Tema Blog Favorit Dari Sudut Template dan Niche Blog



Sebagai pengguna media sosial dan internet aktif, saya tidak lepas dari kegiatan browsing internet. Hampir tiap hari saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama alat-alat elektronik saya. Saat ini, kegiatan mengetahui berita aktual diberbagai dunia dapat dilakukan secara online. Tak perlu susah payah pergi ke penjual koran, lalu membelinya. Cukup sediakan sambungan internet kenceng, maka segala informasi online dapat kita terima dengan mudahnya.

Dan “blog” adalah salah satu media untuk menggali informasi itu. Banyak blog yang sudah terindeks mesin pencarian dan memberikan banyak manfaat bagi pembacanya. Sebagai contoh, ketika anak saya kesulitan mengerjakan tugas Bahasa Bali, maka saya pun membantunya dengan browsing internet. Dari hasil pencarian menggunakan kata kunci itulah saya menemukan blog yang berisi informasi tentang Bahasa Bali, seperti cecimpedan, masatwa, pidarta sampai aksara Bali.

Bukan hanya pelajaran; cara membuat prakarya; berbagai tips kesehatan, kecantikan bahkan tempat wisata lengkap dengan kulinernya juga saya dapat dari browsing internet. Dan “blog” lah yang menjadi sumber informasi itu.
Sebagai pembaca blog yang notabene juga penulis blog, saya pun membangun blog secara autodidak. Dari rasa penasaran, lalu iseng coba-coba, akhirnya saya memantapkan diri menjadi penulis blog. Tak ada buku panduan atau guru yang membimbing saya membuat blog. Saya murni belajar dari internet. Belajar membuat sebuah blog gratisan, belajar memasang widget di sidebar blog sampai membuat efek tulisan di blog. Semuanya saya pelajari satu persatu dari internet. Bersyukurnya saya pun memantapkan diri menggunakan blog berbayar. Meski tulisan di blog masih gado-gado alias campur-campur, karena memang saya takut tidak bisa mengelola banyak blog dengan niche tertentu.

Dan berbicara soal tema blog yang disukai, saya pun memahaminya menjadi dua arti. Bisa jadi tema blog yang dimaksud ini adalah “theme” atau “template blog”. Kalau soal tema blog yang satu ini, saya merasa bahwa seorang blogger itu ibarat programmer. Ketika mengganti tema blog dari hasil download di internet, saat itu juga harus siap dengan segala resikonya. Susunan widget yang berubah, susunan html yang sedikit berantakan. Disinilah kita dituntut mampu mempelajari bahasa program dari blog itu sendiri, kemudian memperbaiki susunan blog kita agar terlihat rapi ketika dikunjungi pembaca.

Saya seringkali mengganti tema blog yang responsive friendly dengan loading yang ringan. Namun bukan berarti saya mantap dengan satu tema blog saja. Bahkan seringkali mengganti tema blog dengan tema-tema tertentu agar blog saya terlihat indah. Selama ini saya masih memanfaatkan blogspot untuk blog saya. Dan seiring perkembangan tema blog, nampaknya antara blogspot dan wordpress saling berlomba menampilkan keunggulannya. Kalau tema yang ditampilkan blogspot masih seputar tema umum yang dapat kita jumpai di internet. Namun berbeda dengan tema wordpress. Di wordpress dapat menggunakan kode CSS sehingga tampilannya pun lebih menarik. Bisa menciptakan tulisan berjalan yang menarik, bahkan bisa juga memberikan tampilan seperti slideshow.

Hasil gambar untuk gambar SORA TEMPLATE BLOG
Sora Template Blog (google)
Dan saat inipun pilihan saya jatuh pada Sora Templates untuk personal blog saya yang bertajuk “YuniHandono.Com”. Selain responsive friendly, saya suka dengan tema blog ini. Loadingnya ringan dan sesuai dengan isi blog saya yang gado-gado.

Sementara untuk tema blog dari sudut pandang judul artikel, banyak sekali tema blog yang saya sukai, seperti:
TRAVELLING
Hasil gambar untuk gambar blog travelling
blog tentang travelling (google)
Meski sudah lama tinggal di Bali, saya masih memanfaatkan internet untuk mengetahui tempat-tempat wisata di Bali. Dan ternyata Bali memang luas, tempat wisatanya sangat banyak. Butuh waktu yang lama untuk bisa berkunjung dari satu tempat ke tempat lain. Seperti di Karangasem, ternyata ada wisata Taman Ujung, Tirta Gangga, Rumah Pohon, Rumah Coklat dan sebagainya. Di Denpasar ada Museum Bajra Sandi, I Am Bali, Up Side Down, Big Garden Corner, Penangkaran Penyu, Desa Budaya Kertalangu dan masih banyak lagi. Informasi seputar tempat wisata ini biasanya saya dapatnya di blog dengan niche “travelling”. Bukan hanya tentang Bali, informasi daerah-daerah lainpun juga saya dapatkan dari blog yang mengulas tentang travelling.
KULINER
Hasil gambar untuk gambar blog kuliner
blog tentang kuliner (google)
Saya memang penikmat kuliner. Bahkan karena ingin mengetahui berbagai kuliner di Bali, saya manfaatkan internet untuk mendapatkan informasi seputar kuliner di Bali, baik yang menyajikan masakan khas Bali maupun khas daerah lain. Dari blog yang membahas kuliner nusantara inilah saya dapatkan banyak informasi seputar kuliner.
OTOMOTIF
Hasil gambar untuk gambar blog otomotif
blog tentang otomotif (google)
Blog lain yang saya intip adalah seputar otomotif.  Seperti mobil saya yang termasuk mobil “low class” karena harganya yang murah itupun saya upayakan untuk memodifikasinya. Kalau model aslinya minim sekali, namun berkat tutorial di blog yang membahas asesoris pendukungnya, maka saya pun mulai menyicil untuk modif mobil satu persatu. Mulai dari ukuran ban yang saya ubah lebih besar, menggunakan sock mobil APV, penambahan antena sirip hiu, memasang layar TV yang berfungsi sebagai CCTV sekaligus sebagai TV dan video, mengganti audio bawaan menjadi multifungsi dari yang hanya radio kini sudah bisa digunakan memutar CD, dan sebagainya. Panduan ini semuanya saya dapatkan dari blog dengan niche otomotif.

modif mobil hasil tutorial dari blog otomotif

TIPS dan TUTORIAL
Hasil gambar untuk gambar blog tips dan trik
blog tentang tips (google)
Nah....kalau berbicara tentang tips dan tutorial pasti banyak blog yang saya baca. Ada blog khusus make up atau kecantikan, ada blog khusus tutorial hijab, blog tentang padupadan busana muslim untuk berbagai suasana, ada juga blog yang membahas tentang tips kesehatan. Intinya untuk mendapatkan informasi seputar tips dan tutorial saya lebih memanfaatkan blog dengan niche tersebut. Meki saat ini banyak beredar video youtube tentang tips dan tutorial, namun dengan adanya blog, saya lebih memahami step by step setiap tulisan yang di share di blog.
Lalu bagaimana dengan resep masakan atau materi pelajaran sekolah?
Memang saat ini masih banyak blogger yang memilih niche seputar masakan atau resep yang diciptakannya, dan materi-materi pelajaran sekolah yang dikuasainya. Namun untuk dua niche tersebut saya lebih memanfaatkan aplikasi di henpon, seperti cookpad untuk mendapatkan resep berbagai masakan atau brainly untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah anak. Meski tidak menutup kemungkinan blog seputar dua niche diatas juga masih ramai dikunjungi pembaca. Bahkan karena hobi saya memasak, saya pun juga memberikan ruang tersendiri di blog yang khusus mengulas berbagai resep masakan yang sudah saya coba di rumah.

Barangkali antara satu blogger dengan blogger lainnya berbeda pendapat, itupun sah-sah saja karena blogger bebas memilih termasuk memilih template blog yang disukai maupun memilih niche blog yang difavoritkan.
Kalau Anda, tema blog seperti apa yang Anda sukai? Sharing yukkk!!!!

You May Also Like

5 komentar

  1. wah rupanya tema kedua tuh ngebahas tentang tema blog yg disukai di blog oranglain yaa> salah persepsi dong aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih nangkepnya gitu mbak...tp kan cakupan tema blog itu luas mbak....gpp mbak gak salah persepsi kok

      Hapus
  2. wah mba Yun suka otomotif xixixi sampe modif mobil berkat baca blog mantul :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak gak tahu kenapa saya suka banget sama otomotif hehehe....

      Hapus
  3. Kalau theme, bagiku bikin pening, Mb
    Tapi terpaksa harus bisa
    Terpaksa belajar
    Mo gmn lagi wkk

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels