17 Juni 2013

Posted by Sri Wahyuni on 11:39 PM 4 comments
Musik yang asyik, membuat hidupku terasa indah dan lebih bersemangat menjalani hari-hariku yang sarat dengan warna
Bagiku, musik adalah penyemangat hidupku.  Aku masih ingat kala kecil, begitu aku sangat menyukai musik. Namun, meski kesukaanku pada musik, tak lantas membuat aku pandai memainkan alat musik tertentu atau menyanyikan sebuah lagu dengan suara merdu.  Aku seperti layaknya anak kecil lainnya yang suka menyanyikan lagu ala kadarnya.  Tetapi, menurutku hidup tanpa musik pasti hampa pada akhirnya.

Mengingat masa kecilku, seperti aku terselubung dalam tawa.  Betapa tidak.  Setiap beraktivitas, tak lupa selalu kubawa serta radio kecilku.  Kuputar lagu-lagu yang membuat hatiku terasa tentram.  Di kamar mandi, di ruang tamu, di meja makan, di meja belajar bahkan di tempat tidur pun aku selalu ditemani alunan musik yang mengalir dengan indahnya.

Sebuah ritual yang masih jelas terekam di otakku, aku selalu menyanyikan beberapa buah lagu yang kuhafal menjelang tidurku.  Sampai aku tertidur dengan sendirinya, baru suaraku lambat laun kian menghilang.  Kadang ibuku sering menegur suaraku yang terlalu berisik memecah keheningan malam.  Namun, aku tak menghiraukannya.  Bagiku, itu sudah menjadi kebiasaanku yang sulit untuk dirubah.  Bahkan aku tidak bisa tidur bila tak menyanyikan lagu-lagu itu sebagai pengantar tidurku.  Ah.....ibu maafkan kejahilan anakmu  ini.

Aku lebih suka mencatat lagu-lagu baru yang di putar di radio kesayanganku.  Sampai-sampai aku mempunyai buku catatan khusus tentang lagu-lagu itu.  Di lain waktu aku juga suka membeli buku-buku kumpulan lagu.  Koleksi cassette-ku juga banyak waktu itu.  Bahkan sampai sekarangpun aku masih menyimpan semua koleksiku yang berhubungan dengan musik di almariku yang sudah usang di makan jaman.

Yah...itulah ceritaku tentang musik di kala aku masih kecil.  Walau suaraku sumbang, namun aku masih ingat beberapa kali diikutkan lomba menyanyi dan mengisi suara di RRI.  Bahkan, aku pernah ditunjuk menjadi dirigent sebuah paduan suara dalam Porseni tingkat SD.  Meski tidak mendapatkan juara, tapi rasa bangga telah mewakili sekolah terbersit dalam benakku.

Musik selamanya tak akan hilang dalam hidupku.  Bagiku, musik yang asyik akan membuat hidupku lebih bergairah.  Semua pekerjaan pasti terselesaikan berkat musik, itu kataku.  Dan, saat ini aku membuat ritual mendengarkan musik di setiap aktivitasku sebagai ibu rumah tangga.  Awalnya aku merasa bosan dengan pekerjaanku yang tiada habisnya.  Namun berkat musik semua pekerjaanku cepat selesai.  Tak jarang orang-orang terdekatku memberi pujian atas hasil kerjaku.  Bahagia rasanya hati ini.

Bukan berarti aku suka semua aliran musik.  Menurutku, musik yang membangkitkan semangatku adalah musik yang melo.  Terus terang aku lebih suka lagu-lagu nostalgia dan instrumen-instrumen lembut seperti Kenny-G dan Kitaro.  Mendengarkannya, membuat hati ini terasa tentram, dan itulah musik yang asyik yang akan selalu mengiringi setiap langkahku.

 
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog "Musik Yang Asyik" yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) bekerja sama dengan LangitMusik 
Categories:
Reaksi:

4 komentar:

  1. musik bikin getaran dalam tubuh menjadi lebih fress, setiap awal kehidupan di pagi hari tanpa musik kok rada malas ya, begitu pula sedang kerja, atau mau bobo - tanpa denting musik - jadi kurang gairah - padahal aq sekedar pecinta musik - bukan pemain musik - inilah semangat bermusik kali ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiiip setujuuuuuuu, sudah saya follback ya pak, makasih

      Hapus
  2. wah seharusnya deskripsi blog ditambah, emak suka masak sambil nulis dan dengerin musik....

    BalasHapus
  3. wah..bener-bener gila musik dari kecil kayaknya ya mak...
    good luck lombanya, menyusul ikutannya...hehehe, lagi mikir cerita yang menarik...hihihi

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...