Kalau Ke Bali, 5 Tempat Makan Favorit ini Layak Anda Coba

Siapa bilang wiskul di Bali butuh biaya banyak? Tidak semua tempat kuliner di Bali menawarkan menu dengan harga mahal. Memang beberapa daerah di Bali seperti Legian - Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Sanur, atau Denpasar menawarkan beragam kuliner dengan harga yang variatif. Tempat-tempat yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara bisa jadi menawarkan rate yang mahal untuk biaya akomodasi dan kulinernya. 



Kita pun harus pandai mencari celah, memilih daerah yang sekiranya sepi pengunjung dari luar Bali. Namun tidak semua tempat elit di Bali menawarkan kuliner dengan harga yang mahal. Seperti di Renon misalnya. Renon memang terkenal sebagai pusat kota yang didominasi oleh perkantoran dan perumahan elit. Terdapat Museum Bajra Sandhi dan I Am Bali disana, yang letaknya berdekatan dengan Lapangan Niti Mandala Renon. Otomatis tempat-tempat kulinernya juga menawarkan rate yang lebih tinggi dari harga rata-rata. Seperti Crispy Duck, IBC Resto, Cengkih Jinten Resto, D'Cost Seafood, Warung Mina dan masih banyak lagi deretan rumah makan di Renon yang menyuguhkan kuliner dengan ciri khasnya.

Dari deretan tempat makan yang butuh budget mahal untuk mengunjunginya, ternyata ada beberapa resto favorit, selain menjadi tempat nyaman untuk nongkrong juga menawarkan berbagai menu yang ramah di kantong. Dan beberapa tempat makan ini letaknya di kawasan elit Renon. Awalnya saya sempat tidak percaya, mana mungkin ada warung makan murah di Renon? Ternyata, mata saya terbelalak manakala melihat warung makan yang berjubel, dipenuhi pembeli yang ngantri minta dihitung lauk yang baru diambilnya. Pasti penasaran kan?

Dan inilah jawaban dari tantangan di hari ke-7 BPN 30 Day Challenge 2018 yang bertemakan "5 Warung makan/restoran favorit beserta reviewnya". 5 tempat makan di Bali ini pastinya akan membuat Anda makin penasaran tentang menu yang ditawarkan. Selain harganya murah, tempat ini juga selalu ramai pengunjung.

1. Warung Sederhana

Warung Sederhana atau yang lebih dikenal dengan Warung Taliwang Sederhana terletak di Jalan Merdeka No. 4, Renon - Denpasar. Dikatakan sederhana karena tempatnya memang sederhana, berlantai semen dengan dinding tembok yang masih menonjolkan batu bata. Warung ini menawarkan aneka masakan khas Jawa, dimana pembelinya mengambil sendiri makanan yang diinginkannya. Setelah selesai mengambil makanan, maka pelayan akan menghitung harga sesuai jenis makanan yang diambil pembeli. Lalu pelayan menyodorkan sebuah kertas yang berisikan jumlah harga dari makanan tersebut, untuk kemudian dibayarkan ke kasir.

penataan ruangan yang sederhana (credit)
Selain makan di tempat, pembeli juga diperkenankan membeli lauk atau sayur untuk dibawa pulang. Sistemnya masih sama, disediakan plastik sebagai tempat lauk dan pembeli mengambil lauk sesuai selera. Setelah itu ditunjukkan kepada pelayan lalu pelayan akan menghitung total pembeliannya. Sesekali mendapatkan kertas jumlah pembayaran, namun lebih sering pelayan tersebut berteriak, setelahnya pembeli akan membayar sesuai jumlah yang sudah dihitung ke bagian kasir.

(credit)
Selain menawarkan aneka menu makanan khas Jawa, di Warung Sederhana juga menyediakan jajanan yang dibanderol dengan harga yang relatif murah, seperti bolen. Bolen ini ada beberapa varian rasa, rasa tape, coklat, pisang, kacang ijo dan ubi ungu. Ada juga pukis yang menawarkan rasa keju dan coklat. Dan jajanan yang baru adalah lumpur bakar. Untuk bolen dan pukis dibanderol dengan harga Rp. 1500,-/biji sedangkan lumpur bakar dihargai Rp. 2.000,-/biji.

2. Gula Bali The Joglo

Masih berdekatan dengan lokasi Warung Sederhana, terdapat warung makan namanya "Gula Bali The Joglo". Tempat makan berkonsep rumah joglo dengan iringan musik gamelan khas Bali. Barang-barang yang dipajang pun merupakan barang kuno peninggalan nenek moyang mirip konsep Jawa Kuno. Lokasinya masuk gang, meski begitu tempat ini selalu ramai pengunjung.

(credit)
Menu yang ditawarkan di warung ini variatif, seperti kombinasi antara masakan Jawa dan Bali. Ada banyak menu bubur yang ditawarkan. Ada bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur candil dan lain-lain. Sedang menu khas Bali diantaranya tipat cantok, tipat kuah ayam betutu, ketan saus mangga, singkong salju dan masih banyak lagi.

tipat kuah ayam betutu (credit)
Mengenai harga, jangan khawatir, masih ramah di kantong. Seperti tipat cantok masih dibanderol dengan harga Rp. 13.000,-/porsi. Gula Bali The Joglo juga membuka cabang yang terletak di Sunsed Road, lokasinya ditepi sawah, menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong sambil menikmati suasana tepi sawah yang menghijau.

3. Bakso Rajaku


Masih di Renon, namun agak jauh dari Warung Sederhana dan Gula Bali The Joglo. Ada warung "Bakso Rajaku", letaknya searah dengan kolam renang "Aria" dan kolam renang "Augi Sport". Warung bakso ini juga ramai pengunjung, apalagi nuansa ruangan yang dibuat meriah dengan kerlap-kerlip lampu disekelilingnya, membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

(credit)
Menu di Bakso Rajaku juga variatif, menyediakan menu bakso, mulai dari bakso biasa, campur, urat, tulang sampai mie ayam bakso. Selain itu ada menu lain yang ditawarkannya dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti bakso yang dulunya dibanderol Rp. 10.000,-/porsi, kini sudah naik menjadi Rp. 12.000,-/porsi.
es cosmopolitan (dokpri)
Demikian juga dengan minuman yang ditawarkan. Banyak ragam minuman yang tersedia, ada es teh, es jeruk, es cosmopolitan sampai es rajaku, minuman yang ngehits di tempat ini. 

4. Soto Madura Cak Udin

Sekarang kita menuju ke Jalan Teuku Umar, dimana di sepanjang jalan ini dipenuhi oleh toko-toko handphone yang ramai pengunjung. Disalah satu tempat yang kurang luas terdapat warung soto yang nikmat rasanya. Dengan harga Rp. 20.000,- seporsi, dijamin pembeli akan kenyang menikmati semangkuk soto ayam kampung.

warung soto Cak Udin yang sempit (credit)
Selain soto ayam kampung, warung Cak Udin juga menyediakan soto babat, rawon, gado-gado dan menu lainnya, yang harganya juga ramah di kantong. Dengan cita rasa yang nikmat, tidak rugi bila sesekali kesini sambil sarapan soto dan menikmati ramainya lalu lintas di Jalan Teuku Umar - Denpasar.

seporsi nasi, soto ayam kampung dan jeruk hangat (dokpri)
5. Mie Setan Pemogan 

Nah, tempat yang satu ini baru saja berdiri. Dulunya tempat "gym". Sempat terbakar habis. Setelah direnovasi berubah menjadi tempat kuliner yang sekaligus tempat nongkrong para muda mudi atau keluarga yang ingin menikmati kuliner dengan harga ramah di kantong. Lokasinya di Pemogan, Denpasar Selatan.

tempat nongkrong yang nyaman (credit)
Menu yang ditawarkan di "Mie Setan" memang didominasi oleh mie dari berbagai level, ada mie setan level 1 sebagai level terendah dengan cabe 5, mie angel yaitu mie tanpa cabe dan jajanan lain, seperti bakpau, udang rambutan dan lain sebagainya.

bakpao ala mie setan (dokpri)
Sedang varian es juga banyak ragamnya, seperti es tuyul, es kuntilanak, es genderuwo, masih masih banyak lagi. Soal harga, jangan khawatir. Semua menu di tempat ini dibanderol dengan kisaran harga antara Rp. 8.000,- sampai Rp. 15.000,- / porsi.  Murah bukan?

menu di Mie Setan yang cocok untuk anak-anak (dokpri) 
Nah...yakin kan kalau di Bali masih ada tempat makan sekaligus tempat nongkrong murah yang bisa jadi tempat favorit untuk kita kunjungi? Sebenarnya bukan hanya 5 tempat, masih banyak tempat lain yang bernuansa beda namun menyuguhkan hidangan variatif dengan harga tetap ramah di kantong.

Daripada penasaran, pelesiran ke Bali yuk!!!!

You May Also Like

10 komentar

  1. saya kira di Bali itu serba mahal karena tempat tujuan wisata, ternyata masih banyak tempat kuliner harga terjangkau, cuma modal belasan ribu bisa makan kenyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua kuliner di Bali mahal...masih banyak yg murah dan ramah di kantong

      Hapus
  2. aku kira harganya mahal, makanya jarang mampir situ.. ternyata oh ternyataaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Bali colek aku ya...nanti kuajak kuliner yg murah2 hehehe

      Hapus
  3. Waaaahh...kalau ke Bali terus kangen masakan jawa bisa ke resto2 ini ni Mbak. Itu yang warung sederhana murah2 ya harganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas murah bgt dan bumbunya terasa sekali....

      Hapus
  4. mesti disimpen nih reviewnya. Harga-harga masih terjangkau ya. Makasih mba Yuni.

    BalasHapus
  5. boleh tuh nyobain soto cak udin, saya belum nyobain.
    kalo soto saya biasanya di depan ramayana tp jam makan siang. atau d jl maluku deretan sama natalia cosmetic. atau kalau malem di depan smkn 1 ubung, di parkirannya kantor pos, jam bukanya sore sampe jam 9 an aja. hehe (ketauan doyan makan)

    BalasHapus
  6. Terakhir ke Bali 2014 silam
    Huhuhu
    Nanti musti nyoba

    BalasHapus
  7. Wah, jadi referensi kalau mau ke Bali nih. Lumayan, bisa hemat budget kalau ke sana.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels