Hampir dua bulan  kita berdiam diri di rumah. Para pekerja diharuskan bekerja dari rumah. Anak-anak tidak bisa belajar di sekolah, bertemu dengan guru dan teman-temannya. Ibu rumah tangga pun harus menghadapi kenyataan bahwa biaya kebutuhan pokok melebihi anggaran. Semakin lama berdiam diri di rumah, selera makan bertambah. Bahkan pekerjaan rumah tangga makin menumpuk. Butuh eksekusi tiap hari agar tak makin menumpuk.


Jenuh pastinya. Bukan hanya bagi mereka yang terbiasa keluar rumah. Ibu rumah tangga lama-lama juga jenuh dengan pekerjaannya yang terus bertambah dari hari ke hari. Apalagi jika ada anggota keluarga yang tetap bekerja diluar rumah saat pandemi ini. Otomatis cucian makin banyak. Pulang dari bepergian, baju harus dicuci. Mau ke laundry takut alatnya tidak bersih atau bahkan pegawainya tidak sehat.

Demikian pula dengan masakan. Semakin lama berdiam diri di rumah, sang ibu harus memutar otak untuk menciptakan makanan sendiri, tentunya makanan yang variatif agar tidak bosan menikmati makanan yang itu-itu saja.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengurangi kejenuhan ketika dihadapkan pada pekerjaan yang itu-itu saja dari hari ke hari.

1. Mendengarkan musik
Ini yang biasa saya lakukan ketika harus menyelesaikan tumpukan setrikaan yang menumpuk. Setrika itu bikin jenuh dan ngantuk. Kalau kita nyetrika sambil mendengarkan musik, tanpa kita sadari lama-lama selesai juga acara setrikanya.


credit


2. Memainkan alat musik dan bernyanyi
Gara-gara tugas sekolah, akhirnya di rumah ada beberapa alat musik, seperti gitar, kajon, seruling dan pianika. Meski saya kurang mahir memainkan alat musik itu, tapi seru juga saat belajar memainkannya melalui tutorial di youtube. Bahkan, bila serius berlatih lama-lama akan mahir dan bisa kita mainkan sambil bernyanyi. Dijamin hal semacam ini bakal mengurangi kejenuhan selama di rumah.


credit


3. Membaca buku
Dari dulu saya suka mengoleksi buku. Apalagi sejak memutuskan menjadi blogger. Blogger jaman dulu sering mengadakan giveaway dengan hadiah buku. Dari situ akhirnya koleksi buku saya makin banyak. Cerita yang ada didalam buku tidak ada kadaluwarsanya, ia bisa dibaca kapanpun. Daripada bengong, membaca buku akan membukakan wawasan kita bahkan membuat kita berimajinasi untuk menciptakan sesuatu. 


Buku Dahsyatnya Ibadah Haji, karya Pakde Cholik


4. Menulis atau blogging
Kalau dulu kita sering menulis dalam buku diary. Ingat jaman remaja dulu, suka kirim surat, bikin puisi atau menulis kata-kata cinta yang romantis hehehe....kini menulis di buku diary agaknya sudah kita tinggalkan. Banyak yang membuat blog pribadi, lalu diisinya dengan curahan hati. Bahkan di jaman sekarang nulis di blog bukan sekedar menyalurkan hobi semata, namun bisa dijadikan sebagai sarana mendapatkan penghasilan. Terlebih bagi seorang ibu rumah tangga, bahagia banget bila mendapatkan uang dari hasil keringatnya sendiri. Makanya job berbayar banyak diburu para blogger, meski fee yang ditawarkan minim. Mereka bukan hanya mengejar fee semata, tapi ingin mendapat kepuasan.




5. Melakukan olahraga didalam rumah
Untuk menjaga tubuh tetap bugar tak harus jogging keluar rumah. Banyak olahraga yang bisa kita lakukan didalam rumah. Saat ini beberapa channel youtube berisi tutorial senam modern yang mengasyikkan. Musiknya diambil dari lagu-lagu ngehits yang enak didengar. Bahkan gerakannya juga variatif dan tidak membuat bosan. Dengan rutin melakukan olahraga di rumah, pastinya akan menjaga imunitas tubuh kita tetap stabil.




6. Nonton serial film atau drama Korea
Hayo ngaku siapa yang tidak ketagihan nonton drakor? Ibu-ibu kalau sudah didepan TV nonton serial drama Korea dipanggil anaknya pun tidak dengar hahaha....Bahkan karena kurang puas dengan serial yang ditayangkan di TV, sampai bela-belain download koleksi drakor dari youtube. Tapi memang seru mengikuti alur cerita drakor ini, apalagi jika alur ceritanya seolah membuat kita ikut terlibat didalamnya. Yang penting kalau sudah nonton drakor jangan lupa masak buat keluarga ya hahaha....




7. Main game
Hobi main game ternyata bukan milik kaum bapak atau anak laki-laki saja ya. Jauh sebelum pandemi ini mewabah, saya sempat ke tempat game untuk download game terbaru di PS3 milik Fawaz...yaaa..meski saat ini sudah ada PS4 atau bahkan PS5, tapi nyatanya main game bareng anak di PS3 seru juga. Emak jadi tertantang untuk mengalahkan kejelian anak dalam bermain game.




8. Bertemu teman atau keluarga secara online
Hal yang paling saya rindukan saat ini adalah ngumpul bareng teman walau sekedar ngerumpi. Sudah dua bulan ini rindu ingin ngumpul bareng. Jalan satu-satunya ngobrol bareng teman lewat aplikasi online seperti zoom, google hangout dan sebagainya. Di aplikasi ini kita bisa melakukan video call, atau live chat. Apalagi saat lebaran nanti tidak bisa mudik. Inilah kesedian yang saya rasakan sebagai perantau. Makanya saya berencana ingin bersilahturahmi dengan keluarga besar di Blitar melalui aplikasi zoom. Supaya kangen ngumpul dengan keluarga besar bisa dilakukan secara virtual.


credit
9. Belajar memasak
Banyak yang meyakini setelah pandemi berakhir nanti banyak chef baru bermunculan dengan variasi jualannya. Karena tak ada yang menyenangkan saat ini selain mencoba bereksperimen dengan resep baru dan hasilnya memuaskan. Selagi banyak tutorial di youtube, dan bahan-bahannya bisa dibeli secara online, maka saat inilah yang paling tepat untuk mengisi waktu luang dengan bereksperimen di dapur.


10. Berkebun
Sejak pandemi ini mewabah, harga sayur mayur makin melonjak. Sulitnya moda transportasi karena terganjal aturan PSBB atau PKM, membuat distribusi sayur mayur ke daerah tertentu jadi sulit. Belum lagi banyaknya masyarakat yang ketakutan tidak bisa makan, maka mereka lebih suka membeli bahan kebutuhan lebih banyak untuk stok di rumah. Kalau stok di pasaran langka, otomatis harganya melonjak. Inilah yang menginspirasi masyarakat untuk berkebun. Berkebun saat ini tidak harus melalui media lahan kosong. Banyak masyarakat yang minim lahan memanfaatkan botol kosong tak terpakai atau polibag untuk menyemai benih. Mereka menanam sayur dengan cara ditempelkan di dinding rumahnya atau memanfaatkan teras rumahnya yang masih kosong. Bila tanamannya tumbuh subur, itu artinya mereka memiliki stok sayuran di rumah yang ditanamnya sendiri.


credit


11. Bermain dengan binatang peliharaan
Suka memelihara hewan, seperti kucing, kelinci, burung atau lainnya? Memelihara binatang peliharaan akan mengusir kejenuhan selama di rumah. Apalagi jika binatang tersebut lucu dan menggemaskan. Pastinya binatang-binatang itu akan menjadi teman istimewa saat santai di rumah.


credit


12. Berbenah rumah dan menata ruangan
Lama berada di rumah membuat kita sering membersihkan seisi rumah. Apalagi saat pandemi ini mewabah, otomatis kita harus menjaga kebersihan rumah agar virus tidak masuk sembarangan kedalam rumah. Mulai dari ngelap perabotan rumah, menyapu lantai, mengepel. mengganti seprei dan perlengkapan kamar tidur atau bahkan mengganti sarung bantal kursi dan taplak meja. Kadang kita jenuh melihat seisi rumah yang penuh. Kita pun bisa memilah-milah  atau menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai. Jika bosan dengan penataan ruangan yang itu-itu saja, kitapun bisa mengubah tatanan ruangan agar terlihat lebih rapi dan fresh.


credit


13. Meditasi
Banyak yang mengabaikan kegiatan satu ini. Padahal dengan meditasi membuat tubuh kembali relax. Kita bisa mengelola emosi dan stres akibat kelamaan berdiam diri di rumah. Jujur, saat pandemi ini kita terasa kurang piknik. Mau piknik kemana coba, kalau semua tempat wisata ditutup? Nah dengan meditasi ini membuat pikiran kita kembali segar.


credit


14. Berlatih fotografi
Jujur, semenjak membeli kamera canon eos 70d sampai sekarang saya belum mahir teknik fotografi. Masih terus belajar utak-atik. Meski beberapa teman bilang hasil jepretan saya bagus, namun saya pribadi masih menganggap hasil jepretan saya biasa saja...seperti orang awam belajar memoto. Dan inilah saat yang tepat untuk belajar fotografi. Banyak media yang bisa dijadikan obyek meski di rumah saja. Dengan terus berlatih semoga setelah pandemi kemampuan saya memotret bisa naik tingkat.




15. Berbagi cerita bersama keluarga
Hal yang paling menyenangkan ketika bisa berkumpul dengan satu keluarga didalam rumah adalah bisa berbagi cerita. Bersyukur kami saling terbuka. Jadi ketika rebahan bareng diatas karpet didepan TV, ada saja yang kami ceritakan. Mulai dari cerita lucu, serius sampai cerita sedih.




16. Membuat wishlist rencana kedepan
Pandemi ini telah memporak-porandakan berbagai aktivitas yang telah direncakan. Tak ada salahnya jika kita membuat ulang rencana kedepan. Hal yang saya pikirkan saat ini adalah masa depan pendidikan anak selanjutnya. Saat ini Fawaz lagi menunggu pengumuman kelulusan SMP. Tentunya saya merencakan hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan Fawaz selanjutnya, seperti sekolah yang dituju dan biayanya. Demikian juga dengan karier suami, tentunya tak selamanya akan berdinas di Bali. Pastinya banyak hal yang saya rencanakan berhubungan dengan dinas suami, termasuk rencana memperbaiki rumah di Jawa bila sewaktu-waktu kami pindah.


credit


17. Belajar bahasa asing
Dulu sewaktu masih kuliah di Poltek Negeri Malang, bahasa Jepang dan bahasa Inggris adalah makanan saya sehari-hari. Demi mendapatkan nilai bagus, saya berusaha mati-matian mempelajari dua bahasa itu. Kini setelah dihadapkan pada urusan dapur, dua bahasa itu mulai pudar dari ingatan saya. Seperti orang yang baru mengeja saat mencoba berbahasa Jepang atau Inggris dengan orang yang mahir. Sepertinya jika waktu luang dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing seru juga ya, itung-itung untuk bekal pergi ke luar negeri suatu saat nanti.


credit


18. Membuka media sosial
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan media sosial yang kita miliki. Kita bisa jualan, posting tulisan dari blog kita, update status atau bahkan berinteraksi dengan teman. Bahkan media sosial juga dimanfaatkan oleh para blogger untuk menjadi influencer, buzzer atau endorser. Fee yang ditawarkan dari job-job itu variatif. Bisa tergantung jumlah follower atau kualitas postingan kita. Bagi saya berburu job di media sosial tentunya untuk menyalurkan hobi dan mendapatkan penghasilan. Kembali ke awal, bukan hanya soal fee tapi lebih ke kepuasan. Kalau ditanya mengapa job dengan fee kecil dikejar? Saya puas dengan fee dari hasil keringat sendiri. Dengan begitu rasa jenuh pun akan sirna.




19. Memperbanyak ibadah
Di bulan Ramadhan ini waktu luang bisa kita isi dengan beribadah di rumah, seperti melakukan sholat sunnah, membaca al-qur'an atau belajar ilmu agama melalui buku atau media internet. Disamping akan menambah pahala di bulan Ramadhan, pengetahuan kita tentang agama juga bertambah. Dengan begitu tak ada lagi waktu luang yang membuat kita hanya berdiam diri di rumah.




20. Tidur
Tidur menjadi aktivitas terakhir yang bisa kita lakukan bila 19 aktivitas diatas tak juga membahagiakan kita. Tapi ingat, jangan tidur terlalu lama agar kepala tidak pusing. Saat pandemi mewabah sebaiknya kita harus menjaga tubuh tetap fit, salah satunya tidur cukup. Bila kurang tidur, bisa saja kita terserang penyakit.



Nah, itulah 20 aktivitas yang bisa Anda lakukan supaya tidak jenuh berdiam diri di rumah. Mengisi hari-hari dengan beraktivitas tentu akan memunculkan ide kreatif untuk menciptakan sesuatu. Siapa tahu inilah cara Anda tetap produktif dan berpenghasilan meski di rumah saja. Siapa tahu pula setelah pandemi berakhir, Anda dapat mewujudkan cita-cita membuka usaha secara nyata. Yang penting tetap semangat ya!!!

23 Komentar

  1. kegiatan saya sehari2 nyari resep masakan dan camilan, nonton drakor, ngeblog, masak dan main sama anak juga suami, on repeat tapi ga bosen krn selalu ada aja hal baru hahahaa

    BalasHapus
  2. Kemarin anak-anak dapat tugas menghias kamar dari sekolah

    Eh kok seru. Saya terusin deh ke ruang keluarga. Hihihi...

    Di rumah aja bikin saya punya ide buat video juga, mbak. Tutorial ala-ala gitu.

    BalasHapus
  3. banyak banget yang bisa dilakuin ya Mbak. mama2 emang punya ide yang ga habis2nya untuk aktivitas di rumah. hihi

    BalasHapus
  4. ada banyak aktivitas bisa dilakukan saat di rumah aja ya, saya biasanya baca, nulis, tidur, sesekali bikin camilan

    BalasHapus
  5. Pengin baca buku tapi susah banget karena pada ngumpul jadi masak & cuci piring melulu hmmm.

    BalasHapus
  6. waaa terima kasih sharing nya yaaa, di kondisi seperti ini emang rawan banget bosen selama dirumah aja yaa hehehe

    BalasHapus
  7. aku sama anak2 melihara kelinci, alhamdulillah selama d rumah aja, kelincinya udah beranak pinak 8 ekor

    BalasHapus
  8. Dari 20 aktivitas di atas aku hampir udah ngelakuin semuanya mba, eh kecuali nonton drakor, tapi aku nonton serial yang lain hehehe. Stay safe and stay happy dengan keluarga ya mba.

    BalasHapus
  9. Saya menulis tiap hari Mba, sangat membantu saya mengatasi stres :)
    Kadang pengen nangis saking capek dan bosannya, tapi dengan menulis semua jadi lebih baik :)

    BalasHapus
  10. Semua aktivitasnya menyenangkan mbak dan rata2 sudah dilaksanakan di rumah. Paling suka kalau main musik dan buat lagu ini favorit aku banget mbak.

    BalasHapus
  11. ssamaaa mbaaa..aku sering juga buat konten kreatif kayak YouTube dan Podcast plus beberes rumah dan barang - baraang mbaaa

    BalasHapus
  12. Aku banget nih aku bangeeet, nonton drakor, jadi bebenah rumah, belajar bahasa asing, juga tidur mulu, wkwkwk =D

    BalasHapus
  13. Dari 20 jegiatan Mba Yuni, aku lakukan semuaanya, terkecuali ngedrakor engga hihii, ntr keterusan ga bisa kerjaaaaa. Ahh bikin happy kalo kegiatan di rumah bejubel giniii..

    BalasHapus
  14. Yang paling sering dilakukan dari semuanya adalah tidur hahaha. Kalo olahraga, baca buku, dan meditasi, semua hanya wacana :))

    BalasHapus
  15. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah ya mbak kalau lagi jenuh. Tapi dari list mbak Yuni yang gak aku lakukan main sama hewan peliharaan & main games aja sih.

    BalasHapus
  16. Semuanya iyaa...
    Kecuali meditasi sama main games. Happy banget walau hanya dirumahaja. Sembari beraktivitas, bisa ditemani anak dan suami.

    BalasHapus
  17. Sebenarnya banyak ya kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah aja, asal jangan mager, kalau saya kebanyakan magernya nih, hehehe maunya nonton drakor aja sambil leyeh-leyeh

    BalasHapus
  18. Aku udah lama nih mba nggak olahraga di rumah nih mba. Kebanyakan nonton dan main ama anak

    BalasHapus
  19. Aku lagi senang lihat film nih mba, cari aplikasi apa aja yang bisa bantu untuk melihat film-film Hollywood kesukaanku. Lumayan nih kapan-kapan bisa untuk bahan nulis review film di blogku satunya yang udah jarang banget update hehehe..

    BalasHapus
  20. Saya sih nggak jenuh mbak, tapi capeeek haha ini keluargaku di rumah juga lagi sika main UNO bareng dan nonton film biar ada hiburan dikit :D

    BalasHapus
  21. Aku punya masalah saat meditasi nih mba. Kenapa yaa pikiranku ga bisa plong gitu rasanya.

    BalasHapus
  22. lengkap bangettt aktivitasnya, alhamdulillah udh dicoba semua mbak, tinggal digilir, haha

    BalasHapus
  23. wahh,, 2 bulan lebih udah rasanya dijalani semua hehehe,, tinggal di ulang lagi kayaknya hehehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...