14 Maret 2014

Posted by Sri Wahyuni on 6:39 AM No comments
Seperti kita ketahui Bali sarat dengan upacara adat dan keagamaan. Hampir setiap hari digelar berbagai upacara yang menarik untuk dijadikan tontonan umum.

Kalau artikel sebelumnya saya mengulas tentang canang dan banten, kali ini saya ingin bercerita tentang penjor. Penjor sejenis umbul-umbul tetapi isinya lebih meriah.

Kalau umbul-umbul hanya terdiri dari bambu dan bendera, berbeda dengan penjor yang terdiri dari bambu dan rangkaian hiasan dari janur.

Biasanya penjor dipasang untuk menandai akan berlangsungnya upacara adat dan keagamaan di Bali serta untuk memperingati hari-hari raya umat Hindu. Namun seiring perkembangan jaman, saat memperingati hari kemerdekaan RI pun penjor-penjor itu dipasang di pinggir-pinggir jalan. Sehingga nampak jelas kemeriahan peringatan hut RI terpancar dari penjor-penjor yang bertaburan di pinggir jalan.

Categories:
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...