28 Agustus 2014

Posted by Sri Wahyuni on 2:47 AM 12 comments
Menjadi seorang ibu adalah moment berharga bagi saya, dimana saya bisa mengamati tumbuh kembangnya setiap saat. Disamping itu saya bisa memberikan nutrisi yang tepat serta rangsangan positif agar tumbuh kembangnya maksimal. Tentunya dengan memberikan asupan gizi yang seimbang dan menstimulasi saraf motoriknya dengan berbagai aktifitas yang membuatnya cepat tanggap dengan keadaan di sekelilingnya.





saya bangga mempunyai anak yang hebat
anak saya jadi terbiasa dengan susu dancow





Video saat anak saya bergaya menjadi gitaris

Fawaz yang super aktif
Saat ini Nestle Dancow 1+,3+,5+ dengan excel+ melalui Dancow Parenting Center mempersembahkan program edukasi bagi orang tua dan anak, yaitu  "Stimulearn Aplikasi". 


Aplikasi Stimulearn bisa diunduh
melalui Ipad dan Iphone
Dengan program ini diharapkan para orang tua dapat menstimulasi proses belajar dan eksplorasi anak secara online (aplikasi) dan offline (interaksi nyata), yang mengintegrasikan lima kemampuan dari perkembangan kognitif anak, yaitu memori, perhatian, keterampilan psikometer, pemecahan masalah dan bahasa.

sumber: dancow.co.id
"Stimulearn Aplikasidirancang oleh Nestle Research Center, Switzerland, bekerjasama dengan para ahli perkembangan anak melalui system ASQ (Age & Stage Questionnaires).  Adapun program ini dapat diunduh gratis melalui AppStore. Untuk sementara hanya Ipad dan Iphone berbasis IOS minimal IOS 6.0 saja yang bisa mengunduhnya. Sedang cara menginstall aplikasinya cukup buka disini

panduan cara menginstall Stimulearn Aplikasi
Tahapan dalam Stimulearn Aplikasi dapat digambarkan sebagai berikut: 


1. PSIKOMOTORIK ---dikenal dengan kecerdasan kinestetik, yaitu kemampuan anak menggunakan gerak seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide, pemikiran dan perasaan, yang meliputi keterampilan menggunakan tangan dan alat tubuh lainnya berhubungan dengan koordinasi keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan dan keakuratan terhadap rangsangan. Anak yang mempunyai psikomotorik bagus tentunya ia lebih tanggap dan cepat menerima rangsangan.


Ada beberapa cara untuk menstimulasi motorik anak sejak dini, yaitu:
  • Melatih koordinasi mata, tangan dan kaki dengan cara menulis, menggambar, mengamati obyek, menendang dan melempar.
  • Melatih gerak lokomotor, seperti lompat, lari, berguling, merayap. Serta melatih gerak non lokomotor, seperti membungkuk, mengayun, duduk dan berdiri.
  • Melatih kemampuan mengatur dan mengontrol tubuh, seperti keseimbangan.
Dalam Stimulearn Aplikasi ada permainan yang melatih kemampuan psikomotorik anak, yaitu:



dok.pri


  • PEARL BEACH, mengumpulkan mutiara dalam labirin ajaib.
  • MEMBUAT PETA, mengajak anak untuk membuat peta dengan menggunakan spidol dan kertas, sehingga ia merasa seolah sedang berpetualang.






2. DAYA FOKUS---Kadang anak merasa cepat bosan saat bermain atau belajar. Ini sangat penting bagi orang tua untuk melatih daya fokus anak sejak dini, agar nantinya anak mempunyai konsentrasi yang tinggi guna menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya tepat waktu.


Dalam Stimulearn Aplikasi ini ada permainan yang dapat membantu menstimulasi anak untuk belajar bereksplorasi secara aktif dengan ibunya, diantaranya :

dok.pri

  • Bermain puzzle bersama Mr. Skylab, bertujuanmemperkuat pengenalan anak akan bentuk, gambar dan pemecahan masalah. Anak dapat belajar berkonsentrasi dalam merangkai puzzle.
  • Mengenal lingkungan sekitar, bertujuan mengenalkan anak pada tanda-tanda di sekitar rumah, contohnya arti rambu-rambu lalu lintas.


3. KEMAMPUAN BERBAHASA---Setiap anak tentunya telah dibekali kemampuan berbahasa sejak lahir. Namun demikian kemampuan ini perlu diransang agar anak mampu berbahasa dengan baik dan benar. Stimulasi yang salah mengakibatkan anak mengalami keterlambatan berbahasa. 


Ibu dapat menstimulasi kemampuan berbahasa anak dengan benar, dengan cara:
  1. Mendongeng atau membaca buku, sarana memperkaya kosakata, mengajarkan struktur bahasa dan belajar mengucapkan kata dengan benar.
  2. Menggunakan media saat mendongeng, seperti mainan atau boneka, untuk memudahkan anak berimajinasi.
  3. Mengajak anak berbicara, seperti menunjukkan sesuatu saat berbelanja, meski tidak selamanya ia akan merespon setiap ucapan kita.
  4. Sekali-kali ajaklah anak bernyanyi sambil menirukan gerakan dan ekspresi sesuai syair lagu.
Dalam Stimulearn Aplikasi, permainan yang melatih kemampuan berbahasa anak, diantaranya :

dok.pri

  • STORY HOUSE, berisi kumpulan cerita menarik. Ibu bisa merekam suara anak ketika ia membacakan cerita. Suara yang direkam dapat ditambahkan efek suara sehingga terdengar lebih menarik.
  • KEGIATAN HARI INI. Ibu dapat mengajari anak bernyanyi, lalu mintalah ia menyanyikannya didepan seluruh anggota keluarga, tentunya hal ini semakin membuatnya senang.




4. DAYA INGAT---Orang tua pasti menginginkan anaknya mempunya memori kuat. Ada beberapa faktor yang merangsang kemampuan anak untuk mempunyai memori yang kuat, diantaranya faktor genetik, kecukupan nutrisi dan stimulasi. Untuk itu, agar anak mempunyai daya ingat yang tajam perlu dilatih sedini mungkin, dengan cara membantu anak mendengarkan dan merespon ingatannya.



Dalam Stimulearn Aplikasi, permainan yang dapat melatih daya ingat anak menjadi lebih tajam, yaitu :

dok.pri

  • FORGOTTEN CASTLE, anak akan diajak berpetualang menemukan rahasia dan barang-barang yang tersembunyi dibalik perisai kastil.
  • PIKNIK BERSAMA BUNDA, ibu dapat mengajak si anak untuk mengumpulkan benda-benda yang akan dibawa pergi, dan mintalah anak untuk mengingatkan. Kemudian di akhir perjalanan ibu dapat mengajak anak untuk mengingat barang bawaannya sambil mengeluarkan barang yang telah disebutkan.



5. PEMECAHAN MASALAHAda anak yang mandiri, tanpa disuruh ia membereskan sendiri tempat tidurnya. Ada juga yang harus diberitahu dulu baru bertindak. Ternyata kemampuan semacam itu dipengaruhi oleh faktor nutrisi, cara pengasuhan dan pemberian stimulasi yang tepat. Untuk melatih kecerdasan memecahkan masalah dapat dilakukan dengan menstimulasi kemampuan mengolah angka dan menggunakan logika.


Untuk melatih kemampuan memecahkan masalah pada anak, dapat dilakukan dengan :
  • Menjawab pertanyaan anak dengan sabar.
  •  Berilah kesempatan kepada anak untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan Ibu.
  • Bila anak melakukan kesalahan, beritahukan secara logis akibat dari kesalahan itu, lalu tunjukkan hal yang sebaiknya dilakukan.
  • Berikan beberapa tantangan untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri anak.
Dalam Stimulearn Aplikasi anak akan belajar menyelesaikan masalah, agar ia berpengalaman ketika menghadapi suatu masalah. Peran ibu adalah membantu dan mendukung anak menyelesaikan tugasnya dan belajar hal baru. Oleh karena itu dalam aplikasi ini ada permainan untuk melatih kemampuan memecahkan masalah, seperti contohnya:

dok.pri

  • ISLAND MARKET, ibu dapat mengajak buah hatinya seolah-olah berbelanja dan mengenalkan berbagai jenis buah dan sayuran, serta mengajarinya cara berhitung.
  • MEMBUAT DAFTAR BELANJA, permainan ini mengharuskan anak menuliskan daftar belanjaan disertai gambar, lalu ketika berbelanja ibu dapat meminta kembali anak untuk membacakan daftar belanjanya sendiri.




Bagaimana ibu-ibu? Menarik bukan Stimulearn Aplikasi ini? 


Saat ini yang bisa saya lakukan hanyalah mengucap syukur kepada Allah, karena  telah dikarunia seorang anak laki-laki yang membuat saya tertawa setiap saat dengan ulahnya yang lucu atau bahkan bangga dengan kemampuan yang dimilikinya. Dancow terbukti membuat anak saya jadi aktif, cerdas dan kreatif.

Berselfie ria saat menemani anak bermain Aplikasi Stimulearn
Ternyata sangat menyenangkan



Ibu mana yang tak ingin anaknya tumbuh cerdas dan kreatif? Tentunya setiap ibu ingin memiliki kebanggan tersendiri dengan buah hatinya, karena inilah kewajiban ibu memberikan perhatian penuh kepada buah hatinya agar tumbuh menjadi anak sesuai harapan. Untuk itu sebelum terlambat, yuk unduh Stimulearn Aplikasi demi memaksimalkan tumbuh kembang anak menjadi anak dambaan orang tua yang siap mengharumkan bangsa dan negara.


Poster-bloger-competition-share
”Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog StimuLearn Aplikasi kerja sama 

Sumber:  http://www.dancow.co.id/dpc/stimulearn
Categories:
Reaksi:

12 komentar:

  1. anakku juga minum dancow mak...btw artikelmu kereen mak

    BalasHapus
  2. Wah komplit bgt mak..sukses ya kontesnya ;)

    BalasHapus
  3. akhirnya ikutan juga ya mbak

    BalasHapus
  4. Menarik bgt ya mak aplikasinya. Sayang hpku android jd g bs donlot..btw reviewnya juga keren.goodluck ya mak^^

    BalasHapus
  5. Tulisannya keren mak, berapa hari bikinnya nih..
    Eh itu link aplikasi kagak bise.
    semoga sukses ya

    BalasHapus
  6. lengkap banget penjelasannya....
    , semoga menang ya mak...

    BalasHapus
  7. saya waktu kecil minum Dancow. Trus, aplikasinya bagus, ya :)

    BalasHapus
  8. Dancow memang oke, aplikasinya juga. COba bisa di dunlut di ANdroid ya?

    BalasHapus
  9. Dancow memang oke, aplikasinya juga. COba bisa di dunlut di ANdroid ya?

    BalasHapus
  10. wah keren ya Mak aplikasinya. tapi saya gak punya android... :)

    BalasHapus
  11. salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...