Menjadi Blogger Smart dan Aktif Berkomunitas Bersama KEB, Dalam Sebuah harapan

Sudah pada tahu kan kalau setiap tanggal 27 Oktober  diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Pastinya para blogger bersuka cita menyambut hari yang istimewa ini. Tak terkecuali saya. Mengenang perjalanan menjadi blogger sungguh menjadi sebuah kenangan yang tak bisa dilupakan. Awalnya saya penasaran tentang blog, lalu saya mencoba terjun ke dunia blogging hanya untuk mengisi waktu luang. Ternyata malah semakin seru.

harapan terbesar di hari blogger nasional

Perjalanan Menjadi Blogger

Dulu saya masih memanfaatkan domain gratisan menggunakan blogspot, sedang artikel yang saya tulis hanya seputar curhatan atau cerita kegiatan saya setiap hari sebagai ibu rumah tangga. Saya belum tahu bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog. Saya hanya sebatas membaca artikel yang menceritakan seorang anak Sekolah Dasar bisa berpenghasilan dari blog. Dan saya berusaha menggali informasi tentang artikel tersebut.

Nyatanya saya juga belum menemukan cara berpenghasilan dari blog. Artikel demi artikel yang saya tulis juga sepi pengunjung. Lalu saya mencoba browsing internet dan memanfaatkan media sosial untuk mencari tahu seputar blog dan berbagai cara berpenghasilan dari blog. Ternyata salah satu cara yang saya temukan adalah berkomunitas di media sosial.

Melalui media sosial pula akhirnya saya bisa gabung dengan beberapa komunitas blogger. Masih lekat dalam ingatan saya, blogger yang saya kenal waktu itu adalah almarhum Pakde Cholik, seorang blogger kondang yang selalu update tulisan di blog dan gemar menulis. Beliau mempunyai beberapa buku solo yang sangat menginspirasi pembacanya. Bahkan, karena beliau termasuk blogger yang kreatif, tulisan-tulisan di blognya beliau rangkum ke dalam sebuah buku yang bahasanya  mengalir dan enak dibaca.

Rasanya sangat bersyukur bisa mengenal Pakde Cholik. Melalui semangat yang beliau tularkan kepada para blogger, saya pun merasa tertantang. Saya gabung dengan grup beliau, ikut giveaway yang beliau adakan di blog. Giveaway tersebut tujuannya untuk menyebarkan semangat menulis untuk para blogger, hadiahnya variatif, bisa berupa uang (yang beliau sebut uang bakso) atau buku-buku karya beliau.

Kadang, tulisan peserta giveaway beliau jadikan buku antologi. Benar-benar semangat Pakde Cholik ini memberikan lecutan bagi kami supaya tidak malas ngeblog. Beliau bahkan sering mengadakan kuis dadakan, berupa tebakan nama blogger dari foto yang beliau sebar di grup. Di lain waktu, beliau juga mengajak anggota grup untuk membuat buku antologi dengan tema yang menurut beliau menarik. inilah yang membuat saya terkesan dengan Pakde Cholik. Meski beliau sudah tiada, namun semangat beliau sebagai blogger kondang patut diacungi jempol.

Dari grup Pakde Cholik inilah akhirnya saya mengenal beberapa grup blogger, salah satunya KEB (Kumpulan Emak Blogger). Dari KEB inilah saya banyak mengenal blogger yang notabene emak-emak dengan rutinitas yang hampir sama, ngeblog disela-sela mendampingi tumbuh kembang buah hatinya.

Dan berbicara tentang blogger rupanya berubah menurut perkembangan jaman.  Blogger jaman dulu memang berbeda dengan blogger sekarang yang lebih maju dalam segala hal. Kalau dulu, tulisan yang bisa memenangkan lomba blog sangatlah simple, cukup tulisan menarik disertai gambar pendukung seadanya. Berbeda dengan saat ini. Banyak blogger yang menguasai infografis. Bahkan mereka juga mampu mengolah data secara lengkap dan menarik, belum lagi gambar atau video pendukung yang diciptakannya begitu memukau. Blogger-blogger seperti inilah yang siap bersaing di era teknologi seperti saat ini.

Tanpa kita sadari kemajuan teknologi saat ini menuntut para blogger untuk terus belajar. Terlebih seorang blogger rata-rata adalah konten kreator, maka bukan hanya keterampilan menulis saja yang perlu diasah, namun penguasaan infografis dan berbagai aplikasi edit video atau foto juga harus dikuasai.

Saya bersyukur telah menjatuhkan pilihan menjadi blogger. Bahkan sampai detik ini berkah luar biasa saya dapatkan dari blog, baik pertemanan, ilmu tentang blog, bonus berupa menang lomba atau bahkan job untuk blogger. Ngeblog yang awalnya hanya berisi curhatan di blog, nyatanya bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan. Inilah yang membuat saya harus terus belajar serta menggali ilmu tentang dunia blogging.

Memilih Konsisten Ngeblog atau Meninggalkan Blog?

Jujur, semangat ngeblog saya naik turun. Ada kalanya saya malas ngeblog, bahkan sampai berbulan-bulan tidak ngeblog. Pernah berjam-jam di depan laptop, namun tak satupun rangkaian kata demi kata itu bisa tersambung menjadi kalimat yang siap dibaca. Tetapi kalau ingat pencapaian saya selama ngeblog, rasanya hobi ini sayang untuk ditinggalkan. Apalagi dengan aktiitas ngeblog ini telah membuat saya bisa berpenghasilan. Sungguh, saya harus mengubah rasa malas ini dengan lecutan semangat agar kembali rajin mengisi blog saya.

Dan kalau boleh memilih, saya memang harus konsisten ngeblog. Selain bisa menjadikan ladang penghasilan, menulis di blog juga menjadi cara kita berbagi. Kita bisa menuliskan hal-hal yang kita kuasai di blog, seperti tips menulis, kiat rajin ngeblog atau tips-tips lain yang kita kuasai. Atau bahkan kita bisa membagikan cerita kita kedalam blog, siapa tahu cerita yang kita bagikan bisa mengispirasi pembaca blog kita.

Pernah berangan ingin meninggalkan blog, namun kembali mengingat perjalanan panjang menjadi blogger, rasanya momen ini begitu berharga bagi saya. Jangan sampai saya meninggalkan blog, media yang telah membuat saya bisa berkarya bahkan menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti sekarang.

Harapan Terbesar Di Hari Blogger Nasional

Sebagai seseorang yang terjun di dunia blogging, saya bersyukur dengan pencapaian yang saya peroleh hingga saat ini. Meski dibilang ngeblog ini adalah cara saya menyalurkan hobi sembari mengisi waktu luang di rumah, namun sudah banyak yang saya lalui dan dapatkan dari ngeblog. Saya bisa berkenalan dengan teman blogger seluruh Indonesia. Saya juga beberapa kali menang lomba blog, lalu saya berkesempatan datang ke Jakarta dan menikmati segala fasilitas yang tersedia. Selain itu saya juga bisa berkomunitas dengan para blogger yang memiliki skill dan kemampuan handal di bidang blogging.

Harapan saya di hari blogger nasional ini, saya bisa terus eksis di dunia blogging. Saya bisa upgrade ilmu, bukan hanya mengasah keterampilan menulis namun saya juga harus bisa selangkah lebih maju serta tidak kalah dengan blogger masa kini yang sudah menguasai berbagai aplikasi pendukung ngeblog bahkan sudah lihai memonetisasi blog.


harapan untuk hari blogger nasional


Sementara harapan saya untuk KEB di masa depan, semoga KEB tetap menginspirasi pembacanya. Emak blogger tetap solid, saling support bahkan silaturahmi tetap terjaga meski sebatas di dunia maya. Syukur-syukur bisa membuat karya, seperti menciptakan buku antologi yang menginspirasi, karena KEB memang dari kita untuk kita, para member yang terus belajar upgrade ilmu ditengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi. Semoga KEB makin jaya, siap berbagi ilmu kapan pun dan dimana pun berada.

Di Hari Blogger Nasional ini jadilah blogger smart dan aktif berkomunitas bersama KEB.

 

 

ngeblog asyik bareng KEB

 #YukNgeblogLagi

#NgeblogAsyikBarengKEB

 



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Aku pun kalo milih ga jadi blogger lagi atau ttup media sosial kayak IG, aku bakal pilih mending tutup medsos mba.

    Ga akan bisa utk stop jadi blogger. Aku suka nulis udh sejak SD, sampe akhirnya bisa menulis di blog. Ini semacam obat stress ku, jadi ga akan mungkin dipisahin lagi.

    Kdg sedih juga banyak temen2 bloggers lama yg udh ga aktif, pindah jadi konten kreator video atau YT, tapi wajar Krn fee nya pasti banyak di sana. Tapi berharapnya mereka ga ninggalin blog serta Merta.

    Tapi yaa namanya zaman berubah ya 😅. Yg pergi sudahlaah, semoga msh banyak bloggers lain yg mulai menulis juga.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...