Mengenal Setra Kerajinan Batik Lukis, Sebuah Kearifan Lokal dari Bali

Mengenal Bali lebih jauh tentu kita akan dibuat semakin takjub. Bukan karena keindahan alamnya, namun semua yang ada di Bali mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Berbagai adat istiadat, kuliner bahkan kerajinan yang dihasilkan masyarakat Bali seolah menjadi santapan yang tiada habisnya. 

Salah satu hasil kerajinan yang menjadi ciri khas Bali adalah kain batik lukis. Sentra kerajinan batik lukis ini menjadi salah satu kearifan lokal masyarakat Bali, karena dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dengan hasil karyanya. 



Sekar Bali Guest House, yang terletak di Jalan Sugriwa No 32, Ubud, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia, 80571, selain merupakan Guest House juga menjadi sentra kerajinan batik lukis. Ada banyak koleksi batik lukis yang dihasilkan Sekar Bali selain dalam bentuk kain, seperti blouse, dress, mukena, kerudung, sarung bantal, taplak meja dan sebagainya.

Aneka model blouse batik lukis bukan hanya serasi dipakai dalam suasana santai, namun juga cocok dikenakan saat acara resmi. Motif lukisan yang menghiasi kain tersebut didominasi oleh bunga-bungaan, seperti mawar, melati, tulip, anggrek dan masih banyak lagi. Namun tidak menutup kemungkinan motif lukisan kain disesuaikan dengan permintaan konsumen, seperti motif wayang, burung cenderawasih dan lain sebagainya.


Proses pengerjaan kain lukis sangat variatif karena dikerjakan secara manual menggunakan tangan. Kalau masyarakat Bali sedang melaksanakan upacara adat seperti odalan atau merayakan hari raya agama Hindu, maka proses finishing lukisan kain bisa memakan waktu lebih lama lagi. Inilah yang menyebabkan harga kain batik lukis menjadi mahal.

Selain menerima pesanan kain lukis sesuai permintaan konsumen, Sekar Bali juga menerima pesanan blouse atau dress sesuai model yang diinginkan konsumen. Proses pengerjaannya cepat dan memuaskan.

Berbeda dengan Shagida Bali Fashion Art. Outlet batik lukis yang terletak di Jalan Tukad Yeh Ho VI. No.9A, Panjer, Kota Denpasar, Bali 80234 ini selain menawarkan busana batik lukis, baik dress, blouse, gamis dan rok,  juga menawarkan aneka model tas lukis yang berbahan kanvas dan kulit. Harganyapun variatif, tergantung model dan bahannya. Tak jarang hasil kerajinan lukis Shagida dijadikan souvenir atau cinderamata untuk sebuah kegiatan.


Jadi Anda lebih memilih yang mana? Koleksi Sekar Bali atau Shagida? Keduanya sama-sama menampilkan hasil karya masyarakat Bali. Sekaligus merupakan wujud kearifan lokal untuk melestarikan budaya masyarakat Bali. Seperti kata pepatah "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung", sebagai warga pendatang yang sudah beberapa tahun menetap di Bali, maka sayapun turut serta mendukung kearifan lokal masyarakat Bali dengan mencintai produk-produk lokal, salah satunya hasil kerajinan batik lukis khas Bali.

You May Also Like

10 komentar

  1. batik tulis mungkin sudah biasa..
    batik lukis ini saya sering lihat, karena kami bertetangga dengan bali.. tetapi saya tidak tahu kalo namanya adalah batuk eh batik lukis.. :)

    BalasHapus
  2. Mak, berapakah kisaran harga batiknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kain di Sekar Bali harga 175 ribu perpotong (sekitar 2 meter). Kalau baju dari harga 200 ribu keatas tergantung model dan bahannya. Kalau tas untuk model kecil sekitar 200 rb...ukuran besar 300 ribu keatas

      Hapus
  3. Aku tahunya yang dilukis itu mukena, sama kerudung. Ternyata banyak ya. Motif lukisan di tasnya cakep-cakep, warnanya cenderung terang ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba banyak macamnya...tasnya juga cantik2 dengan aneka lukisan motif bunga

      Hapus
  4. Koleksinya cantik cantik, pas banget buat oleh oleh nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas cocok dipakai sendiri juga hehehe

      Hapus
  5. Waaaaa salam kenal mba Yuni, tinggal Bali di mana?
    Duh kalau aku mudik semoga bisa ketemuan ya Mba Yuni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Mba Nyi Penengah Dewanti...duh senang bgt Mba....saya tunggu di Bali ya kalau pas mudik. Saya tinggal di Kepaon Densel

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels