Mengulas Beberapa Jenis Pinjaman Dana untuk Pengusaha dari Pemerintah

 

pinjaman dana untuk pengusaha

Anda tengah merintis usaha dan kebingungan mendapatkan modal? Saat ini banyak lembaga yang memberikan pinjaman modal kepada para pengusaha dengan syarat yang cukup mudah. Termasuk upaya yang dirintis pemerintah untuk mendukung para pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya.

 

Mendapatkan modal usaha yang ingin dibangun atau dikembangkan mempunyai banyak cara yang bisa diambil. Pilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan usaha, mulai bisa didapatkan di perbankan, koperasi, pay later, dan juga banyak tempat lainnya. Bagi pengusaha dan usaha yang ingin mendapatkan pinjaman secara khusus dari pemerintah dengan keuntungan bunga ringan juga bisa memperhatikan jenis pinjaman tempat yang bisa didapatkan, yaitu jenis pinjaman dana berikut ini:

 

  • KUR

Jenis bantuan dana yang terkenal dan banyak dimanfaatkan oleh pengusaha untuk mendapatkan pinjaman adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Jenis pinjaman ini merupakan modal usaha yang mempunyai target yang jelas yaitu memberikan bantuan yang dibutuhkan bagi pengusaha kecil dan menengah atau UKM. Sehingga bagi pengusaha yang mempunyai kebutuhan untuk mengembangkan dan mulai membantu usahanya dan cocok dengan besaran bantuan yang cocok dengan bantuan ini bisa memilih pinjaman KUR. 


Pinjaman ini mempunyai keuntungan dengan bunga yang rendah karena diberikan oleh pemerintah dengan misi yang jelas untuk memberikan bantuan pengusaha kecil. Tempat mendapatkan KUR ini juga beragam, sehingga bisa memilihnya di bank negara yang terdekat.

 

pinjaman dana untuk pengusaha
sumber: google (Harian SIB)

  • PKBL

Jenis pinjaman dana selanjutnya yang bisa diajukan bagi pengusaha dari pemerintah adalah PKBL. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ini merupakan program yang juga mempunyai keuntungan terbaik yang bisa diambil untuk mengembangkan usaha yang dipunyai. 


Jenis pinjaman ini merupakan jenis pinjaman kredit yang mempunyai plafon besar hingga 500 juta dan bisa diajukan di bank pemerintah. Jenis ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan pinjaman bagi pengusaha kecil yang mempunyai potensial seperti pengrajin gerabah dan masih banyak lainnya.

 

pinjaman dana untuk pengusaha
sumber: Blog Bang ELMU (google)

  • PNPM Mandiri dan Umi

Jenis pinjaman dana terakhir yang bisa dipilih yang merupakan bantuan dari pemerintah adalah PNPM Mandiri dan UMi yang merupakan sistem pinjaman bukan kredit. Pinjaman PNPM mandiri merupakan program yang diberikan untuk modal usaha baik dalam bentuk uang maupun lainnya. Selain itu UMi merupakan program pinjaman modal usaha dari pemerintah untuk yang membutuhkan pinjaman 10 juta rupiah.


pinjaman dana untuk pengusaha
sumber: google (suara.com)

Dari ketiga jenis pinjaman dana diatas mana yang Anda pilih? Tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih salah satu bentuk pinjaman dana diatas. Yang jelas ketiga pinjaman dana tersebut sebaiknya dipilih sesuai tingkat kebutuhan masing-masing. Supaya Anda sebagai pengusaha dapat mengembangkan usaha dengan bantuan modal dari pemerintah.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Jadi belajar banyak mengenai jenis pinjaman dana nih aku mbak. Perihal urusan pinjaman memang harus konsultasi lebih dahulu untuk menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan sebagai upaya meningkatkan usaha.

    BalasHapus
  2. Banyak ya ternyata pinjaman dana dari pemerintah, saya pernah dengar cuman KUR doang, eh sama PNPM mandiri sih.
    Bisa banget nih dimanfaatkan untuk memperluas atau membangun usaha

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu, loh. Ada pinjaman dana sampai 500juta.
    Lumayan besar itu. Bisa buat buka bisnis keren nih

    BalasHapus
  4. Yang udah aku kenal dengan baik cuman KUR aja, ternyata masih ada lagi yang lainnya yang bisa kita manfaatkan. Tinggal cari peluang bisnis soal modal tidak terlalu masalah sebenarnya ya..

    BalasHapus
  5. Aku sering banget dengar nama pinjaman ini, karena lingkungan rumahku adalah home industri. banyak juga tetangga yg menggunakan pinjaman ini utk modal usahanya. Pemerintah memang sangat perhatian dengan masyarakatnya

    BalasHapus
  6. Mba untuk pinjaman umi in hanya maksimal Rp 10 juta atau bisa lebih besar dari Rp 10 juta mengajukan pinjaman ?

    BalasHapus
  7. Sering taunya KUR, kalau PNPM Mandiri sama PKBL kurang begitu familiar. Tetangga saya banyak yang ngajukan KUR karena syaratnya mudah. Asal fisik usahanya ada pasti pengajuannya disetujui

    BalasHapus
  8. baru tau mba, thanks for sharing, semoga program pemerintah ini bisa meringankan pelaku UMKM ya mba :)

    BalasHapus
  9. Masih butuh stalking lebih banyak soal ini karena khawatir sama bunganya. Makanya mau cari lebih detil lagi soal ketiga sumber pinjaman ini

    BalasHapus
  10. wah aku baru tau ini ada pinjaman dana dari pemerintah. program ini bisa menolong pengusaha umkm untuk mengembangkan usahanya. thank you infonya ;)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...