Inilah 5 Buku Motivasi Yang Menginspirasi Pembacanya

Dari dulu aku sering pergi ke toko buku untuk mencari buku bacaan yang menarik. Bahkan, di sekolah pun aku memanfaatkan kartu perpustakaan untuk meminjam buku bacaan yang bisa dibawa pulang dan dibaca saat senggang. Bersyukur, semenjak menjadi blogger aku kerap mendapat kiriman buku sebagai hadiah menang kontes atau giveaway yang diadakan sesama blogger. Dan koleksi buku di rumah pun jadi bertambah.


Dulu aku sering banget ikut lomba resensi buku, meski tak semuanya menang, namun aku termotivasi setelah membaca dan mereview buku itu. Pesan moral yang disampaikan oleh penulis itulah yang membuatku terinspirasi. Bersyukurnya, aku beberapa kali mengikuti proyek penulisan buku antologi. Meski beberapa buku antologi itu diterbitkan secara indie, namun aku cukup belajar banyak hal dari tulisan teman-teman yang tergabung dalam proyek buku antologi tersebut.


Inilah tantangan di hari ke-10 dari BPN 30 Day Challenge 2018 yang mengharuskan aku menceritakan 5 buah buku favorit versiku. Sebenarnya banyak buku favorit yang sangat memotivasi pembacanya. Dan khusus untuk pembaca setia blogku akan kupilihkan 5 buah buku favorit yang menurutku memberikan pesan moral yang begitu dalam bagi pembacanya. Meski deretan buku ini sebagian besar diterbitkan secara indie, namun jangan salah, penulisnya mengemas ceritanya dalam tulisan yang penuh warna. Penasaran buku apa sajakah itu?

1. Dahsyatnya Ibadah Haji - Abdul Cholik

Buku ‘Dahsyatnya Ibadah Haji” merupakan catatan perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah dari seorang penulis produktif bernama Abdul Cholik yang lebih akrab disapa dengan Pakde Cholik.  Dari beberapa endorsemen yang tercantum di halaman akhir buku ini, membuktikan bahwa Pakde Cholik telah berhasil membius pembaca buku ini dengan rangkaian kata demi kata yang disusun secara lengkap dan detail, sehingga tak ada kata jenuh untuk membuka halaman demi halamannya atau mempelajari isi secara keseluruhan.



Buku ini dikemas secara menarik setebal 233 halaman yang disusun menjadi 61 bab. Layaknya sebuah buku panduan berhaji, bab-bab yang menyusun buku ini mengupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan ibadah haji. Namun demikian rangkaian kata yang menyusun buku ini sangat ringan untuk dibaca. Bahkan sebagian diantaranya diselipkan kata-kata kocak, yang membuat pembaca ikut larut dalam kisah-kisah yang disuguhkan secara runtut. Rasanya buku ini sangat cocok menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin menunaikan rukun Islam kelima ini. Ingin tahu cerita selengkapnya, bisa baca revienya disini


2. Hati Ibu Seluas Samudera - Sixmidad



Ini adalah buku antologi yang kumiliki, buku ini terbit untuk memperingati Hari Ibu. Dan didalam buku ini berisi kumpulan tulisan yang menginspirasi tentang Ibu. Dengan membaca buku ini, seolah kita diingatkan kembali bahwa sosok ibu ibarat lautan yang tak bertepi. Apapaun akan ibu lakukan demi buah hatinya. Sebuah pesan moral yang begitu dalam. Bahwa sebagai anak, jangan sampai menyia-nyiakan Ibu. Ibu tak pernah minta balas budi. Namun kewajiban kitalah yang harus membahagiakannya, karena tak ada yang bisa menggantikan kasih sayang ibu. 



Ibu akan selamanya menyayangi anak, meski anaknya telah hidup terpisah dan mempunyai keluarga baru. Jadi selagi ibu masih ada di dunia ini, selama beliau masih sehat, yuk kita buat beliau bahagia menjalani hidupnya. Seperti saat ibu merawat kita dari bayi sampai setua ini. Ingin tahu ceritaku tentang ibu yang ada di buku ini? Bisa langsung baca disini.


3. Buka-Bukaan Ala Blogger Kondang(an) - Sixmidad



Ini adalah buku antologi yang ditulis para blogger dan diterbitkan secara indie oleh Sixmidad. Ngeblog selain menjadi media untuk mengasah ketrampilan menulis, ia juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi sesama blogger. Meski hanya melalui dunia maya, namun persahabatan sesama blogger sungguh penuh warna. Dalam buku ini mengupas tuntas tentang blogger, blog dan semua aktivitasnya.

Sayapun mencoba memantapkan diri menjadi blogger, karena banyak yang sudah saya dapatkan dari ngeblog, baik uang maupun barang. Saya pernah menjadi juara 1 lomba menulis, pernah menjadi finalis lomba menulis, yang sebelumnya tak pernah saya impikan akan mendapat hadiah sebanyak ini dari ngeblog. Disamping itu warna-warni hadiah juga sering saya dapatkan dari event-event giveaway yang diadakan sahabat blogger, mulai dari buku, bros, kalung, gantungan kunci, kaos, kotak perhiasan sampai pulsa hp.

Sayapun beberapa kali mendapatkan sertifikat karena tulisan saya lolos dalam proyek antologi sebuah penerbitan. Kini, hanya rasa syukur yang bisa saya panjatkan kepada Allah SWT, karena begitu banyaknya berkah ngeblog. 


Dan buku "Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an) ini layak dimiliki siapa saja yang ingin serius ngeblog. Ingin tahu tulisan saya dibuku ini? Silahkan baca disini.


4. Laris Manis Bisnis Wisata Halal - (Cheriatna - Desi Namora)


Dalam buku bisnis yang berjudul LARIS MANIS BISNIS WISATA HALAL “Mengungkap Rahasia Sukses Memulai Bisnis Digital Wisata Halal”, penulis membagikan pengalamannya bagaimana membangun sebuah bisnis travel hingga menjadi bisnis yang menjanjikan. Masa kecil penulis yang penuh perjuangan ternyata membawanya menggapai mimpi. Dia adalah seseorang yang ulet sekaligus suka tantangan. Buktinya, dia berhasil melakukan perjalanan ke luar negeri. Bahkan setelah menikah pun, ia mengajak serta istrinya keliling dunia berkat bisnis travel yang dijalankannya.

Ini membuktikan bahwa gaung era digital ini ternyata membawa dampak besar bagi kehidupan. Manusia semakin kritis dalam berpikir dan bertindak. Mereka tidak akan berdiam diri ketika mendapati bahwa lapangan pekerjaan semakin sempit yang berakibat sulitnya mencari kerja. Bekerja tak harus susah payah meninggalkan rumah, mempercayakan pengasuhan anak kepada pembantu atau bahkan duduk manis di sebuah ruangan dan berkutat dengan pekerjaan kantor. Selama sesuatu itu bisa dikerjakan secara online, semuanya akan menjadi mudah.

Banyak contoh yang menunjukkan bahwa suksesnya bisnis online bukan berasal dari tingginya jenjang pendidikan yang dimiliki si owner. Justru, mereka yang hanya berpendidikan seadanya mampu menjalankan bisnis dengan sukses. Modalnya adalah keberanian, pengalaman dan usaha keras. Tanpa itu semua, mustahil sebuah bisnis akan sukses meski si owner memiliki jenjang pendidikan tinggi sekalipun. Dan di buku ini, penulis mengemas tulisannya secara lengkap dan jelas. Mau tahu resensi selengkapkan, bisa langsung baca disini.


5. Curhat Istri Pada Suami - Diva Press


Buku ini merupakan buku antologi yang berisi curhatan para istri kepada suaminya. Bisa berupa keluh kesah atau pujian. Namun isinya sangat menginspirasi pembacanya, terutama bagi mereka yang tengah mempersiapkan pernikahannya. Bahwa menikah itu sangat menyenangkan. Yang tadinya merasa sendiri, begitu menikah bisa berbagi dengan pasangannya. Hidup pun serasa penuh warna. 

Dalam buku ini juga mengisahkan bagaimana sebuah pasangan menjalani hari-harinya, kebiasaan-kebiasaan apa saja yang kerapkali dilakukan. Bahkan banyak ungkapan syukur yang tertuang, bahwa jodoh itu menjadi suratan Illahi, manusia sedekar menjalankannya. Tugas sebuah pasangan yang telah menikah hanyalah menjaga agar hubungan itu tetap harmonis dan langgeng hingga akhir hayat. Mau tahu tulisanku di buku ini? Silahkan langsung saja kesini.

Itulah 5 buku favorit versiku, beberapa diantaranya adalah buku antologi yang ditulis oleh para blogger. Meski tulisanku nangkring di halaman buku itu, namun rasanya buku-buku itu menjadi buku favorit bagiku. Cerita yang disajikan dalam masing-masing buku sanggup memotivasiku bahkan menginspirasiku untuk mengisi kehidupan ini dengan energi positif. 

Bagaimana dengan Anda? Apa saja yang menjadi favorit Anda? Buku? Film? atau Musik? Sharing yuk!

You May Also Like

1 komentar

  1. Aku jadi malu, belum punya buku tentang ngeblog. Harus masuk daftar belanja buku.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels