkat aplikasi baru ini Fawaz jadi melupakan PS-2nya. Bahkan iapun jadi bosan dengan game-game lain yang sering didownloadnya lewat hp blackberry saya.

hasil eksperimen Fawaz

Tanggal 5 Mei Fawaz menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Saya selalu was-was ketika ia akan menghadapi berbagai ujian. Pasalnya, ini adalah ujian kenaikan kelas. Sementara waktunyapun sangat mendadak, belum semua materi selesai diajarkan. Namun karena pertengahan Mei  umat Hindu akan merayakan hari raya Galungan – Kuningan, terpaksa kalender akademik dimajukan sebelum hari raya. Bukan hanya saya, semua orang tua merasa cemas akan nasib pendidikan anaknya.

Dengan adanya aplikasi ini, saya merasa terbantu. Tiap hari Fawaz saya tes dengan soal-soal yang ada di aplikasi ini. Meski tidak semua mata pelajaran ada disini, namun sudah sangat membantu untuk mempersiapkan ujian nanti. Saya rasa AnakCerdas besutan PT Acer Indonesia ini merupakan solusi belajar yang aman dan menyenangkan, dimana kontennya seputar edukasi yang membantu anak mengasah otaknya dan melengkapi kebutuhannya, yaitu bermain sambil belajar.

Bagi ibu-ibu yang sangat memperhatikan tumbuh kembang buah hatinya, mari segera install aplikasi Anak Cerdas melalui Play Store atau Google Play. Syaratnya sangat mudah gak pakai lama  dan gratis tanpa biaya.

foto ilustrasi penulis

Namun medianya harus kompatibel, seperti hp android atau tabletnya minimal menggunakan android 4.0 Ice Cream Sandwitch (ICS), layar minimal 4.7 inchi, RAM minimal 512 MB, dan memori penyimpanan minimal 1GB. Yuk ah segera kunjungi AnakCerdas !!!

kontes-blog rev.jpg

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerjasama 


Sumber:  http://anakcerdas.co/
Categories:
Reaksi:

9 komentar:

  1. waah... fawwaz makin senengnya aja ya, pake gadget.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia suka ngiri kalau lihat ortunya punya hape, akhirnya kubelikan sendiri yang murah tapi ada manfaatnya hehehe.......bisa belajar sambil bermain

      Hapus
  2. waaaa.... si fawaz juga suka main game GTA...

    main juga disini ya ?
    musikanegri.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih...ntar habis ujian deh main GTA-nya hehehe

      Hapus
  3. Kayaknya seru pake aplikasi ini. Anak-anak bakal suka. Tapi sayangnya aku gak bisa install. Gak pake android, Mbak. Sukses lombanya. ^^

    BalasHapus
  4. eh... UAS kenaikan kelas di bali tanggal 5 mei ya mbak? Di jakarta tanggal 2 Juni... lebih cepet banyak ya. emangnya sekolahnya gak dipinjem sama anak2 SMP yang mau UAN ya mbak?.. btw... sukses ya lombanya.

    BalasHapus
  5. cocok buat anak sd ya ...sekalian belajar dengan latihan soalnya...

    BalasHapus
  6. Praktis ya mak Kalo bepergian ga udah bawa segepok buku :D eh mak suka cek jawaban anak2 ga ..kok saya nemu kan jawaban yg kurang tepat ya..sedikit sih ga banyak

    BalasHapus
  7. Fawwaz gede ya badannya kayak anakku *lospokus hihihiiii

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...