Bijak Kelola Keuangan Bersama Sampoerna Mobile Banking

 

Sampoerna Mobile Banking

Kabayang gak sih bagaimana mengupayakan “hidup minimalis untuk masa depan maksimalis”, sementara kita masih tergoda berbagai macam barang yang menggiurkan?  Belanja online pula. Kita yang sudah menjadi ibu rumah tangga saja kadang suka kalap bila membuka marketplace. Andai punya uang lebih ingin belanja banyak keinginan. Tapi apa daya kebutuhan utama juga harus mendapat perhatian khusus.


 

Bagaimana pula dengan kaum Millenial dan Generasi Z yang rata-rata sudah memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhannya? Mereka yang notabene hidup dengan mobilitas tinggi, biasanya memilih yang simple saja. Termasuk berbelanja online. Kadang mereka suka kalap belanja barang-barang secara online tanpa memikirkan tabungan ataupun investasi masa depan.


 

Meski tidak semua demikian, biasanya kaum millennial menganggap bahwa inilah masa mereka berfoya-foya menikmati jerih payahnya bekerja sebelum masa tua menjelang. Nah, justru inilah anggapan yang salah. Mengelola keuangan dengan baik harus ditanamkan sejak dini, agar mereka terbiasa hidup hemat dan memikirkan masa depannya.



Tentang Sampoerna Mobile Banking


Menabung atau berinvestasi saat ini bisa dilakukan secara online menggunakan layanan mobile banking, seperti yang baru saja diluncurkan oleh Bank Sampoerna. Salah satu Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) berupaya melakukan peningkatan layanan mobile banking sekaligus mempertegas identitas layanannya dengan memperkenalkan Sampoerna Mobile Banking (SMB). Sebelumnya layanan mobile banking ini bernama BSS Mobile.


 

Peningkatan layanan ini dilakukan untuk mempermudah nasabah milenial dalam menabung serta melakukan berbagai transaksi perbankan. Bahkan nasabah juga berhak mengikuti undian setiap bulan dan triwulanan  melalutabungan Sampoerna  Mobile  Saving. Tentunya dengan  harapan dapat menumbuhkan  kebiasaan menabung bagi para nasabah Bank Sampoerna.

 

 

Menurut Henky Saputra, Finance & Business Planning Director Bank Sampoerna, pada peluncuran Sampoerna Mobile Banking yang diadakan secara virtual pada tanggal 27 Januari 2022, “Di  era  yang  serba  digital  ini, kebutuhan nasabah akan  transaksi  digital semakin meningkat. Sampoerna Mobile Banking merupakan jawaban atas setiap kebutuhan transaksi digital  generasi milenial.

 

 

Talkshow Peluncuran Sampoerna Mobile Banking


Talkshow Peluncuran Sampoerna Mobile Banking


Nah sejalan dengan komitmen Bank Sampoerna untuk mengajak generasi muda hidup lebih terencana demi masa depan yang lebih baik, dalam acara peluncuran tersebut juga diadakan talk show yang bertemakan Hidup Minimalis untuk Masa Depan Maksimal.

 


Talk show yang menampilkan influencer sekaligus investment storyteller, Felicia Putri Tjiasaka dan pelaku gaya hidup minimalis, Olga Agata tersebut membahas mengenai permasalahan kaum  muda  dalam  mengelola keuangan mereka. Di Indonesia sendiri, generasi milenial dan gen Z dikatakan memiliki kemampuan manajemen keuangan yang payah akibat gaya hidup yang cenderung lebih boros, sulit menabung, serta tidak terlalu mempedulikan investasi untuk kebutuhan mendatang.


 

Talkshow Peluncuran Sampoerna Mobile Banking


Menurut Felicia, Ada beberapa faktor yang membuat kaum milenial dan gen Z ini boros dan sulit menabung, seperti akses internet yang memperbolehkan kita melihat dunia yang lebih luas dan juga e-commerce yang mendemokratisasi pembelian barang antar kota, provinsi dan bahkan negara. Dengan dua kemudahan ini, milenial dan gen Z cenderung lebih banyak mau dan kemudian boros.”


Masih menurut Felicia, tren seperti FOMO (Fear of Missing Out), YOLO (You Only Live Once) yang marak di media sosial, serta tantangan menjadi generasi sandwich atau generasi yang harus menanggung hidup orang tua, diri sendiri, dan anak atau adik-adik sangat membelenggu banyak generasi muda. Di satu sisi, para generasi muda ini cenderung lebih paham dan teredukasi dengan investasi terkini. Namun nyatanya mereka lebih sulit mengatur mindset dan psikologis terkait tren seperti FOMO dan YOLO, jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

 

 

Mungkin karena faktor usia yang masih muda dan belum melewati banyak krisis ekonomi. Oleh karena itu, Gen Z dan Milenial perlu belajar menahan diri terhadap godaan sesaat, memperbaiki mindset investasi dengan menghargai proses dan juga belajar untuk konsisten. Salah satu cara untuk memastikan keuangan yang sehat serta masa depan finansial aman adalah dengan hidup secukupnya, membuat anggaran harian, bulanan, dan tentunya  memiliki  tabungan  plus  dana darurat, tambah Felicia.



Dalam kesempatan ini pula, Olga Agata menyampaikan manfaat dari mindful living. Menurutnya: “gaya hidup minimalis  bukan serta merta tentang memakai baju warna monokrom dan memiliki sedikit barang. Lebih dari itu, perlu kesadaran untuk mengenal kebutuhan diri sendiri, melepas keterikatan yantidak  diperlukan dan “hadir” dalam setiap pengambilan keputusan.

Dengan begitu, setiap pengeluaran menjadi lebih bijaksana dan setiap pemasukkan senantiasa memberikan rasa cukup. Dengan rasa cukup, kita jadi tidak mudah merasa iri dengan kehidupan orang lain yang kita lihat dari media sosia."


 


Pentingnya Bijak Mengelola Keuangan Bersama Sampoerna Mobile Banking


Tema yang dibahas dalam talkshow tersebut sangatlah menarik. Menurut Henky Saputra selaku Finance BusinesPlanning Director Bank Sampoernmenyatakan, Belajar dari krisis ekonomi yang mendadak terjadi, seperti pandemi Covid-19, pentingnya hidup terencana memiliki tabungan dan hidup hemat semakin terasa. Kami ingin membantu menyiapkan generasi milenial sebagai penggerak perkonomian di masa depan dengan memperkenalkan mereka kepada gaya hidup minimalis sebagai salah satu cara untuk belajar bijak dalam pengeluaran dan mengelola keuangan mereka tanpa perlu merasa takut ketinggalan tren. Pola pikir ini diharapkan dapat meminimalisir risiko finansial mereka akibat situasi ekonomi yang dapat memburuk kapan saja dan secara mendadak pada masa mendatang.

 

 

Dana pihak ketiga berupa tabungan yang berhasil dihimpun Bank Sampoerna per September 2021 sendiri tumbuh sebesar 18% menjadi Rp1,4 triliun jika dibandingkan posisi yang sama pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,2 triliun. Demikian pula pertumbuhan transaksi digital Bank Sampoerna menunjukkan tren yang sangat baik. Meski tidak terlepas dari dampak penurunan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, jumlah transaksi digital terus bertumbuh dan hingga September 2021 mencapai sebesar 23,8 juta transaksi atau meningkat hampir 3 (tiga) kali lipat dibandingkan dengan jumlah transaksi pada sembilan bulan pertama tahun 2020.


 

Sampoerna Mobile Banking

Sampoerna Mobile Banking hadir untuk membantu generasi muda mengelola keuangan mereka secara digital dengan mudah dan praktis, serta mengajak mereka rajin menabung dengan menghadirkan produk tabungan Sampoerna Mobile   Saving. Dengan menabung di Sampoerna Mobile Saving, nasabah akan mendapatkan poin undian yang akan diundi setiap bulan, serta undian grand prize setiap triwulanan, dengan total hadiah 3 (tiga) miliar rupiah.




Sekilas Tentang Bank Sampoerna


B
ank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) adalah Bank swasta yang berfokus pada pengembangan usaha mikro dan UKM. Memiliki jaringan kantor di 20 kota besar di Indonesia. Bank Sampoerna menjalin kemitraan strategis dengan KSP Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM) yang memiliki jaringan di 28 provinsi di seluruh Indonesia.

 

Memanfaatkan jaringan GPN serta kerja sama dengan Jaringan Prima dan BERSAMA, nasabah Bank Sampoerna dapat memanfaatkan layanan  electronic channel berupa Mobile Banking, Internet Banking, Virtual Account dan terminal lain seperti ATM dan mesin EDC yang dikelola Bank manapun. 



Bank Sampoerna senantiasa melakukan transformasi digital dengan melakukan pemutakhiran sistem sesuai perkembangan teknologi terkindaberkolaboras

dengaberbagai  Penyelenggara  Jasa  SistePembayaraseperti paymengateway, penyelenggara  transfer dana, uang elektronik, dan  berbagai  penyelenggara  fintech termasuk peer-to-peer lending, merchant aggregator serta fintech lainnya guna mendukung dan mengembangkan ekosistem keuangan digital yang saling terintegrasi dan bersinergi. 



Beberapa produk dan layanan digital yang dimiliki oleh Bank Sampoerna antara lain Sampoerna Internet Banking, Mobile Banking, Virtual Account, Rekening Dana Lender, Phone Banking, QRIS Payment, Corporate Debit Card, dan layanan pinjaman berbasis web: PDaja.

 

Bank Sampoerna didukung oleh dua grup besar pemegang saham, yakni Grup Sampoerna Strategic melalui

👉PT Sampoerna Investama (76,16%) dan 

👉Grup Alfa melalui PT Cakrawala Mulia Prima (16,92%). 

👉Sebesar 3,02%2,96% dan 0,94% kepemilikan dipegang berturut-turut oleh Abakus (Asia Pacific) Pte. Ltd, Sutan AgunMulyadi dan Bapak Ekadharmajanto Kasih.



Sumber data: Siaran Pers SMB Launch


Posting Komentar

16 Komentar

  1. Pas aku baca bagian kenapa kita boros adalah karena melihat ecommerce, langsung ngakak poll bener banget gabs nahan kalau udah promo tgl cantik apalagi

    BalasHapus
  2. Mengelola keuangan dengan bijak memang harus dipelajari sejak usia anak ya mbak

    BalasHapus
  3. Pandemi membuat saya semakin berhati-hati kalau mau membelanjakan uang. Tetapi, memang terkadang masih suka sedikit tergoda. Penting banget memahami pengelolaan uang. Sampoerna mobile banking ini bisa jadi solusi, ya

    BalasHapus
  4. Nah iya, Mbak, anak sekarang kadang punya pikiran kalau sekarang saatnya bersenang-senang menikmati hasil jerih payah mereka. Kalau sudah berkeluarga atau sudah tua, gak akan sebebas sekarang. Padahal mengelola keuangan sejak masih muda itu penting sekali ya... untuk masa depan juga

    BalasHapus
  5. Teknologi makin oke, belanja juga bisa online, tapi kudu tetap bijak soal keuangan. Wajib nahan diri biar seimbang dan bekal buat masa depan nanti. Daftar mobile banking Sampoerna ini bisa jadi salah satu cara buat hemat

    BalasHapus
  6. Haduuh mengelola keuangan jaman now emang butuh ekstra mengencangkan pinggang yaa, seiring dengan jaman yang serba digital begitupun menyisihkan dana untuk menabung atau transaksi lainnya lebih canggih.
    Kek Sampoerna Mobile banking yang melakukan peningkatan layanan mobile banking ahh semakin dipermudah.

    BalasHapus
  7. di saat seperti sekarang, pilihan terbaik bagi kita adalah manajemen keuangan yang lebih baik dan smart ya mba. Thanks for all the tips

    BalasHapus
  8. Banyak peluang kerja yang di rumahkan. Mengatur keuangan wajib hati-hati di tengah pandemi ini ya mba Yun. Dengan punya mobile banking bisa menjadi salah satu cara, hemat dan transaksi mudah tanpa keluar rumah

    BalasHapus
  9. Saya nih masih suka tergoda beli barang yang kadang gak terlalu dibutuhkan hanya karena barang tersebut sedang diskon. Duh kebiasaan ini harus segera dihilangkan nih

    BalasHapus
  10. punya tabungan dikit, buka toko online kadang langsung tergoda ya, mbak. hahaha. fokusnya bank sampoerna bagus. peduli dengan umkm ya, mbakk.

    BalasHapus
  11. Melalukan transaksi memang lebih mudah dan praktis via mobile banking. Nah , saya baru tahu nih Sampoerna Mobile Bangking. Tentunya transaksi perbankan jadi lebih mudah ya dengan memanfaatkan aplikasi ini.

    BalasHapus
  12. Aku pernah ikut webinar Sampoerna Bank 1x. Belum tau kelanjutan mengenai mobile banking-nya, kelebihan dan kekurrangannya. Terima kasih kak informasinya kak.

    BalasHapus
  13. Mantaaap ya memang Bank Sampoerna melengkapi fasilitas mobile banking yang banyak banget fiturnya yang memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi keuangan ya

    BalasHapus
  14. Anak sekarang tuh rata-rata masih muda sekali ketika pertama kali memperoleh penghasilan. Apalagi yang expert dalam hal digital, pendapatannya luar biasa. Secara mental harus didampingi untuk makin bijak dalam mengelola uang yang dimilikinya. Kemudahan memiliki rekening bank secara digital seperti ini bisa jadi nilai plus bagi mereka agar punya niat kuat untuk menabung. kan buka rekeningnya mudah bangeeett...

    BalasHapus
  15. Cerdas sekali, generasi masa kini selalu tahu apa yang dibutuhkan dan bijak mengelola keuangan adalah salah satu langkah awal untuk bisa membedakan keinginan dan kebutuhan.
    Menabung yang aman dengan banyak keuntungan di Bank Sahabat Sampoerna.

    BalasHapus
  16. buka marketplace itu harus penuh kesadaran, kalau gak bisa kalap.
    dengan adanya Sampoerna Mobile Banking ini generasi Milennial dan Gen Z jadi bisa lebih mudah dalam berinvestasi dan mengelola keuangan dong ya :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...