Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan Bersama Dapur Kobe

Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan


Tak terasa Ramadhan sudah di hari kesepuluh. Berharap Ramadhan ini tidak segera berlalu, karena banyak hikmah yang bisa kita ambil di bulan yang penuh berkah ini. Termasuk keriwehan menyiapkan menu buka dan sahur untuk keluarga.

Cerita Tentang Fawaz Dan Makanan Kesukaannya

“Ma….aku maunya buka dan sahur dimasakin mama. Pokoknya menunya yang terenak, seperti yang mama buat setiap bulan Ramadhan!”

Kalimat ultimatum dari Fawaz, anak semata wayang saya membuat sayapun kembali mengingat masakan apa yang pernah saya buat di bulan Ramadhan tahun lalu. Sungguh bulan Ramadhan membuat saya harus menjadi seorang ibu yang super kreatif.

Bagaimana tidak? Fawaz ini termasuk anak yang suka masakan rumahan. Meskipun setiap hari saya berikan uang saku, tetap saja ia selalu pulang ke rumah ketika perutnya terasa lapar. Sambil menuju dapur, selalu saja ia bertanya,”Mama masak apa?”

Demikian pula saat bulan Ramadhan tiba. Alhamdulillah sejak duduk di bangku SD ia sudah melaksanakan puasa Ramadhan full selama 30 hari. Ditambah ia tidak suka masakan yang saya beli di warung atau pesan melalui aplikasi. Padahal, saat ini banyak warung atau resto yang menjual menu masakan yang tak kalah nikmatnya. Mau nasi goreng, ayam koloke, ikan bakar dan sebagainya semua ada di aplikasi. Tinggal kita gunakan aplikasi, dan memilih menu makanan yang kita inginkan. Maka beberapa menit kemudian seorang driver ojol datang ke rumah mengantarkan makanan pesanan kita. Praktis kan!

Tetapi Fawaz bukanlah seorang anak yang suka praktis. Termasuk membeli makanan. Menurutnya membeli makanan diluar terasa membosankan. Inilah yang kadang membuat saya harus memutar otak membuatkan masakan yang selalu berganti setiap harinya. Namun yang saya suka dari Fawaz, ia sangat menghargai masakan saya, apapun yang saya masak. Mau nasi goreng, mie goreng atau bahkan hanya telur ceplok sekalipun, kalau saya yang memasak, dan makanan ini ada dihadapannya, selalu ia santap dengan lahapnya.

Masih teringat jelas kenangan saat kami masih tinggal di Jayapura, Papua. Kala itu Fawaz masih duduk di bangku TK. Pihak sekolah mewajibkan setiap anak untuk membawa bekal sendiri dari rumah, sehingga anak-anak itu tidak jajan sembarangan di sekolah. Makanan favorit Fawaz adalah nasi goreng, namun ia tidak suka dibumbui lengkap.

Akhirnya saya membuatkan nasi goreng dengan bumbu yang sangat sederhana, yaitu margarin, kecap manis, saos tomat, ditambah telur orak arik dan taburan bawang goreng. Ternyata masakan ini membuat temannya di sekolah juga menyukainya, sampai-sampai ibu dari teman Fawaz ini bertanya kepada saya, “apa sih resep nasi goreng saya sehingga disukai anak-anak?”

Dalam hati saya tertawa, masakan yang sangat sederhana itu sampai disukai anak-anak bahkan penasaran resepnya. Ternyata Fawaz sering bercerita kepada teman-temannya di sekolah, kalau ia sangat bangga dengan mamanya, karena mamanya yang selalu membuatkan makanan di rumah. Bahkan makanannya enak-enak. Oh…so sweet banget, tersanjung rasanya dipuji anak sendiri.

Dari situlah Fawaz lebih memilih masakan ibunya ketimbang beli makanan diluar. Namun, saya bukanlah ibu yang asal memasak. Saya harus memperhatikan gizi yang terkandung di setiap masakan yang saya buat. Semua ini demi tumbuh kembang Fawaz. Inilah yang kadang membuat saya harus membuat list atau daftar menu yang ingin saya masak, supaya Fawaz tidak bosan.

Termasuk di bulan Ramadhan ini, saya harus masak berulang-ulang, saat menjelang buka puasa maupun saat sahur. Fawaz bukan tipe anak yang suka makanan diangetin. Ia lebih suka makanan fresh. Sementara saya tipe orang yang suka memanfaatkan bahan di lemari es. Seperti saat di kulkas tinggal kelapa parut, tempe dan kacang tanah.

Kelapa parut saya olah menjadi serundeng. Sementara tempe dan kacang tanah saya masak menjadi kering tempe. Maksud hati ingin membuat nasi kuning dengan lauk telur dadar, serundeng dan kering tempe. Hari pertama, Fawaz menikmati masakan saya dengan lahap. Hari berikutnya ternyata ia mulai merasakan bosan dengan masakan yang itu-itu saja.

Akhirnya saya mencoba googling, mencari tahu resep sederhana selama bulan Ramadhan. Lalu saya menemukan Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan yang ada di Dapur Kobe. Hmm….banyak ragam menu saya temukan disini. Ternyata dengan bahan yang sederhana ditambah campuran tepung Kobe, nyatanya menghasilkan berbagai menu yang menggugah selera.

Ada kripik tempe Kobe, jamur crispy, sup krim jagung, woku ayam, bakwan teri, dan masih banyak lagi resep masakan yang mudah membuatnya dan menghasilkan cita rasa yang nikmat. Dengan menu masakan yang variatif seperti ini tentunya membuat selera makan saat berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadhan makin membaik, bahkan puasa pun akan makin bermakna.


Tentang Produk Kobe

Kobe memulai perjalanannya di tahun 1979 sebagai industri rumahan yang terletak di Semarang. Produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Banyak yang mengira Kobe adalah perusahaan asal Jepang karena dilihat dari namanya. Kobe sendiri merupakan singkatan dari  Kata Orang Banyak Enak dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!

Kini produk Kobe sudah memiliki beberapa macam varian. Terdiri dari Kobe Tepung Tempe Kriuk, yang merupakan formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih dan renyah. Ada pula Kobe Tepung Kentucky Super Crispy, yaitu formulasi untuk ayam kentucky super crispy  tahan hingga 8 jam. Untuk yang ingin membuat gorengan renyah bertekstur kristal ada pula Kobe Tepung Bumbu Putih.

Selain itu ada Kobe Tepung Serbaguna untuk membuat aneka gorengan renyah berempah. Yang rindu makan bakwan ada pula Kobe Tepung Bakwan dan Perkedel yang menghasilkan bakwan dan pergedel lembut didalam dan renyah diluar. Atau ingin makan pisang goreng? Kini ada Kobe Tepung Pisang Goreng Crispy yang menghasilkan pisang goreng dan aneka kue se-crispy jajanan yang dijual di pasar. (sumber: website Kobe)

Lengkap sekali bukan produk Kobe ini. Dengan varian yang ada saat ini sudah bisa dijadikan menu sajian selama 30 hari di bulan Ramadhan. Oh, ya terinspirasi oleh resep jamur crispy di Dapur Kobe, akhirnya sayapun ikut mencobanya. Alhamdulillah berhasil, jamur crispy buatan saya nyatanya disukai Fawaz. Bahkan karena rasanya yang kriuk-kriuk membuatnya tak berhenti mengunyah.

Dan inilah hasil recook masakan saya untuk buka puasa yang saya lihat di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Menu ini sangat simple memasaknya karena memakai produk Kobe, bahkan rasanya sangat enak, bisa jadi masakan favorit keluarga. 


Resep Jamur Crispy

resep jamur crispy


Bahan:

πŸ‘‰1 bks Kobe Tepung  Kentucky SuperCrispy (210 gr)

πŸ‘‰1 bks BonCabe  Level 15 (7gr)

πŸ‘‰1/4 kg jamur tiram

πŸ‘‰minyak goreng secukupnya

 

 Cara membuat:

  1. Cuci jamur hingga  bersih lalu peras hingga  keluar airnya
  2. Suwir-suwir jamur lalu sisihkan.
  3. Siapkan wadah. Tuang Kobe Tepung Kentucky Super  Crispy lalu masukkan jamur sambil diremas ringan.
  4. Goreng jamur dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  5. Sajikan dengan taburan BonCabe  Level 15.


Ternyata Kobe Tepung Kentucky Super Crispy ini bisa pula dijadikan bahan pembuat masakan jamur yang super enak. Tak ingin mengecawakan Fawaz di bulan Ramadhan ini, akhirnya saya mencoba membuatkan menu jamur crispy saus barbeque.  

 

JAMUR CRISPY SAUS BARBEQUE


Resep jamur crispy saus barbeque


Bahan-bahan:

πŸ‘‰¼ kg jamur tiram, suwir-suwir memanjang

πŸ‘‰4 sdm Vegetable mix

πŸ‘‰1 butir Telur

πŸ‘‰3 siung bawang putih

πŸ‘‰1 buah bawang bombay

πŸ‘‰1 bks Kobe Tepung Kentucky Super Crispy (210 gr)

πŸ‘‰Kaldu jamur secukupnya

πŸ‘‰1 sdt lada bubuk

πŸ‘‰Saus barbeque secukupnya

πŸ‘‰1 sdm madu

πŸ‘‰1 sdt garam

πŸ‘‰1 sdt gula

πŸ‘‰Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih jamur yang telah disuwir.
  2. Kocok telur, masukkan potongan ayam kedalam kocokan telur.
  3. Siapkan Kobe Tepung Kentucky Super Crispy dalam wadah kering, lalu gulung-gulung jamur kedalam tepung hingga tercampur rata.
  4. Panasnya minyak didalam wajan, lalu goreng jamur hingga kecoklatan dan tiriskan.
  5. Rajang bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis hingga harum.
  6. Tambahkan sedikit air
  7. Masukkan vegetable mix (bisa dibeli di supermarket) secukupnya, lalu masukkan jamur yang sudah digoreng.
  8. Tambahkan saus barbeque, lada, dan madu. Aduk terus hingga semua bahan tercampur rata, dan air menyusut.
  9. Terakhir tambahkan sedikit garam dan gula, tes rasa, bila sudah sesuai lalu angkat.
  10. Jamur crispy saus barbeque nikmat disantap bersama nasi putih hangat, mirip rasanya dengan menu bento KFC.

 

 

Product Info

Kobe Kentucky Super Crispy adalah tepung yang diracik secara khusus untuk menghasilkan ayam Kentucky super renyah ala restoran dengan perpaduan rasa bumbu rempah yang pas sehingga sempurna kelezatannya.

Kobe Kentucky Super Crispy menghasilkan tekstur gorengan yang super crunchy dan crispy-nya. Cara pakainya pun mudah dan anti gagal, celup ayam ke adonan basah kemudian balur ke tepung kering kemudian goreng dengan minyak panas. Bisa juga diaplikasikan untuk telur, jamur, tahu dan lainnya. (sumber: website Kobe)

 

Keunggulan:

  1. Diracik menggunakan formula khusus untuk menghasilkan ayam kentucky super crunchy dan crispy.
  2. Renyahnya tahan hingga 8 jam
  3. Rasa yang pas dan lezat bumbunya
  4. Diproses menggunakan teknologi modern
  5. Tanpa bahan pengawet
  6. Tanpa pewarna buatan

Berkat Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan yang ada di Dapur Kobe, sayapun tidak bingung lagi mau masak apa besok, karena menu tersebut sudah saya print dan pajang di dapur menu selama bulan Ramadhan. Yuk intip link Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan Bersama Dapur Kobe dan pastikan bahwa Anda juga memiliki resep-resepnya!


Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan






Yuni Handono
Yuni Handono Blogger, Penikmat Kuliner, Suka Travelling

1 komentar untuk " Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan Bersama Dapur Kobe"

  1. Paling cocok bumbu kobe dicampur telur, rasanya enak sekali

    BalasHapus