Inilah Contoh Menu Masakan Untuk Keluarga

Liburan ini bertepatan dengan datangnya musim hujan. Rasanya mager mau beranjak dari rumah. Maksud hati ingin menghabiskan liburan dengan mengunjungi tempat wisata, tapi kalau setiap hari hujan, niat yang sudah tersusun rapi akhirnya batal. Yah....ujung-ujungnya kembali berdiam diri di rumah.

Dan yang namanya musim hujan, bawaannya lapar terus. Ah...tak perlu pedulikan tubuh yang makin melebar hihihi..... Bukan hanya mau bepergian, ternyata liburan juga butuh amunisi alias bekal untuk teman di rumah. Apalagi kalau tidak memperbanyak stok bahan makanan. Namanya juga "Mager"....mending perbanyak stok bahan makanan di rumah agar "bete" tidak meradang........



Kalau sudah begini tugas ibu rumah tangga makin banyak, terutama membuat seisi rumah bahagia karena berhasil menikmati hidangan sederhana, namun terasa nikmatnya luar biasa. Apalagi kalau bukan sasa santan kelapa kuncinya. 

Sasa santan kelapa dibuat dari daging buah kelapa tua segar pilihan, diproses secara steril, menggunakan sistem UHT, dengan teknologi kemasan aseptik, untuk menghasilkan kualitas aroma dan rasa yang terjamin. Praktis, dapat digunakan langsung tanpa harus dimasak dengan hasil yang sama dan konsisten. 
Sasa santan kelapa, gurih dan nikmat rasanya
Saya merekomendasikan sasa santan kelapa ini untuk memasak menu masakan keluarga yang sangat mudah dan sederhana. Meski suami setiap hari ngantor, tetapi anak sedang libur ditambah musim hujan berkepanjangan, jadilah menu masakan saya superlengkap. Ada sambal goreng campur kikil, kentang, dan tempe. Ada sup, ada sayur lodeh kacang panjang dan tempe serta ada pula omelet dan pergedel tahu untuk lauknya. Wiiiih....lengkap kan. Yah...biar musim hujan tidak kelaparan.......

Nah, kali ini saya akan berbagi resep sambal goreng campur kikil, kentang dan tempe aja ya....kali aja ada yang ingin mencobanya di rumah. yummy banget lho pemirsa...apalagi kalau ditambah sedikit sasa santan cair.



SAMBAL GORENG CAMPUR 
KIKIL, KENTANG, TEMPE

👩BAHAN:
  • 3 lembar Kikil sapi 
  • 4  buah kentang
  • 1 papan tempe
  • 1 bungkus sasa santan kelapa
  • Kecap pedas secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya




👩BUMBU :
  • 5 siung bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 1 papan pete
  • 1 cm lengkuas
  • 1/2 cm kunyit
  • 1/2 cm jahe
  • garam secukupnya
  • gula merah sisir secukupnya

👩CARA MEMBUATNYA:

👉Rebus kikil hingga empuk, lalu potong kotak sesuai selera.
👉Kupas kentang, cuci bersih, lalu potong dadu, lalu goreng hingga setengah kering.
👉Potong tempe kotak kecil menyerupai dadu, lalu goreng setengah matang.
👉Cabai merah bersihkan bijinya, lalu rajang menyerong.
👉Kupas pete, lalu rajang tipis.
👉Kupas lengkuas lalu geprek.
👉Haluskan bumbu: bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit, kunyit, jahe hingga halus.
👉Tumis semua bahan: bumbu halus, rajangan pete, irisan cabai merah dengan sedikit minyak didalam wajan hingga harum.
👉Bila semua bahan sudah harum lalu tambahkan sedikit air. Masukkan potongan kikil, kentang goreng dan tempe. Aduk-aduk hingga rata.
👉Tambahkan sasa santan kelapa sesuai selera. Jangan lupa masukkan garam dan gula merah yang sudah disisir.
👉Untuk membuat warna sedikit coklat bisa ditambahkan kecap pedas sesuai selera.
👉Tes rasa. Bila kuah sudah meletup dan rasa sambal goreng sudah pas, maka sambal goreng campur kikil, kentang, tempe sudah matang dan siap dihidangkan.

Nah, mudah bukan cara membuat sambal goreng campur kikil, kentang dan tempe. Sambal goreng ini bila disantap dengan nasi hangat...hmmm...yummy banget. Saya jadi rindu dengan kampung halaman. Biasanya setiap ada hajatan di rumah, selalu sambal goreng ini yang menjadi andalan ibu saya, alias tak pernah ketinggalan di setiap menu hajatan.


Bagaimana dengan Anda, sudahkah menyiapkan menu masakan untuk keluarga? Tentunya berkat Sasa Santan, Aslinya Santan, semua masakan akan terasa nikmat. Pastinya keluarga pun akan makin harmonis berkat sajian masakan yang sederhana namun istimewa. Andapun patut mencobanya!!!

You May Also Like

7 komentar

  1. kemarin baru bikin sambel goreng cuman ga pake santan rasanya jadi emang agak kurang hehehe next ah cobain pake santan sasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai sasa santan kelapa rasanya jadi gurih mbak...bukan hanya dimakan pakai nasi, dimakan sambal gorengnya aja bikin lahap juga hehehe....

      Hapus
  2. Mbak yuni gemar uplek di dapur. Saya suka beli matang hehe, emoh repotnya. Kapan-kapan takcoba bikin nasi kuning pakai sasa santan kelapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya kalau beli matengan suka gak puas dengan rasanya mbak hehehe....

      Hapus
  3. penampakan Sambel gorengnya endeus... pengen nyicipi mbak... Hehehe

    BalasHapus
  4. Wah jadi pengen nih, laper, Teh..hehe
    Dengan adanya sasa santan kelapa, selain bermanfaat, cara penggunaannya juga praktis ya, Teh..

    BalasHapus
  5. Wah saya belum pernah masak kikil ini. Biasanya selalu beli matang aja. Santan Sasa pernah nyoba, cuma yang bubuk. Sasa juga punya santan cairnya ya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan tidak saru, berkomentarlah menggunakan nama yang jelas, jangan nyepam atau meninggalkan konten dan link jualan, jadilah blogger yang sportif demi membangun hubungan baik. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini...

Followers

Google+ Followers

Facebook Badge

Facebook Fanpage

Blog Archive

Labels