Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Sehat Dan Alami

 

cara menumbuhkan rambut

Cara menumbuhkan rambut  agar tampak sehat dan lebat bukanlah perkara mudah. Apalagi banyak faktor yang menyebabkan rambut rusak atau rontok. Terlebih bagi seorang wanita. Salah menggunakan shampoo, kerontokan rambut pasca melahirkan, atau bahkan kerontokan akibat memakai hijab, seringkali menjadi masalah yang sulit terpecahkan.

 

Saya pribadi, yang setiap hari lebih sering berhijab tak luput dari permasalahan ini. Kerontokan rambut yang makin parah dari hari ke hari membuat saya bingung. Bahkan berusaha mencari tahu bagaimana cara menumbuhkan rambut agar tampak lebat dan sehat, serta terhindar dari kerontokan yang berkepanjangan ini. Namun tetap saja rambut saya rontok sepanjang hari.


Mengenakan hijab bagi seorang muslimah bukanlah hiasan belaka agar tampil lebih cantik. Lebih dari itu, di dalam Al-Qur’an telah disebutkan bahwa wajib hukumnya bagi wanita muslimah mengenakan hijab atau penutup kepala agar terhindar dari kejahatan kaum laki-laki. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surah al-Ahzab ayat 59.


“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.”


PERMASALAHAN RAMBUT WANITA BERHIJAB


Meski sudah menjaga kesehatan rambut, namun wanita berhijab sering kali mengalami berbagai masalah rambut, diantaranya:


1. Rambut lepek dan berminyak. Rambut lepek dan berminyak menjadi masalah yang sering dialami wanita berhijab. Selesai keramas rambut terlihat bersih dan sehat. Begitu seharian memakai hijab, seketika rambut berubah menjadi lepek dan berminyak. Pasti hal ini sangat mengganggu dan terasa menyebalkan.


Menurut sumber dari survey yang dilakukan Ipsos pada tahun 2018 lalu, suhu kulit kepala wanita berhijab di Indonesia lebih panas 0,5°C dibanding wanita tidak berhijab. Bahkan kadar pH kulit kepala wanita berhijab di Indonesia lebih rendah 20RH.  


Hal ini mengakibatkan kulit kepala mudah berkeringat. Terlebih jika mengenakan bahan hijab yang tidak mudah menyerap keringat, membuat kulit kepala terasa gerah bila berlama-lama memakai hijab. Memang pemilihan bahan hijab yang tepat menjadi salah satu solusi mengurangi permasalahan rambut lepek dan berminyak. Disamping harus memilih shampoo perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

 

 

  

2. Rambut berketombe. Ketombe termasuk masalah yang sering dialami wanita berhijab, hal ini disebabkan karena kondisi kulit kepala yang lembab. Misalnya, ketika rambut belum kering dan tiba-tiba harus mengenakan hijab, maka lama kelamaan ketombe akan memenuhi kulit kepala. Kulit kepala yang lembab kadang menjadi tempat tumbuhnya jamur penyebab munculnya ketombe atau Malassezia.

 


Satu-satunya cara menghindari ketombe yang membandel adalah membiarkan rambut benar-benar kering terlebih dahulu baru memakai hijab. Namun kadang hal ini susah dipraktekkan karena aktifitas yang datangnya tidak menentu. Atau bisa juga memakai masker rambut untuk perawatan harian.

 


3. Rambut rontok berlebih. Masalah yang paling sering dialami wanita berhijab dalah kerontokan rambut. Bahkan rontoknya melebihi batas normal. Sampai lantai rumah sering dijumpai rontokan rambut berlebih. Terlebih selesai keramas lalu menyisir rambut, disitulah rasa sedih menerpa, karena kerontokan rambut seolah tidak dapat terhindarkan.

 


Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok, seperti kondisi kulit kepala yang panas dan lembab, mengenakan hijab yang bahannya panas, asupan nutrisi yang kurang, sedang sakit atau mengikat rambut terlalu kencang. Mengatasi rambut rontok bisa juga dilakukan dengan menyeimbangkan nutrisi tubuh, dengan memperbanyak makan buah dan sayur, serta protein.

 


4. Rambut rusak. Masalah rambut rusak ini cenderung ditandai dengan rambut dan kulit kepala yang kering. Rambut dengan masalah ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang minum air putih dan tidak makan sayuran.

 


Solusinya mirip dengan sebelumnya, namun kamu bisa bantu dengan perawatan dari dalam. Kalau sering makan gorengan atau ngemil manis, nutrisi tubuhmu mungkin kurang seimbang. Perbanyak buah, sayur, dan protein juga ya.

 

5. Rambut Berbau ApekSeringkali wanita berhijab mengalami rambutnya berbau apek meski baru saja keramas dengan samphoo yang wangi. Hal ini bisa saja terjadi akibat rambut yang setengah kering dipaksakan memakai hijab. Akhirnya rambut berbau apek.

Suhu panas memang bisa mendorong produksi minyak di kulit kepala. Setelah itu, keringat muncul. Bakteri di kulit kepala akan mengurai keringat menjadi asam. Ketika minyak alami, keringat, hijab yang lembap, dan polutan bergabung, hasilnya adalah bau apek.

 

6. Rambut Kering dan BercabangBeberapa wanita berhijab juga mengalami rambut kering dan bercabang, bahkan kulit kepala yang cenderung berminyak. Hal ini disebabkan karena kurangnya ruang bernapas bagi kulit kepala.


Kulit kepala wanita berhijab memang lebih panas. Barangkali cara simple yang bisa dilakukan adalah menggunakan hijab berbahan nyaman untuk sehari-hari. Biarkan rambut tergerai dan tidak tertutup hijab saat di rumah agar kulit kepala bernapas.  Sedang untuk mengatasi rambut kering dan bercabang sebaiknya sering menggunakan conditioner.

 

7. Kasar dan KusamSering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut bisa juga mengakibatkan kondisi rambut kasar dan kusam. Salah satu cara agar terhindar dari masalah ini dengan mengganti waktu keramas. Kalau aktifitas kita di pagi hari, berarti jadwal keramas dilakukan sore atau malam hari ketika tidak melakukan aktifitas di luar ruangan. Atau bisa juga dengan menggunakan spray rambut yang bisa melindungi rambut dari suhu panas hair dryer.

 

8. Kulit Kepala GatalSeringkali wanita berhijab mengalami rasa gatal di bagian kulit kepala. Namun rasa gatal itu bila digaruk tidak menyebabkan serpihan putih rontok. Ini bisa juga disebabkan karena ketombe. Ketombe ada yang berbentuk serpihan putih bisa pula hanya menimbulkan rasa gatal berkepanjangan.


Rasa gatal bisa juga disebabkan karena kulit kepala lembab, dehidrasi atau kurang nutrisi. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan perawatan rambut yang sesuai dengan jenis kulit kepala, ditunjang dengan makan makanan yang bergizi.

 

9. Penipisan Rambut Bagian DepanKebanyakan wanita berhijab mengalami penipisan rambut di bagian depan, sehingga dia akan terlihat lucu saat tidak berhijab. Rambut tidak memiliki poni, bahkan rambut bagian depan seolah ketarik kebelakang. Salah satunya cara adalah tidak mengikat rambut terlalu kencang agar rambut bagian depan tidak rontok dan terhambat pertumbuhannya.

 


SOLUSI MENCEGAH KERONTOKAN RAMBUT


Nah, dari berbagai permasalahan kerontokan rambut yang dialami wanita berhijab, pastinya ada solusi untuk membuat kondisi rambut kembali sehat.  Meski cara menumbuhkan rambut rontok tidak bisa instan. Butuh ketelatenan dan konsisten untuk melakukannya berulang-ulang. Namun ada cara alami yang bisa dipraktekkan di rumah. 


Cara menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami  dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar, seperti:


1.    1. Mengkonsumsi Omega 3 dan 6.  Mengatasi kerontokan rambut selain diatasi dengan perawatan dari luar, juga ditunjang dengan perawatan dari dalam, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 dan 6. Sumber Omega 3 dan 6 didapatkan dari kacang-kacangan, ikan salmon, ikan tuna dan sayuran berwarna hijau. Omega 3 dan 6 ini selain dapat menumbuhkan rambut juga bisa menghentikan kerontokan pada rambut.       


     2. Seledri. Seledri yang diblender halus dan dijadikan masker rambut ternyata bisa menyehatkan rambut, karena seledri mengandung vitamin A, B, natrium dan kalsium yang mampu mempengaruhi pertumbuhan rambut, sehingga membuat rambut berkilau dan tumbuh lebat.


      3. Lidah Buaya.  Dari dulu lidah buaya memang telah dipercaya untuk menumbuhkan rambut. Gel yang menyerupai lender bila dioleskan ke kulit kepala secara rutin selama 1 jam bisa membuat rambut tumbuh subur.


     4. Santan Kelapa. Memanfaatkan santan kelapa murni bisa mempercepat pertumbuhan rambut, bahkan dapat menghitamkan rambut dan lebih berkilau. Caranya dengan mengoleskan santan kelapa yang telah dihangatkan ke kulit kepala lalu diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dan keramas dengan shampoo.


      5. Teh  Hijau. Air seduhan teh hijau ternyata bisa menjadi vitamin bagi kepala. Caranya cukup oleskan ke kulit kepala, tutup dengan handuk dan biarkan kurang lebih 30 menit. Setelahnya baru keramas dengan shampoo atau cukup dibilas saja dengan air bersih.


      6. Masker Telur. Meski tidak semua orang memanfaatkan telur untuk masker karena bau amisnya, ternyata telur mampu menumbuhkan rambut. Caranya cukup mudah, kocok telur lalu ambil satu sendok dan campur dengan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala, diamka kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan shampoo hingga bersih.


       7. Minyak Esensial. Mengoleskan minyak esensial seperti minyak zaitun atau chia sheed oil pada kulit kepala bisa membantu mengurangi kerontokan, dan menjadikan rambut tumbuh dengan subur dan sehat.

 

Ternyata banyak ya bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut rontok. Apa salahnya kita coba kan. Supaya rambut tetap terjaga kesehatannya, bahkan tumbuh lebat meski berhijab setiap hari.  Oh ya untuk mengatasi permasalahan rambut saya rekomendasikan produk-produk TRESemme, yang sangat memahami bagaimana rambut indah mampu menambah kepercayaan diri sepanjang hari.

 

Sekilas Tentang TRESemme


cara menumbuhkan rambut
produk TRESemme (sumber: website TRESemme)


TRESemmé berupaya untuk mewujudkan rasa percaya diri tersebut sejak Edna L. Emme mendirikan brand ini di tahun 1948. Sebagai seorang perempuan, sosok Edna yang percaya diri, menjadi role model yang inspiratif bagi perempuan modern di masa kini. Cerdas dan cantik, Edna adalah seorang entrepreneur dan pendobrak kebiasaan, sosok kuat yang dikagumi karena kecantikannya, namun diingat karena kecerdasan dan kegigihannya. 


Ia juga seorang perintis untuk para perempuan di tempat kerja. Berawal dari ruang mesin hingga akhirnya masuk ke ruang direksi, Edna diangkat menjadi vice-president di Godfroy Manufacturing Company, sebuah pencapaian luar biasa di era di mana jabatan eksekutif masih didominasi oleh pria. 


Di Godfroy inilah Edna meluncurkan TRESemmé – awalnya didirikan sebagai produk salon untuk rambut yang kuat dan halus, dan dinamakan dari nama belakang Edna, yaitu 'Emme', yang berarti ‘sangat-dicintai’ dalam bahasa Perancis. Mempunyai pengalaman bekerja sebagai penata rambut di salon kakaknya, Edna memahami bahwa rambut yang indah dapat meningkatkan kepercayaan diri. Saat itu, produk-produk profesional untuk rambut hanya dijual di salon, dan Edna mempunyai ide untuk membawa produk berkualitas profesional ke rumah. Membuat sejarah dalam dunia kecantikan & rambut brand dengan memperkenalkan TRESemmé ke publik.


TRESemmé masih memegang teguh nilai-nilai yang dijunjung oleh penemu kami yang inspirasional: kemandirian, keyakinan akan kemampuan diri sendiri, serta yang terpenting, rasa kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk selalu melangkah dan menghadapi tantangan berikutnya, seperti halnya Edna. Tidak ada yang mengerti betapa besarnya pengaruh rambut indah untuk meningkatkan rasa percaya diri seperti yang sudah Edna lakukan. Oleh karena itu, TRESemmé selalu berupaya memotivasi wanita modern di mana pun untuk berjalan dengan rasa percaya diri setiap hari. Seperti Edna L. Emme. Seperti TRESemmé. (sumber: website TRESemme)

 

Yuni Handono
Yuni Handono Blogger, Penikmat Kuliner, Suka Travelling

11 komentar untuk "Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Sehat Dan Alami"

  1. Rambutku rontok dan rusak. Kalau rambut anakku kering dan kusut. Makasih ya tipsnya. Tresseme ini utk anak2 usia 11 th bisa gak.mba?

    BalasHapus
  2. Duh, ngerawat rambut nih PR buangeett deh mbaa
    rambutku sempat panjang, dan rontok paraahhh
    akhirnya sekarang aku potong pendek aja lah.
    asik kali ya, kalo suatu saat aku coba TREsemme aja
    kualitasnya ciamik!

    BalasHapus
  3. Alhamdullilah selama berhijab Mpo tidak mengalami hal hal yang di sebutkan di atas. Pokoknya rajin keramas aja

    BalasHapus
  4. Rambutku juga rontok lumayan parah nih mbaaak,
    Kalo lagi sapu2 rumah suka sedih lihat rambutku yang bertebaran di lantai huhu

    jadi penasaran pengen cobain pake Tresseme niih

    BalasHapus
  5. Hai mba Yuni. Rambutku juga mudah rontok loh. Dan solusi yang paling sering aku lakukan tuh potong rambut pendek. Teryata teh hijau bisa jadi pilihan ya mba

    BalasHapus
  6. Wah aku di rumah banyak lidah buaya nih..bisa dimanfaatkan dong yah hehe. Tapi harus rajin ya dan sedikit ribet kalau pengen praktis memang beli aja ya...

    BalasHapus
  7. Rambut rontok selalu jadi drama ya..
    Alhamdulillah skrg ada series dari tresemme yang bantu mendorong pertumbuhan rambut T^T

    BalasHapus
  8. Aku juga rambutnya sering rontok. malah takut kalau nyisir rambut, karena rontokannya nempek di sisir.
    Pengen coba deh pake tresemme. kali aja bisa numbuhin rambutku yg rontok ini.

    BalasHapus
  9. Rata-rata permasalahan yang ada di atas kualami juga mba. Ya rontok berlebihan, cepet apek, lepek dan lain-lain. Senang deh kalau ada produk yang membantu secara lengkap untuk mengatasi permasalahan rambut ini.

    BalasHapus
  10. Senang sekali ada solusi rambut sehat nan berkilau dari TRESemmé.
    Aku pengen banget cobain karena aslinya rambut panjang nan berkilau kuat dari akar ini impian aku banget.

    BalasHapus
  11. Toss
    Aku pakai ini 3 bulan, rontoknya berkurang
    Namun, perlu konsultasi saya karena biasanya kalau berhenti dengan shampoo ini gejala rontok muncul lagi
    Makanya harus tetap setia dengan Tresemme

    BalasHapus