14 April 2015

Posted by Sri Wahyuni on 9:57 PM 14 comments
Seorang blogger tentu tidak lepas dari aktifitas "blogwalking" dan "berkomentar" di blog yang dikunjunginya. Ini merupakan cara blogger bersilaturahmi dan menjalin persahabatan sesama blogger di dunia maya. Bahkan, aktifitas ini menjadi trik seorang blogger untuk meramaikan lalu lintas blognya.

"Kalau ingin blognya banyak dikomentari, ya blogwalking dong!"

Itu kata salah seorang sahabat dalam sebuah diskusi. Memang, dengan berkomentar di blog seseorang, itu sama artinya kita memperkenalkan diri kita, otomatis blog kita juga akan diketahui orang lain. Sudah menjadi kebiasaan bagi seorang blogger, bila blognya dikomentari, maka ia akan melakukan kunjungan balik dan berkomentar di blog yang dituju sesuai nama pengunjung blognya. Meski tidak menjadi sebuah keharusan, namun demikianlah yang sering dilakukan seorang blogger.


Lalu apakah cukup dengan meninggalkan jejak di blog sahabat, maka blog kita akan ramai pengunjung? Tentunya banyak cara yang dilakukan blogger agar blognya lebih dikenal orang banyak. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan traffic/pengunjung blog kita:

  1. Membuat konten tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Usahakan membuat tulisan dengan bahasa sendiri, buka copy paste atau meniru gaya bahasa orang lain.
  2. Buatlah tulisan sesuai style Anda. Kalau Anda mempunyai kemampuan di bidang memasak, sepertinya blog berisi resep masakan akan cepat Anda kuasai dan pengunjung blog pun merasa tertarik dengan tulisan Anda.
  3. Sering update blog, bisa setiap hari, dua hari sekali atau seminggu sekali. Jangan sampai blog dibiarkan terbengkalai.
  4. Bergabunglah dengan beberapa komunitas yang mendukung hobi Anda. Kalau Anda seorang blogger otomatis komunitas blogger dan menulis adalah pilihan yang tepat. Anda pun bisa mempromosikan tulisan di blog melalui komunitas-komunitas tersebut. Jangan lupa maksimalkan media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, instagram, google+ dan lain sebagainya untuk mempromosikan blog Anda.
  5. Jangan malas melakukan kunjungan balik bila blog Anda dikomentari orang lain. Dengan demikian Anda otomatis menjalin silaturahmi melalui blog, sehingga bila Anda publish tulisan selanjutnya, maka blogger lain pun akan kembali mengunjungi blog Anda dan meninggalkan jejak disana.
  6. Anda bisa membuat jadwal aktifitas blogwalking, misal dalam sehari Anda ingin mengunjungi 20 blog, maka Anda pun dapat menulis blog mana saja yang menjadi prioritas dalam sehari. Dengan demikian otomatis blog Anda akan mendapat kunjungan balik dari blog-blog tersebut.
  7. Daftarkan blog Anda dalam google web master, agar setiap tulisan yang Anda publish dapat diindek google lebih cepat, sehingga otomatis tulisan Anda akan berada pada peringkat atas ketika di search.
  8. Mengganti domain gratisan menjadi domain berbayar. Ini akan membuat blog kita lebih dikenal orang lain.
Itu adalah beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung blog kita. Kadangkala kita merasa kebingungan manakala blog kita sepi pengunjung. Lalu kita sebar sebuah tulisan diberbagai komunitas.

"Malam ini saya ingin blogwalking ke blog sahabat. Bagi sahabat yang ingin dikunjungi blognya silahkan tinggalkan link di kolom komentar, nanti akan saya kunjungi satu persatu blognya."

Demikian yang pernah saya baca pada sebuah status seorang sahabat. Saya rasa tanpa membuat status itupun, blog kita akan ramai pengunjung bila kita rajin blogwalking. Bagaimana caranya? Coba Anda hitung, berapa banyak Anda tergabung dalam komunitas blogger? Saya ambil contoh Anda tergabung dalam 5 komunitas blogger. Lalu masing-masing komunitas itu beranggotakan 200 orang. Kalau ditotal jumlah anggota keseluruhan adalah 1000.

Tentunya setiap hari member masing-masing komunitas itu membagikan tulisannya dalam grup disertai link-nya. Nah, dengan cara aktif di grup dan mengunjungi serta berkomentar di setiap link itulah nantinya blog Anda akan mendapat kunjungan balik. Yakinlah blog Anda akan ramai pengunjung bila Anda sendiri juga rajin blogwalking ke blog sahabat.

Selanjutnya tentang komentar. Kadang saya temui komentar seorang blogger yang tidak sesuai dengan tulisan yang dikomentarinya. Atau bahkan komentar yang isinya kurang sopan atau menyinggung perasaan penulis. Perlu Anda ketahui, berkomentar yang baik dalam sebuah blog tentunya tidak akan menyinggung perasaan penulis, namun lebih mengutamakan jalinan persahabatan.

Dalam membaca sebuah blog, usahakan membaca isi secara keseluruhan, baru kemudian berkomentar. Jangan hanya membaca separo, lalu berkomentar, bisa jadi apa yang Anda tanyakan sudah ditulis secara lengkap oleh penulis. Atau bila kebetulan Anda membaca tulisan yang tidak sesuai dengan kenyataan yang Anda alami, jangan langsung menjelek-jelekkan penulis. Anda bisa berkomentar menurut sudut pandang Anda sendiri, namun tetap berusaha menghargai penulis.

Jadi saya rasa, antara blogwalking dan berkomentar merupakan dua aktifitas yang saling berkaitan didalam dunia blogging. Namun demikian sebagai seorang blogger yang mengutamakan kebersamaan demi menjalin tali persahabatan, sebaiknya kedua aktifitas ini dilakukan tanpa menyinggung perasaan atau menciptakan permusuhan sesama blogger, karena setiap blogger tentunya mempunyai pandangan yang berbeda dalam menciptakan sebuah tulisan. Dengan demikian kita harus saling menghormati antar sesama blogger, agar tercipta jalinan silaturahmi yang indah.
Categories:
Reaksi:

14 komentar:

  1. sepakat banget mbak dengan 8 langkah anjuran Mbak. Saya pribadi ewajibkan diri buat BW, bukan lagi sunah. Sebab yang menarik trafik atau kunjungan ke blog saya rata2 dari BW, bukan pasang di fb atau grup. Bisa juga dari G+. BW banyak manfaatnya, banyak temen, banyak info. saya masih punya utang BW ke 100 blogger yg saya catat alamatnya Sabtu lalu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes...yuk kita semai jalinan silaturahmi sesama blogger melalui aktifitas blogwalking

      Hapus
  2. Sepakat mbak, blog walking dapat meningkatkan kunjungan ke blog kita. Selain itu, saya banyak belajar tentang ide dan gaya menulis serta kreatifitas blogger yg saya kunjungi.

    BalasHapus
  3. Iya mbak, jalan-jalan di dunia maya juga penting. Terlebih lagi sopan santun dalam berkomen. Karena dunia maya pun dibaliknya ada manusianya juga yang sedang berinteraksi di waktu senggangnya

    BalasHapus
  4. iya Mbak emang penting BW dan berkomentar itu.. tapi saya masih belum bisa rajin BW nih... hiks.. maklum jatah nulis dan online terbatas :(

    BalasHapus
  5. Salam kenal mba sri, saya pengunjung baru blog ini :D
    blognya udah saya follow, jangan lupa follback blog saya :)

    BalasHapus
  6. Eeeh, tipnya komplitee.

    Aku skrg lagi cukup susah bagi waktu utk blogwalking lho, Mbak. Jd jarang tahu kabar teman2. Hiks

    BalasHapus
  7. tapi yang terakhir ga terlaluu penting juga mba, soalnya bnyak blogger yang masih memakai domain blogspot.com

    BalasHapus
  8. Aku sih bw dan komen sesuai yang ada di bloglist aja mbak :)

    BalasHapus
  9. Betul mbak, blogwalking mempererat tali silaturahmi antar blogger...

    BalasHapus
  10. Di saat harus membuat artikel berkualitas dan melakukan blogwalking ! Di situ kadang saya merasa malas :-D

    BalasHapus
  11. terkadang saya memang suka melakukan blog walking tpi terkadang juga agak malas gara2 gk bisa dpt inspirasi kak hehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...