Inilah 5 Tips Hidup Sehat Yang Gampang Dilakukan


Gaya hidup modern sangat mempengaruhi pola hidup seseorang. Dijaman yang serba canggih saat ini, membuat manusia seringkali berpikir untuk mencari cara yang mudah untuk memenuhi kebutuhannya. Kalau dulu orang tua kita sering berjalan kaki kemanapun perginya, dengan banyaknya teknologi mesin yang diciptakan, membuat orang lebih suka bepergian menggunakan motor atau mobil.


Demikian juga dengan makanan. Jaman dulu untuk memasak nasi cukup dengan memasaknya diatas bara api atau kompor, namun kini memasak nasi semakin mudah menggunakan magic com. Bahkan, untuk konsumsi makanan, manusia semakin malas memasak sendiri di rumah. Ada banyak penjual makanan instan yang menawarkan jualannya. Katakan sosis, burger, hotdog, kentucky fried chicken dan makanan siap saji lainnya. Dengan makanan siap saji seperti itu, cukup membuat seseorang kenyang tanpa berpikir panjang harus mengolah masakan sendiri.

Bahkan, karena kesibukannya, orang kerapkali malas berolahraga meski hanya membersihkan rumah atau mengerjakan pekerjaan rumah. Lebih baik menyewa pembantu, maka seluruh pekerjaan rumah akan beres. Mungkin demikianlah gaya hidup manusia modern saat ini. 

Namun, tidak semua orang melakukan hal demikian. Berbagai fakta menunjukkan bahwa semakin maju teknologi saat ini, semakin instannya pola hidup manusia modern, dampak timbulnya berbagai penyakit semakin banyak. Bahkan biaya untuk menyembuhkan penyakit semakin mahal. Untuk apa menumpuk harta kekayaan kalau toh harta itu akhirnya habis demi menyembuhkan penyakit? Inilah yang membuat orang berpikir bahwa sakit itu mahal harganya. Dan orang akan kembali beranggapan bahwa hidup sehat itu lebih penting daripada menuruti hawa nafsu untuk hanyut dalam pola hidup yang kurang sehat.


Dan di tantangan BPN 30 Day Challenge 2018 yang ke 12 ini, akupun akan menguraikan 5 tips hidup sehat yang gampang dilakukan, tanpa ribet. 

1. Bangun dan mandi pagi
Aku selalu membiasakan diri untuk bangun pagi. Bahkan sebelum shubuh aku sudah bangun. Mencuci dan memasak untuk sarapan pagi keluarga, selalu kusiapkan pagi sebelum adzan shubuh berkumandang. Dan begitu adzan shubuh, akupun segera mandi pagi. Menurut info yang kudapat dari internet, mandi pagi itu menjaga tubuh agar awet muda. Bahkan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga meski bangunnya pagi namun tidak merasa ngantuk atau ingin tidur kembali. Bahkan, bersemangat untuk mengerjakan aktivitas lainnya.

2. Minum air putih hangat setelah bangun pagi.
Aku membiasakan diri minum dua gelas air putih hangat setelah bangun pagi. Minum air putih hangat di pagi hari bisa menetralisir penyakit, bahkan membuat aliran darah di tubuh kita lancar. Minum air putih hangat juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, asam urat dan sebagainya. Bahkan, sangat baik dilakukan oleh seseorang yang menjalani diet. Setelah minum air putih hangat rasa lapar yang berlebihan itu perlahan sirna. Dan inilah yang kurasakan dengan rutin mengkonsumsi air putih hangat di pagi hari.

3. Olahraga ringan dan membereskan pekerjaan rumah tangga.
Hal yang biasa kulakukan secara rutin di rumah adalah memasak, mencuci baju, menyeterika, membersihkan rumah dan mengepelnya. Menyelesaikan pekerjaan itu tiap hari seolah membuatku melakukan olahraga di rumah. Bahkan keringat kerap bercucuran karena semangat ingin menyelesaikannya secara cepat. Namun diluar itu aku sering melakukan olahraga ringan. Misalnya download video senam dari youtube, lalu aku mempraktekkannya di rumah. Melakukan treadmill di rumah, atau olahraga ringan lainnya di rumah. Intinya di rumah pun aku dapat memperoleh sehat dengan melakukan olahraga ringan sesuai jadwal kita.

4. Mengatur pola makan sehat.
Aku memang belum bisa menerapkan food combining, sering bosannya ketimbang rutin melakukannya. Namun aku juga ingat umur, bukan lagi saatnya berfoya-foya untuk icip-icip kuliner yang lagi ngehits, tapi aku juga harus bisa menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit. Aku lebih suka mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Untuk nasi akupun membatasinya. Sehari cukup makan nasi sekali saat siang hari. Nasinya juga bukan sembarang nasi, bisa nasi dari beras merah atau nasi yang khusus untuk diet dan sedikit mengandung zat gula. Selain itu aku menghindari soft drink, bolehkan sekali waktu minum soft drink kalau pas lagi ingin meminumnya. Namun aku lebih membiasakan diri memperbanyak minum air putih. 

5. Istirahat teratur.
Tidur cukup membuat tubuh fit. Ini yang kuterapkan dalam jadwal harianku. Meski jadwalku padat, sebisa mungkin aku harus tidur malam sesuai jadwal. Jam 10 malam aku harus tidur. Inilah yang membuatku terbiasa untuk bangun pagi. Jam 3 pagi aku sudah bangun untuk kembali mengerjakan rutinitas. Dengan menerapkan rutinitas istirahat teratur, sudah pasti membuat kepala pusing yang dulu sering melanda, kini perlahan mulai hilang. Bahkan, pikiran pun kembali fresh saat memulai kembali aktivitas di pagi hari.

Inilah 5 tips sehat yang gampang dilakukan versiku. Sehat itu hanya diri kita yang bisa menentukan. Dan sakit itu diri kita jugalah yang merasakannya. Sebelum tubuh kita merasakan sakit, lebih baik kita mencegahnya dengan menerapkan hidup sehat. Karena hidup sehat akan membuat kita makin bersemangat untuk menyelesaikan aktivitas.

Bagaimana dengan Anda? Apa saja tips sehat yang sudah Anda lakukan? Share disini yuk.....

You May Also Like

1 komentar

  1. Kalo boleh usul mbak yuni, untuk poin2 yang menjadi judul fontnya di bold untuk membedakan dengan uraiannya. memudahkan pembaca untuk memahami secara cepat....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels